Nikah atau S2

June 11, 2016
Nikah atau s2


“Hemm...kita punya jodoh yang cocok untuk kamu. Terpelajar, karirnya bagus”
“Tapi Pah..bagaimana dengan S2 ku?”
“Nikah itu penting nak..dia jodoh yang pas”
“Papa benar... nikah memang penting, tapi setelah lulus S2. Seperti dia aku juga harus terpelajar, punya karir bagus, baru kita akan jadi jodoh yang pas”

Itu adalah penggalan iklan pemutih wajah yang akhir-akhir ini sering sekali muncul saat waktu sahur. Cukup menggelitik, sebab saat ini saya sedang mangalami hal yang mirip. Serupa tapi tak sama, jika di iklan itu si cewek ditawari jodoh...saya malah kebalikannya. Mendapat tawaran S2 tanpa membayangkan sebelumnya, tanpa mengajukan apapun, di zaman yang katanya serba berkompetisi ini adalah hal yang seharusnya tak dilewatkan. 

 

Sebait  doa di tol dalam kota

Pada suatu siang yang terik, saya berada di samping kursi kemudi sebuah mobil Toyota (punya temen). Memasuki tol dalam kota yang ramai lancar, kami pun lega.
“Jadinya kamu kapan mau nikah?” tanya temanku yang nyetir
“ga tau...”
“udah..sana daftar sekolah rumah tangga ITB aja”
“wah..ntar aku dijodohin sama anak-anak ITB dong”
“hahhahaa”
“POKOKNYA, KALAU TAHUN INI NGGAK ADA YANG NGAJAKIN NIKAH...AKU MAU S2. BODOO AMAT...!!”

Mana kita pernah tahu kapan dan doa apa yang akan segera dikabulkan Allah. Kalimat penuh amarah saya itu, dikabulkan. Kenapa harus marah coba? Kesel dong...hati diketuk-ketuk doang...tapi nggak pada berani ngetuk pintu rumah *eeeeak. 

Tawaran S2 itu nyata

PC di meja kerja atasanku seketika dikerubungi banyak orang.
“ambil...sayang lah kalau ditolak”
“hehhee..saya masih bingung Pak”

Di layar monitor tertera beberapa nama karyawan yang mendapatkan beasiswa. Sebagian besar beasiswa S1, nyempil nama saya dengan embel-embel beasiswa S2. 

Kesempatan itu datang tiba-tiba, beberapa bulan saja dari doaku di tol dalam kota. Memang benar, belum ada cincin tunangan apalagi pernikahan di jari saya. Di saat mencoba kalem, selow, let it flow...Tuhan mengetuk hati “ini lho..permintaanmu, mau minta apa lagi..? jangan segan..ud’unii..astajib lakum..berdo’alah kepadaku niscaya akan kukabulkan”

Jaman sekarang, mendapatkan beasiswa itu perlu kompetisi, seleksi, ngajuin ini itu..kemana kemini lalalili. What about me? Saya nggak ngapa-ngapain lho. Apa iya, kesempatan sebagus ini harus kulewatkan?

“jadi...kamu akan ambil kan beasiswanya?”
“maaf bu...saya masih bimbang...ibu pasti paham kan saya wanita...saya khawatir tidak bisa komit dengan ikatan dinas setelahnya”
“memangnya gimana calonmu?”
“.........bu......(mainin jari..kode ngeliatin tangan tak bercincin..)”

Nikah sambil S2 bisa kan?

Yang menjadi pertimbangan adalah soal ikatan dinas. Iya, saya harus stay di tempat yang memberi saya beasiswa selama 5 tahun ke depan kurang lebih. Bagaimana jika tiba-tiba ada yang mengajak saya nikah? Ya bisa sih...kuliah, kerja, sambil menjadi istri atau bahkan ibu. Tapi, apa pasangan saya ridho? Misal harus LDR begitu? Ya...karena sekarang eblum ada pasangan sah nya jadi keraguan itu makin besar. Berbeda dengan teman-teman saya yang sudah menikah dan mendapat tawaran beasiswa juga. Perkara mereka cuma minta ijin pasangan...antara ya..atau tidak. Beres. Senin-jumat kerja, lalu weekend full kuliah itu pasti butuh komitmen tinggi.

S2 agar terpelajar dan punya karir bagus? Perkara terpelajar dan punya karir bagus bukan standar mati. Jangan selalu mengaitkan terpelajar dengan memiliki gelar tertentu...dari almamater tertentu pula. Karir bagus pun sama. Definisi bagus bagi setiap orang bisa berbeda. Bagi saya, karir bagus itu bukan perkara seberapa besar nominal income yang masuk. Ada hal lain, seperti ketenangan saat kita menjalaninya...serta keberkahan yang terasa namun kadang terlupa.

Prioritas

Sebuah obje belum tentu sama nilainya bagi si A dan si B. Tergantung dengan prioritas. Apa sih prioritas saya sekarang? Nikah. Kenapa nikah? Tekanan dari lingkungan? Salah satunya. Harusnya sih tidak ya...nikah ya karena memang sudah menemukan orang tepat. Sosok yang bisa bikin kamu bertindak tanpa pencitraan. Tertawa ikhlas, nggak usah dikode sudah ngerti karena saling memahami *uhuy. 

Doa orang yang bimbang

Bila Engkau mengujiku dengan kebimbangan, maka jadikan pikiranku jernih untuk segera mengambil keputusan. Bila Engkau mengujiku dengan  pilihan, maka jadikan nuraniku mampu mendengar petunjukMu. Amiin 

Saya bikin Vlog juga nih, yang isinya suara hati perihal nikah atau S2.

Terima kasih sudah membaca Saturday Jomblo Story, kalau punya saran terkait kebimbangan saya...silakan disampaikan ya di kolom komentar.

111 comments on "Nikah atau S2"
  1. Kalo ada kesempatan langsung ambil. Apalagi kalo kesempatan nya nikah, cari jodoh sekarang susah lho, cos saingan nya para wanita mencari jodoh bertambah dengan para pria hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiihh...saran dari Oom Cum greget. oke Oom..laksanakan!

      Delete
  2. Kesempatan tidak datang dua kali Nay *kedip-kedip*

    ReplyDelete
  3. Ambil ajaa... 2tahun itu cepet bgt loh. Ikatan dinas 5tahun jg klo udah dijalani gak berasa... serius. Bisa ngomong gini krna swm jg begitu. Tau2 dah mw abis aja kewajiban ikatan dinasnya.
    Btw keren sekali t4mu bs kasih s2 gratis ya? Hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sarannya mba Tia,,,akan dipertimbangkan...

      Delete
  4. Mantap masih produktif nulis.
    Kalau saya, lihat dulu yg mana dtg duluan.

    ReplyDelete
  5. Ambil nay
    Siapa tahu ketemunya jodoh pas sdi kelas kuliahnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Nit sarannya...jadi pertimbangan.

      Delete
  6. Nikah dulu aja...baru S2, hihi
    Aku dulu nikah dulu, baru kuliah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waini nih...rempong ga sih mba?

      Delete
    2. Beratnya dobel Mbak kalo nikah dulu, saya contohnya,hehe.apalagi pas s2 eh hamil pula,hehe. Musti dinikmati ujian sambil deg2an mendekati hpl, masuk kuliah h+10 habis sc dan naik turun tangga 3lantai, PK (sejenis pkl)bawa bayi/ninggal bayi, blm kalau diminta suami cuti aja s2nya. nah lho. Meski biasanya diberi byk kemudahan sih, ndilalah dpt tugas presentasi yg mudah, ndilalah dpt soal pilihan ujian yg ga terlalu complicated,dll.

      Kalau saya vote s2 dlu mmpung ada kesempatan, dan blm dilamar orang juga kan?=)

      Delete
    3. Waduuhh repot banget itu

      Delete
  7. Menikah itu sangat penting. S2 juga penting.
    Kalau dulu saya... Ambil S2 dulu. Alhamdulillah pas di S2 ketemu jodoh. Nikah deh semester 3nya.
    Menurut saya ambil aja mba. Lang wong itu sudah nyata dan pasti. Kalau mau Nikahkan. Jodohnya belum ada. Kali kali rejeki pas S2 ketemu jodoh seperti diriku. Masalah LDR apa tidak nantinya ketemu si dia calon suami saat S2, semua bisa di diskusikan. Kan dia tentunya sudah tau kondisi mba saat itu.

    Semoga mba bertemu jodohnya saat S2. Dan dimudahkan jalannya semudah mudahnya. Semoga doa bulan puasa mudah dikabulkan ya. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh...kisah nyata ini. Terima kasih ya mba...

      Apapun keputusan saya nanti, semoga dimudahkan. Amiin ya robbal'alamiin...

      Delete
  8. Menikah atau S2 keknya dr puluhan thn yl msh aja jd kebimbangan para wanita yah. Kalo saya sih ambil yg duluan, ya S2. Dimana sih S2nya? Teman saya dulu S2 di Perancis, ketemu jodoh dan menikah disana. Bule? Kagak. Indonesia asli. Saya, S2 setelah menikah dan punya 2 anak. Putri saya, S2, sambil hamil dan punya bayi. Jadi...santai aja. Ikatan dinas, 2n+1, ntar juga berlalu. Misalnya toh LDRan...bentar koq. Msh ada puluhan thn membentang yg akan dijalani bersama pasangan. InsyaAllah... (*hihi...maaf kepanjangan)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa mba aku butuh nasihat panjang apalgi dari pelaku langsung hihi. Makasih ya...pake banget

      Delete
  9. Dua duanya penting...
    tapi menurutku selama belom ada pacar/jodoh mendingan s2 aja dl, sapa tau nemuu disono. Jodoh kan jorok eeeeaaa

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. Ambil aja S2 kalau di tengah S2 nikah ya gpp... Aku dah nikah... Nikah tak seribet yang kita bayangkan kok apalagi pasangannya bs diajak kompakan eaaaaaaaa ayooo jangan sia siakan kesempatan emas hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi mba sarannya :) semoga diberi pencerahan

      Delete
  12. Tergantung kondisi mba innayah sih.. Kalau aku pas S2 memang sudah punya tunangan, jadi pas lulus S2 aku menikah.. Kondisinya saat itu aku abis lulus S1 dan langsung S2, jadi masih muda. Masih banyak semangat dan bisa lulus cepat. Tapi teman teman ku sudah tua tua, punya anak dan cucu juga bisa kok menyelesaikan S2 nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi, enaknya tunangan dulu aja ya mba. Hihi...

      Delete
  13. aku nikah dan s2 waktu itu taun 2007 hahahaha jadi jalan bareng

    ReplyDelete
  14. Ambil tawaran itu Mak! In sya Allah jodohmu nanti ridho sm kesibukanmu. Cari beasiswa hare gene susye. Lebih susye dr caru jodoh kl buatku. Wkwkwk

    ReplyDelete
  15. Hahaaa iya. Kalau masih jomblo itu 2 pertanyaan yang bikin galau ya :D

    ReplyDelete
  16. ambil kesempatan yg sudah di depan mata mba.. nanti kalo ketemu jodoh pas s2, kenyataannya gak akan seribet yg dibayangkan :D

    ReplyDelete
  17. Ambil mana yang terbaik mbak, semoga dimudahkan semuanya yaaa jodoh dan study nya

    ReplyDelete
  18. Setelah menikah, aku bimbang antara mau hamil dulu atau langsung lanjut sekolah spesialis karena keduanya adalah goal aku. Tapi kemudian Ibu aku bilang, "Ngga usah bimbang. Didoakan dan dijalani aja. Pasrahkan kepada Allah. Biar Allah yg tentukan mana yg terbaik untuk Dini jalani lebih dulu"

    Ngga lama, aku ditawari magang dengan salah satu kepala subdivisi di Departemen Saraf FKUI/RSCM. Ditawari. Padahal untuk mendapat kesempatan magang itu, kebanyakan orang harus kirim lamaran + CV, harus nunggu, itu pun belum tentu dapat. Aku? Sekali lagi, ditawari.

    Tanpa pikir panjang, aku terima tawaran itu. Aku jalani aktivitas magang semaksimal kemampuan aku. Tanpa disangka, 4 (atau 5) bulan kemudian aku hamil.

    Kita ngga pernah tau rencana Allah untuk kita itu seperti apa. Menurut aku, jalani saja apa yg saat ini ada di depan mata. Siapa tau Allah sedang 'memperbaiki' kamu dan jodohmu, Nay.

    Kalau masih bimbang juga, mungkin blog post aku yg ini bisa bantu memantapkan hati >> http://www.dinipuspita.com/2014/11/satu-bulan-lagi-satu-tahun-lalu.html

    I wish you all the best, Nay ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banget ya Dini....
      Amin ya robbal'alamiin

      Delete
  19. S3 saja mbak.S2 dan suami. Pengalamanku saat ini,aku sedang S2 tugas belajar.Rempong banget bagi waktu dan perhatian antara kuliah dan keluarga. Belum lagi kalau anak sakit,terpaksa tidak bisa kuliah. Makanya, saya sering bilang ke teman yang masih single,S2 saja dulu bila ada kesempatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuh kisah nyata lagi ini

      Delete
    2. Sepakat. Begadangnya dobel, bikin presentasi,makalah plus momong. Kalau saya ambil yg di depan mata. Insyaallah baik

      Delete
  20. Dijalani aja yang ada di depan mata Jeung Inay. Curhatnya kerasa bener galaunya. InsyaAllah jalan udah diatur kok :D
    Semoga selalu dimudahkan jalannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duuh jadi malu.
      Amiin...ya robbal'alamiin

      Delete
  21. pengen ikutan komen:
    Kalau saran pribadi ambil yg didepan mata dulu, pilih S2. Apalagi kalau si dia belum nongol. Tapi, apa pun hasilnya, saya doakan yg terbaik yg datang dari Allah yg menyamankan mbak nya.
    Satu lagi, plis plis..nikahlah bukan karena umur, bukan karena malu ama omongan orang, nikah itu butuh visi,misi, keselarasan. Kenceng2in aja mbak doanya mumpung Ramadhan. InsyaAllah dapat 2-2nya yang terbaik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Amiin...makasih banget ya sarannya

      Delete
  22. salam kenal inna, aku juga dilema antara kuliah S2 atau nikah dulu, tahun depan aku mau kuliah S2 dan kalau bertemu jodohnya sebelum S2 ya nikah dulu, tapi klo belum aku tetap pilih S2 pokoknya yang mana kesempatan yang udah pasti di depan mata, siapa tahu dengan kuliah S2 ketemu jodohnya disana kan, udah sikat aja S2 nya mumpung masih single dan pikiran serta tenaga masih full.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kamu juga ya mba...semoga kita segera diberi kemudahan jodoh

      Delete
  23. Udahhh sekolah aja dulu. Jodoh mah nanti ngikutin kok kalo ud waktunya

    ReplyDelete
  24. Tadi testing komen, muncul captcha kaga.

    Mungkin rejeki sekolah dateng duluan sblm rejeki jodoh. Insya Allah dipertemukan jodoh yang selevel, setara. Ya mungkin kalian lagi diuji untuk saling memantaskan diri.
    Mumpung masih single, masih bisa fokus untuk belajar.
    Kalo nikah dulu, menurutku sih bakalan terpecah2 fokusnya say. Nikmati kejombloanmu dengan hal positip.
    Aku udah nikah mau s2 kok ya banyak yg dipikirin, ya biaya, ya ga tega ninggalin anak, ya ini ya itu.
    Itu sih menurutku ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke mba Ratu...makasiii ya sumbang sarannya..

      Delete
  25. tuh... sarannya udah pada oke. ambil s2 nya. itu rejeki lho mbak. jodoh pun nanti insyaallah sudah digariskan Allah. jodoh gak lari kemana.

    ReplyDelete
  26. Ambil yang ada di depan mata mba. Karena kesempatan ga dateng dua kali dan kalo udah ditawarin itu berarti emg rezeki mba. Aku juga mau klo dapet beasiswa s2. Masih mengusahakan. Semoga mb Inay dapet yg terbaik ya.

    ReplyDelete
  27. Istikharah, Naya kl menurutku jika blm ada calon ngapain dijadikan pertimbangan, toh yg nyata udah didepan mata..

    ReplyDelete
  28. Nikah mbak.. hihihi..
    Biar S2nya nanti ada yang nemenin :))

    ReplyDelete
  29. Saat ini mbak blm punya calon kan? Kalo gitu ambil saja s2 nya. Gak usah pake bingung dan ragu. Masalah nanti ada yg mau ngajak nikah atau apapun, ya biarkan Allah yg mengatur. Banyak orang mengimpikan kesempatan ini.

    ReplyDelete
  30. sedih sedih, sekarang saingan wanita single berat soalnya yang single ganteng juga doyannya sering sama yg ganteng juga :///
    istikharah dulu aja rulnay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ninda provokatip banget komennya. Wkwkwkwkw.
      Single ganteng ternyata seleranya single ganteng s2 pula. Wkwkwkwkw, lebih berat ya?!

      Delete
  31. Jadiii masih bimbang ya neng? Banyak2 berdoa ya.. aiih aku juga lagi ngedraft tulisan tentang ini hihi....

    ReplyDelete
  32. Kayanya saran aku sama dengan yang lain, kesempatan yg sudah di depan mata diambil dl saja. Siapa tahu dari sekolah S2 malah bisa ketemu jodoh ;)

    ReplyDelete
  33. hmmm..ambil s-2 aja..he2, kesempatan ga darang dua kali.. mungkin jodohmu menunggu disana.... #eaaak..hahahaj

    ReplyDelete
  34. Dua2nya akan lebih baik mbak...nikah akan menumbuhkan motivasi dan suka cita menjalani kuliah s2. percaya.....

    ReplyDelete
  35. Alhamdulillah saya melakukannya bersamaan, jadi pas wisuda didampingi suami :D

    ReplyDelete
  36. istikhoroh aja mba, biar gak galau :)
    Semoga dpt yg terbaik

    ReplyDelete
  37. Saranku sih yang pasti2 aja dulu mba, tawaran depan mata kan yang S2 nya :D. Siapa tau nanti malah ketemu jodohnya disana. Aamiin ;).

    ReplyDelete
  38. Ambil Nay...ambil....
    Mumpung masih muda ada kesempatan beasiswa pula nanti klo udah nikah beda lg bebannya harua ngurua suami n anak padahal kuliah s2 lebih berat dr s1 kan
    Dulu aku kuliah s2 dlu trs ditengah2 kuliah ketemu jodoh n nikah akhirnya kami LDR an suami di surabaya aku di jogja trs hamil pula lah aku padahal aku berharap hamil pas udh kelae kuliah. Ya wea bismilah dijalani meskipun berat n harus lulus cukup lama secara pas thesis abis lahiran harua mikirin asi eksklusif jg. Jd klo pas bimbingan harus nitipin anak dulu ke ibu trs bolak balik semarang-jogja wes penuh perjuangan deh tp alhamdhulilah lulus jg :)
    Mumpung Allah lapangkan jalannya ambil aja eh sapa tau dibangku kuliah nemu jodoh kan hehhe... semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasii saranya mba Muna. Kisah mba luar biasa...LDR nya ituuu lho

      Delete
  39. Laaah S2 dong. Ada 3 keuntungan klo langsung mutusin ambil S2: 1. Bagus buat karier & tambah ilmu. 2. Ada kemungkinan ketemu jodoh yg selevel di kuliahan, kecuali kalau accident nemu cowok di mall. 3. Ujian buat si cowok bener2 cinta nggak, kalau bener2 cinta dia malah akan bantu kelancaran S2mu. Good luck.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Accident ketemu di cafe mba.
      Btw makasih yaaa sarannya...

      Delete
  40. Tenang, Mbak. Yang ngegalau masalah begini nggak cuma Mbak. Yuk, aku temani ngegalau. Kita sekasus (Eh?!) :P :P

    ReplyDelete
  41. Kayaknya jadi masalah penting ya wekekeke
    S2 sambil nikah sambil hamil. S2 kelar anak lahir. Kan sebentar aja S2 itu, dua tahun aja kok. Ngga berasa :)

    ReplyDelete
  42. Kalau saran saya, ambil aja yg ada di dpn mata mba. Ambil kesempatan beasiswa s2-nya. Ga usah mikirin nanti gmn kalau... yg belum ada, yg belum pasti. Siapa tau malah ktemu calon suami di kampus ;)
    Karena belum ada calon suami, saya jg s2 dl, eh pas kuliah ktemu calon suami, trus nikah pas udah lulus, pas ngelahirin jd irt deh ;)
    Tp tetep msh ada yg bikin saya nyesel, krn wkt ditawarin pindah program ke double degree (2 gelar, setahun di indonesia, setahun di belanda) malah nolak. Sekarang udah jd irt nyesel, knp dl ga ngambil kesempatan itu. Boro2 ke belanda, ke salon dpn rmh aja susah krn ga bs ninggalin anak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemmm jadi bahan pertimbangan mba kisahmu

      Delete
  43. S2 dulu aja Kak biar sealmamater kita *cihuyyy, jangan digubris ding,btw ini pop up ganggu nih, aku buka pake hp, ketutupan *nulis komen sambil ditutupi pop up Festive Season :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lhah di aku gda pop up apa apa. Mungkin hapemu Neng

      Delete
  44. Nikah dulu mak kalau sudah ada jodohnya, kalau belum lanjut s2 hehe

    ReplyDelete
  45. Nikah dulu, kaya aku. Baru daftar s2.
    Rezeki manten anyar langsung diterima s2 di univ impian

    ReplyDelete
  46. Jadi milih nikah nih Mbak... Kalau aku milih dolan aja lah...

    ReplyDelete
  47. Ambiilll S2, jodoh itu akan datang di waktu yg tepat. Insya Allah, dg S2 juga bisa mendapatkan jodoh yang pas.. sayang itu S2 nya...

    ReplyDelete
  48. Ambiilll S2, jodoh itu akan datang di waktu yg tepat. Insya Allah, dg S2 juga bisa mendapatkan jodoh yang pas.. sayang itu S2 nya...

    ReplyDelete
  49. S2 aja, Nay! wkwkwkwkwk :D Explore lebih banyak, jodoh mah duh gimana ya, nanti juga dateng sendiri. Kalo sekolah mah pilihan, jodoh sudah ada tinggal nunggu aja *sok tahu hahaha*

    ReplyDelete
  50. aku sih jg ga samp S2 pendidikannya, krn telanjur dpt kerjaan yg aku suka bgt sampe skr :D.. tapi mungkin kalo dpt tawaran seperti itu sih, bakal aku ambil mbak tawaran s2 nya :).. aku sendiri bukan tipe yg bisa kuliah dan kerja sekaligus sih.. kalo memang mau kuliah, ya fokus di kuliah biar hasilnya jg bgs.. itu kenapa aku ga mw nyambi2 antara kerja dan kuliah s2..

    ReplyDelete
  51. Beasiswa S2 susah dicari. Jodoh juga susah dicari.
    Kalau ada kesempatan buat S2 dulu, kenapa enggak coba buat dijalani dulu.

    Salam kenal.

    ReplyDelete
  52. bismillah, s2 dulu mbak, nggak semua orang punya rezeki ditawari s2 :)

    ReplyDelete
  53. Yang udah didepan mata ambil, kalau berat untuk ikatan dinasnya istikharah, saya aja udah emak emak masih pengen S2 kalau ada kesempatan waktu dan materi, semoga Allah memberikan petunjuk yang terbaik buat Mba :)

    ReplyDelete
  54. Bingung ya emang, terlebih bimbang krn peraturan ikatan dinas 5thn setelahnya. Tanyalah padaNya, maka Ia akan memberimu jawaban mba. Semoga itu yg terbaik, aamiin ya Rabb...

    Semangaaaaat mba ^^

    ReplyDelete
  55. Misalkan diambil, niatnya jgn karena blm ada yg ngajak nikah mungkin,ya...tp karena memang ilmunya, kan menuntut ilmu hukumnya memang wajib...Dengan niat yang benar semua insyaallah akan berjalan benar...dan jodo kan datangnya bisa dari mana saja hihihi..siapa tahu malah ketemu di kelas S2 nya..#ahbikinstory

    ReplyDelete
  56. Kalau sudah ada calon, diskusi dulu sama doi.
    Kalau belum, S2 aja dulu, siapa tahu malah ketemu jodohnya di sana. Sambil tetap istikharah ya dear. Minta dicondongkan hati. Karena yang kita pikir baik belum tentu baik dimataNYA. Tuhan bekerja dengan misteri, Insya Allah pasti ketemu jalan keluarnya.

    Seperti kata Sutan Syahrir "Hidup yang tak pernah dipertaruhkan, tak akan pernah dimenangkan"

    Selamat bertaruh ya...

    ReplyDelete
  57. kesempatan baik gak datang dua kali lho mbak hehhehe ambil ajah

    ReplyDelete
  58. Slam knal mbak, sya cow dan kbetulan lgi ambil S2 lngsung lnjut, tpi sya ma pcar komitmen nikah stelah sma2 slese S2. Ntah mau berkarir atau jdi irt, ga da slahnya juga kok mbak wnita skolah tinggi. Ada juga kok psangan muda sma2 udah doktor, bkin ngiri. Hehhe.

    ReplyDelete
  59. Slam knal mbak, sya cow dan kbetulan lgi ambil S2 lngsung lnjut, tpi sya ma pcar komitmen nikah stelah sma2 slese S2. Ntah mau berkarir atau jdi irt, ga da slahnya juga kok mbak wnita skolah tinggi. Ada juga kok psangan muda sma2 udah doktor, bkin ngiri. Hehhe.

    ReplyDelete
  60. saya juga lagi galau nih. jadi saya baru setahun lulus trs diajak nikah sama pacar. padahal saya dulu niatnya abis lulus s1 mau s2 (dulu jaman s1 masih jomblo). eh abis lulus s1 dapet pacar serius yang ngajak nikah . saya bingung nih mending nikah dulu atau s2 dulu ya? tapi kalo saya mau mengejar s2 sih pasti hubungan kita bubar. gimana yaaaa?? antara mau nikah sama dia tapi takut ntr tdk bisa s2 dan takut masih terlalu muda dari segi usia

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature