Tempat Favorit Belanja Batik Di Pekalongan

November 06, 2016
pasar batik setono, rumah batik, kampung batik, pekalongan, tempat belanja batik pekalongan

Jika kamu tahu bahwa saya orang Pekalongan asli, pasti kamu tak akan segan menanyakan ‘beli batik yang enak dimana ya?’. Meski batik bukan makanan, kata yang dipakai ‘enak’ gitu ya hehhee. Teman-teman sering banget minta rekomendasi kepada saya soal ini, apalagi pas musim mudik tiba. Bahkan pernah ada teman dari Jember, Padang, Palembang yang niat banget belanja batik besar-besaran di Pekalongan dan minta ditemani . saya pernah cerita, bahwa oleh-oleh dari Pekalongan nggak cuma batik lho. Ada oleh-oleh anti mainstream dari Pekalongan yang bisa dibawa pulang. Tetap saja, batiklah prioritas pertama dan utama. Sebagai orang Pekalongan, saya lebih memilih belanja batik di pasar dibanding di butik. Memang apa bedanya? yuk mari...saya mau cerita.

Pasar Grosir Batik Setono

Pasar grosir batik Setono adalah tempat favorit saya belanja batik. Mau itu banyakan atau satuan, sendiri atau bawa teman. Kalau kamu nanya ‘tempat enak belanja batik’, maka pasar Setono lah jawabannya. Kenapa gitu?
pasar batik setono, rumah batik, kampung batik, pekalongan, tempat belanja batik pekalongan

1| Banyak Pilihan

Dijamin kalap deh kalau kalian pecinta fashion main ke grosir batik setono. Entah ada berapa ratus kios yang ada di sini. Nggak cuma baju ya, macem-macem deh pilihannya. Pernah ke pasar Beringharjo di Jogja? Koleksinya lebih banyak di Grosir Setono, sebab memang khusus fokus ke batik.

2| Bisa Ditawar

Hehee...hayo pasti deh suka kalau belanja bisa ditawar. Namanya juga pasar ya, tentu harga ngga ada banderol fix. Apalagi kalau kamu belinya kodian, dijamin deh pasti dapat harga  promo batik  yang bikin makin semangat belanja lebih banyak hahhaa.

3| Punya Nilai Sejarah

Saya mengetahui soal sejarah pasar Grosir Batik Setono dari buku ‘Pekalongan Yang Tak Terlupakan’. Bisa dibilang, ini adalah pasar batik pertama yang ada di Pekalongan lho. Dulunya adalah berupa pabrik tekstil.

Oiya, di area pasar ini juga berjajar aneka pilihan kuliner khas Pekalongan dan oleh-oleh dari seluruh nusantara.


Kampung Batik Medono

Jika kamu melaju dari arah Jakarta, gapura ‘kampung batik medono’ ada di sebelah kanan jalur pantura. Meski judulnya ‘kampung’, tapi jangan khawatir bakal blusukan ketemu jalan sempit. Sama sekali tidak, bahkan kamu bisa bertemu banyak banget rumah batik dan butik batik. Jujur sih, baru sekali belanja di sebuah butiknya hehhe. Jadi, enaknya belanja di sini gimana ya?
pasar batik setono, rumah batik, kampung batik, pekalongan, tempat belanja batik pekalongan
pict by: Javvachic

1| Nyaman

Beda dengan pasar, ketika kamu belanja batik di kampung batik Medono ini tentu lebih nyaman. Bahkan sekarang, rumah dan butik batik sudah menghiasi diri dengan interior yang indah. Lebih santai tentunya ya.

2| Dekat Tempat Produksi

Karena sebagian besar rumah dan butik ini menyatu dnegan rumah owner dan tempat produksi, akan ada banyak sekali pilihan. Jangan ragu menanyakan soal ketersediaan motif A, model B, jika belum nampak ada di display.

3| Arsitektur

Sebagian besar butik dan rumah batik yang ada di Pekalongan itu arsitekturnya menggemaskan.  Rumah jawa kuno, rumah art deco, dan masih banyak lagi. Intinya sih, photogenic banget.

Selain kampung batik Medono, ada juga lho kampung Batik Pesindon dan Kampung Batik Kauman.
Selama ini saya seringnya cuma lewat, hheee. Beda dengan Mba Ayi yang punya blog di JavvaChic, beliau malah sudah menjelajah beraneka rumah batik yang ada di Pekalongan.


Pertimbangan Saat Belanja Batik

Jadi, ada beberapa hal nih yang perlu kamu pertimbangkan saat mau belanja batik di Pekalongan.

1| Budget

Yaiyalah, meski mesin ATM dan mesin EDC buat gesek kartu debit maupun kredit sudah tersedia di sebagian besar penjual batik...tetap ya tentukan budget.

2| Waktu

Setauku pasar grosir Setono tutup pada malam hari dan baru buka semua tokonya sekitar jam 9 pagi. Jadi, kalau kamu punya waktu luang malam hari...sebaiknya ke kampung batik saja.

3| Lokasi

Kalau kamu dalam perjalanan di Pantura, lebih nyaman memang ke grosir setono sebab tempatnya pas di pinggir jalan. Tinggal parkirkan kendaraan saja di lokasi yang sangat luas.

4| Batik Asli

Yang tidak kalah penting adalah, belilah batik asli. Hah? Emang ada batik palsu? Berformalin?pakai boraks? Hahaha ya engga sih. Sekarang banyak beredar kain bermotif batik, biasanya dibuat dengan teknik sablon. Berbeda dengan batik tulis, batik cap, dan batik lukis yang menggunakan lilin untuk membuatnya.

Kamu pernah belanja batik di Pekalongan, yuk bagi ceritanya.


31 comments on "Tempat Favorit Belanja Batik Di Pekalongan"
  1. Mba Innayah, aku belum pernah nih belanja disini. Ntar aku coba mampir ah. KUalitas batik pekalongan bagus euy :)

    ReplyDelete
  2. Medono juga sentra tenun... Di sepanjang jl Karyabakti selain butik2 batik juga ada showroom tenun ATBM. House hold tenun ATMnya bikin kemeceeer lhoo...

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen main dan belanja batik ke Pekalongan nih. Aku belum pernah ke Pekalongan, hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ayo lewat utara kalo mau ke purworejo :)

      Delete
  4. Aku lagi pengen nyoba beli di toko semacam Batik Qonita gitu, kalo di setono pusing nyari yg bahan nya bagus.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Qonita ada di sebelah barat pasar...deket gerbang

      Delete
  5. Btw, Tigeline blog ini sering berganti2, ya. XD Mungkin ownernya lelah. XD Kalo ada istilah selalu ada celah, keknya ini teknik yang patut dicontoh, soft banget. Bolehlah, dicatet tekniknya. :)

    Btw, 2 tempat belanja ini boleh dibilang okelah. Selain memang tempatnya juga penuh batik semua (yg akan buat bingung mau milih yg mana) tapi paling nggak ada nilai Sejarah dan yg kedua nyaman itu perlu banget.

    Kapan2 kalo ke Pekalongan, bolehlah, dibuka blog ini lagi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha lagi mencari jati diri. Sorry yaa

      Delete
  6. aku kemarin dpt oleh-oleh batik pekalongan dr bapak mertua. hihi. tapi gak tau di toko apa belinya.

    ReplyDelete
  7. Belum pernah ke pekalongan, tp kl di jogja beli batik suka ditawarin yg pekalongan... Emg rata2 lebih bagus sih hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah 2x bl batik di beringharjo eh labelnya 'pekalongan' wkwkw

      Delete
  8. wah pasar grosir batik setono itu tempat yang wajib dikunjungi tiap mudik hehe
    tiap kesana pokoknya bingung mau beli apa dan berapa, saking banyak banget pilihannya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget. Akupun padahal org Pekalongan

      Delete
  9. Pekalongan definetely kota yang mau saya kunjungi someday ah! Mau nginep di hotel Sidji, nay. Hehehe

    ReplyDelete
  10. aku suka bebatikan tapi sering bingung dipake apa :/ hmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kalau Ninda cocok sama brand Qonita. Soalnya byk gamis dg warna2 gelap gitu. Motif g gonjreng

      Delete
  11. aku kalau liat batik langsung semangaaaat. kangen Pekalongan!
    btw, ikutan GA aku yuuuk..mengenai kampanye peningkatan kesadaran tentang breast cancer sampai tanggal 10 Nov ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeyyy ikutan GA yg hadiahnya segambreng

      Delete
  12. Awal ke Pekalongan 6 tahun yang lalu destinasi pertama yang aku kunjunging Pasar Batik Setono dan batik"nya murah sangat motifnya bagus", jadi pengin kesana terus hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh iyaa...buanyak banget pilihanya

      Delete
  13. Aku belum pernah beli batik di Pekalongan, tapi batiknya punya dari hadiah hehehe
    Dan pengen banget bisa jalan-jalan beli batik langsung.

    ReplyDelete
  14. Daerah Selatan, medono,buaran sampai kertiyan udh jadi sentra batik. Klo mau buat seragaman ke tempat haji abas, daerah simbang.murce pol dibanding grosir setono yg menang lokasi

    ReplyDelete
  15. Baru ke Setono aja dan satu lagi lupa namanya karena nengok teman yg jualan disana.

    ReplyDelete
  16. Jadi kangen Pekalongan, kampung halaman...
    Salam kenal, mbak :-)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature