Cara menaikkan traffic blog dengan facebook ads

May 30, 2016
Cara menaikkan traffic blog, sponsored post, tips blogging, facebook ads

Pernah tidak sih kita sedang membuka laman facebook lalu melihat iklan-iklan? Terkadang iklan-iklan itu muncul begitu saja di tengah halaman atau di sidebar kanan. Bagi pengguna chat application blackberry messenger (bbm) juga pasti akrab dengan iklan seperti ini. Tidak hanya muncul di feed blackberry messenger, iklan juga sering hadir menyusup diantara chat.
Kok bisa sih? Ini semua namanya startegi marketing. Terkait iklan di facebook dan bbm tersebut, ternyata caranya mudah lho kalau mau ikut-ikutan nampil di sana. Itulah salah satu cara yang bisa dipakai blogger untuk menaikkan traffic postingan blognya.

Service excelent untuk brand

Kenapa brand makin gencar memakai blogger sebagai partnernya? Tiada lain tiada bukan, sebab saat ini perkembangan internet sudah sangat masif. Ketika saya ingin membeli suatu produk atau mengunjungi suatu tempat, blog lah tempat mencari informasi. Kenapa? Sebagian besar yang ditulis berdasarkan pengalaman, bukan semata teori. Jadi, saya lebih percaya blogger sih. 

Jika kita punya blog dan sudah biasa menjalin kerjasama dengan brand, apa yang akan kita lakukan agar kerjasama terus berjalan? Pastinya, sebuah service excelent yang menguntungkan kedua belah pihak dong ya. 

Setelah seorang blogger menulis dengan sepenuh hati pesanan brand (kalau bukan article placemnet) apakah akan didiamkan begitu saja? Kalau saya, mau itu sponsored atau bukan perlakukan tetap sama. Share ke fanpage, google plus, grup blogger, twitter, tumblr, line, status bbm, kadang juga path....hehehe. Kenapa sponsored post harus punya banyak traffic? Yaiyalah...coba deh dipikir lagi apa tujuan dari beriklan. Traffic juga bisa menjadi senjata bagi blogger memberikan tawaran untuk brand lho. Intinya, kalau kata John Legend ‘Give your all to me, i will give my all to you’.


Apa itu facebook ads?

Social media paling ramai masih ditempatin facebook. Kalau dulu, orang beriklan secara random saja via profil masing-masing, sekarang facebook menawarkan paket kece nih. Iklan yang muncul di tengah laman atau di samping laman fecabook itu yang dinamakan facebook ads. Menariknya, iklan-iklan di facebook ads bisa kita sett targetnya secara detail. Datanya dari mana? Dari profil facebook dong. Semuanya terekam membentuk database yang sangat bermanfaat buat iklan. 
Cara menaikkan traffic blog, sponsored post, tips blogging, facebook ads
Tawaran suruh ngiklan

Di facebook ads kita sendiri yang menawarkan konten ke seluruh penjuru dunia. Hah? Seluruh penjuru dunia? Iyaaa..kamu ngga salah baca dan saya ngga pakai hiperbola. Misal nih ya, saya mau menaikkan traffic postingan tentang ‘tips membuat konsep pernikahan yang instagramable’. Siapa sih target saya? Orang Asia, single, pengguna instagram. Dengan hanya menuliskan informasi demikan, kita sudah bisa beriklan di ribuan target lho. Yah..teorinya sih yang klik iklan kita sekitar 10% dari target, tapi kan ya lumayan daripada tidak sama sekali.

More Spend, More You Get

Ngiklan di facebook ads kan bayar? Iya,,bayar,,memang. Tapi, bagi blogger pemula seperti saya inilah cara marketing yang menjanjikan. 
Berapa sih tarif satu iklannya? Beda-beda sist and bro...tergantung kita mau menempatkan dimana. Mobile? Tengah laman? Sidebar? Jadi, kalau tidak memakai kredit card ya memang harus bayar di awal dulu untuk smeua itu. Misal 10ribu rupiah perpost, ya kita bayar segitu. Facebook ads menyediakan management budgeting yang bisa dengan mudah kita kendalikan bahkan via smartphone. “duh..iklan di pinggir kok dikit yang klik, yo wes non aktifin...pindah ke tengah”...dan semacamnya.
Cara menaikkan traffic blog, sponsored post, tips blogging, facebook ads
Iklan nyempil di chat
Semakin ‘biasa saja’ sebuah tulisan, maka harga iklannya semakin mahal. Tulisan yang baik dihargai 200rupiah atau lebih murah dari itu. 

Agar postingan rame klik di facebook ads

Meski facebook sudah menarget secara spesifik iklan kita, tetap saja ya blog itu ya tentang konten. Buatlah konten yang ‘semanusia’ mungkin kalau kamu mau beriklan via facebook ads. Riding the tren alias membuat postingan yang berpotensi viral.  Tapi, ya jangan ikut-ikutan lalu kita lupa sama tema blog kita dong ya. 

Headline is everything, sebab 80% klik itu berasal dari headline tersebut. Thumbnail juga jangan asal, uh..jadi piye? Thumbnail dengan gambar beresolusi tinggi, berupa objek manusia, dan minimalis terbukti lho berpengaruh ke klik. 

Apa saja sih cara marketing via facebook
Kalau kamu mau beriklan via facebook, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat fan page. Fan page itu dibuat seprofesional mungkin dan sering diupdate yah. Oiya, yang belum like fanpage saya, boleh kok dicari di www.facebook.com/innnayahdotcom (assikk).

Kalau mau yang gratisan sih bisa pakai cara yang biasa. Bergabung di grup atau membentuk friendlist tertentu. Jangan deh ya random share iklan via inbox atau tag sembarangan gitu. Spammy lho...itu jahat hahahha.

Sponsored post versus hostingan

Sudah panjang bahas soal marketing strategy sponsored post...eh jangan lupa nih bagian dasarnya. Hostingan dan domain itu penting lho. Beberapa waktu lalu sempat ada server down, saya tidak bisa komentar di beberapa blog. Rugi banget kan kalau misal kita harus UP sebuah sponsored post eh malah hostingan bermasalah. Sama team ngobrol cantik Blogger Perempuan, saya dikenalkan dengan Dewa web. 


Dewaweb sudah pakai SSD cloud hosting yang katanya lebih cepat dan jika ada sebuah server bermasalah, maka tidak akan berfek ke resource yang lain. Amaaan deh ya. Brand suka lho sama domain top level alias berbayar. Ya...lebih pro aja gitu kelihatannya. Di tempat ini sedang ada promo malahan, 90ribu saja buat dapetin domain dot com. 

Mau dibawa kemana hubungan kita...?

Sebuah hubungan yang baik tentu maunya tetap lanjut dong ya, eh ini apa? maksudnya hubungan sama brand. Service excelent cause i give you all of me and you give me all of you.



82 comments on "Cara menaikkan traffic blog dengan facebook ads"
  1. oh bisa to postingan blog pake facebook ads :D

    ReplyDelete
  2. Jadi inget kudu perpanjang domain ini... Pengen sih ya ngiklan di fb ads, noted dulu deh smw infonya... Tks mba nurul sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiih iya..jangan sampai expired nanti fans mu pada kehilangan hahaha

      Delete
  3. Bayarnya per post atau dihitung jangka waktunya juga misalnya per post/per hari?
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  4. Wah, ini juga masalah saya, tulisan berbayar traficcnya gak serame tulisan biasa.
    Ternyata ada caranya ya biar tulisan berbayar jadi rame dikunjungi.
    Harus ngulik fanpages nih. Selama ini ada tawaran dari fb utk bayar sekian, aku cuekin. Qeqeqe, belum mudeng.
    Makasih sharingnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..tulisan berbayar yang keliatan hardselling bahkan sejak baca judul...itu bikin males ngunjungin hweheh

      Delete
  5. Saya jg Penasaran sama fb ads ini..ngaruh ga sih?

    ReplyDelete
  6. udah pernah pake FB Ads kah mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum mba...mau coba dalam waktu dekat

      Delete
  7. Saya suka prinsipnya. Berbayar ato kagak, ya tetep akan dishare ke semua tempat deh ya Jeung. ihik. Dan soal Facebook Ads ini, makasih sudah berbagi ilmunya yaaa.... Sudah mau pake tapi ntar dulu deh, nunggu job berikutnya. #eaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciyee kamu mas ndak pake ads juga udah hittss

      Delete
  8. Ng..jadi kitanya yang bayar ke fesbuknya yak huhu

    ReplyDelete
  9. Mahal dan murah relatif ya mbak, tapi kalau untuk blog personal seperti saya beriklan di Facebook kok rasanya mahal ya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meski blog personal, ya siapa tahu ingin makin bisa menginfluence banyak lebih banyak orang lagi mba :)

      Delete
    2. Fb ads ini memang fasilitas fb yang belum banyak dioptimasi blogger ya nay. Aku pernah beberapa kali pakai fb ads buat jualan. Tapi ga terlalu ngaruh. Kayaknya masih brlum pas nrntuin target marketnya -_-

      Delete
    3. Bisa jadi seperti itu...nentuin target tapinya gampang kita ubah ubah ko mba

      Delete
  10. Woowww..FB Ads, kira-kira berapaan ya ?

    ReplyDelete
  11. Masalahnya kadang ada yg nggak punya CC, kak. Tapi emang FB Ads worth to try kalau mau boost sponsored post

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia sih...paling kalau perlu banget minjem temen heheeh

      Delete
  12. ternyata FB ads juga bisa tanpa CC pembayarannya, ya? Jadi tertarik :)

    ReplyDelete
  13. Aaaak...aku ga mudeng soal-soal ginian..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelan pelan mba cek tutorial yg udah bertebaran wkwk

      Delete
  14. assekk mbak. thanks youuuuuu

    ReplyDelete
  15. Mau coba juga, tapi masih mau belajar lg tentang fb ads ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba sayapun...khususnya soal targeting

      Delete
  16. ya amfun, sudah membuat saja ini reportasenya, sayah belum nihhh

    ReplyDelete
  17. Mau coba tipsnya :D baru tahu tentang iklan di FB nggak harus tentang produk tapi blog juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena konten blog juga produk ternyata

      Delete
  18. Aku belum pernah coba nih mbak, layak di coba yah
    Makasih ya mba info nya :*

    ReplyDelete
  19. Mantap pokokman, bisa ngiklan ke Facebook

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap itu kalau hasilnya bagus...selamat mencoba

      Delete
  20. sering dpt tawaran di fp Emak Riweuh u naikin viewers, tp sy cuekin :D
    harganya 13rb-an kalo ga salah. ga di klik, jd ga tahu bakal spt apa jadinya nanti.
    kapan2 mau coba ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tergeting hrs sering dicek mba lewat statistiknya. Kalau dikit yg klik..diganti type lain

      Delete
  21. howalah gitu, manggut2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu udah terkenal ga perlu beginian Nin :)

      Delete
  22. keren tulisannya. tapi biar saya lebih paham, boleh sekali kali japri ya jenk

    ReplyDelete
  23. aku pernah nyoba utk ngiklanin FP jualan.. 50 rebu utk 4 hari.. mayan hasilnya :D

    ReplyDelete
  24. Mantep tipsnya, jadi terhibur meski oun gak dateng di acaranya BP hehehe..
    Makasih yaaaa...

    ReplyDelete
  25. wah harus lebih kenal lagi nich sama facebook ads, makasih sharingnya Mbak n tiga, ehheeee, innnayah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama samaba Astin semoga bermanfaat yaaa

      Delete
  26. Aku udah beberapa kali pake fb ads ini dan memang efektif banget. Cuma ya itu, harus pinter2 bikin pengantar. Karena bayar belum tentu viral :D

    ReplyDelete
  27. Fokus ads seketika buyar dengan foto gear as a blogger, pouch'nya BP lucu pisaaaan ih >.<

    ReplyDelete
  28. Fanpage-nya udah dilike kok mbak (y)

    ReplyDelete
  29. Gw kepikiran mau cobain si facebook ads nih,
    Biar lbh nasyenel lagi blog nya, haha
    Thanks sharing nya.

    Buleipotan.com

    ReplyDelete
  30. Wah jadi pengen banget nge fesbuk ads...

    ReplyDelete
  31. Pengen sih pake fb ads juga belum paham cara pembayaranya bagaimana

    ReplyDelete
  32. aku pernah pake dulu untuk kantor ini buat naikkin traffic, lumayan sih :)
    makasih yaaa infonya

    ReplyDelete
  33. penasaran pingin coba, bayarnya harus pake cc gak ya? klo ga salah hrs pake cc dan sy gak punya euy

    ReplyDelete
  34. asiikkkk, endingnya pas ya. mau dibawa kemana hubungan kita :) :)

    ReplyDelete
  35. Sering dapet tawaran boost your post di FB, murah sih 14 ribu aja per hari. Tapi belum pernah coba, next coba kali ya..
    Fan page nya udah di like loh..
    Salam kenal mba innayah

    ReplyDelete
  36. Tapi mesti pake kartu kredittt... itu yg aku ga punyaaa. Kalo ektp aku punya :D

    ReplyDelete
  37. keren artikel dan cara penulisan nya
    rank alexa nya juga bagus sukses ya :)

    ReplyDelete
  38. oh gitu ya.. masih gak pede heh

    ReplyDelete
  39. Artikel ini menginspirasi artikel saya tentang menaikan traffic blog, hehe.. Dan setuju deh bisa meningkatkan traffic secara drastis.. Terimakasih banyak sebelumnya dan salam kenal mbak :D

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature