5 persiapan wajib anak kos sebelum ramadhan

June 01, 2016
Persiapan ramadhan, persiapan puasa, ramadhan di rantau, ramadhan di kos, ank kos

Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Tahun ini adalah kali ke sekian tahun saya menjalaninya di tanah rantau. Sedih? Aku wes biasa...aku rapopo (terus lari ke pojokan). Buka puasa di jalan, sahur sendirian, berjuang melawan malas untuk taraweh, desak-desakan nyari diskon lebaran di mall, itulah rutinitas tiap bulan puasa selama 8 tahun jauh dari keluarga. Hikmah dari semua ini adalah saya dapat banyak pengalaman survival ramadhan di kos. Inilah 5 persiapan wajib buat anak kos sebelum ramadhan.

1| jadwal imsakiyah

Jaman sekarang, semua smartphone sudah ada jadwal sholat termasuk jadwal sahur serta buka puasa. Tapi, rasanya kurang berasa greget kalau belum nempelin jadwal imsakiyah. Coba googling deh dari sumber terpercaya. Dan jangan lupa sesuaikan dengan daerah domisili kamu sekarang. Yaiyalah, sebab jadwal imsakiyah ngga ditentukan berdasarkan alamat KTP. Keuntungannya adalah kita bisa mengatur time management beribadah, dan...ngitung mudik tinggal berapa hari lagi. hayo ngaku deh yang suka bulet-buletin jadwal imsakiyah pakai spidol warna-warni.

2| alarm sahur

Hampir sama seperti jadwal imsakiyah, alarm ini hal yang sepele dan biasa. Bahkan setiap haripun pasti kita pasang alarm di smartphone kan? Tapi, saran saya sih...persiapkan alarm khusus buat ramadhan. Biar apa? Biar bisa sett ke otak kita bahwa “kamu harus sahur, ini bulan ramadhan”. Barangkali, coba request suara orang tercinta buat dijadiin alarm...cie cie.

3| makanan instan

Silakan judge kalau saya salah, tapi ini realita kok. Makanan instan entah itu yang kalengan, kering, atau plastikan adalah senjata utama untuk jaga-jaga. Meski beberapa tahun ini untuk sahur saya pakai catering, ya siapa tahu ada apa-apa iya kan? Makanan instan yang selalu saya sediakan adalah kurma kering, mi instan, sarden, dan tuna.
Persiapan ramadhan, persiapan puasa, ramadhan di rantau, ramadhan di kos, ank kos

4| ketel pemanas

Daripada dispenser, saya lebih suka pakai ketel atau orang sering menyebutnya heater. Ketel listrik andalan saya sejak pertama kali ngekos ini bisa serbaguna lho. Masak air untuk minum, ngangetin makanan berkuah, goreng-goreng dikit, bisa juga untuk masak mi instan dan sarden. Belum tahu ya? itu lho yang seperti ada di kamar hotel.

Kalau kamu belum punya, bisa kok beli online. Murah meriah, di bawah 100 ribuan juga ada. Heater punyaku seharga 60ribu masih kepakai sampai sekarang lho. Saya dulu beli di toko kelontongan, tapi biar praktis, online di lazada juga bisa. 

5| teman berbuka dan sahur

Sahur dan buka akan terasa kurang manis tanpa sirop. Eh..bukan...bukan, maksudnya tanpa teman. Kalau yang kosannya rame sih ngga masalah ya, nah saya ini termasuk yang tidak seperti itu. Jadi gimana? Sahur di restoran cepat saji aja yang selalu rame? Tekor dong nanti. Mending sahur dan  buka ditemani televisi. Kasihan amat ya...ah tapi tidak masalah.

Yang belum punya tv, boleh lah ya boyong LCD ke kamar. Tidak perlu yang besar, biar ngga sumpek sudah aja 15 inch cukup. Di Lazada Indonesia ada ramadhan sale lho mulai 1 Juni-11 juli 2016. Ngga cuma jualan baju koko sama sajadah kok, Televisi buat nemenin buka dan sahur kamu juga ada. Siap-siap saja, siapa tahu pas lihat-lihat televisi di sana kamu malah nemuin promoan yang sampai 80% diskonnya. Hhehhe...jadi, yang habis gajian atau dapat kiriman tolong dijaga dulu tuh kartu debitnya buat Ramadhan sale.

Ramadhan di tanah rantau memang perlu perjuangan, nggak perlu galau...apalagi jika tiket mudik sudah di tangan.

Persiapan ramadhan mu apa nih? Share di kolom komentar ya....

*this is a sponsored post (see disclosure)



54 comments on "5 persiapan wajib anak kos sebelum ramadhan"
  1. Jadi ingat masa2 ngekost. Saya sih hunting warung di sekitar kost yang buka waktu sahur. Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rajin banget mba...wah kalau aku sih khawatir kesiangan atau ga kebagian nasi di warung hahahaha.

      Delete
  2. Dulu pun begitu pas masih ngeskost. Beruntungnya satu kost2 an 6 orang cewek semua. Jadi pas sahur ramai :D
    Persiapannya memang begitu kalau anak kost. Dan tidak akan lupa mie instan, xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mi instan emang paling wajib yaab

      Delete
  3. Hihi.. alarm sahur dan makanan instan nih yg penting bgt.. biar bisa langsung seduh. Hmm kalao alarm kayaknya harus ditaroh dekat bantal kalo ga bisa lewat. Eh tapi itu dulu. Stelah berkeluarga mah ga begitu. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiiknya yg udah berkeluarga :)

      Delete
  4. jadi keingat jaman kosan dulu :) hihihi

    ReplyDelete
  5. makanan instan bukan di bulan Ramadhan aja harus siap sedia, apalagi bulan puasa yaak, hahaha. Kalo lagi males beli atau masak sahur ya betul deh makanan instan (baca:indomie) andalannya xp

    ReplyDelete
  6. baru tahu kalau ketel juga bisa buat goreng-goreng dikit.. hahaha sepertinya memang harus cari di Lazada nih

    ReplyDelete
  7. sama mbk, aku jg siapin yg instan2, bwt jaga2 klok wktu sahur mefet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener kita gtau kan apa yg akan terjadi

      Delete
    2. Iya bener kita gtau kan apa yg akan terjadi

      Delete
  8. Dulu pernah tuh pake senjata makanan instan selama sebulan bu, daan berat naik 10 kg sebulan selama puasa doang. Pas buka karena ngekos jajannya ke gerai fast food jugak. Klop dah. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh tekor tuh buka di luaran mulu kalau aku mas

      Delete
  9. semangat mbak nanti puasanya, aku belum pernah ngerasain puasa di tanah rantau hahaha. btw itu koleksi bukunya bikin ngiler tolong :Q

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah. Waah sesuatu banget lho sensasinya

      Delete
  10. taun lalu saya gak punya point terakhir. di kost sepiiii banget. dan itu pollll sedihnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciyeee yang sekarang udah ngga sendiri lagiii

      Delete
  11. aku punya heater ky punyamu itu mba, beli baru tp belom pernah dipake. hihihi, trauma pake heater kabelnya meleleh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. E iya ati ati mba...jangan sampai ada yg konslet atau kebuka kabelnya ya

      Delete
  12. Trus mi ayam bawangnya manaaa?

    ReplyDelete
  13. Kalau saya sedia wajib sedia kopi, minum sebelum makan sahur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh ndak papa ya mba Arin? Etapi seger kali yak g ngantuk

      Delete
  14. Mantaaap! Tetap semangat mba, kalo persiapan ku cukup dengan yang manis-manis *eh

    ReplyDelete
  15. Yang terberat menurut gue, sih. Bangun sahurnya. Tapi, kalo begadang mah, gak masalah. CUman, takutnya pas nggak begadang. Hujan datang. Alamat deh, lupa sahur.. Seharian lemes..

    ReplyDelete
  16. Dulu jaman ngekost pas kuliah, krn aku homestay di keluara chinese budha, jd ya g ada namanya sahur bareng.. apalagi walo di malaysia, tempat tinggal wkt itu daerah china town, so boro2 kedengaran azan, mesjid aja g ada di daerah itu :p. Yg seringnya sih aku puasa tp ga sahur mba.. ngerti si ga bgs yg begitu.. tapi alhamdulillah kuat aja ampe pas buka :). Tp ttp berkesan krn ibu kos yg baik bgt dan kdg srg ngasih bukaan puasa :D. Lumayan membantu keuangan anak kos :p

    ReplyDelete
  17. saya dari dulu hingga kini jadi anak kost-an Mba Nay :)
    dan semua hal yang dituliskan diatas itu saya aminin :)

    paling penting tuh alarm & makanan instan, hehe :D

    ReplyDelete
  18. Aku pernah pake ketel listrik gitu trus jebol nay huhu

    ReplyDelete
  19. Makanan instan dan TV itu gue bangat inayah. Nikmatnya makan mie instan sambil nonton tv bisa ngabisin waktu dengan happy.

    ReplyDelete
  20. Jangan kebanyakan mie instan ya. Heheheee....

    ReplyDelete
  21. Persiapan Ramadhan saya lilin mbak. Soalnya katanya udah kebiasaan pas Ramadhan sering mati lampu di sini. Entah kenapa :)))

    ReplyDelete
  22. jaman anak kos, bulan ramadhan kalo puasanya lagi bolong itu yaaa sengsara banget nget haha gak ada yang jual makanan yg cucok di lidah
    kalau sekarang, gak puasa laper ya udeh masak sendiri hihi

    ReplyDelete
  23. Haii kak innayah!!
    Aku juga ramadhan di tanah rantau selama 3 th ini. Yang paling aku IYA in dari post ini adalah makanan instan.
    Udah gaya gayaan masak nasi, tapi nggak ada lauk. Eh bangun kesiangan, ga sempet masak. Yaudah lah yaa... masak mie aja.
    Atau mentok mentok.. air putih. haha

    ReplyDelete
  24. jadi inget waktu mahasiswa...antri di warteg untuk saur dan ngantri di masjid saat buka. hehe

    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gasuka antri warteg...khawatir keabisan wkwkwk

      Delete
  25. Wahahhaha..ketel pemanas itu bener banget. Pengalaman euy pas ke Bandung puasa tahun lalu dan nginap di kosannya si kakak. Ketel pemanas ini bisa diandalin banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan...anak kos abiis ini mah

      Delete
  26. Aku dulu ngekos paling sebel banget dititipin suruh beli makanan saur sama temenku. Jadinya, setelah keluar makan saur, baru kita bangunin dia. Ahahhaah

    ReplyDelete
  27. salah fokus ke buku2 dibawah tvnya:")

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature