Tips dan Info Wisata Pulau Nusakambangan

January 08, 2016
tips dan info wisata pulau nusakambangan, wisata nusakambangan, tips wisata nusakambangan, info wisata nusakambangan, nusakambangan, cilacap, traveling, wisata, pulau, benteng portugis, teluk penyu, pantai karangbolong
traveling and taking pict is my passion
Apa yang terbayang saat kamu mendengar kata ‘Nusakambangan’? saya sih, langsung ingat eksekusi mati narapidana kelas kakap. Ada yang tahu kisah Jhoni Indo berniat kabur dari Lapas Nusakambangan dan akhirnya tersesat? Ngeri banget! Saya suka berwisata ke tempat bersejarah seperti pulau Nusakambangan. Pulau di laut selatan ini dulu adalah benteng pulau jawa. Sangat menarik, tapi banyak yang belum tahu. Masyarakat lebih paham soal nilai mistis pulau Nusakambangan. Ada tips dan info penting nih, jika kamu ingin mencoba jelajah wisata ke sana.

Tips Menyeberang ke Nusakambangan

Sore itu di dermaga teluk penyu Cilacap, telepon berdering. Saya yang sedang asyik menikmati angin sambil berdebat dengan slaah stau temenku soal penampakan gunung di sebelah timur, terhenyak.
‘telpon dari rumah’
‘hallo..hallo..kok berisik, kamu dimana?’ suara bapak saya
‘masih di pinggir pantai aja sama temen-temen’
‘jangan deket-deket air pokoknya’ bapak agak paranoid soal laut selatan
‘sekalian ijin, besok mau nyebrang ke nusakambangan ya,,’
‘jangan nyebur..’
‘engga nyebur..kan naik perahu ke sananya’
‘tuttt..tuttt’ telepon ditutup. 

Saya ikuti pesan bapak, nggak nyebur ke laut. Ombak laut selatan sedang tenang, tetap saja orang tua sih worrie. Lagian, meski pulau nusakambangan deket banget sama pantai teluk penyu, nggak akan bisa lah saya nyebrerang pakai renang. Tips pertama jika kamu ingin berwisata ke pulau nusakambangan adalah jangan nyeberangin laut selatan pakai renang, mending sewa kapal deh.

Jalan sore sama teman-teman itu saya sis dengan mencari informasi mengenai cara menyeberang ke pulau nusakambangan. Dari obrolan dengan para penyewa perahu yang bertebaran di pantai teluk penyu cilacap, kami menyepakati untuk berangkat pagi-pagi dari hotel besok. Sebelum gelap, rombongan engineer kurang piknik ini kembali ke Hom hotel yang terletak di pusat kota. Hom hotel termasuk sesuai untuk liburan ala ransel kami. Pesan kamar dengan 2 bed untuk berempat, hahay. Kamarnya luas kok, saya aja masih bisa glosoran di lantai. Sambil ngopi ditemani langit indah kemerahan atau menatap rel kereta.
A photo posted by Blogger & Engineer (@innnayah) on

Taxi ‘gelap’ lalu dipalak ‘karcis’

Sesuai kesepakatan berangkatlah rombongan ke pantai teluk penyu usai sarapan. Selama berada di Cilacap, saya menyewa taxi Avxxza. Lupa deh plat nya kuning atau merah ya? Heheh. Yang pasti, tipsnya adalah jangan cari angkot atau bis di Cilacap, sulit bo. 

Di sebuah perempatan jelang pantai, ada sekelompok orang yang menyetop kendaraan. Karena kami asik ngobrol, mobil melaju saja menuju pantai. 

“Danang..fotoin dong, aku mau gelayutan di pohon nih” pekik saya ke Danang yang baru keluar mobil.
Kemudian tiba-tiba terdengar suara asing dari belakang pohon
“bayar dulu!”
“hah” langsung pucet
“kalian masuk sini belum bayar” kata pria paruh baya bermuka masam
“kemarin kita kok ngga bayar bisa masuk!” jawaban ngasal dari saya
“tadi kalian seenaknya aja nyelonong”
“maaf Pak, yaudah berapa..kami rombongan”
“nih..”nyodorin karcis
Seperti biasa..Danang maju..berargumen
“Pak, karcis ini nanti disetorin ke siapa ya? Kalau nggak jelas..ngapain kami harus bayar !”
Si bapak karcis diam
“udah..udah..nih Pak” saya lupa sih siapa yang bilang gitu.

Pesan moral sekaligus tips buat yang mau wisata ke Nusakambangan bayar karcis masuk pantai. Sah-sah saja sih soal karcis, lagian nggak seberapa. Tapi alangkah lebih baik jika ada loket khusus satu pintu. Semua yang datang mau itu warga lokal maupun turis ya harus bayar karcis.

Jangan abaikan pelampung

Usai drama dengan tukang karcis yang mengejar mobil dari perempatan sampai pantai (lumayan jauh lho..niat banget kan) kami hinggap di pasir hitam teluk penyu menuju deretan perahu yang menantikan penumpang. Tips menyewa perahu ke Nusakambanan adalah, rombongan biar irit. Jangan lupa ditawar  dan cari keberadaan pelampung. Kami serombongan ngga pakai pelampung, jangan ditiru,,adegan berbahaya.
tips dan info wisata pulau nusakambangan, wisata nusakambangan, tips wisata nusakambangan, info wisata nusakambangan, nusakambangan, cilacap, traveling, wisata, pulau, benteng portugis, teluk penyu, pantai karangbolong
nyewa perahu rombongan biar irit

Masuk area wisata nusakambangan

15 menit berlayar, sampailah saya di gerbang masuk pulau nusakambangan timur. Di sini yang menyambut kami adalah pasir putih. Beneran putih dengan kerang, koral, dan laut biru. Berasa di filem-filem deh..hhihiiii. Nah..ada loket masuk, resmi. Dari tempat loket pula saya dapat info kalau nusakambangan itu luas banget dan yang dibuka untuk wisata hanya bagian nusakambangan timur. Kalau mau ke Nusakambanagn yang ada alcatraz nya Indonesia itu harus ada ijin khusus

Di Nusakambangan timur kita bisa menjelajahi benteng portugis, santai di pantai pasir putih karang bolong, dan ternyata juga ada goa. Tips lagi nih, simpan nomor hape si bapak perahu. Biasanya wisatawan nyewa perahu langsung buat pulang pergi. Nhah..perahunya nggak nungguin, tapi langsung balik ke pantai teluk penyu Cilacap buat narik penumpang lagi. So...nanti kalau kita sudah mau pulang, sms bapak perahu..minta jemput. Akan lebih nyaman kalau disediakan perahu yang berstandar dan terintegrasi. Jadi, memang khusus perahu wisata gitu..yang aman..dan disertai pemandu.

Goa apa ya ini?

Beberapa menit selepas loket, ada papan penunjuk jalan ‘goa’. Karena penasaran kami pun menuju ke sana. Jalannya naik, licin, masih tanah, dan sangat berbahaya. Sepertinya goa ini bukan dibuat untuk wisata deh. Ketika sampai di puncak bukit, saya dan teman-teman ternganga.
‘lhoh..udah nih..gini aja?’
Jadi, jangan kamu bayangkan goanya panjang ke dalam, terawat, dan ada yang jagain..ya. Eh mungkin sih ada yang jagain, tapi nggak kasat mata,,hihihiiii.

Odong-odong di tengah hutan

Wilayah Nusakambangan memang sepenuhnya hutan rimba. Jadilah kami harus jalan kaki gendong ransel.

“kalian sabar yah..buat nyampe pantai yang pasirnya putih dan sepi kita harus jalan setengah jam” kata Bang Paul yang sudah pernah ke nusakambangan sebelumnya.
“appppaaa? Jakannya nggak rata..pula..masuk-masuk hutan” lupa deh siapa yang bilang gitu, saya mah sibuk foto-foto hehhee.

sambil bercanda ria sampailah saya dan rombongan di dekat pantai karangbolong. Suara laut sudah terdengar. Diantara deru ombak, muncul pula suara aneh.
“dogododggogodog...piimm”
Serempak kami menoleh ke belakang
“lhohh..kalau ada odong-odog ngapain tadi kita jalan kaki?..hahhaha”
tips dan info wisata pulau nusakambangan, wisata nusakambangan, tips wisata nusakambangan, info wisata nusakambangan, nusakambangan, cilacap, traveling, wisata, pulau, benteng portugis, teluk penyu, pantai karangbolong
amazing lah..ada beginian

Buat kamu yang males jalan, bisa kok naik odong-odong. Nggak aman sih, apalagi jalanan hutan kan nggak rata gitu. Tapi, lumayan lah. Tips saya nih berangkat jalan kaki aja nikmati hutan, baru pas pulangnya nyetop odong-odong karena pasti udah cepek.
Odong-odong ini bolak-balik gerbang benteng portugis-loket masuk. Buat mastiinnya, simpan nomor hape driver odong-odong...hahaha. tenang, dia bakal lewat 20menit sekali.

Pantai pasir putih karangbolong

Santai kayak di pantai nih...pasirnya putih, sepi, dan pemandangannya kapal tanker lalu lalang.
Di sini, terjadi drama lagi. Usai foto-foto, tongsis saya ketinggalan. Dan untungnya, karena pantainya sepi..satu jam kemudian pas didatengin lagi tuh tongsis masih tergeletak di pasir.
tips dan info wisata pulau nusakambangan, wisata nusakambangan, tips wisata nusakambangan, info wisata nusakambangan, nusakambangan, cilacap, traveling, wisata, pulau, benteng portugis, teluk penyu, pantai karangbolong
santai kayak di pantai

Benteng Portugis

Menurut informasi yang saya dapatkan, ini adalah benteng yang dibangun Portugis untuk melindungi pulau jawa bagian selatan. Letaknya tak jauh dari pantai karang bolong. Gerbang kokoh yang nampak tua menyambut saya. Inilah sisa kejayaan masa lampau. Sejak dulu, Nusakambangan sudah dijadikan tempat pembuangan. Para napi buangan itulah yang dipekerjakan untuk membangun kastil nan megah berlantai-lantai ini. 
tips dan info wisata pulau nusakambangan, wisata nusakambangan, tips wisata nusakambangan, info wisata nusakambangan, nusakambangan, cilacap, traveling, wisata, pulau, benteng portugis, teluk penyu, pantai karangbolong
lobi benteng portugis, masih ada ruang ke bawah dan ke atas

Teman-teman masuk ke area bawah tanah benteng portugis nusakambangan. Baru beberapa langkah mau nyusul, saya memutuskan mundur. Gelap dan ngeri banget. Ternyata ruang bawah tanah itu bermuara di pantai karang bolong. Rumit deh arsitekturnya, kelihatan nggak main-main waktu membangun benteng ini.

Agak ngeri juga kalau nggak rombongan ke sini. Sepi..nggak ada yang jagain (atau lagi-lagi penjaganya tak kasat mata...aaaaak). Sebaiknya sih ada petugas yang jaga..ya setidaknya meminimalisir kejadian yang tak diinginkan.
 
Jangan ragu menjejakkan kaki di pulau nusakambangan. Ada yang pernah kesini dan ingin membagi tips dan info wisata juga?
Hey kamu...iyaaa,,kamu..Stay tune at Friday hobbies ya..

63 comments on "Tips dan Info Wisata Pulau Nusakambangan "
  1. mbakkk, tempatnya kaya kurang terawat ya agak kusam, apa karena namanya nusa kambangan? ehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan cuma kuhsam mba, tapi juga mistis..hwehehe. kalau jalan-jalan kesini jatohnya lebih ke adventure. sepertinya semua dikelola warga,,

      Delete
  2. gak sempet masuk alkatrasnya indonesia ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan ga sempet,,tapi harus ijin dll kalau masuk kesitu mah

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. lobi benteng portugis nya serem juga ya. apalagi ke bawahnya mungkin lebih serem lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget!!! Gelap,,sunyi,,merinding kalo inget (atau aku aja yg penakut sih hahah)

      Delete
  5. saya belum pernah ke Nusakambangan. Itu yang dipalak tiket memang nyebelin juga, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Si bapak tiketnya aseli niat banget itu sih. Hahaha...

      Delete
  6. penjaga loketnya siapa namnya mbak?

    ReplyDelete
  7. fotonya gokil.. hehe berat tidak mbak ngangkat kapal tanker?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepi jadi ngga malu mau pose kayak apa juga hahaha

      Delete
  8. Mupeng juga kesini, kalo airnya bening pasti pemgennya nyemplung ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga info dan tips yang saya share ini bisa ngasih tau betapa ada spot wonderful di sana

      Delete
  9. Yang langsung terlintas di otak saya ketika baca ceritamu kali ini apa coba? Trail Running disana haha. Walaupun elevasinya gak seekstrim Galunggung, tapi kayaknya panorama disana bakal bikin ngetrel jadi memiliki sensasi tersendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhh bisa. Kayak di acara2 running luar gitu. Lari nyusuri hutan lalu pantai berpasir putih. Aaaak..sana deh, nanti bagi ceritanya juga

      Delete
  10. Terima kasih sudah turut meramaikan gerakan PKK Warung Blogger mbak Innayah

    Artikel sudah tercatat sebagai peserta

    Salam PKK

    ReplyDelete
  11. setahu saya nusa kambangan itu penjara Mbak, ternyata bisa juga berwisata kesana yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba. Nusakambangan timur ini terjangkau banget dari Cilacap. Yuk mampir..
      Kalau mau ke Penjara..beda lagi jalurnya, dan itu ngga sembarang orang boleh masuk

      Delete
  12. kalau gak kuat karena mistis boleh angkat tangan ke kamera mba nurul hahhaa...aku yg deket malah belum pernah ke nusakambangan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamera hape ya,,apdet status gitu minta dijemput hahaha.
      Main mba sini..naik perahu dari Pangandaran ke teluk penyu. Bisa lho, ditawarin juga kemarin itu

      Delete
  13. yekali kesananya berenang :D nghahahhahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwahahha soalnya berasa deket Nin. Pasti ada deh yg kepikiran buat renang.

      Delete
  14. Iya deh denger nusakambangan jadi inget narapidana
    seru kali ya bisa wisata sambil belajar sejarah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget, apalagi tempatnya ngga berjubel manusia heheh. Adventurenya dapet..belajarnya dapet..santaiiinya dapeett

      Delete
  15. jangan nyeberangin laut selatan pakai renang, mending sewa kapal deh

    Masa seeehhh

    ReplyDelete
  16. aku baru nyampe pantenya doang sedangkan yang pulaunya belom ni, kabarnya agak agak angker ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang banget tuh udah deket..
      Angker mungkin ya, tapi kalau datengnya siang-siang dan rame mah ngga kerasa

      Delete
  17. Menantang juga ya. Apalagi di sekitar bentengnya he he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menantang banget, menantang nyali..hahaha

      Delete
  18. huwaaa... seru banget berpetualang ke nusa kambangan. Peninggalan Portugis nya nyeremin :)

    ReplyDelete
  19. Perahunya tidak ada yang stanby ya ? antar terus pulang. Repot juga jika lupa nomor telephonenya bisa nginap disana deh. Nusa kambangan terkenal angkernya ternyata ada tempat wisatanya. Ah karcis selalu menjadi delema ,wisata dinegara kita. Tidak ada patokan yang pas, semua serba nego.

    ReplyDelete
  20. ternyata di nusa kambangan ada lokasi wisata yg kece jg ya mbk innna... ada uji nyalinya juga :)

    ReplyDelete
  21. Wah ternyata ada tmpat wisata juga walaupun awalnya dipikiranku langsubg ingat tempat hukuman mati

    ReplyDelete
  22. Sama mbak, yang terlintas pertama ketika baca nusakambangan ya mengenai eksekusi mati itu dulu.
    wah saya belum pernah ke nusakambangan nih. segera menyusul kesananya ah.
    ohiya, salam kenal ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  23. Selama ini saya taunya kalau nusakambangan itu penjara buat kelas atas. Ternyata bisa juga buat wisata to :D
    wah mantap kak foto fotonya bikin orang penasaran pengen kesana..

    ReplyDelete
  24. kalo denger nama nusakambangan malah mikir penjara, ternyata ada tempat wisatanya,,
    soal karcis emang sering banget tempat wisata yg begitu, bayar karcis tapi abis gitu dibuang deh, beberapa tempat aja yg ngasih loket.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu yang pelu dibenahi, kan kita sekarang lagi gencar promo pesona Indonesia

      Delete
  25. Belum pernah ke Nusakambangan, cuma sampai Cilacap saja nengok kakak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. whah haruse mampir mba udah dekeet

      Delete
  26. Pernah denger karang bolong tapi g nyangka kalo di nusakambangan.
    Nusakambangan yg kebayang ya seperti parahraf awal, syerem
    Tapi ternyata enggak ya
    Hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada bagian syeremnya jugaa lho hihiii

      Delete
  27. Wah yang nutup telepon itu sampean apa bapak nya mbak? ntar kualat loh mbak,,, hahaha. Eow iya bener juga nggak mungkin juga yaw nyeberang ke Nusa Kambangan dengan cara berenang, secara nggak langsung mbak sudah mentaati nasehat orang tua. Tapi penasaran juga kak, misalnya nyebur pakai berenang sampai nggak yaw? hehehe pisssszzzz a

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaAllah selalu berusaha menaati orang tua..ngga nyemplung ko hehhe

      Delete
  28. yang terlintas dibenak adalah tempat berkumpulnya para jagoan kelas kakap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa kan,,banyak yang belum tahu ini

      Delete
  29. Loh, gak wisata ke dalam penjaranya?

    ReplyDelete
  30. Ku pikir cm penjara doang di sana.. Rupanya da temapat wisatanya jg.. ^_^

    ReplyDelete
  31. mampir sekalian ga mbak ke kampoeng laut nya.
    meskipun terkenal seram tapi sekitar pulau NK kerenz juga ya mbak.
    kayak pantai Teluk Penyu :)

    ReplyDelete
  32. Estimasi biaya nyebrang pake perahunya berapa per org?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature