Cerita dibalik Konten Blog yang Terlihat Pro

January 23, 2017
Meski postingan curhat, sebisa mungkin dibuat agar ada manfaatnya buat pembaca. Itu adalah kalimat yang sering disampaikan para blogger senior. Terlihat Pro dalam segala kondisi, kurang lebih seperti itu. Konten blog yang menurutku terasa Pro itu biasanya didukung beberapa ‘printilan’. Bisa itu foto yang menyegarkan mata pembaca, infografis, bahkan yang sedang saya coba mulai adalah dukungan konten video dalam blog.
spesifikasi dan keunggulan Asuspro B8230, Asuspro B8230, intel core i3, intel core i5, intel core i7, konten blog kreatif, menulis blog kreatif
Asus X200M dan Asus Zenpad 7 partner ngeblog


Apa ngeblog jadi terasa berat? Engga kok, biasa saja sebab alhamdulillah ada partner-partner setia yang mendampingi. Notebook, tablet, smartphone, yang ternyata semuanya merek Asus. Nggak seperti awal ngeblog dulu, modalnya cuma beberapa rupiah buat ngewarnet. Jangankan video atau foto kece, ngetik postingan saja di bilik sempit yang PC nya super lemot. Ah, sedih kalau diceritain mah...huhuhuhhuuu. Jaman sekarang, PC dan notebook rata-rata sudah memakai Intel core i3/Intel core i 5/Intel core i7 processor. Makin tinggi angkanya, makin bagus performanya. Ada beberapa hal yang mempengaruhi, diantaranya adalah clock speed serta size of cache. Sekarang ngeblog nggak hanya melulu tulisan kan? Grafis, animasi, bahkan video sudah biasa dimasukan. Nah, kalau perangkat komputasinya masih punya otak yang rendah...bakal lama tuh alias lemot. Sebagai kasta tertinggi dalam keluarga core i, maka si core i7 ini yang termumpuni kalau kamu suka videography.

Biar makin jelas, saya tunjukan faktor yang membedakan antara intel core i3, intel core i5, dan intel core i 7 berikut.
intel core i3, intel core i5, intel core i7

Ide ngeblog datang dari mana?

Pada suatu acara arisan dengan teman-teman lama, terjadi percakapan seperti ini
‘wah...ini kita begini bisa jadi muncul di blog nya Nurul ni’ (Nurul, panggilan saya) - teman

Keseharian

Semenjak ngeblog, banyak hal dalam kehidupan sehari-hari yang saya amati lebih dalam. Nggak mesti langsung ditulis, kadang disimpan dalam otak dulu atau dalam memori smartphone Asus Gopro saya. Saya orangnya visual, jadi paling mudah memang jepret foto sana-sini. Oiya, hape Asus ini hadiah ngeblog lho. Hehhe...dari writing competitoon Asus Zenfone Fiesta 2016 lalu.
asus zenfone go
Asus Zenfone Go hadiah lomba

Blogwalking

‘mba, ceritain dong soal suka duka jadi engineer’ komentar seorang teman di blog.
Aktivitas membalas komentar dan saling kunjung blog lain (blogwalking) sering banget memberikan inspirasi. Dalam sehari, saya usahakan blogwalking ke list feedly. Biar bisa fleksibel, biasanya saya buka feedly untuk blogwalking dari tablet asus Zenpad 7. Bisa blogwalking sambil nunggu pesenan nasi padang karena tablet Asus ini ergonomis banget dan elegan.

Inspirasi itu beda dengan nyontek ide. Misalnya saja, ada blogger A menulis soal review notebook yang dia pakai. Lalu di bagian itu dia menyebutkan soal spesifikasinya yang memudahkan kita mengedit video. Nah, ide konten blog tuh...coba tulis aplikasi apa saja yang sekiranya mudah untuk mengedit video di notebook. Bahas secara detil dan jelas, kalau perlu kamu coba dulu menggunakanya.


Sosial Media

‘aku siap jadi narasumber di blog kamu Na, aku barusan kehilangan handphone pas staycation di sebuah guest house’ chat seorang teman di aplikasi chat Line.

Banyak juga yang mention atau direct message di instagram dan nanya soal topik terkait buku, blog, atau foto.

Ketika semua hal telah masuk sosial media, maka mudah bagi kita mendapatkan ide sebenarnya. Menulis hal yang sedang tren belum tentu jawabannya. Saya lebih suka menulis konten yang ‘saya banget’. Misalnya ketika ada teman memasang status facebook soal hashtag, wah...ini bisa jadi ide menulis. Kebetulan saya memang suka motret dan mengunggahnya ke instagram.

Mengeksekusi Ide

Sudah dapat idenya, lalu mau diapakan? Ya ayok diolah, pergi ke dapur dan nyalakan kompor. Setiap blogger punya gaya menulis sendiri-sendiri. Gaya menulis pakai daftar, menulis pakai story telling, maupun gaya lain. Yang perlu diingat adalah ngga melulu gaya A adalah yang Pro, sedangkan gaya B merupakan gaya amatir.

Udah, nggak usah banyak gaya, buruan ditulis

Ngedraft

Notebook Asus X200M warna putih itu saya beli karena impulsif gemes awalnya. Bentuknya tipis, mungil 10 inch, warnanya putih...hemm asik buat properti foto. Eh, seiring berjalanya waktu malah jadi sobat ngeblog. Ngedraft, nulis, posting, buat infografis, semua saya lakukan di notebook ini.

Pelengkap Konten Blog

Biar kontenmu lebih menarik, coba kasih pelengkap. Acar, krupuk udang, saos tomat, yees..iya..cukup.

Infografis
Ini yang paling mudah dan biasa saya buat. Kadang ada postingan yang kalau dijabarkan lewat kata-kata terasa membosankan. Untuk itu, gambar dengan keterangan pendukung di dalamnya sangat penting.

Saya biasa membuat infografis secara online di Canva. Padahal, akan lebih baik jika berani pakai corel dan software grafis lain. Bukannya saya nggak mau coba sih, Cuma notebook saya sudah keberatan software lain. Makanya, pengen upgrade ke Asuspro B8230 yang nggak kalah stylish nya dengan X200M tapi spesifikasinya lebih jagoan. Nih lihat si mungil, cantik, dan elegan ini sudah pakai intel core i7.
spesifikasi dan keunggulan Asuspro B8230, Asuspro B8230, intel core i3, intel core i5, intel core i7, konten blog kreatif, menulis blog kreatif

Alat penyimpannya memakai solid style drive (SSD) yang dikenal sangat cepat dalam proses komputasi. SSD yang kecil ini juga akan menghemat ruang pada casing, makanya Asuspro B8230 terasa mungil.

Nah, ternyata si Asuspro B8230 juga gampang dibongkar pasang. Umpama nih mau upgrade, ngga perlu repot bawa-bawa ke tukang service buat bantu bongkarin. Saya mah gitu, bongkar aja ngga berani...tapi kalau lihat Asus B8230 sepertinya gampil ya.
spesifikasi dan keunggulan Asuspro B8230, Asuspro B8230, intel core i3, intel core i5, intel core i7, konten blog kreatif, menulis blog kreatif


Video
Postingan jalan-jalan dan tutorial akan lebih kece kalau ditambahin video. Kenapa? Pembaca bakal lebih ngerti dengan konten yang kamu tulis. Ini masih saya pelajari dan praktekkan sedikit demi sedikit. Terbukti, artikel di tahun 2016 yang ada videonya menyedot lebih banyak viewers lho hihhii. Oiya, di akhir artikel ini ada video juga lho soal cara saya membuat artikel kreatif untuk blog.
Sementara ini saya masih memakai smartphone sebagai perangkat untuk merekam sekaligus mengedit video. Alasannya karena jika membenamkan software baru lagi ke Asus X200M, khawatir ga kuat dia. Isinya sudah full sekarang, dimaksimalkan untuk yang ringan-ringan saja. Intinya mah pengen ganti Asuspro B8230, maka soal pengeditan video dan infografis bisa melangkah ke level berikutnya.

Share Ke Sosial Media

Artikel blog yang sudah dibuat jangan dibiarkan begitu saja dong. Saya biasa membagikan ke sosial media facebook, twitter, instagram, pinterest, juga youtube. Nah, enaknya konten blog yang ada videonya tuh lebih memikat pembaca. Berikan thumbnail dan captin menarik ya, tapi yang masih relevan dong.

Dalam satu postingan blog yang lengkap dengan segala aksesoris penuh kreativitas, kadang ada penulis yang rela begadang atau hujan-hujanan naik gunung lewati lembah. Serius lho, contohnya pas mau nulis soal telaga Sidringo yang ada di kabupaten Batang Jawa Tengah tempo hari. Demi merasakan sendiri pengalaman ke Telaga Sidrigo saya rela hujan-hujanan kesana. nggak sia-sia, sebab ketika menulis jadi lebih mengalir dan berwarna.
spesifikasi dan keunggulan Asuspro B8230, Asuspro B8230, intel core i3, intel core i5, intel core i7, konten blog kreatif, menulis blog kreatif

Perkembangan tekonologi makin cepat, blog tidak hanya berupa tulisan, maka sudah saatnya saya naik ke level berikutnya. Tentu tetap dengan partner setia Asus, namun kali ini akan upgrade ke Asuspro B8230.



61 comments on "Cerita dibalik Konten Blog yang Terlihat Pro"
  1. Semogaaa menaaang~
    Mauuu dong laptop ASUS huhuhu, laptopku lemot abeess.
    Kapan ya blogku next level haha isinya curhat tok

    ReplyDelete
  2. samaaan Mbak. Saya juga pengen blog saya semakin bertumbuh dan berkembang.. Sukses ya Mbak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, berkembang dan makin asik ya

      Delete
  3. mantab .
    kalo aku si biasanya ide ngeblog banyak tapi sering nunda untuk nulisnya dan akhirnya lupa haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ide sebaiknya ditulis dl ahaha, draft kecil lah

      Delete
  4. asikk semoga menang lombanya ya nay :D

    ReplyDelete
  5. Beneran dech, sekarang kita dimudahkan bangat dengan infografis dan video. Tapi itu dia, kadang peralatan kita kurang mendukung dan suka kesel sendiri jadinya. Semoga menang yach Nay.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, laptop lemot...jaringan ga stabil, habislah ya kak

      Delete
  6. Semoga menang Mbak Innayah... ngiler tuh liat laptopnya hehe

    ReplyDelete
  7. gudluck mba :) saya juga masih newbie dalam per-blog-an

    ReplyDelete
  8. Aku selalu terkendala leptop yg lemot, spesifikasinya masih jauh banget dari mumpuni.
    Pengen bgt punya alat perang blog yg bisa menunjang printilannya.
    Sukses ya nay

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo ganti ke Asus yg ini Mud, kamu apalagi lagi menekuni perVLOGan hihi

      Delete
  9. Aku salah fokus sama videonyaaa :D kenapa harus dari atas hihih

    Ini laptop super emang .. kemarin mau beli lamptop yang mumpuni buat edit2 video tp blm cukup budgetnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahah..kapan akapan aku bahas, cara menyiasati studio vlog yg smepit

      Delete
    2. iya yah yang penting berani memulai vlog. Aku masih maju mundur mau bikin video mager :D

      Delete
  10. Aku malah suka baca postingan curhat. Feel nya malah terasa dan gampang banget ditandai ciri khas dari Blogger tersebut, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih mba, tapi tentu yg ada instisarinya ya

      Delete
  11. Sayangnya aku blom mahir video, itu loh bagian editing scene yang kece ama penempatan suara

    ReplyDelete
  12. Setuju... harus memberi nilai tambah walau curhat juga. Saya sih nyerah untuk video nih. Infografis juga sepertinya akan menyerah sebentar lagi. hahahaha. Tapi keduanya penting.
    Semoga menang ya Nay.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas Ryan pasti bakal keren banget klo ngasi video tutorial SEO hihii

      Delete
  13. wah hebat ya mba,udah mau naik level. hehe musti banyak belajar lagi nih saya.
    semoga menang ya mba

    ReplyDelete
  14. Siip... Semoga sukses di lomba ini ya Nay...

    ReplyDelete
  15. wah, teknologi jadi penunjang untuk blog makin kreatif ya.
    ini pertama saya BW ke blognya Mba nih.. salam kenal ya.
    yuk main blog sy

    ReplyDelete
  16. cita-citaku banget jadi blogger pro hehehe..semangat tinggi dan gadget mendukung, tapi yang kurang adaah waktu. Pekerjaanku masih perlu perhatian penuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi mba udah konsisten banget lho ngeblognya

      Delete
  17. gudlak buat lombanya yaa Mba Nay :)

    btw saya salah fokus sama wajahnya Mba nay yang di video loh, di mata saya Mba nay mirip sama Fatin :)

    ReplyDelete
  18. dolo saya punya blog ngubar nafsu mau ini itu... pengen blog na naik level eh malah gak naik-naik...kayak na saya udah gagal pahan dengan blog,,, mesti perbaiki niat....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya emang dibawa santai, tapi terus upgrade kemampuan

      Delete
  19. hahai.,.. kalau bu enginer udah nulis tekno pasti deh dapat ilmu dari baca postingannya. Seperti perebedaan core itu. keren deh, memang ide tulisan bisa dari mana saja ya mba, tinggal eksekusinya.

    Semoga sukses ya. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaah, mba Ira ..aku jd malu.
      makasih mba

      Delete
  20. baru niat bikin video, tapi masih belum mulai wkwk.
    ternyata pake video trafficnya lebih banyak ya.. baru ngeuh

    ReplyDelete
  21. Berarti sosial media penting banget ya perannya dari blogmu nay, mulai dari ide sama share tulisan... bagus lah bisa bermanfaat dengan baik... aku juga pengen banget punya notebook warna putih... feminim gitu.. tapi ini punya nya hitam melulu...

    ReplyDelete
  22. yaaa, laptop mah yang paling bagus ASUS. AKu pengen banget upgrade ke ASUS ROG biar bisa dipake ngedit video juga :D

    ReplyDelete
  23. wah, asik banget bikin konten kreatif ala mbak Nurul Inayah, memang blogger kreatif nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kamu seniorku mba urusan begini mah heheh

      Delete
  24. Duh, aku naksir laptopnya nih. Laptopku juga harus diganti, soalnya ndak kuat kalo mau edit-edit video hehehe.

    Good luck ya, Nay! Semoga kamu menaaang :)

    ReplyDelete
  25. Ini layar nya yg bisa di puter 180 derajat itu yaaa, kerennnnn

    ReplyDelete
  26. Waaah kamu punya semua model ASUS keceee... Notebook putihnya cute deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihihi iya, beli itu karena warnanya lucu

      Delete
  27. Produk ASUS memang keren-keren. Mupeng saya sama ASUSPRO seri B8230 ini. Ngeblog bareng dia, dijamin semangaaaaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, smeoga bisa upgrade

      Delete
  28. Mau upgrade laptop, tapi masih nabung. Tapi entah kenapa saya kepikirannya malah beli komputer biar bisa untuk anak-anak jg, sedang untuk mobile lebih milih ipad atau tab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. PC Asus juga bandel banget lho. aku pakai di kantor

      Delete
  29. emang lagi mikirin produk ASUS juga buat upgrade. Hehehe.. Thanks infonya Mbak..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature