5 Lomba 17an Yang Harus Ada

August 15, 2016
Lomba 17 an, lomba agustusan,
Panjat pinang (pict source: www.futuready.com)

Masih dalam suasana Agustusan nih, pasti di kampung atau komplek perumahan masing-masing sedang ramai lomba-lomba dong ya. Bulan Agustus spesial karena kemeriahan lomba-lomba memeriahkan kemerdekaan Republik Indonesia. Entah mengapa lomba-lomba agustusan itu khas banget dan sepertinya Cuma ada di Indonesia.
Hampir di semua daerah di tanah air, lombanya seragam meski kadang telah dimodifikasi sesuai perkembangan. Apa saja yang dimodifikasi? Biasanya sih dari sisi hadiahnya. Jika pada masa saya kecil hadia sebuah buku tulis sudah mebuat bahagia, sepertinya tidak dengan masa sekarang. Dari sekian banyak lomba, ada nih beberapa  lomba 17an yang tak lekang oleh zaman .

1| Makan kerupuk

Ini adalah jenis lomba yang paling mudah dilakukan. Seingat saya, ketika SD saya pernah ikut lomba ini. tapi meskipun mudah, tak pernah sekalipun mendapat juara. Aturan mainnya adalah peserta harus makan kerupuk yanmg digantungkan pada seutas tali. Tangan diikat atau mata ditutup. Ada kategori usia dan jenis kelamin biasanya dalam lomba ini. 

Tingkat kesulitan untuk lomba makan kerupuk adalah level mudah. Siapa saja bisa ikut asal mematuhi aturan lomba. Selama in krupuk yang digunakan untuk lomba selalu krupuk persegi atau bundar biasa, mungkin kamu bisa memodifikasinya menggunakan kerupuk pedas hahahha.


2| Balap karung

Lomba balap karung cocok untuk anak remaja hingga dewasa. Peserta diharuskan masuk ke dalam karung yang biasanya berupa karung goni. Aturannya adalah melompat dengan karung tersebut hingga garis finis. Pelanggaran yang sering terjadi dalam lomba balap karung adalah adanya peserta yang berlari, bukan melompat. Aturan lomba hendaknya disampaikan lebih jelas sebelum pelaksanaan.

3| Tarik tambang

Untuk para bapak dan ibu, lomba ini adakah favorit. Seutas tambang besar dengan tali penanda di bagian tengah ditarik dari dua sisi adalah aturannya. Strategi dalam regu sangat diperlukan dalam lomba tarik tambang. Tim yang kalah adalah tim yang jatuh atau tidak mencapai titik tengah penanda di tambang. 
Harap siapkan tim medis ketika kamu menyelenggarakan lomba tarik tambang. Resiko luka lecet sangat mungkin terjadi. Pilihlah lapangan berumput agar lebih nyaman dan aman.

4| Lari bakiak

Panitia harus mempersiapkan papan kayu dengan penjepit kaki menggunakan karet jika ingin menyelenggarakan lomba lari bakiak. Lomba ini beregu dan sangat menuntut kekompakan tim. Batasnya adalah garis finis yang harus dituju. Peserta yang jatuh bisa melanjutkan lomba dan tidak dinyatakan gugur. 

5| Panjat pinang

Puncak dari keseruan lomba 17an adalah panjat pinang. Sebatang pinang yang telah dilumuri oli dipasang di tanah lapang dengan hadiah menggantung di puncaknya. Tak tanggung-tanggung kadang ada yang meletakan sepeda juga lho. Sebenarnya ini bahaya, lebih baik menggantung tulisan saja agar jika terjatuh tidak mengenai peserta. Umumnya sih pakaian dan alat-alat rumah tangga warna-warni yang digantung di puncak pinang. 

5 lomba di atas menurut Futuready(dot)com adalah lomba 17an yang tak lekang oleh zaman lho. Setuju ngga? Oiya, Futuready itu supermarket asuransi yang menyediakan jasa pembelian berbagai jenis asuransi sesuai kebutuhanmu. Ada asuransi  kesehatan, asuransi kecelakaan, juga asuransi perjalanan yang sepertinya cocok buat saya nih. Ternyata di websitenya juga  terdapat artikel-artikel bagus yang tidak hanya berkaitan dengan financial namun juga lifestyle serta kesehatan. 

Semoga saja anak-anak muda masih tertarik untuk menyelenggarakan berbagai lomba tadi. Jika tidak ada lomba saat 17an, perayaan kemerdekaan terasa sangat sepi. Meski begitu, inti dari 17 agustusan adalah mengingat momen kemerdekaan yang telah diperjuangkan ratusan tahun. Selenggarakanlah lomba agustusan di tempat masing-masing agar meriah, tapi faktor keamanan dari lomba tersebut juga perlu diperhatikan. 

Dirgahayu Republik Indonesia ke-71, Indonesia kerja nyata. 

*this is a sponsored post, read disclosure on this blog


26 comments on "5 Lomba 17an Yang Harus Ada "
  1. Pohon untuk panjat pinang sudah siap, tinggal lihat bocah-bocah beraksi pas 17an nanti

    ReplyDelete
  2. Makan kerupuk itu pasti ada dimana - mana kecuali agustusan beberapa tahun lalu ya, karena bulan Ramadan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa...hampa tuh gda makan krupuk

      Delete
  3. hahaa iya ya dimana-mana lombanya gitu, mungkin dulu belum kenal soal bahasa baper soal mantan jadi lombanya seru. *apaan coba.
    bersyukur juga ya negara kita punya hari kemerdekaan, coba kalo negara yang gak pernah di jajah dan gak punya hari kemerdekaan gak seru.

    itu yang pertama bikin lomba gitu tuh yang aku belum tau, kayaknya lomba Agustusan kek gini bakalan legend. semoga para remaja, pemuda gak bosen dengan perlombaan 17an.

    bagiku lomba makan kerupuk itu capek juga tapi seru, apalagi kalo yang panjat pinang itu puncak serunya lomba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Krupuknya diganti krupuk pedas gimana?

      Delete
  4. Aku mah dulu spesialisasi bawa kelereng pake sendok hehe. Kadang-kadang juga ikutan tarik tambang sih (soalnya badan gede heuheu)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuh aku belum pernah tarik tambang...

      Delete
  5. panjat pinang Mba Nay, selain pesertanya yang deg-degan penontonnya pun tak kalah deg-degan, hehe :)

    ReplyDelete
  6. heboh deh pokoknya emang kalau 17 an gak ada lomba-lomba ini bakalan gak seru.

    ReplyDelete
  7. kalau tarik tambang sih disini jarang mba.. namun kalau yang lainnya disini selalu ada setiap tahun nya apalagi panjat pinang yang paling banyak di gemari kaum pria :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kenapa tarik tambang ngga hits ya disitu?

      Delete
  8. lomba sekarang masih konsisten seperti yang dulu .
    keren

    ReplyDelete
  9. jarang lihat panjat pinang di jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah masa sii. Coba ke kampung2 mba..

      Delete
  10. baru inget kalo dulu gapernah ikut lomba ginian krn ngisi acara

    ReplyDelete
  11. Aku suka nonton upacara bendera di istana merdeka. Ga suka ikutan lomba, suka teriak2 nyeporterin aja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkw masaa sih mba. Bukanya juara bertahan makan krupuk? Hihi

      Delete
  12. wkwkwk iyaaaa makan kerupukkk xD masukin jarum botol jugaaa.
    Eh tapi aku sendiri dari dulu jarang ikutan lomba gitu paling jadi panitia malah. soale biasane ikutan lomba nari atau lukis pas 17an xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh mba Echa emang dari kecil udah berjiwa seni ya brarti

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature