Definisi dan Macam-macam Hardware Komputer

March 07, 2016


definisi hardware komputer, macam-macam hardware komputer, gadget, teknologi, tech, hardware
sudahkah kamu mengenali hardware komputermu?
Pernah ngga komputer kamu bermasalah? Saya sih ngga punya komputer pribadi. Seumur-umur palinga laptop aja sih, udah 3x ganti. Kalau di kantor saya pakai komputer, untuk yang sehari-hari core i3 dan untuk yang kontrol mesin core i7. Beberapa waktu lalu komputer core i7 itu mulai sering ngadat. Layarnya kayak banyak semut gitu. Saran teman sih saya disuruh cek kabel yang menghubungkan panel monitor dan CPU. Dari situ saya mulai eksplore hardware komputer.


Sebagian dari kamu pastinya sudah tahu kalau komputer adalah barang elektronik yang mempunyai beberapa komponen atau perangkat yang membuatnya dapat bekerja dengan performa yang baik. Perangkat-perangkat tersebut adalah Hardware, Software dan Brainware. Nah, kali ini saya membahas salah satu dari perangkat komputer tersebut, yaitu hardware komputer atau perangkat keras. Untuk jelasnya, ikuti saja ulasannya yuk..

Pertama, kita mulai dengan pengertiannya. Perangkat keras adalah komponen komputer yang nyata, yang mana bisa kita lihat dan raba secara langsung. Perangkat keras ini mendukung jalannya komputerisasi. Bisa dikatakan perangkat keras adalah sebuah komponen yang mempunyai fisik, yang membantu jalannya sistem komputer. Dilihat dari macam-macamnya, perangkat keras terdiri dari:

Motherboard
Motherboard merupakan sebuah papan sirkuit, fungsinya sebagai tempat dimana komponen-komponen komputer seperti harddisk, processor, RAM, dll ‘bersemayam,’ sehingga bisa disebut papan utama yang mempunyai BIOS, konektor maupun jalur-jalur yang fungsinya menghubungkan antar perangkat.

Processor
Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah otaknya komputer. Processor ini tugasnya jalannya mengelola data input, memerintah program untuk berjalan, dll. 

Harddisk
Disebut juga sebagai HDD (hard disk drive) yang fungsinya sebagai media untuk menyimpan data dengan kapasitas yang besar. Informasi yang masuk akan disimpan secara permanen.

Monitor
Monitor adalah output device (alat output), berfungsi menampilkan grafis; gambar maupun video.

Pada komponen hardware komputer, ada beberapa perangkat keras yang mendukung dalam pemrosesan data, yang disebut output device atau alat output. Sempat disebut di atas, monitor tergolong dalam device output, namun bukan hanya monitor. Sebagai perangkat keras yang memproses input data sebagai output data, sebuah komputer memiliki output device lain selain monitor, yaitu layar LCD, printer dan plotter.

Isi dalam komputer memang rumit, terdapat komponen yang saling berhubungan untuk bisa melakukan proses pengolahan data input, menyimpan perintah hingga menampilkan output data yang diinginkan. Seperti yang telah disebutkan di atas, perangkat keras komputer antara lain motherboard, processor, harddisk, dan monitor. Tetapi itu belum semuanya, masih ada lagi lho...

VGA card (Video Graphic Adapter)
Fungsinya mengolah data yang menampilkannya dalam bentuk grafik di monitor.

RAM (Random Access Memory)
Berfungsi menyimpan data serta instruksi yang diberikan oleh processor.

Hardwarekomputer membantu pengoperasian komputer. Bentuknya dapat kita lihat dan pegang karena ‘keberadaannya’ yang mempunyai bentuk fisik. Perangkat keras banyak macamnya, jika dibuat list lagi maka perangkat keras yang lainnya adalah PC cooler, SSD (solid state drive), sound card, NIC/ LAN card, power supply, keyboard, mouse, printer, scanner, webcam, modem, speaker, proyektor LCD, dan masih banyak lagi. Jadi,,,yuk kenali sendiri bagian-bagian perangkat elektronik di sekitar kita. kalau ada masalah biar bisa kita cek sendiri dulu tuh..ngga keburu minta tolong orang lain (apalagi kalau harus bayar..heheh).
 

23 comments on "Definisi dan Macam-macam Hardware Komputer"
  1. Aku ngerti nya cuman make aja, jeroan nya kagak paham hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun taunya yang keliatan dari luar aja

      Delete
  2. Ada motherboard, fatherboard ada juga ga neng?

    ReplyDelete
  3. Aku lagi sibuk nyiapin laptop anakku. Pakai cbt tp laptopnya pakai sendiri, mana yg screennya harus lebar, jadi pakai punyaku. Laptop anak2 sekolah kan jarang yg screen lebar. Speknya aku gak mudeng, tak suruh ngecek service laptop aja pasrah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh paling aman emang gitu mba serahin ahlinya. Tapi kadang ada tukang service yanh nakal..mentang2 kita ibuk2 dianggap gtau apa apa terus dikerjain deh

      Delete
  4. bolak balik diterangin ama orang IT kantor tetap aja nga ngerti-ngerti hehehe.. ibaratnya komputer itu cara kerjanya nga beda jauh sich sebenarnya ama tubuh kita yach?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..kak..mau bongkar keyboard aja da aku mah udah nonton youtube juga belum berani sendiri

      Delete
  5. Hallo Innnayah. "Eh, huruf 'n'-nya emang ada 3 ya?" Maaf, ya. Gue baru sempet mampir ke sini dan ninggalin wortel. Kamren2 jadi silet reader aja. XD

    Btw, sekarang udah bahas tenologi aja, ni. Sebenarnya masih ada banyak lagikan yang madu dijelasin? Tapi, ya menurut gue sih, ini pengetahun dasar yang harus diketahui buat pengguna PC, Notebook, dan Laptop gitu. Ya, setidaknya taulah fungsi dari benda-benar yang ada di dalam perangkat yg digunakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiap senin emang topic blog ini tentang teknologi pangeran wortel...

      Iya ini basic banget

      Delete
  6. jaman SMA aku pikir software itu macem kabelkabelnya lo rul bwakakakka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hwahaha SMA mah aku cuma tau teori. Cupuu lah..eh tapi udah diajarin html dan kepake sampe sekarang

      Delete
  7. aku taunya kalau komputer ngadat karena keseringan mati diserang teror PLN "Oh berarti ini pasti power supplynya" hahaha

    ReplyDelete
  8. Yak motherboard netbook ku rusak. Katanya harus ganti tapi mihil..pantesan krn tempatnya para perangkat yg dibutuhkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau motherboard rusak udah lah mba ganti device baru ajah hahah

      Delete
  9. Serius, baru tambah ngeh tentang motherboard, papan sirkuit, ibarat rumah yee kalau di dunia nyata, tempat nemplok segalanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bund..sering kurang perhatian mereka hahaha

      Delete
  10. Anak teknik dah berbicara , ngeri....berat euy hiihiik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeri apa Nit? Ngeri sedapp yak hahaha

      Delete
  11. Mba Innnayah, kalau di rumah aku ya nggak punya komputer, mba. Tahunya hanya laptop saja. Soalnya ribet sih ya kalau lebih paham ttg jeroannya komputer. Tahunya, make doang kalo di kantor. Hehhee. Makasih infonya, mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba kayak gitu...saya juga di rumah ngga ada komputer

      Delete
  12. Haih, jadi ingat praktikum pengenalan komputer, Mbak hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature