Tips Mengelola Uang THR Bagi Wanita Lajang

July 14, 2016
Tips mengelola uang THR, uang THR

Apa kabar si THR (tunjangan Hari Raya) milikmu? Lebaran telah usai, kita sudah kembali ke aktivitas sehari-hari. Apakah uang THR mu masih ada?
Ini adalah tahun ke-4 saya menerima THR dari perusahaan tempat saya bekerja. Rasanya bahagia dong pastinya melihat slip gaji berdigit-digit meski PPh (pajak penghasilan) yang harus dibayarkan jadi seabrek-abrek. Saya masih lajang, tidak ada tanggungan keluarga serta hutang. Tentu perlu trik khusus untuk mengelola uang THR agar tidak bablas begitu saja. Saya punya prinsip, THR dan gaji harus segera dihabiskan agar tidak mubadzir. Lho kok gitu? Jadi, Uang THR dan gaji disalurkan ke beberapa pos wajib yang sudah disiapkan tiap bulan. Sisanya? Tebar-tebarin untuk kesenangan dunia dan akhirat.


Pos pengeluaran wajib

1| sewa tempat tinggal

Saya masih ngekost, jadi pengeluaran utama tiap bulan yang wajib adalah bayar sewa tempat tinggal. 

2| cicilan kendaraan

Iya, satu-satunya barang kreditan yang saya miliki sekarang adalah kendaraan. Semoga nggak nambah lagi.

3| orang tua

Meski tidak diminta, menyenangkan orang tua adalah ibadah. Saya punya rekening khusus untuk ini, kartu debitnya oramg tua yang memegang. 

4| Biaya Hidup

Makan, beli bbm, beli pulsa, beli sabun, beli skin care (hahhaa) ya ngurus sendiri lah. Untuk pos ini, saya tidak boleh mengurangi porsinya. 

5| Tabungan masa depan

Tiap bulan harus ada sekian rupiah yang masuk ke celengan. Iyak, saya belum berani investasi yang kekinian macam orang-orang. Niatan jadi juragan peyek kacang aja masih sekedar wacana. 


Dari gaji pokok, alhamdulillah sudah habis lho itu untuk masuk ke 5 pos di atas. Yey..THR aman dong..eit tunggu dulu. Menjelang hari raya tentu ada pengeluaran lain yang tak biasa. Ini nih tempat larinya uang THR saya

Pos Spesial Lebaran

1| Zakat mal

Untuk zakat mal (zakat harta) saya membayarkannya di bulan ramadhan, jadi kumulatif dari penghasilan setahun. Mungkin, dengan gini bisa lebih kerasa manfaatnya juga bagi yang nerima karena kebutuhan ramadhan itu banyak banget. Zakat mal yang dalam hal ini zakat dari profesi besarannya 2.5% dari total penghasilan setelah dikurangi biaya cicilan. 

2| Beli keperluan lebaran

Baju baru, tas baru, ya...bolehlah. Entah kenapa juga beli tripod kamera dalam rangka lebaran ini hahhaa. Kalau kue dan jajanan sudah banyak dari bingkisan perusahaan dan juga membuat sendiri. Keperluan lebaran itu termasuk juga biaya maketin motor via kereta api.


3| Sisanya habiskan (masukin celengan)

Masih ada sisa dong pastinya, habiskan langsung. Masukin celengan, jangan biarkan berada di rekening yang dipakai untuk keperluan sehari-hari.

Jadi, bersyukurlah saya wanita lajang yang telah bekerja ini masih bisa foya-foya dari uang THR. Ya..foya-foyanya masih level lokal menengah kebawah sih hehehe. Sekedar beli tas baru saja sudah bahagia kok.

Menurutmu, cara saya ini bijak tidak ya? Mohon pencerahannya ya di kolom komentar. 


21 comments on "Tips Mengelola Uang THR Bagi Wanita Lajang"
  1. Udah bijak kok mbak.
    Yaa... daripada saya, sih, kepikiran album korea dulu baru yang lain-lain wkwk

    ReplyDelete
  2. Sedap.... :D
    masih muda, pengaturan uangnya udah bagus, gak kayak aku yang emak-emak masih suka berantakan >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya beginilah mba...kalau uang sendiri ndak dikelola sendiri ntar repot heh

      Delete
  3. THRnya udha abis buat dibagi2 mba.. sekarang mau ngumpulin lagi buat THR tahun depan... hehee..

    Tes ni 3 harus bangt ya. Skarang meski ga kerja office hour yg poin 3 tetep jalan mba. Alhamdulillah..

    ReplyDelete
  4. Siip... ini baru yg namanya THR manfaat yaa...

    ReplyDelete
  5. Enaknya THR-an buat si lajang ya, bebas se bebas-bebasnya

    ReplyDelete
  6. Kok ngak ada buat piknik hahaha #LaluDigampar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yg di celengan sering dibobol kak buat beli tiket hahah

      Delete
  7. Subhanallah senangnya punya anak gadis spt ini :D

    ReplyDelete
  8. Setuju Inayah. Yang pasti pos-pos utama kelar dulu, kalau emang ada sisa yach nga salah dong kita nikmati. hehehe..

    ReplyDelete
  9. Udah bijak banget ini mah... Hehe, kalau dikasih presentase tiap-tiap pos pengeluaran mungkin lebih kelihatan ya. Tapi tiap orang beda-beda sih. Aniway, nice posting. Saya waktu belum married, juga kurang lebih sama seperti ini alokasi pembagian THR nya. hehe. Hidup gadis lajang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiduupp.
      Makasi sudah berkunjung

      Delete
  10. nay, kok aku jadi pengen kepo template blog kamu ya, lucu huhu

    hmmm thr...tahun ini aku ga dapet ni...huahuaaa
    tapi kalo dari paksu masi ada, moga2 bisa tetep dikekepin di tabungan
    klo pas masi gadis, aku juga lebih banyak kutabungnya sih, meski dulu thrku itu seiprit pol ahaha

    ReplyDelete
  11. pengaturan dikau sudah bagus kok jeung ciyus :D
    lha aku aja masih susah meredam keinginan2 *cielah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature