Inikah penyebab berat badanku susah naik?

August 10, 2016
tips diet, tips fitness, health, susah gemuk, kurus

Makan sebanyak apapun berat badan saya segini-gini saja, mentok di 42kg. Saya makan 3 kali sehari dengan porsi dan menu wajar ala orang Indonesia. Minum susu, makan buah, kadang jajan juga sebagai selingan. Mengapa susah sekali menaikkan berat badan ya? kalau kata teman saya yang ahli gizi, mungkin genetiknya memang sudah begitu. Iya sih, melihat postur badan keluarga memang tidak ada yang bongsor melebar ke samping. Sebenarnya saya nyaman-nyaman saja dengan badan kurus, yang tidak nyaman mungkin justru yang melihatnya. Apakah saya terkesan seperti manusia kurang gizi?

Suka lari keliling kompleks

Meski badan sudah kurus, olahraga adalah salah satu hobi saya. Selain memang bisa menjaga stamina, olahraga adalah semacam self healing. Kalau perasaan sedang tidak enak, saya biasanya lari keliling komplek perumahan. Ini ada teorinya lho, menurut tips fitness dan diet sehat breaktime  lari itu membantu melepaskan hormon endorphin atau hormon stress.

Wajib jalan 1 km sehari

Saya kerja di perusahaan manufaktur yang konon luasnya 55 hektar. Gedung dimana saya berkantor lokasinya tepat di tengah area pabrik.  Setiap hari, saya harus berjalan kaki dari parkiran ke ruangan kerja dalam jarak 200 meter. Jadi, untuk pulang pergi total ada 400 meter. Itu belum termasuk untuk pulang pergi ke area kantin yang lokasinya juga sekitar 200 meter.

Karena saya di bagian research, jadinya tidak selalu stay di kursi. Lebih sering inspeksi ke lab atau factory malah. Intinya, dalam sehari bisa banget mencapai total jarak tempuh 1km. Tak apa, jalan kaki juga termasuk workout yang minim cedera bukan?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The American Heart Association, ditemukan bahwa berjalan dapat mengurangi risiko kanker payudara, kanker usus besar, penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan juga osteoporosis.

Jarang makan terlalu malam

Di keluarga, saya terbiasa untuk makan malam usai sholat maghrib. Setelah itu masih ada beberapa aktivitas seperti mengaji atau belajar. Meksi sekarang sudah jarang di rumah dan malah nggak tinggal bareng, kebiasaan itu masih terbawa. Kata orang sih biar kurus, jangan makan lalu tidur. Iya, jauh sebelum tahu hal ini saya sudah melaksanakannya.
Diet, tips, kurus
Makanku banyak hwheh

Yang saya baca di tips fitness dan diet sehat breaktime nih, makan setelah pukul 6 itu boleh saja asalkan tidak berlebihan. Kalau makan nasi, lauk sate kambing sambil minum teh manis sepertinya termasuk yang over kalori deh ya. Apalagi jika setelah itu kita tidak ada aktivitas berarti.

Pecinta pisang

Bukan cuma suka, saya adalah pecinta pisang. Sejak kanak-kanak, pisang yang tidak diolah alias pisang segar adalah kudapan favorit. Bahkan kalau bangun tidur malas gerak dan kurang semangat, yang jadi moodbooster saya adalah pisang.
pisang, diet, selai kacang
sumber: www.breaktime.co.id

Ternyata kebiasaan ini memberikan andil ke bentuk badan saya yang susah gemuk ini. Enzim yang ada di dalam pisang dapat membantu tubuh membuang racun yang menumpuk. Selain itu, ada juga fruktosa dan serat, membuat pisang turut membantu mencerna makanan yang masuk  dalam sistem pencernaan. Iya sih, pencernaan saya lancar dan jarang merasa ‘selalu lapar’.

Menikmatinya

Punya badan kurus dengan baju ukuran S atau M ini patut disyukuri. Saya tidak kesulitan ketika memilih baju atau celana. Jarang deh menemukan ukuran yang tidak ada saat belanja pakaian. Karena saya bebas makan apa saja, tentu ini adalah anugerah pula. Tapi tetap ya, harus seimbang. Meski saya suka sate kambing atau nasi padang, konsumsi buah juga tak boleh lewat. Kolesterol tinggi itu tidak hanya dirasakan para penderita obestitas lho.

kamu punya tips menaikkan berat badan?


42 comments on "Inikah penyebab berat badanku susah naik?"
  1. Weleeeeeh! Inyonk iri sama sampeyan. Lha saya bernapas aja nambah berat badan kok, po meneh makan.

    ReplyDelete
  2. Nay dulu pas aku masi singgel pernah ekstrem 34 kilooo haha
    Itu karena obsesi sekuyus anggota snsd aku

    ReplyDelete
  3. Aku malah lagi struggling buat menguruskan badan mbak XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangaat Aud. Pisang coba pagi gini

      Delete
  4. Eh eh samaan kek Gusti deh, aku dulu SMP ya segitu kali yak hahaha.
    Pernah sih nyampe 50kg, gara2 rajin aerobik. Abis tu patah hati, balik lg dah 45kg sampeeee nikah.

    Eh stlh nikah, minum aer putih aja BB naik hihihi. Tipsnya itu keknya Nay ^^v

    Semoga lancar yaaa hingga hari H, aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi nikah nih mba tipsnya? Okeee deh hehe.
      Amiin

      Delete
  5. gak punya tips, lha sebelum hamil berat badanku cuma diangka 45-47 wis ngono naik turun segitu aja hahaha...

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Hoiya mba Lia juga ya,,emang bawaan mungkin ya mba.

      Delete
  7. Dulu badanku pakai baju ukuran S eh skarang naik jadi M :p

    ReplyDelete
  8. Aku juga belum pernah gemuk, hamil juga perutnya aja yg mbelendung bodynya ngga, aku emang ngga bisa makan banyak, klo gemukan dikit bukan kebadan tapi kepipi

    ReplyDelete
  9. Dulu nih ya, sebelum aku hamil, beratku paling banter 52kg. Tapi sekarang 58-59 segitu aja :'( . Dulu mau gemuk aja susah banget, sekarang makan udah dikit tetep aja gemuk. Dulu nih ya kalau beli baju pasti dikecilin atau takut kebesaran. Kalau sekarang takut kekecilan kalau gak dicoba, Bernah aku kalap beli 5 baju, eh yang muat 1 doang karena kepedean milih2 baju langsung bayar gak pake dicoba karena liat modelnya lucu... hahahha
    Jadi bersyukur lah Inayah kalau badannya tetep langsing :D

    ReplyDelete
  10. tipsku: banyak duit *LOL dan ngeblong kalo belanja
    blong pas belanja itu bikin seneng terus gemuk hahaha

    it works for meh

    ReplyDelete
  11. Jangan banyak fikiran mba katanya bisa ngaruh ke nafsu makan, tapi klo mank dah genetiknya kurus mau diapain lagi pasti kurus. Saya juga sama stuck di 45 pas hamil doank 55kg setelah 2 minggu lahiran lgsg turun lgi sampe skrg 45 statis padahal makan uda porsi kayak abang2. Disyukuri mba still young forever hahaha klo kurus mah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kayaknya aku bakal gitu nanti ya

      Delete
  12. Ahahahaha aku pengen kurus sis cuma apa daya hikssss tulangku juga besar - besar banget soalnya huhuhuuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga ya tulang. Tulangku emang kecil

      Delete
  13. akohhhh malah mau menurunkan neng, sinih aku bagi lemak ku hehe

    ReplyDelete
  14. tinggi bdnku 154, berat bdn cuma 40 -__-.. ini temen2 kantor sampe ga prcaya krn br 5 bln lalu aku melahirkan mbak.. selesai maternity leave mereka semua sampe nuduh, kmrn itu aku cuma pura2 hamil jgn2 ;p... tapi kalo dibaca artikel di atas, aku jg jarang sbnrnya ngelakuin yg mba tulis... makan pisang cuma sesekali doang... kerjaan jug lbh bnyk duduk, olahraga kdg inget... tp ttp aja g bisa gemuk2.. pdhl aku trmsuk srg makan, apalagi krn blogku juga ttg kuliner, mau ga mau seminggu sekali aku pasti hrs kliling cari kuliner yg enak direview :D.. tetep hasilnya ga gemuk2 ... kdg nyerah sih mba, apalagi suami udh komplain nih... katanya terlalu kurus...

    kalo tmen2 bnyk yg iri krn bdnku ga berubah dari sebelum hamil, tapi percaya deh, aku jg iri ama temen2 yg bdnnya semok dan berisi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau udah punya suami khawatirnya gitu. Sekarang mah aku bebas bebas ajah. Semoga suami nanti menerima

      Delete
  15. Kata dokter aku suash gemuk karena ada masalah dengan metabolisme tubuh, akibat alergi. Entahlah kalau aku udah nikah, terus hamil dan punya anak hehehe... Aku tuh porsi makannya cukup banyak tapi emang kalau nasi jarang makan dua kali dalam sehari. Kalau sehari ga makan nasi, besoknya suka kerasa celana atau baju rada longgar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin aku harus ke dokter juga nih biar jelas

      Delete
  16. saya 158 cm 45 kg. dulu pas gadis malah 42 doang. hamil naik sampe 55, turun lagi stabil di angka 45. *ini kenapa ngomongin angka melulu*

    tipsnya biar tetep kurus: banyak mikir. ntar kurus.

    tips biar ga kurus lagi: nggak tahu. hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gmau banyaak mikirrr ah mba. Apa aku kebanyakan fikiran juga kali ya

      Delete
  17. Wah... Justru banyak emak erte yang pingin badannya kurus mbak. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih ya. Btw gda komen dari bapak bapak nih. Emak emak semua hihi

      Delete
  18. aku juga orangnya susah gemuk nih mbak, makan banyak juga sama saja. kalau naik dikit doang :)

    ReplyDelete
  19. Kalau saya mah bukan buat ngurusin badan tapi mau membentuk otot mbak, ahi hi hi.

    ReplyDelete
  20. Akan saya coba praktekan Mba, siapa tau bisa kurus juga,,

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature