Tips jalan-jalan di mall sendirian

March 05, 2016


tips jalan di mall sendirian, mall, shopping, e-commrece, perkembanagn e-commerce, blanja.com, ebay, telkom, belanja online
kamu biasa ngemall sendirian?

Bagi seorang single, kemandirian itu adalah kunci utama. Apalagi kalau single perantauan dan tinggalnya di perumahan cluster. Boro-boro deh arisan, tetangga pada sibuk masing-masing. Palingan interaksi itu ya sama beberapa pekerja rumah tangga kiri kanan. Terus kalau weekend saya ngapain dong? Yaelah..mall udah kayak jamur di musim hujan. Tempat nongkrong juga bejibun...tapi...masalahnya adalah jika harus menjalani semua itu sendirian. Masalah? Saya ngga menganggap itu masalah sih, cuman kadang bikin baper aja kalau jalan di mall sendiri.


Yang bikin baper kalau ngemall sendiri
Hampir kecopetan
Ini kejadian yang sudah setahun lewat. Jadi ceritanya saya mau nonton, naik angkot. Di dalam angkot itu sudah ada beberapa orang. Di tengah jalan, angkot berhenti dan menaikkan dua orang pria. Beberapa meter kemudian, naik lagi satu pria. mereka bertiga duduk berhadapan. Saya berada di samping salah satu pria. Mereka usianya kira-kira 40an dan berpenampilan rapi. Ketika angkot melanjutkan perjalanan tiba-tiba si bapak yang di depan saya meringis sambil memegangi kaki seperti orang keram. Pria yang di samping saya heboh . Di situ saya mulai curiga (kebanyakan nonton berita kriminal). Tas langsung saya dekap, dan..saya merasakan tangan pria samping saya itu ‘grepe-grepe’. Langsung saja saya teriak “kirii.kiri” dan buru-buru turun padahal mall tujuan masih jauh (untung itu bukan jalan tol jadi bisa turun dimana aja). 

Ngga dapet tempat makan
Seringnya, saya berangkat ke mall jelang makan siang. Nah, pas jam makan itu beberapa kali saya mengalami kejadian yang bikin baper.
“selamat siang..mau untuk berapa orang?” sapa mba mba waitres
“sendiri mba..”
“oh..maaf..tidak ada tempat kalau untuk sendiri”
Di situ saya merasa sedih!
Restoran memang lebih suka nerima yang tamu ramean. Yaiyalah..lebih menguntungkan. Sadar akan hal itu, saya cuma bisa ngeloyor dan cari tempat makan lain.

Ke toko itu-itu aja
Jalan sendirian di mall itu ya palingan ke toko buku, coffee shop, toko gadget, toko kosmetik langganan. Window shopingnya kesitu-situ mulu. Beda ya kalau jalan ramean..kan bisa kemana..mana sesuai minat teman jalan kita. 

Tips biar ngemall sendirian jadi seru
Waspada di angkutan umum
Pokoknya mah kudu ini. Mau ke mall..mau ke pasar,,sama saja. Jaga barang-barang dan diri kamu, jangan lengah. Paling enak emang kalau naik kendaraan pribadi. 

Sabar dengan waiting list restoran
Kalau kamu udah ngebet banget pengen makan di resto itu, lalu ngga dapat tempat...ya sabar saja dan bilang ke waitres kalau kamu mau masuk ke waiting list. Daripada nyoba tempat baru e tapi kamunya ngga sreg. 

Explore mall
Agak riskan sih, takut kebablasan beli ini itu. Harus kuatkan tekad, cuma lihat-lihat hahahha. Habis liat-lihat muncullah sekian banyak wish list. Ampuun..

Ngemall nya di rumah saja
Hari gini ngemall nya di rumah saja. Ngga perlu khawatir sama copet atau kalap beli barang yang ngga kita perluin. Hemat ongkos transport dan yang pasti...kamu sebagai single ngga akan ngerasa kayak anak ilang keluyuran di mall sendiri, hahahha. 

Perkembangan e-commerce gila-gilaan banget di Indonesia. Hampir setiap orang pernah ngerasain belanja online. Nih lihat, kalau kamu suka window shoping lewat layar hape...rasanya itu bukan hal yang lebay lagi. That’s normaly sist. Prediksinya, transaksi via online akan naik 3kali lipat dari tahun 2013. 2013? Itu baru kemarin kan,,cepet banget. Selain karena faktor kemudahan akses internet dan bank yang gencar banget nawarin pilihan mobile banking...hal ini juga didukung sama merebaknya pasar maya. 
tips jalan di mall sendirian, mall, shopping, e-commrece, perkembanagn e-commerce, blanja.com, ebay, telkom, belanja online
e-commerce makin maju nih
 Kemarin ngobrol tuh sama temen yang jualan kripik makaroni online.
“kamu jualan makaroni dimana sih? Instagram?”
“aku jual di ebay Inay..biar pasarnya makin luas”
“hwah..mantep banget”
“udah tahu belum kalau ebay ada joint venture sama telkom lho..buat buka pasar di Indonesia”
“belum...apa gitu namanya? Ebay Indonesia?”
“namanya blanja.com"
“ohh..coba kamu cari info soal itu..ntar ceritain ke aku ya”


Jadi, e-commerce ini besutannya ebay sama telkom. Baru tahu juga? Di sini, barang yang dijual kondisinya baru semua. Ya kayak di mall lah. Kalau udah biacara ebay..hemm..pasti dong kamu percaya ya sama layanannya. 

Jualan apa aja sih? Macem-macem sist and bro. Dari fashion sampai pritilan aksesoris motor dan mobil juga ada. Pas ngemall minggu lalu saya nyari case untuk smartphone saya. Hem..susahnya. Keliling toko sana-sini kok ya gitu-gitu aja desainnya. Kalau kata cicih yang jualan, karena smartphone saya itu keluaran baru, jadi belum banyak pilihan. Kalaupun ada, mahalnya ngga kira-kira padahal mereknya antah berantah. Eh..pas cek di e-commerce ini, ada yang lucu-lucu. Case jelly 3D motif cherry red...aaakk. Kemarin di mall itu yang polos harganya 80ribu, nah ini cuma 32ribu..kalau sama ongkir jadi 41ribu. Yeeaah...beli ini saja lah. 

Jadi...milih ngemall sendirian atau ngemallnya dari rumah bisa sambil nyanyi-nyanyi sumbang gini..?
 
Terima kasih sudah baca saturday jomblo story edisi kali ini.
 


50 comments on "Tips jalan-jalan di mall sendirian"
  1. Itu mbak nongkrong di cafe ya? *salah fokus*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga nongkrong Aud..duduk..hahaha

      Delete
  2. menjadi single fighter diperantauan memang ngeri ya mbak kalau mau bepergian sendirian.

    ReplyDelete
  3. Aku tiap weekend ke mall sendirian hihihi biasa aja sih ya. Apa ud kebiasaan hehehe jomblo 4 tahun #lahcurhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. assekk..saturday jomblo story emang didedikasikan buat curhat kok,,santai aja..bebaass

      Delete
    2. Yahh mbak...agak riskan memang keluyuran sendiri meski kadang lebih menikmati kesendirian he he

      Delete
  4. Kalo ke mallnya naik motor ga naik angkutan umum juga, apa harus waspada di dalem angkutan umum? Padahal naik motor loh bukan di dalem angkot?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena saya seringnya naik angkutan umum..jadi ngasih tips nya begitu. bisa ditambahin "waspada di jalan" hahahha

      Delete
  5. Mendingan naik ojek onlen atau omprengan onlen macem grabcar aja innn.
    Aku ud jarang naik angkot, selain lelet karena sering ngetem, juga kzl kalo naik angkot keseringan denger klaskson. Macet, nglakson. Ada org berdiri di pinggirannya jalan, nglakson.

    BTW aku kalo sendirian, bukannya lebih gampang nyari kursi di resto? Aku sih selalu dapet, entah karena aku dtgnya ga pas jam lunch Kali ya.

    Explore the mall itu melelahkan. Ngelilingin matahari aja gempor. Huahahaha
    Ya efek aging, you know lah sis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada resto yg nyediain kursi single mba gampang. Kadang yg nyisa kursi ramean.

      Delete
  6. Makasih buat info blanja.comnya. Coba kupelajari.

    ReplyDelete
  7. Makasih buat info blanja.comnya. Coba kupelajari.

    ReplyDelete
  8. Berapa jam bisa sendiri gitu DE? Ak kadang mikir kalau kita lama di tempat nongkrong apa ga di usir syantik ya ama penjaganya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahha seharian juga gapapa ko mba..selama g ganggu pengunjung lain

      Delete
  9. Saya salah satu yg selalu me time keluar sendirian tanpa suami n anak2 sebulan sekali. Biar otak adem dikit :))

    TFS jadi tahu blanja.com :)

    ReplyDelete
  10. Sering banget ngemall sendiri..emang suami yang nyuruh biar nggak uring2an mulu di rumah... *eaaak :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asik ya mba kalau suami ngasi ijin kayak gitu

      Delete
    2. Wah asik ya mba kalau suami ngasi ijin kayak gitu

      Delete
  11. saya hobi ngemall sendirian hihi, terutama kalau ke toko buku biar bisa explore puas :D wah aku baru tau blanja.com itu hasil joinnya ebay sama telkom! kapan-kapan mau coba jajan disitu deh.. thanks infonya Mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..itu joint venture ebay sama telkom

      Delete
  12. Wah sesama jomblo emang harus mandiri yach. Ke mall nyari barang aku malah lebih senang sendiri innayah lebih leluasa aja milih barangnya. Tapi kalau sekarang emang lebih efisin belanja online, nga perlu macet2nya itu sich dan ngalamin pengalaman buruk di angkot seperti yg kamu cerita.

    ReplyDelete
  13. sering bangett akuu kalo sendiri gini hahhaa

    ReplyDelete
  14. Klo dsh ngemol sendirian, uuuuhhh pesti aku ngalamin yg bolak balik sederetan toko belasan kali, tp ga beli, cuma liat liat thok haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hwahahaha..ampe mba sPG nya apal

      Delete
  15. Aku dlu sering ngemall sendirian, mba.Skarang ngemall sendirian kalo kerja sore, nah siangnya nge mall dlu biar semangat kerja. Hahhaa

    ReplyDelete
  16. aaaah males bangeeet ngemall sendiriaaan hehehehe...tapi tipsnya oke banget. AKu paling ngga ke mall sama anak-anak or janjian ama temen soalnya :)

    ReplyDelete
  17. Wuihi ... serem banget Mba,hampir kecopetan. Hadu, aku ga berani nih kalo nge-mall sendirian, kecuali emang terpaksa dan itupun buat belanja bulanan. Jarang banget pula, aku terpaksanya.

    ReplyDelete
  18. Bagi yang ga biasa pasti anti banget ngemall sendirian, apalagi nonton film. Kalo aku malah suka, ngrasa efisien karena hanya ke tempat2 yang diperlukan saja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sebenernya lebih nyaman kalau sendiri. Tapi sekalinya diajak ramean sama squad kok ternyata asik

      Delete
  19. Memang kurang sip ke mall sendirian karena saya sering melakukannya. Biasanya saya hanya segera ke tempat yang saya perlukan misalnya toko buku atau toko jeans. Setelah itu langsung pulang. Mau makan sendiri juga nggak jos.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya biasanya to the point pak dhe

      Delete
  20. aku gk pernah nge mall sndirian mbak ina, atuutttt, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah ada pengalaman ga enak ya mba?

      Delete
  21. Aku sering dulu, paling ke gramed ajaa, ngga sampe kpingin makan sih hehe. Mnikmati buku sama liat2 baju, spatu atau tas...asik jugaaa walau ngga beliii :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setipe lah sama aku kalau jalan sendiri ya begitu

      Delete
  22. Aku sih krn ibu2, paling bahagia lahir batin itu di supermarket mall. Lama2in deh lihat macem2 barang. Kalau waiting list resto aku nggak pernah mau. Pikirku, makan aja kok harus nunggu2, seadanya saja mana yg selo. Kalau nggak ada yg selo beli burger atau sebangsanya, cari bangku trus ngemil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku paling suka di toko perkakas mba...hahaha

      Delete
  23. Nayyy, ajarin aku jadi vlogger doonks. Hihihi.

    Aku sih suka jalan-jalan sendiri. Apalagi kalo lagi nyari barang. Lebih enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hwahaha ini sih cuma ngerekam pake smartphone dan tanpa editing Li. Aku masih cupu

      Delete
  24. Salam kenal mbak (atau bu?)...blognya kece...
    Saya memang jarang benget jalan-jalan ke mall apalagi sendirian (gak suka tempat rame soalnya dan kalau pun mau beli-beli paling beli buku-ya mending di toko buku sekalian), tapi turut merasakan keprihatinan untuk para single he he
    Tapi, karena saya sering jalan-jalan ke tempat lain kecuali ke mall juga sendirian, maka tips ini saya bungkus deh *dikira cendol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya...sudah berkunjung..makasih juga buat prihatinnya hahaha

      Delete
  25. terimakasih bos infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature