Masjid Dekat pantura Pekalongan Yang Cocok Untuk Istirahat Mudik

June 24, 2016
Masjid di sekitar pantura pekalongan, mudik 2016, info mudik 2016, rest area pekalongan, masjid al fairus pekalongan, masjid jami kauman pekalongan, masjid al ikhlas jetayu
Masjid Al-Fairuz (photo credit: Irkham Nz)
Jalur mudik pantura Pekalongan setiap tahunnya selalu padat terutama menjelang lebaran. Perjalanan jauh enaknya kita lewati dengan santai tanpa terburu-buru. Bahkan sangat disarankan untuk sering beristirahat agar tidak terjadi kefatalan seperti kecelakaan yang disebabkan faktor kelelahan.
Meski rest area dan posko mudik menyebar di sepanjang jalur, kita pasti mengutamakan faktor kenyamanan dan keamanan. Saat puncak arus mudik, hampir dipastikan hal itu tidak akan didapatkan kalau kita memilih tempat istirahat di SPBU. Menurut saya, paling nyaman itu istirahat di masjid. Kalau kamu mau mudik lewat Pekalongan, nih..lho saya kasih rekomendasi masjid dekat pantura yang cocok untuk istirahat.

1| Masjid Jami’ Kauman


Konon, masjid jami’ Kauman adalah masjid tertua di Pekalongan. Bangunan ini saksi sejarah perjuangan kemerdekaan lho. Saya suka arsitekturnya yang bergaya arab-jawa dengan ornamen kayu sebagai pemanis.

Kelebihan: Kalau kamu istirahat di masjid Kauman Pekalongan, aura heritagenya kerasa banget. Lokasi masjid ini benar-benar di jantung kota Pekalongan. Di depannya terhampar alun-alun dengan segala macam pedagang yang siap didatangi. Kulineran? Lengkap deh. Yang khas dari Pekalongan seperti nasi megono, soto tauto, nasi berkat, semua ada.  Ada pusat perbelanjaan juga lho di sebelah alun-alun, ya siapa tahu ingin beli keperluan lebaran sekalian.

Kekurangan: harap sabar sebab parkiran mobilnya tidak terlalu luas. 

2| Masjid Al-Ikhlas Jetayu

Masjid di sekitar pantura Pekalongan, masjid al ikhlas Jetayu Pekalongan

Bergerak ke utara Pantura Pekalongan, kita akan bertemu dengan masjid al-ikhlas. Arsitekturnya modern dengan kubah berwarna emas. Terletak di kawasan Jetayu yang merupakan kota tua-nya Pekalongan, kamu akan merasakan suasana yang lebih tenang. Sembari istirahat, bisa banget lho berjalan-jalan ke museum batik yang persis di samping masjid. Atau, foto di ikon tulisan ‘ B A T I K’ di lapangan Jetayu?


Kelebihan: karena tidak terlalu dekat dengan jalur utama mudik, masjid al-ikhlas kondisinya tenang. Kalau niat kamu istirahat sekaligus piknik di kota tua Pekalongan, ini adalah tempat terbaik.

Kekurangan: bukan pusat kuliner atau belanja, jadi nggak bisa tuh sekali parkir sekalian istirahat dan jajan. Tidak ada parkir mobil di dalam area masjid, seperti masjid Kauman...harus parkir di luar masjid. 

3| Masjid Al-Fairuz

Masjid di sekitar pantura pekalongan, mudik 2016, info mudik 2016, rest area pekalongan, masjid al fairus pekalongan, masjid jami kauman pekalongan, masjid al ikhlas jetayu
Photo credit by Irkham_Nz
Diantara masjid yang lain, ini adalah masjid yang paling baru. Arsitekturnya ala-ala masjid Nabawi dan sepertinya memang didesain cocok untuk tempat istirahat pengguna jalur Pantura.

Kelebihan: lokasi masjid al-Fairuz sangat strategis, sebab benar-benar di tepi jalur Pantura. Tinggal sein kiri saja kalau kamu dari arah Jakarta. Masjid luas, indah, dengan fasilitas tempat belanja dan tempat parkir adalah dambaan pemudik. Pusat grosir batik Setono tempat kamu belanja batik Pekalongan sepuasnya, sangat dekat lokaisnya dengan masjid ini.

Kekurangan: karena lokaisnya yang sangat strategis, bisa dipastikan akan crowd banget.

Pekalongan Titik Lelah

Pekalongan itu bisa disebut titik lelah pemudik dari arah Jakarta dan Jawa Barat. Selepas menikmati tol, masuk ke wilayah Tegal yang biasanya macet...dan tibalah di Pekalongan. Jangan biarkan rasa lelah bersarang, istirahat dan nikmatilah Pekalongan.

Enaknya Istirahat Di Masjid

Istirahat di masjid itu lebih nyaman sih menurut saya, karena apa? bisa dapat takjil gratis hahhaa. Sudah dipastikan tempat ibadahnya benar benar memadai. Dan...tentu tahu kan bagaimana damainya masjid?

Jadi, kamu sudah siap mudik? Kabar-kabar ya kalau lewat Pekalongan. Semoga lancar di perjalanan, jangan sok kuat...kalau lelah ya istirahat. 


35 comments on "Masjid Dekat pantura Pekalongan Yang Cocok Untuk Istirahat Mudik"
  1. Ketiga masjid tersebut, mulai minggu depan pasti ramai. Karena jalur mudik melalui Pekalongan sangat terkenal.

    ReplyDelete
  2. kabarnya jalur pantura tahun ini banyak sebagian yg rusak parah ya. Jaman aku kecil dulu kalau mudik ke Kudus pasti bahagia sekali kalau sudah dengar kota Pekalongan, entahlah rasanya sudah dekat sekali dengan Kudus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iyakah mba? Udah berasa masuk jateng ya...

      Delete
  3. Huaaaaa. Keren postnya. Ini membantu banget kalo misalkan lagi ambil jalur darat. Bikin penasaran pengen ngedatengin mesjid-mesjidnya deh. Ada rasa romantisme membayangkan jalan darat dan mampir ke masjid-masjid gini. Semoga suatu saat diberikan kesempatan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Greget lah mudik lebaran jalur darat itu mas

      Delete
  4. Berguna banget buat yang lagi dalam perjalanan mudik

    ReplyDelete
  5. Mashallah...makasih informasinya ka<3 salam kenal!

    ReplyDelete
  6. Ih, bagus-bagus ya masjid di Pekalongan. Kayak yang di gambar almanak. :)))

    ReplyDelete
  7. Istirahat di mesjid sambil numpang2 merem sejenak di mesjid mmg bikin tentrem haha

    ReplyDelete
  8. Makasih banyaak idenya, mba. Pas banget aku kalau mudik ke Kudus selalu lewat Pekalongan, mbaa :)

    ReplyDelete
  9. Masjidnya gede2, bersih itu yang utama hihi

    ReplyDelete
  10. boleh juga nih mbak,,,kebetulan ane mudik lewat pantura, jadi bisa singgah dulu...

    ReplyDelete
  11. Masjid Al-ikhlasnya cakep, ada buat selfie pulak, untung bukan kaya di segara anak yang ini gak perlu dicopot tulisanya hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang angle nya paling asik emg masjid al ikhlas mba ...

      Delete
  12. Mesjid Al-Fairuz itu kereen ya mbak, ga cuma kubah tapi menara-menara yang jarang ada di mesjid pada umumnya

    ReplyDelete
  13. Bagus2 banget masjidnya.. Masya Allah... Bener. Enak istirahat di masjid drpd di rest area bahkan

    ReplyDelete
  14. Mesjidnya bersih, cantik dan nyaman yaaa? Sayangnya belum pernah melewati jalur pantura di kala musim mudik. Pasti seru banget itu ya, rame dan berjejer2 mobil, padat merayap. Walo lelah, pasti seru... hehe

    ReplyDelete
  15. Masjidnya megah-megah banget ya mbak ._.

    ReplyDelete
  16. kalo di Masjid Jami' Kauman jangan lupa beli onde onde mini di depan (entah masih ada apa nggak), sama es campur duren di sebelah gang yang deket lampu merah hahaha itu sedep :3

    Biasanya setelah Masjid Al Fairuz udah masuk Batang nanti pada mampirnya di Masjid Agung Kauman haha temenku ada yang mudik pake jalur darat langganannya mampir disitu. Karena abis itu mau jajan di alun-alunnya ahahaha

    ReplyDelete
  17. Nice info banget mba Innayah, kalo dijalan pasti nyari2 masjid buat sholat dan sejenak meregangkan otot -otot setelah lelah perjalanan mudik :)

    ReplyDelete
  18. Ke peringatan cuma lewat aja belum pernah mampir, mungkin nanti bisa mampir kalau pas waktunya sholat tiba

    ReplyDelete
  19. Terakhir aku kesana, mesjid Jami' itu kurang bersih. Mungkin karena bangunan lama ya, harus direnovasi bagian toilet & wudhunya. Aku sukanya gletak aja disitu karena lantainya dingin, sejuk.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature