Genderuwo The Capitol

April 09, 2016
Kisah horor the capitol jababeka

Konon katanya genderuwo suka menggoda wanita. Makhluk astral berwujud manusia jadi-jadian berukuran besar ini mendiami wilayah sepi seperti gedung tua.
Tak jarang, genderuwo berganti wujud menjadi manusia demi melancarkan aksinya. Waspadalah jika kamu melewati daerah sepi dan kosong saat hari sudah gelap, barangkali genderuwo mengintaimu.

Undangan makan malam
Jam 8 malam, acara makan malam undangan seorang kolega itu berakhir. Kami sengaja berkumpul di sebuah restoran pizza tengah kota usia pulang kerja. Saya saat itu tidak membawa kendaran, jadi nebeng si R teman kerja. 

Restoran pizza tersebut bereda di deretan ruko bernama The Capitol. Sebelum maghrib saya dan R memarkirkan kendaraan di belakang ruko. Suasananya snagat instagenic. Bangunan ruko didesain layaknya bangunan khas eropa. Taman dengan air mancur dan kursi-kursi. Entah kenapa meski terkagum-kagum, saya sama sekali tidak mengeluarkan ponsel untuk foto-foto. 

Genderuwo Merah
Usai makan malam, saya dan R segera menuju ke parkiran. Saat saya sedang asik pada layar handphone, langkah R terhenti.

“woi..kenapa?” tanya saya
“pergi...!” jawab R dengan mata terbelalak
Saya sangat keheranan sebab pandangan R tidak menuju ke arah saya. R memandang ke arah kursi-kursi dekat air mancur yang kini tampak gelap dan kosong. 

“apa sih? Ada orang mabok?” pertanyaan saya tak terjawab.

Saya masih berpikiran positif bahwa dalam kegelapan ruko tak berpenghuni itu, ada sekelompok anak-anak mabok. Pandangan saya menyelidik, tapi tak menemukan sebatang hidungpun. Saat itu, R tiba-tiba lari ke arah saya.

“eh,,ada apa?” tanpa babibu..sayapun ikut lari sekencang-kencangnya.

Parkiran yang kami tuju berada persis di samping hotel The Java Palace. Tempat yang terang benderang dan ramai malam itu. 

“tadi itu ada genderuwo..” jawab R dengan nafas terengah.
“kok kamu tahu itu genderuwo?”
“badannya besar, warnanya merah, berbulu”
“dia dimana sekarang?”
“tadi mau ikut sama kita...aku cegah”
“hah!”
“itu dia jalan mundur ke sana” R menunjuk ke arah taman yang gelap.

Semenjak peristiwa malam itu, saya tidak pernah lagi berani berjalan di belakng ruko kapitol malam hari. 

Mitos soal Genderuwo
Menurut mitos yang berkembang dalam masyarakat Jawa, genderuwo suka menggoda wanita. Bahkan tidak jarang dia mendatangi seseorang dengan rupa kekasih atau pasangan orang tersebut. Masih ingat gerandong di sinetron mak lampir misteri gunung merapi? Gerandong adalah makhluk jadi-jadian hasil perkawinan manusia dan genderuwo. Hiiiiiii....

Dimensi Lain
Tidak mudah bagi sebuah makhluk dari dimensi lain menampakkan diri di dimensi kita. Perlu energi besar bagi dia tentunya agar seorang manusia bisa melihat wujudnya. Kenapa si genderuwo nekat memperlihatkan diri ke R ya? Atau si R yang tanpa disadari membuka pandangannya untuk dimensi lain? Jadi, mata saya dan R itu berbeda. Seperti kejadian minggu lalu saat saya asik keluar masuk dapur dan R sama sekali nggak mau. Hahahhaa..there is something on kitchen ternyata. Justru saya bersyukur tidak dikaruniai penglihatan aneh-aneh.

Penjagaan diri
Sebagai wanita yang tinggal sendiri dan masih sendiri, saya harus lebih menjaga diri. Dalam kondisi apapun jangan sampai terlupa dari kalimat thoyibah. Semoga kita terhindar dari kejahatan makhluk Tuhan baik yang berwujud maupun yang astral. 

Kata orang, Genderuwo suka menggoda wanita yang kesepian. Apakah dia tahu bahwa dibalik keceriaan saya, ada jiwa yang kosong? Tidaaaaaak.

37 comments on "Genderuwo The Capitol"
  1. Huweeeee. Untung pas buka semalem gak dibaca sampe pagi ini. Bahahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar greget harusnya semalem...hahahah

      Delete
  2. Itu gendurowo pengen godain neng kali hahaha

    ReplyDelete
  3. Oh, ini pengalaman R tapi jadi pelajaran buat kita ya Mbak :)

    ReplyDelete
  4. Konon, makhluk halus tak suka menganggu asalkita juga tidak menganggu mereka, sengaja atau tidak.
    Harus banyak berdoa ya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kami harusnya ngga lewat situ

      Delete
  5. Saya juga bersyukur mempunya mata gak bisa nembus dimensi lain. Kalau sampai, duh, alangkah menggelisahkannya hidup. Kemana-mana melihat genuruwo..Seram sekali...

    ReplyDelete
  6. hwahhh beneran ituh mbak...
    ihh serem leh...
    setuju sama pakde cholik, kalau kita nggak usil, kita juga ga akan diganggu kok mbak hhee

    ReplyDelete
  7. Adowwww serem amiiiittt...
    Jangan sampe ya diganggu makhluk halus :(

    ReplyDelete
  8. Hiiiii, syerem itu pastinya kalau bisa ngelihat kaya si Mbak R. Ada juga saudara yang bisa ngelihat makhluk astral, duh nggak bisa bayangin betapa repotnya dia karena kan kalau bisa lihat di mana-mana pasti ada to?

    ReplyDelete
  9. Aku mocone malah ngekek. Iihh jomblo yang sedang ditaksir genderuwo... :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakka kamu itu lho mba..anti mainstream

      Delete
  10. Genderuwo.. Udah lama ngga denger kata2 ituuu.
    Mungkin dia mau menyapa jiwa yg kosong nay

    ReplyDelete
  11. oh ternyata yang suka menyamar berwujud manusia itu genderuo yah?
    teman saya katanya pernah kejadian seperti itu, namun sayangnya genderuo itu gagal karena suaminya datang tepat waktu.

    ReplyDelete
  12. Waaa....sereeeem.... Ok siip, jg jiwa jiwa jgn smp kosong.*ngomong ke diri sendiri

    ReplyDelete
  13. seereeemm
    saya blm pernah pny pengalaman ttg makhluk halus hehe
    salam sehat dan semangat amin

    ReplyDelete
  14. WIIIHHHHHH mbak kirain tadi judul film loh ternyata kok pengamalan horor, merinding! untung bacanya pas hari masih terang T_____T dulu aku pernah nonton acara SILET yang masih belum gosip semua materi acaranya, ada "gerandong" di dunia nyata namanya tebo iwa.

    ReplyDelete
  15. Ah R ini cuman modus aja, kesan nya ngusir biar bisa cari2 perhatian ama kamuhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komenmu anti mainstream oom. Bisa jadi ya..wkwkwk yg modusin bukan genderuwo tapi si R

      Delete
  16. Katanya klo dia muncul bunyi ubi bakar ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature