Pengeluaran Wajib Si Single Usai Gajian

October 11, 2016
iuran bpjs, bayar iuran bpjs, pengeluaran single,

Banyak orang berpikiran kalau si single yang kerja kantoran itu duitnya aman. Padahal mah ya sama saja seperti manusia pada umumnya. Kelihatannya kebutuhan para lajang tak banyak ya? apa sih, nonton? Beli baju? Ngafe? Hehehhe...jangan salah, kalau nggak dikelola dengan baik, uang gajian bakal habis-habis juga meski masih tidak ada tanggungan menghidupi keluarga. Saya punya siasat, sejak di awal bulan segala macam iuran dan cicilan dibayarkan. Hem...sisanya buat foya-foya di jalan yang benar, amin. Kok aneh? ya, saya takut lupa dan teledor. Jadi yang sifatnya wajib  didahulukan usai gajian banget. Apa saja itu?


1| Bayar sewa kost

Sebenarnya ngekost itu nggak efisien, apalagi kalau biaya kostnya sudah senilai cicilan KPR. Serius, tiap bulan saya harus mengeluarkan sekitar 950ribu rupiah lho buat bayar kostan. Sedangkan nih ya, cicilan KPR rumah subsidi ada yang cuma 700ribu. Hellauw! Saya sudah survey rumah, nemu yang cocok, tinggal bayar DP saja...tapi orang tua belum mengijinkan. Alasannya, saya cewek yang masih lajang. Jadi, beli rumah nanti saja kalau sudah nikah bareng sama suami. Tapi kan investasi? Iya, orang tua tetap bilang tidak. Okesip. Ibu kost saya termasuk yang cerewet soal uang sewa. Jadi, nggak boleh telat apalagi kelupaan.

2| Bayar cicilan kendaraan

Setelah nebeng sana sini, ngangkot sana sini, saya memutuskan membeli kendaraan pribadi. Eh, bukan beli ding...kredit. Alhamdulillah sebentar lagi lunas, benar-benar nggak terasa. Cicilan kendaraan jangan sampai kelewat ya, bahaya nanti disita dealer hehe.


3| Bayar Iuran Asuransi

Ada yang pakai asuransi? Sepertinya sekarang hampir seluruh rakyat Indonesia sudah berasuransi deh. Minimal BPJS kesehatan, ya kan? BPJS sifatnya wajib bagi seluruh WNI maupun WNA yang kerja di Indonesia lho. Bahkan, kalau di sebuah perusahaan ada karyawannya yang tidak mendaftar BPJS...si perusahaan akan terkena denda.

Saya juga cuma ikut asuransi ini kok. Setiap bulan, iurannya sudah otomatis terpotong dari gaji. Alhamdulillah ya, nggak usah repot. Eh emangnya bayar iuran BPJS kesehatan repot ya? kalau dulu sih iya. Harus ke kantor BPJS lah, harus ke bank lah, paling sepele juga lewat ATM. Eh, kalau sekarang, nggak perlu keluar rumah. Lewat Tokopedia juga bisa lho, caranya juga gampang banget. Kalau kamu biasa belanja online, udah deh...dalam hitungan kurang dari 5 menit pasti beres. Bisa bayar dari mana saja dan kapan saja. Kan enak daripada harus ke ATM yang antri plus bayar parkir hahhaa.

4| Tabungan Wajib

Nabung itu sebaiknya di awal bulan, kalau engga...hmm jangan harap deh. Nominalnya juga sudah ditentukan. Deritanya sekarang, tapi nikmatnya nanti. Kalau kamu merasa ngga bisa disiplin, buka tabungan rencana atau sejenisnya. Jadi, otomatis tiap bulan akan terdebet ke tabungan.

5| Bayar arisan

Punya arisan apa saja? Hahaha...diam-diam arisan ini menyita uang gajian lho. Saya cuma ikut satu jenis arisan. Sampai sekarang belum berminat arisan panci, ranjang, rantang, piring, apalagi arisan umroh. Udah ah, yang past-pasti saja dan nggak repot hehehe main aman. Jangan telat ya bayar arisan. Kadang, teman kita itu nggak enak lho mau narikin tiap bulan. Kesadaran saja lah ya, habis gajian transfer atau dibayarkan ke si pemegang uang arisan.

Nah, itu dia iuran dan cicilan wajib saya setiap awal bulan. Nggak ada cicilan keamanan, sampah komplek, anak sekolah, les, layaknya orang yang sudah berkeluarga. Tapi, tetap saja kalau tidak dikelola dengan baik dan direncanakan bisa merusak siklus keuangan.

*This is a sponsored post, read disclosure



34 comments on "Pengeluaran Wajib Si Single Usai Gajian"
  1. Waaah itu aku banget yang nomor 1. Selalu dan selalu aku bayar kosan pas ditanggal gajian haha karena takut kepake pake yg lain.

    Untuk cicilan kendaraan alhamdulillah blm ada haha. Kalau untuk bpjs kayaknya udah di atur sama perusahaan deh. Tapi so far.. banyak cicilan yang lainnya menunggu.

    Eh tapi kak katanya nanti klau udah berkeluarga, urusan wajib bayar nggak se sedikit ini nih kayak pas single. hihi

    ReplyDelete
  2. Aku ikut tiga arisan kak wkwkwk stkh dipikir pikir banyak juga yha:""")

    Betul banget meskipun lajang aku gatau ke mana uang gajiku pergi. Eaaa~~

    Nggak deng tahu ke mana tp meleset dari rencana awal mau buat apa aja:""))

    Kayak gini nih. Masih tanggal segini udah berasa akhir bulan kak huhu
    Dear tanggal 25 cepatlah datang

    Ttd, anak swasta

    Ps: maappin nyampah ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa nyampah ko hahaha jadi tau orang lain juga gitu

      Delete
  3. Hahahaha nomer satu iya banget! Ibu kosku sampe heran kenapa aku kalo bayar cepet. Padahal mah emang takut aja uangnya kepake soalnya kalo udah bayar kosan gaji berasa langsung bekurang banyak (nasib kos di wilayah setiabudi huff)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bwkakaa iya yak.
      Ciyeh anak metropolitan

      Delete
  4. Hahahaha nomer satu iya banget! Ibu kosku sampe heran kenapa aku kalo bayar cepet. Padahal mah emang takut aja uangnya kepake soalnya kalo udah bayar kosan gaji berasa langsung bekurang banyak (nasib kos di wilayah setiabudi huff)

    ReplyDelete
  5. Zaman masih kerja dulu yang pertama harus disisihkan adalah bayar uang kost karena kalau nggak ibu kost bisa nyap-nyap, hahaha.

    ReplyDelete
  6. Arisan itu dapatnya nggak sebarapa tapi uang gaulnya yg ngabis2in, buat konsumsi, apalagi kalau ada dress codenya segala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia. Apalagi kalau arisannya di mall. Masa kita berani ga bawa duit? Hehe

      Delete
  7. Wuahahaha arisan, ada jg tuh temen sendiri yg gk bayar2. Kapok aku ikut arisan, urusan duit bs berabe *curcol*

    ReplyDelete
  8. aku cuma ngelakuin nomor 3, 4, 5 hahaha mbak innayah ini contoh wanita mandiri *acungi jempol dua*

    ReplyDelete
  9. Pernah mengalami juga cuma yg nomor dua ganti sama bayar uang kuliah dan saya ga ikut arisan, heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan arisan dulu kalau masih kuliah

      Delete
  10. lho Nay, belum nikah sudah ikut arisan? Hahaha.. jamanku single kemarin sih nggak ikut arisan, tapi setelah menikah dan punya anak langsung ikut arisan 3 biji, ini mau tambah lagi arisan oven. Hahaha ya Allah.. tapi arisan ini juga dana wajib selain tunggakan bulanan, kalau saya biasanya beli pulsa listrik lewat Toped. Gratis biaya admin. Alhamdulillah.. Semoga terus lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arisan demi eksistensi mba hahhaha

      Delete
  11. Jempol Nay.. itung2 latihan mengelola keuangan keluarga ya.. :)

    ReplyDelete
  12. Iya enakan buat nyicil rumah ya padahal.. hehe lumayan juga mbak 950 sebulan..

    ReplyDelete
  13. Keren aja single udh punya asuransi dulu aku begitu gajian separonya abis buat shopping wkwkwkwk....

    ReplyDelete
  14. Iya nih, enak ya sekarang bisa bayar iuran BPJS di Tokopedia. Aku mau coba ah bulan depan bayar iuran BPJS punya Mama di Tokopedia. Punyaku dan anak-anak mah pan udah dipotong dari gaji suami.

    ReplyDelete
  15. Banyak ya buk yang harus dibayar.. dari 5 yang kamu tulis itu nay kayaknya pengeluaran wajib semua deh ya... kos atau kontrakan, asuransi, cicilan, de el el... udah lama ini aku ga ada arisan.. duh jadi pengen

    ReplyDelete
  16. aah bener banget deh arisan itu diem2 menyedot penghasilan. baru balik lagi setelah sekian bulan/tahun. lalu abis begitu aja pun. ahhahaaa karena setiap dapet arisan jadi ketempatan yg mana harus sediain konsumsi. Jadi uang arisannya sama aja nabung buat bayar konsumsi tamu. ealaaaah jan jan.

    ReplyDelete
  17. Ah jadiinget kan kalo bulan kmrn gw blm bayar asuransi ihik ihik

    ReplyDelete
  18. yah intinya segede apapun gaji kalo pengeluarannya dipolin pasti abis juga :p

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature