Kapulaga biji dari surga

March 29, 2016
Manfaat kapulaga, kapulaga untuk kesehatan, kapulaga tanaman obat, kapulaga untuk teh
Saya mengenal Kapulaga dari kebun sendiri. Sebatas mengenal bahwa rempah ini dipakai untuk campuran bumbu atau jamu. Siapa sangka, ternyata kapulaga ada di campuran minuman yang sering saya beli di Starbucks. Chai tea latte, tahukah kamu apa itu? Rasanya hangat dan menyegarkan. Kapulaga bahkan disebut sebagai biji-bijian dari surga. 

Menanam Kapulaga di Kebun
Di sepetak kebun dekat rumah kami, kapulaga tumbuh subur. Kapulaga bisa tumbuh di lahan yang tidak terlalu kering. Dataran tinggi lebih baik. Kebun kami berada di 500mdpl dengan suhu rata-rata 28C. Kalau kebunmu sudah ada pohon rambutan, pisang, bahkan durian..kapulaga bisa ditanam di bawahnya. Semacam tumpang sari gitu deh. Tanaman Kapulaga mirip jahe ya..sebab secara taksonomi (silsilah keluarga) dia masih keluargaa jahe-jahean. Jadi, kurang pas kalau saya sebut ‘pohon’ hehe. 

Harga Kapulaga
Kata Ibu saya, saat inu harga biji kapulaga sekitar 7000 rupiah dalam kondisi basah. Murah? Banget lah. Bayangkan kalau sudah jadi Chai Tea Latte nya Starbucks, bisa 5x lipat. Itupun biji kapulaganya Cuma 1 atau 2 saja.

Ini hasil panen Kapulaga kami..

Asal Tanaman
Kapulaga berasal dari wilayah India, Bangladesh dan sekitarnya. Kok bisa sampai Indonesia? Ya mungkin dulu pas jaman VOC mereka bawa kapulaga ke Indonesia buat ditanam di sini. Seperti halnya teh, VOC membawanya dari India dan pertama kali menanamnya di kebun raya Bogor.

Manfaat Kapulaga Untuk kesehatan
Dalam biji kapulaga terdapat biji-biji yang lebih kecil. Kalau kamu gigit, rasanya pahit dan mengeluarkan air. Air ini sejuk banget di tenggorokan, anggap saja minum minyak kayu putih. Kapulaga menghasilkan minyak atsiri yang bermanfaat untuk melegakan tenggorokan, menghangatkan badan, serta bikin perut jadi enakan. Kalau kamu suka nyanyi, kunyah deh satu atau dua biji kapulaga sebelum tampil. Yang tidak kalah penting, kapulaga baik untuk jantung serta mengurangi rasa sakit lho.

Manfaat Kapulaga Untuk Masakan
Masakan India itu khas banget kan aromanya? Iya, mereka pakai kapulaga untuk kari dan masakan lain. Kalau masakan Indonesia biasanya di cemplungkan pada sop.

Caraku Menikmati Kapulaga
Suatu hari, di sela-sela kelas business english guruku bertanya “have you try chai tea?”. Orang 3Inggris memang suka ngeteh, pun denganku. Akhirnya dia bercerita soal chai tea ini sebab saya jawab belum pernah coba. Biasanya sih cuma minum english breakfast tea atau green tea latte. Setelah itu saya penasaran dan mencobanya.

Chai tea adalah teh khas India yang merupakan mix antara teh hitam dan cardamom alias kapulaga. Rasanya seperti minum jamu. Apalagi ketika saya mix juga pakai cinnamon. Ueek..paitt..pait manis. Efek segar di tenggorokan dan perutnya itu lho yang saya suka. Kalau mau lebih legit, tambahin juga susu kental manis. Mantaaap deh jadi Chai Tea Latte.

Orang Pekalongan memang sudah akrab dengan kapulaga sebagai campuran minuman. Terbukti, kapulaga juga dicemplungkan di kopi hitam yang kami sebut kopi tahlil. Harus coba deh..


Kapulaga, mudah dibudidayakan dan kaya manfaat. Kalaupun mau dikomersilkan dengan menjual biji nya juga lumayan kok duitnya.

Tanaman obat apa yang kamu punya di rumah?

16 comments on "Kapulaga biji dari surga"
  1. Makasih Jeung Inayah... Ngebayangin harga Chai Tea Latte di Sbuxnya langsung inget postingan. Hahahaha. *trus nitip jemuran.

    ReplyDelete
  2. Rasanya pahit tapi efeknya menyenangkan di badan ya, hangat dan menyegarkan badan. Kapan-kapan nyoba, ah..

    ReplyDelete
  3. wah panen yaa..Enak bikin sop iga pake kapulaga, rasanya ada yg kurang klo ngga pake kapulaga.
    Waktu itu sempet nanem daun bawang nay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanem kapulaga mba..mayan kan buat ngesop atau ngeteh

      Delete
  4. Saya pernah nyoba bikin chai tea sendiri berdasar resep teman yang suaminya orang India.. teh kelat, susu kental manis, kapulaga yang dihaluskan dicampur dan disaring. Yahh rasanya agak kurang dari yang dijual di cafe sih tapi oke jugalah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entah ya cafe itu pake doa doa kali bisa mantep gitu wkkwkw

      Delete
  5. Aku pernah minum air rebusan kapulaga, seger banget, mba. Asyik ya kalo bisa panen sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba..bisa dijual juga buat beli tahu tempe

      Delete
  6. Dulu penjajah aja mau nguasain rempah rempah ya, berarti kan emang harta banget kapulaga ini hahhai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi warga lokal kurang tahu cara pengolahannya..

      Delete
  7. Kapulaga, ini kenangan masa kecilku bersama mbah kakung. dulu ke ladang sama beliau trus nyicipin kapulaga yang warnanya sdh merah :D

    sekarang di tempatku ada yang budidaya kapulaga, tapi harganya msh belum sesuai tuh sama perjuangannya.

    btw aku baru tahu kopi tahlil itu kopi ples kapulaga :) jadi penasaran rasanya kek apa

    ReplyDelete
  8. Baca judulnya saja langsung tertarik ngebacanya. Betul sekali, meskipun rasanya pahit tapi manfaatnya luar biasa,,,

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature