Cara Merawat Wajah Usai Lepas Dari Krim Dokter

October 08, 2016

Cara merawat wajah, the bodyshop

Melihat wajah teman-teman yang kinclong mulus dan bersinar, saya penasaran dan menanyakan kiat-kiatnya. Sebagian besar dari mereka ternyata melakukan perawatan di dokter kulit.
Cerita yang saya dapat sangat beragam, ada yang memang sekali bertemu dengan dokter A langsung cocok. Adapula lho yang sampai berganti-ganti baru berjodoh. Harga produk perawatannya pun berlipat-lipat dibanding  punya saya yang hanya kosmetik pasaran. Meski begitu, tetap saja akhirnya saya tergoda dan mendatangi sebuah klinik kecantikan yang bisa dibilang cukup ternama. Selama beberapa bulan melakukan perawatan disana, memang ada perubahan signifikan. Tetapi, karena ada beberapa pertimbangan akhirnya saya memutuskan untuk lepas dari krim-krim dokter itu. Tak mudah untuk segera kembali ke perawatan harian seperti sebelumnya, ada beberapa cara merawat wajah secara khusus yang harus saya lakukan.

Kulit Wajah Rasanya Panas

Ketika saya mencuci muka dengan sabun wajah yang biasanya dipakai, sensasinya sungguh mengerikan. Kulit wajah terasa sangat panas dan perih. Hal ini juga terjadi saat saya mengoleskan pelembab yang dulunya biasa-biasa saja di wajah. Mengapa begini? 

Hasil dari browsing sana-sini sih, katanya proses yang saya alami memang wajar. Banyak yang memberikan tips agar memakai minyak biji anggur. Apa? Duh kalau saya pakai yang aneh-aneh buat wajah masih nggak berani. Lebih baik yang punya brand tertentu saja.

Akhirnya Lepas Total Dari Krim Dokter

Kurang lebih dua minggu, akhirnya saya bisa lepas dari krim dokter sehingga bisa menggunakan kosmetik serta skin care pasaran seperti sebelumnya. Beginilah proses yang dilakukan kala itu.

1 | Memakai Sabun Bayi Batangan

Rasanya nggak mungkin banget dong kita beraktivitas seharian lalu skip cuci muka pakai sabun. Minimal sehari sekali lah ya. Kalau engga, bagaimana tuh debu dan kulit mati? 

Sabun bayi batangan ternyata sangat diterima wajah saya. Sama sekali tidak ada efek panas dan kering. Selama wajah breakout usai lepas dari krim dokter, hanya sabun bayi penenang wajah ini.

2| Memakai Pelembab Saja

Bb cream, foundation, dan teman-temannya sengaja saya skip semua. Sudahlah sementara pakai pelembab saja. Pelembab juga tidak bisa sembarangan. Secara wajah masih panas gitu kan? Yang saya pakai adalah vitamin E moisturizer cream dari The Body Shop. Rasanya adem banget di wajah dan terbukti cocok. 
Cara merawat wajah, the body shop
Adem banget di kulit

3| Memilih Obat Jerawat Yang Alami

Urusan wajah panas sudah teratasi nih. Yey! Eh tapi jerawat jadi gampang muncul, gimana dong? Saya baru tahu ternyata ada yang namanya tea tree oil. Pilihan jatuh ke tea tree oil the bodyshop sebab saya bisa memastikan kalau dia benar-benar alami. Kenapa harus alami? Khawatirnya, wajah masih belum bisa menerima unsur obat kimia sintetis lalu malah jadi breakout lagi.

4| Memberi Asupan Vitamin C

siapa sih yang ngga percaya kalau Vitamin C itu bikin wajah ngga kusam? Pasti semua sepakat. Meski sehari-hari sudah minum multivitamin, ya tetap saja kita perlu menambahkan secara khusus ke wajah. Suntik vitamin C? Tidaaak. Ngga mau yang aneh-aneh ah. Di pasaran ada banyak kok pelembab bervitamin C, pilih saja yang cocok.

5| Jangan Langsung Pindah Ke Dokter Lain

Mentang-mentang wajah sudah enakan, kita tidak tahu lho kondisi di dalamnya. Jangan langsung tergoda untuk pindah ke dokter kulit lain deh. Tunggu beberapa bulan, siapa tahu malah kita bisa merawat wajah sendiri di rumah. 

Cara merawat wajah yang benar perlu kita lakukan usai lepas dari krim dokter kecantikan. Jangan sampai, perawatan mahal malah membuat kita jadi punya masalah baru. Selamat mencoba!

Kamu pernah mengalami? Bagi tips dong. 

43 comments on "Cara Merawat Wajah Usai Lepas Dari Krim Dokter"
  1. Waduw, sampai panas gitu ya mba..kalau saya sih ke klinik kecantikan buat facial doang..ditawarin berbagai krim sih tapi saya nggak mau.
    Takut ketergantungan gitu.
    Sayang kulitnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sebaiknya memang seperti itu saja

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Jangan lupa olahraga dan makan sayur buah. Btw, aku juga pakai tea tree oil-nya The Body Shop Nay buat ngobatin jerawat. Cocok banget di aku, jerawat yg kayak bisul aja cepat banget kempes dan keringnya pakai itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan. Ajaib emang tea tree oil

      Delete
  4. Daku nggak pernah ke dokter kulit :)
    Sampai umur 45 gini, masalah kulit wajah tuh waktu jam kuliah, jerawatan sampai merah2, tapi hilang karena minum jamu.
    Sekarang sih tiaz pagi dan malam bersihin wajah pakai minyak zaitun. Kalau pagi, pakai pelembab vaseline, malam pakai SK2 ini juga baru sebulan, tadinya nggak pakai apa-apa.
    Oh iya, kalau pagi setelah sholat subuh aku cuci muka pakai air cucian beras :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whah boleh banget mbak resepnya. Dicatet

      Delete
  5. Samaan dengan Mak Jul, gak pernah pake krim2 dokter. Favoritnya pake minyak zaitun. Tapi sekarang lagi coba perawatan pake produknya Jaf*ra. Semoga cocok deh yang ini. :)

    ReplyDelete
  6. kalo wajah lagi ada masalah.. klo aku sih.. biasanya wajah diistirahatin dulu dari semua kosmetik... biar netral lah..gitu.. trus hentikan pemakaian jika ada iritasi karna suatu produk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mba kalau lagi siklus bulanan saya kadang cuma bedakan tabur aja sama lipstik

      Delete
  7. Iya suka penasaran dengan wajah ibu-ibu yang putih, kinclong dan halus. Tapi cuma penasaran saja. Saya sih nggak berani coba-coba.

    ReplyDelete
  8. the body shop memang enak sih rulnay, kata teman yang jrawatan tea tree oilnya mujarab

    ReplyDelete
  9. scrub dan body showernya juga naks ngets

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah coba yang itu

      Delete
    2. Aku belum pernah coba yang itu

      Delete
  10. Dulu pernah pakai dokter dan langsung berasa panas mukanya. Sejak dari situ ga pernah pake lagi pake dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekali-kali bahas skin care cowo lah mas Dani :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  11. Wah... Menggunakan sabun bayi batangan juga membantu, ternyata. Terimakasih tipsnya. Eh, bener tuh. Yg cersi cowoknya ditambahin dong. Biar adil. :D

    *Dateng2 minta keadilan.

    ReplyDelete
  12. aku g pernah tertarik mbak berobat ama dokter apalagi pake krim2 mereka yg ga jelas itu.. soalnya juga, temen2 ku y pake, wajah2nya pada biasa aja, malah cendrung serem krn efeknya.. yg jadi putih, tapi putihnya pucet, ga seger.. trs ada yg kelupas, alasannya obat lg bekerja.. duuuh, ga lah.. aku pake krim2 pasaran aja dr dulu , dan justru malah kulit jd jauh dr yg namanya jerawat... cuma memang problemku itu freckles.. ga banyak sih, tp mengganggu aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan sekarang byuti bloger malah pada bikin tutorial freckles malah

      Delete
  13. Mba Innayah, aku belum pernah perawatan wajah di dokter belum, mba. Padahal suka ngiri lihat teman2 yang wajahnya mulus :)

    ReplyDelete
  14. Sekarang ini cewek2 pada langganan dokter kulit ya? Aku nggak punya, semakin dikit wajah didempul, menurutku juga semakin dikit kita butuh dokter kulit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heuheu iya mba alami kayak mbah mbah kita aja a

      Delete
  15. Pembersihannya pake sabun bayi batangan lebih lembut untuk kulit wajah ya, Mbak...

    ReplyDelete
  16. Air putihh... sabun bayi ternyata mujarab juga ya mba Nay. Mudah2an kita selalu diberi kesehatan juga u kulit agar ga perlu keluar duit buat biaya ina inu... :-)

    ReplyDelete
  17. setuju bangettssss, sabun bayi mengandung lebih sedikit bahan kimia dibanding sabun orang dewasa, makanya aman buat wajah, bener kan mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...maka dari itu. Tapi ga mutihin wkwk

      Delete
  18. Salah satu alasan ga mau ke dokter kulit buat perawatan, takut ketergantungan katanyaaa.. Tipsnya cocok ni buat temenku yg emang bermasalah paa lepas skincare dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun begitu dan gmau jadi korban lagi

      Delete
    2. Akupun begitu dan gmau jadi korban lagi

      Delete
  19. aku belum pernah pakai krim macem2 dari dokter kecantikan, karena takut ini itu, selama ini ngandelin kosmetik yang ada di pasaran aja jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kedepannya aku juga mau gitu aja biar ga rempong

      Delete
  20. Kalo uda mulus dan kinclong setelah perawatan dr klinik kecantikan, emang kudu dijaga. Sayang kan "invest" yang udah kita jabanin, trus ilang gt aja krn gk dirawat.

    Alhamdulillah saya gk pernah ngalamin yg panas sih, pernah sempat stop pake krim2 dr dokter krn hamil dulu. Beda2 emg yg dialamin kulit wajah tiap orangnya. Cantik itu emg butuh perjuangan, halah :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature