Hunting Street Photography Pakai Kamera Hape

December 16, 2016
jokowi, preside, ri, ri 1

Kalau mendengar istilah hunting foto, yang terbayang di benak kita mungkin adalah kamera profesional. DSLR, mirrorless, yah minimal kamera digital lah. Memang hasilnya akan lebih memuaskan kalau pakai mirrorless misalnya, saya sudah membuktikan. Tapi, untuk urusan street photography saya sejujurnya lebih nyaman memakai kamera yang tidak mengintimidasi objek. Maksudnya bagaimana? Apasih street photography? Kenapa kamera profesional dibilang mengintimidasi? Kalau kamu selama ini hanya foto-fotoan di area rumah, tentu tidak akan mendapatkan pengalaman diusir petugas keamanan. Bukan soal takutnya, tapi lebih ke ‘malu’ hahaha. Bagi saya yang belum pro, memang lebih aman pakai kamera hape jika mau foto-foto di tempat umum.

Apa itu Street Photography?
Sebenarnya saya lebih suka street photography daripada foto yang terkonsep apalagi foto model, hehhe. Lebih banyak kejutan pada hasil. Apa sih pengertian street photography?
Fotografi jalanan (bahasa Inggris: street photography) adalah salah satu aliran dalam fotografi. Fotografi jalanan umumnya memuat objek yang diambil di ruang terbuka publik dalam kondisi candid atau tanpa pengarahan. Belum ada kesepakatan mengenai padanan yang baku untuk street photography dalam bahasa Indonesia, namun istilah fotografi jalanan sering dipakai dalam beberapa kesempatan. Foto-foto dalam street photography dapat mengambil lokasi dari berbagai ruang publik seperti jalan, pasar, mal, terminal, stasiun kereta api, dan sebagainya. -Wikipedia
Tantangan street photography
Biar makin akrab, kita pakai istilah ‘nyetrit’ ya buat menyapa hunting street photography. Kalau lagi nyetrit, tantangan terbesar adalah kesabaran. Menunggu momen sampai dapat yang terindah. Paling aman sih jepret terus aja, nanti dipilih mana yang paling bagus. Tapi, karena nyetrit itu sifatnya candid, ngga seru dong kalau objek kita jadi sadar kamera. Mending kalau setelah sadar kamera, diam saja. Nha kalau marah-marah? Nggak semua orang suka difoto.

Beberapa kali saya harus sembunyi-sembunyi memotret dengan kamera mirrorless fujifilm XA2  saya yang mungil itu. beberapa kali pula ketahuan dan dimarahin satpam. Beberapa tempat umum seperti mall, perumahan, bahkan taman...kudu ijin dulu kalau mau foto.

kacang bogor, kebun raya bogor, hunting street photography, kamera iphone 5s
kacang Bogor hangat
Modal Kamera Hape
Untuk nyetrit, amannya memang pakai kamera hape. Kendalanya ya kualitas saja sih. Weekend lalu saya hunting di sekitaran kebun raya Bogor. Semua foto yang yang ada di postingan ini pakai kamera hape saya lho. Modal iphone 5s yang kamera utamanya 8MP dengan f 2.2, 29 mm. Bagaimana?
kebun raya bogor, kamera iphone 5s
rimbunnya pepohonan

Untuk urusan editing saya juga ngga pakai aplikasi luar kok. Pakai editing yang ada di iphone itu aja. Ini mode ‘fade’ dengan beberapa settingan dasar seperti exposure dan shadow. Bentuk menu editing di iphone mirip banget dengan aplikasi snapseed dan vsco. Ya, seperti gabungannya lah.

Foto Yang Bercerita
Katanya sih, setiap foto harusnya bisa berbicara dan bercerita. Jadi, tanpa caption pun orang yang melihat bisa paham. Apakah foto ini demikian?
istana bogor, teratai istana bogor, teratai, kamera iphone 5s
teratai kebun raya Bogor yang ikonik

Pada foto teratai depan istana Bogor itu saya mengambil beberapa fokus. Ada fokus di istana, fokus di bunga, dan pakai auto fokus. Ternyata hasil terbaik menurut saya ada di fokus bunga teratai. Cuaca Bogor pagi itu tidak terlalu terik, jadi...kesan dramatisnya dapet banget hhhahaa. adem kan liatnya?

talas bogor, kamera iphone 5s
talas Bogor terkenal sejak dulu, ngga tahu kenapa
nah, foto aki-aki penjual talas Bogor ini termasuk yang FAIL. Saya jepret sambil berjalan terburu-buru sebab kondisinya lumayan berdesakan. Niatnya fokus di talas atau si aki, tapi malah fokus ke rolling door toko. 

anggrek kebun raya bogor, anggrek, orchid, kamera iphone 5s
kecantikan objek anggrek entah apa
Yuk, eksplorasi dan maksimalkan kamera hape kita. Kreativitas itu penting banget ya, karena ini kan termasuk seni. Jangan ragu nyontek inspirasi dari foto orang lain, itu sah-sah saja. Yang ngga boleh adalah memakai foto orang lain tanpa ijin.                                                                 
46 comments on "Hunting Street Photography Pakai Kamera Hape"
  1. Saya teh suka kesusahan kalau moto gaya street photography. Komposisi saya masih berantakan banget. Cluttering. Gak jelas fotonya mau nyeritain apa aheuheuheu. Harus sering2 hunting foto klo street photography mah ya. Saya sering moto pake hape. Tapi bukan iphone :D pengen iphonnneeeeee! Heuheuheu. Bisa beli lensa tambahan kalo iphone, Nay. Plus juga aplikasi foto utk iOS menurut saya mah bagus-bagus & eksploratif karena emang bawaan kamera hapenya udah bagus. Cobain app moment (atau moments, lupa pake 's' atau enggak). Mirip VSCO tapi lebih 'sadis' kata saya mah hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, itu dia. jam terbang yang bikin sebuah foto jdi bisa punya cerita.
      wah asiik, download ah.

      Delete
  2. Saya nggak pede mbak street photography di kota saya. Mending di tempat lain saja. Pernah ada yang neriaki saya. Waktu itu mau ambil gambar di pasar jajan. Banyak banget orangnya. Berdesakan dilihati orang sampai grogi. Hahaha...benar2 amatir.

    ReplyDelete
  3. jadi lazimnya gmn klo jepret org dgn candid? setelah di jepret baru minta izin atau biarin dia ga tau? krn setiap org blm tentu mau di photo. jd klo street photography dgn kata lain, org yg di jepret diam2, tetap di photo? meski kita ga tau dia suka atau ga? tahu2 photonya ada di medsos? hehe

    ReplyDelete
  4. "Yang ngga boleh adalah memakai foto orang lain tanpa ijin" --->misal kita belum ijin tp nyantumin "source/sumber/link" ke caption gitu gimana mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu menurutku termasuk ijin, kan ga mungkin juga ya harus nyari orangnya hahaha kalau foto itu di internet misal.

      Delete
  5. Foto teratainya bagus, Mbak.

    Dulu saya kebetulan pernah kursus fotografi, bicara perihal foto bercerita itu dalem mbak ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suk foto2 mu yg dibhas kemarin itu,,yg ampel

      Delete
  6. bagus-bagus fotonya walau pakai hp, paling suka sama yang bunga teratai.

    salam kenal,
    maya rumi

    ReplyDelete
  7. masih pr bangat dech hunting street photography. kadang nga ngerti gimana caranya supaya foto kita istimewa dengan khusus melihat suatu moment ditengah keramaian.

    ReplyDelete
  8. Fotonya keren. Kalo aku ambil foto nyetrit sll terburu2, hasilnya blur melulu :(

    ReplyDelete
  9. Hi mba Inayah, salam kenal :)
    Foto teratainya paling sukses yaa mbak sepertinya, sukaaa :)

    ReplyDelete
  10. Iya nih, emang lbh enakan pake kamera hape ya, soalnya org2 pasti ga terlalu ngeh kl difoto haha.

    ReplyDelete
  11. Nay hp aku gk bisa diatur fokusnya, suka seenak sendiri mocusin objek. Yaa alloh dekatkan aku dengan henpon Bagus yaa alloh.. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sih? sekarang rata2 hape udah auto fokus Mud.

      Delete
  12. aku suka tone mu rulnay, jadiiii beli ipon lagi nihhhh hihi :3
    aku lebih suka poto makanan jarang poto pemandangan gini errrr
    hahahha

    ReplyDelete
  13. iponmu yg dulu kemana rulnay? rusakkah?
    sudah 2 tahun lebih ini ditemenin 2 ipon dan aku masih takrela melepas salah satunya
    what should i do
    #teamsusahmoveon

    ReplyDelete
  14. Aku belum bisa euy street fotografi. Pake kamera hape aja susah apalagi kamera mirrorless belum bisa komposisi dan ngatur-ngatur yang lainnya. Harus banyak jalan piknik ini mah buat mengasah street fotografi #loh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. piknik sekitaran tempat tinggal dulu, street photo di pasar juga keren lho.

      Delete
  15. Salam kenal...
    Blognya oke punya.

    ReplyDelete
  16. kalau di kota saya namanya komunitas kamera hp gw, jadi semacam hunting foto tapi pakai kamera hape.

    Bagus-bagus kok mba fotonya kadang memang fotografi itu yang penting seni dan cara si fotografer mengambilnya ya dibanding alat yang digunakan.

    Salam kenal dari enny di Jambi mba :)

    ReplyDelete
  17. saya mau coba street photography tapi belum tahu tekniknya.. tapi setelah baca postingan ini yang terpenting harus bercerita ya mba. Nuhun tipsnya mba hehe

    ReplyDelete
  18. Aku sering nih street photography :)
    Asyik ya jadi lebih natural :)

    ReplyDelete
  19. aku juga seneng street photography tapi hasilnya biasa aja T.T
    berarti harus latian lagi ini mah. makasih atas tipsnya mbaak (y)

    ReplyDelete
  20. Kamera hp skrg bagus2, yang penting foto fokusnya tidak kabur. Selebihnya ditentukan man behind the gun. Ada sih teman yg kalau event kameranya kyk wartawan natgeo, gede getoh. Tapi hasilnya biasa saja. Masih bagusan fotomu deh :))

    ReplyDelete
  21. kalau lagi gak pake si kuning, aku mengandalkan smartphone ku, lumayan fitur kameranya banyak, tapi memang perlu diasah biar hasilnya juga secanggih pakai kamera

    ReplyDelete
  22. Kamera henpon sekarang makin manja, gw kemarin nyobain kamera iphone 7 punya temen dan hasil nya cetarrrrr buanget

    ReplyDelete
  23. Jujur ya, udah beberapa kali ngikuti workshop foto pakai smartphone, tapi aku ngerasa fotoku kurang oke :(
    Perasaan udah sering latihan, apa kameranya ya :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature