Segarnya Bakso Balungan Pak Teguh Pekalongan

May 20, 2016
bakso balungan pak teguh pekalongan, kuliner pekalongan, bakso balungan, bakso pak teguh, bakso wonogiri,


Salah satu kuliner yang bisa kita temui di seluruh penjuru negeri ini adalah bakso. Gumpalan daging dengan mi dan kuah panas akan sangat cocok dinikmati di siang hari yang terik. Dari sekian banyak jenis bakso di Indonesia, yang paling terkenal adalah bakso Wonogiri.
Mungkinkah karena sebagian besar penjual bakso berasal dari sana? Bakso wonogiri ada di mana-mana, termasuk di Pekalongan. Jika kamu ingin menikmati semangkok bakso balungan bersertifikat halal dan aman dengan harga terjangkau, mampirlah ke kedai bakso “suka rasa” pak Teguh ini. Rasanya khas bakso wonogiri yang gurih dan ‘sapi’ banget. Pilihan jenis baksonya beragam, pun dengan pelengkapnya. Tentang lokasi dan pelayanan jangan khawatir, sebab tidak akan membuatmu kesal dan hilang selera makan.

Antara Aku dan Bakso
Saya punya ikatan emosional dengan bakso. Sewaktu balita, saya adalah pecinta bakso garis keras. Suatu saat, titik jenuh itu datang. Setiap kali makan bakso, kepala jadi pusing. Hahhaa...aneh ya, mungkin ini namanya mabok bakso. Kegilaan dengan bakso kembali lagi saat tinggal di Bogor. Bakso malang, minimal satu hari satu mangkok. Bahkan saat bulan puasa, bakso adalah pengganti kolak bagi saya.

Cerita Demi Bakso Halal
Pemberitaan soal bakso seakan tak habis-habis. Bakso begini begitu yang intinya kita harus waspada. Mulai dari bahan yang dicampur hal-hal tak manusiawi hingga deretan bahan kimia berbahaya perusak jiwa raga. Bagaimana dengan saya sebagai pecinta bakso? Ya tetep makan bakso sih, tapi pilih-pilih yang sekiranya tidak mencurigakan.

Suatu ketika, saya sedang belanja di sebuah swalayan. Di seberang kasir, terpampang spanduk besar yang intinya bertuliskan tentang bakso bersertifkat halal MUI. Itu pertama kalinya saya mleihat yang demikian. Tanpa perlu pikir panjang, saya memesan semangkok bakso di sana. Yes!! Harganya 4 kali lipat dari bakso yang biasa saya beli. Memang sih, untuk mendapat selembar sertifikat itu tidak mudah.

Bakso Pak Teguh Pekalongan
Tidak jauh dari coffee and beyond cafe, bakso wonogiri yang cukup terkenal di Pekalongan itu sedang ramai-ramainya pengunjung. Saya datang kesana sekitar 14.30 waktu Pekalongan. Untung saja amsih ada meja kosong. Catet ya, meja nomor 5. Letaknya dekat tembok, nggak jauh dari pintu, so...lightingnya lumayan bagus. Ini penting? Iya dong..penting banget.

Menu
Di kedai bakso “suka rasa” ini, menu baksonya cukup banyak. Tapi semuanya bakso kuah, tidak ada bakso goreng atau bakso bakar.
bakso balungan pak teguh pekalongan, kuliner pekalongan, bakso balungan, bakso pak teguh, bakso wonogiri,

Bakso separo (harusnya saya pesan ini), bakso biasa, bakso telur, bakso urat, bakso urat campur adalah menu bakso yang cukup standar ya. kalau bakso balungan? Nggak semua kedai bakso menyediakan ini. Adakah yang belum tahu bakso balungan? Jadi, bakso balungan itu adalah bakso yang dilengkapi tulang muda (tulang rawan). Bukan tulangnya dijadiin bakso ya, tapi di mangkok itu ada bola daging biasa sama potongan tulang muda yang masih ada dagingnya sedikit.

Ini nih harganya yang menurut saya sangat terjangkau (yaiyalah bandinginnya sama harga Jakarta).

Bakso balungan campur: Rp. 14.000
Bakso Balungan urat: Rp. 14.000
Bakso Spesial: Rp. 15.000
Untuk minuman, semua di bawah Rp.5000.

Bakso Pak Teguh Aman?
Mata saya berkeliling mencari penampakan sertifikat aman dan sejenisnya. Dan yeah...ada. Bakso “Suka Rasa” Pak Teguh punya sertifikat dari dinas kesehatan Pekalongan dan belum kadaluarsa.

Pelayanan
Dengan pengunjung sepadat itu, saya pikir akan lama menunggu pesanan. Eh ternyata, cepat juga ya. nggak smapai yang bete dari laper ke nggak laper kok. Meski kedai ini indoor alias di dalam ruangan, tapi ngga sumpek. Eh atau sumpek dan tidak itu tergantung suasana hati? Hehehe...entahlah yang saya rasakan ya segar-segar saja.

Bakso teguh menerima pembayaran cash, jadi kalau kamu nggak bawa duit cash cari ATM dulu atau cari pinjeman hahaha.

Meski tidak meiliki area parkir tersendiri, not bad kok sebab parkiran ada yang jagain dan nggak berada di jalur super padat. Kendaraan leluasa saja keluar masuk bakso “suka rasa”.

Mau datang lagi?
Bisa iya..bisa engga. Kalau lagi jalan daerah sini, bolehlah mampir.

Rate
3 dari 5

Lokasi
Jalan tentara pelajar no.6 kota Pekalongan
Telp: 0813 2706 6559



47 comments on "Segarnya Bakso Balungan Pak Teguh Pekalongan"
  1. weew, itu mah jumbo porsi, ya, mbak?
    baksonya banyak.. hihihi, bakalan kenyang deh perut kalau makan bakso ini (pengalaman kalau makan bakso masih saja lapar) :D

    ReplyDelete
  2. Buat saya bakso gak ada matinya. Gak pernah bosan makan bakso. Semoga jangan sampe saya mabok bakso, ya. Nanti sedih gak bisa makan enak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampai mba mabok bakso kayak aku..liat aja eneg

      Delete
  3. Yahhh..liat ini jadinya pengen banget ngebakso :(((

    ReplyDelete
  4. Adudududuhhh aku ngiler bacanya. Apalagi ada balungan-balungannya itu lho. Ini bakso nggak ada cabangnya gitu di Jakarta? haha.

    ReplyDelete
  5. baksonya terlihat sangat enak, apalagi kalau rasanya pedas. hehe

    ReplyDelete
  6. Mbak nurul, siang2 gini bakso? Aq laperrr pgen baksooooo....

    ReplyDelete
  7. Tos mba, saya juga suka banget bakso. Untung di Solo banyak bakso yang enak jd puas.

    ReplyDelete
  8. Sayang terlalu jauh dari tempat saya Mbak...

    ReplyDelete
  9. Aku penggila bakso...daripada dikasih ato di suruh makan makanan yang macem-macem mending traktir aku bakso aja cukup. Ayo dek,kapan kamu traktir akuu? :D

    ReplyDelete
  10. yang kayak gini nie.. coba dibawa ke jakarta taroh di mall.. jadi 40ribu nantinya, tetep laris

    ReplyDelete
  11. yang kayak gini nie.. coba dibawa ke jakarta taroh di mall.. jadi 40ribu nantinya, tetep laris

    ReplyDelete
  12. haduh2 jd pengen bakso, gimana ini diet....

    ReplyDelete
  13. wuuuu kayaknya enak bangeet >.<
    bikin ngiler deh mak :3

    harganya standartlah ya udah dapet porsi gede :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah menurutku...mba soale isinya macem macem

      Delete
  14. Baksooo... Aku juga penggemar garis keras bakso.
    Dalam waktu seminggu kalo ga makan bakso perut rasanya kyk ada yg aneh gitu.

    Bakso jadi menu wajib mingguan saya. Kalo ngga bisa ngecesss. Hehehehehe...

    ReplyDelete
  15. aku sekali-kalis aja makan bakso hanya menemani suami yg penyuka bakso, aku sih biasa saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampai mabok bakso mba :)

      Delete
  16. baksoo makanan kesukaan ku mbak, mau lah nyobak nihh

    ReplyDelete
  17. Untung barusan aja makan pas baca ini. Buahahahaha.. Btw 4 kali harga normal itu berarti Rp. 60 rebuan? Gilingan mahal amat untuk semangkok bakso ya. Huehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyak. Isinya juga banyak dan halal katanya

      Delete
    2. Iyak. Isinya juga banyak dan halal katanya

      Delete
  18. warga wonogiri hadir nih.. hehehe... *tapi sekrg tinggal di jakarta*

    menurut lidah saya... bakso wonogiri paling enak ya makannya di wonogiri.. kalau udah di kota lain. seringnya agak berbeda rasanya. Sekali lagi menurut lidah saya :D :D

    ReplyDelete
  19. ngiler, dan porsinya itu ampun banyak amat yach.

    ReplyDelete
  20. ngiler.. porsinya banyak bangat yach?

    ReplyDelete
  21. Aku juga sukaak makan bakso. Kayaknya itu makanan yang paling mudah ditemukan. MAkan panas-panas pake sambal. Enaknyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalau puasa. Godaaan besar ni hehe

      Delete
  22. aku kalau mudik selalu lewat pekalongan.. bisa jd referensi nih kalau mudik...

    ReplyDelete
  23. Duhh coba ada di jakarta neh mbak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature