Resep peyek kacang putih gurih renyah

July 02, 2016
Resep peyek kacang, resep kue lebaran, resep peyek, peyek gurih

Peyek kacang adalah hidangan favorit di keluarga saya. Tetangga dan saudara yang bersilaturahim ke rumah, sudah mengenal peyek nan menggoda itu sejak tahun 2000an. Peyek buatan ibu saya memang khas dan berbeda dari yang lain. Warnanya putih bersih, renyah, gurih dan bikin nagih. Pastinya, peyek buatan rumahan bisa lebih dikontrol dalam hal bahan dan pembuatan dari sisi kesehatan maupun kehalalannya.
Resep peyek kacang ini didapat ketika kami sekeluarga silaturahim ke saudara yang di Wonosobo. Saat itu saya yang masik kanak-kanak tidak bisa berhenti makan peyek. Akhirnya, ibu menanyakan resepnya dan menpraktekkannya di rumah. Setelah bertahun-tahun resep peyeek kacang kami teruji, saya akan membagikannya buat kamu.

Persiapan membuat peyek kacang

1| niat

Segala sesuatu tergantung niatnya. Jangan terlalu ambisius bisa berhasil dalam sekali mencoba. Sebab, terlalu ambisius akan meninggalkan kekecewaan jika gagal. Niatkan untuk kebaikan biar dinilai ibadah.

2| alat dan bahan

Alat yang digunakan untum membuat peyek kacang adalah sebagai berikut:
Pisau, talenan, piring, mangkok, sendok, ulekan, wajan, kompor (kalau ibu pakai tungku kayu).

Misalnya kamu tidak punya peralatan, pinjamlah ke tetangga.

Ini nih, bahan yang harus dipersiapkan:

Tepung terigu 1kg
Tepung tapioka 0.25kg
Santan encer 
Garam
Bawang putih
Penyedap rasa ayam
Kacang
Kencur
Daun jeruk

Cara membuat Peyek kacang

1| Haluskan secara kasar kacang tanah yang telah dikupas dengan ulekan
2| Haluskan bawang putih, garam, penyedap rasa
3| geprek kencur secukupnya
4| geprek daun jeruk
4| campurkan tepung terigu, tepung tapioka, kencur dan bumbu halus
5| masukkan santan, kacang, daun jeruk , sedikit demi sedikit
Resep peyek kacang, peyek kacang, peyek gurih
Adonannya seencer ini

6|panaskan minyak
7| masukan adonan encer ke wajan dengan menggunakan centong atau sendok sayur (jangan yang berbahan plastik nanti meleleh)
8| jangan sampai coklat ya, pokoknya kering di 2 sisi...angkat
9| tiriskan
Sudah bisa dimakan? Belum terlalu nikmat.

Simpan peyek setengah matang itu di tempat aman dan tertutup. Setelah lewat 24 jam, goreng ulang peyek dengan api sedang. 

Bagaimana? Mudah bukan cara membuatnya.

Tingkat kesulitan adalah manajemen pengapian dan keenceran adonan. Makin sering mencoba makin lihai. Selamat membuat peyek kacang putih, gurih, renyah, nagih. Saya pernah cerita bahwa peyek ini adalah the signature of me, selalu jadi oleh-oleh khas dari keluarga.

Kalau di rumahmu, jajan lebaran apa nih yang paling sering dibuat? 


43 comments on "Resep peyek kacang putih gurih renyah"
  1. Wah, boleh nih dicoba,suami saya senang sekali dengan peyek, makasih resepnya Mba',.. ��

    ReplyDelete
  2. Yg pakar bikin rempeyek kacang seperti diatas almarhum eyang uti di Semarang.hikss jadi inget momen pas lebaran.

    ReplyDelete
  3. Suka peyek, tapi gak tahan bikinnya.Lamaaa. Paling seneng itu kalo dibawakan peyek. Satu kaleng besar, sbg oleh2 dari bulik.

    ReplyDelete
  4. tumben nulis soal rempeyek hahahah bikin lapar aja cobain ah kayaknya enak ;)

    ReplyDelete
  5. Kalau ngemil peyek susah berhentinya hahahaha... emang enak bikin sendiri, lebih higienis. Tapi aku lebih suka yang udah jadi aja *blogger yang malas masak*

    ReplyDelete
  6. huwaaaaa aku pengen makan peyek, tapi lagi batuk paraaaah T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan makan sekarang...ntar nunggu bedug

      Delete
  7. Huahahaha niat???
    Lafadz nawaitunya gimana :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nawaitu bikin jajan lebaran karena Allah

      Delete
  8. Duh salah banget baca ini jam segini. Kepengen ngemiiiiil

    ReplyDelete
  9. ya Allah lebaran benerannnnn.... nggawe ahhh ben lebaran tapi g boleh ambisius :v :v *sambil baca bismillah xD

    ReplyDelete
  10. Mama aku drumah sering buat mba, camilan kalo nonton tipi

    ReplyDelete
  11. Dulu kalo bantu ibuk bikin, peyeknya bukan diuleg kasar, tapi dipotong kecil-kecil euy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya dipotong. Eh kelamaan yaudah uleg kasar aja

      Delete
  12. hebaaat makin istriable
    ayo lamar teman saya ini bang sebelum dilamar orang duluan :p

    ReplyDelete
  13. udin daku bookmark biar bisa dipraktekin :D

    ReplyDelete
  14. Di Kudus yg ngehits itu peyek kacang hijau.. Susah buatnya, cepet ngabisinnya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..ada juga..next kita ganti pake kacang ijo wkwk

      Delete
  15. Kalau di kalimantan, sih, biasanya kalo lebaran sukanya makan ketupat, nasi kuning, atau soto banjar. Makanan berat semua, sih, mbak wkwk. Tapi kalau di tempatku sekarang tradisinya kalo lebaran nyiapin minuman bersoda gitu hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...temen2ku d sumatera juga pada nyiapin minuman soda. D jawa umumnya sirop

      Delete
  16. Penasaraaaan aku.. Pengen coba ah. Jadi gorengnya 2 kali yaaa

    ReplyDelete
  17. Pesek kacang kesukaan aku nih, mudik ga? Maaf baru bisa mampir lagi. Btw kalo ke summarecon lagi kabarin ya nanti kita ketemuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nanti aku kabari mba insyaAllah

      Delete
  18. Itu yg nomor 1 keren banget.., niat... kwkwkw...

    ReplyDelete
  19. saya selalu gagal membuat peyek soalnya jadi tebal dan alot hehehe... tipsnya biar renyah dan tipis apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepung terigunya jangan banyak2 mba..ngadonnya dikit2 coba. Enceer banget kayak difoto itu

      Delete
  20. Aihhh suka banget sama peyek yang tipis-tipis kayak gitu, hahahah bener banget itu nomor 1 adalah niat plus kesabaran kalau saya, pernah bikin sekali tapi males bikin lagi hahahah

    ReplyDelete
  21. Belum pernah nyoba nih bikin rempeyek. Padahal doyan bgt. Enakan nunggu dibikinin ya #plak ;D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature