Membuat Vlog Menggunakan Kamera Hp

February 09, 2017
Apa bayangan kamu ketika mendengar istilah vlog? Hemm..youtube, ribet, perlu kamera keren, dan tentunya wifi. Ternyata nggak sepenuhnya benar kok, bisa diakalin sedikit dengan kretaivitas. Bermodalkan property yang ada di dalam rumah, kita bisa lho membuat vlog. Masalah pengeditan juga bisa dari handphone itu sendiri. Tentu ada kelebihan dan kekurangan masing-masing lah ya dibanding ketika membuat vlog menggunakan kamera mirrorless atau DSLR.
Cara membuat vlog dengan kamera handphone, vlogging dengan kamera hp, vlog dengan smartphone, vlog dengan mirrorless, vlog dengan fujifilm xa2, aplikasi edit video di hp, aplikasi edit video di smartphone

Engagement

Berkali-kali blogger A, B, maupun C cerita kalau eranya sekarang itu video. Video singkat saja nggak perlu panjang, 1-4 menitan lah. Saya sendiri merasakan, kalau lagi searching instagram lalu ada konten video...pasti deh penasaran lalu klik play. Makanya si instagram sendiri sekarang nyediain fitur instastories juga Live kan? Basisnya ya video singkat. Kita merasa lebih dekat dan meningkatkan engagement. Lalu apa saya langsung banting stir jadi youtuber? Engga, masih ngeblog...tapi sering nyelipin video juga di dalamnya.


Hengpong Jadul Minceu

Beberapa waktu lalu, saya cek-cek file video lama di laptop. Tada....ketemu video tahun 2007, 2008, 2009, Dst. Format vidoenya masih 3Gp wkwkwk, pastilah pecah dan goyang ngga jelas. Semua video itu saya rekam pakai hengpong jadul seperti punya minceu lambe turah mungkin ya, hehhee. Saya baru punya hengpong berkamera itu pas kuliah lho, wkwkwk. LG entah apa lupa, lalu nokia 3500 classic. Oiya sebelum kebeli hape kamera (yang dibeli dari uang beasiswa, ahahah..ini uang rakyat btw) saya mulai kenal rekam merekam pakai nokia N70. Woii,,,hape orang kaya itu, hihii..kameranya depan belakang. Tapi itu hape Winda, teman asrama.

Inilah hasil video rekaman pake hengpong jadul yang sudah saya satukan. Masih banyak video lain, ini diambil secara acak saja lalu dimix.


Konten Blog Yang Enak Divideoin

Selama ini kita mungkin berpikir kalau vlog itu palingan temanya tutorial make up atau cerita jalan-jalan. Ternyata, sama seperti ngeblog...vlogging juga semau kita pembuat konten maunya gimana. Hal keseharian kayak lifehacks gitu banyak lho viewernya. Buktinya, pas saya membuat tutorial cara membuka tutup botol tea tree oil di postingan review skin care ini. idenya dari pengalaman saya sendiri saat memakai tea tree oil, eh kok buka tutup botolnya perlu trik khusus ya. akhirnya bikin deh, pakai hape android samsung J7

Review tempat makan juga makin keren kalau pakai vlog. Nggak harus di kafe juga sih, saya pernah buat pas makan di warung soto deket rumah kok...hahaha. Pakai iphone 5s dan ngga bwa tripod kecil karena niat awalnyua Cuma jajan.

Step by Step Ngevlog

Yuk ah cobain, jadi pertama-tama...siapin ini dulu:
1| konsep, kamu mau bikin vlog soal apa dan bagaimana jalan ceritanya
2| handphone yang ngga jadul hehhee
3| tripod kecil, tongsis, gorila pod, atau...apapun yang penting hape ga jatuh atau miring

Baca: Mengatasi vlog getar atau goyang

4| aplikasi editing. Ada banyak aplikasi gratisan di hape, kalau saya pakai video show. Bisa sih, ngerekamnya di handphone lalu edit di laptop atau PC...tapi kan jadi lebih lama lagi.
5| headset atau microphone. Saya sih ngga pakai ini, karena biasanya langsung aja ngomong atau pakai dubbing ketika ngedit. Di video show bisa dubbing juga dan nambahin teks sebagai subtitle kok jadi ngga perlu khawatir.
6| lighting tambahan jika ngevlog di tempat redup. Saya pakai lampu belajar lho pas bikin vlog soal sarung Jokowi ini.

Kalau semua sudah siap, lakukan ini:
1| take . Pastikan semua on sett, take dengan berbagai angle akan lebih baik. Kalau kamu mau memperlihatkan sebuah ruangan misal, akan lebih baik angle berganti tiap 5 detik (ini kata teman saya).
2| check
3| re-take kalau perlu
4| edit
oiya, ngevlog itu ngga harus muka kita nongol di sana kok. Kalau kamu ngga pede, pakai dubbing juga bisa.
Sudah deh, selesai tinggal upload ke youtube. Nah, biasanya video kalau sudah ada tambahan teks...dsb filenya jadi gede banget. Selain makan space penyimpanan, bakal repot juga pas upload. Masa kudu nyari wifi dulu kan? Biasanya sih apliaksi editing video ada menu buat compress juga.
Oiya, soal musik...biar ngga melanggar hak cipta sih harus dipastikan lagi ya. di aplikasi yang saya pakai, musiknya gratis asalkan tidak untuk kepentingan komersial. Ada lho web yang nyediaiin musik-musik ilustrasi untuk vlog gratisan. Googling aja deh ya.

Gimana kalau ngevlog pakai mirrorless

Oiya, saya kan pakai fujifilmXA2...kamera mirrorless ini juga pernah saya pakai buat ngevlog kok. Ini contoh hasilnya, vlog pas saya ngopi di Maraca books and coffee Bogor. Setingan yang saya pakai SR+ biar gampang, ahahhaa.

Secara kualitas gambar pasti lebih bagusan mirrorless, tapi demi kepraktisan lebih sering pakai iphone 5s. Lebih nyaman untuk hunting dengan kamera handphone sebab tidak terllau mengintimidasi.

Subscribe me

Jadi, sudah subscribe saya belum? Nama channelnya sama dengan blog ini dan semua socmed >> innnayah (triple ‘N’ ) ok. Tiap ada video terbaru, di bagian bawah itu akan terupdate kok. cek ajah widgetnya ya.

69 comments on "Membuat Vlog Menggunakan Kamera Hp"
  1. Makasih ya nay.. Aku pnasaran mau belajar vlog tapi nggak buat banting setir..

    ReplyDelete
  2. Yang di benakku justru tingkat kepedean kita pas bicara ndiri di depan kamera, misal pas di tempat umum,...nah itu yang aku belum pede nay wakakka

    La wong motret2 foto di resto ae aku nunggu mpe penjuale balik badan ahhahah
    Oke sik takpantengin dulu vlognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga harus pake muka Nit, aku sering dubbing aja

      Delete
  3. Oya konon kabarnya, kmaren aku nemu vlog orang bule ngulas kamera yang kece bin terang ala ala hd gitu pakenya pake pocket aja loh, tapi pocket canon yang g7 x mark 2

    ReplyDelete
  4. kelebihannya kalau pake smartphone itu praktis. Cukup dengan smartphone udah bisa merekam, editing, sampe publish

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah buat vlog nih mba. Jadi penasaran euy :)

    ReplyDelete
  6. Eh bisa ya vlog pake XA2? Aku coba rekam kok suaranya keciiil banget. Waktu pindahin file ke HP malah suaranya hilang

    ReplyDelete
  7. Videomu kok gak bisa full ya kak? Kan sayang udah disediain layar gede tapi gak dipakai semua :D

    ReplyDelete
  8. Iya, sekarang klo postingan blog ada videonya seruuu...

    ReplyDelete
  9. emang paling praktis tuh ngevlog pake kamera hape ya mba lebih ringkes hehe, btw udah aku subscribe ya mba channelnya mau dong di sub balik :D

    ReplyDelete
  10. Aku selama ngevlog juga pakai kamera hape, hapeku dan hape suami. Lebih banyak pakai hape suami sih. Kekurangannya kadang kalo kamera hape sering autofokus jadi gambarnya kayak nyari fokus sendiri, ndut-ndutan. Kalo kamera mirrorless kelemahannya nggak nemu colokan audio in-nya. Eh udah aku subs ya inay, jangan lupa subs juga, hihi.

    ReplyDelete
  11. saya juga sering dengar kata vlog oh jadi itu yah yang di maksud vlog

    ReplyDelete
  12. aku kalo bikin vlog ribet edit foto dan uploadnyaa, kalo koneksi nggak mendukung minta dibanting aja laptopnya T^T
    .
    ah iya vlog juga harus pinter2 cari ide bar ngga monoton huhu

    ReplyDelete
  13. Nice info mba, ntar aku coba pelajari. btw, video show ini aplikasi editing gratisan atau berbayar ya?

    ReplyDelete
  14. Aku mau bikin vlog masih maju mundur maju mundur.
    terlalu banyak alasan, padahal mah sbenernya bisa bisa aja ya asal MAU! dan NIAT :D
    haahaaa

    ReplyDelete
  15. Cuman kurang di resolusi aja ya mbak kalau pake hape tuh, enakan pake kamera dslr atau pocket. Tapi ttp deh kudu ngedit di PC.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamera hape dan di luar ruangan udah cukup ko mba

      Delete
  16. Penyakit malu pas mau ngomong depan kamera itu yang belum ilang kalo aku siy. Hahahaha. Jadinya tiap bikin vlog ngga pernah puas sama hasilnya, trus apus aja gitu. Yang peer banget bagian edit siy. Ribetnya ngalah2in ngedit foto :D.

    ReplyDelete
  17. wkwk aku juga ada yotube channel Leeviahan namanya, cuma lebih ke Review makeup gitu :D niatnya biar makin percaya diri dan bisa ngomongnya lebih lancar hihi

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
  18. iya aku juga sering lihat igstorymu nay

    ReplyDelete
  19. Biasanya cuma foto2 kalau lagi travelling, sekarang jadi mikir buat dibikinin vlog. Biar lebih menarik.

    ReplyDelete
  20. baru bs praktekkin kalau hpku udh gk jadul lg...doain segera bs punya hp canggih yg mbk inay..prok prok prok, hehe

    ReplyDelete
  21. Huhuuw jd makin bikin bikin vlog.. Iya nih eranya udah vlog2an.. Blogger2 skrg makin kece deh aaah.. Pake hp pun bisa ya meski gak terlalu maksimal hasilnya tp ttep mesti dicoba.. Aaak makacii infonya yaa mba Nay.. :D

    ReplyDelete
  22. Kalau ngedit di PC biasanya pake software apa mbak? adobe premiere-kah?

    ReplyDelete
  23. Klo denger vlog emang yang kebayang masih ribetnya... kudu punya penunjang yang kece. Hahaha. Dan masih belom pede nampang di video hahaha

    ReplyDelete
  24. Belum cukup pede bikin vlog

    ReplyDelete
  25. Gw berulang kali niat bikin vlog. ngeshoot nya udah kelar tapi giliran editing nya males nya jahanam banget ihik ihik

    ReplyDelete
  26. Minggu lalu habis diajarin bikin dan edit video sama Kang Dudi. Tapi masih belum pede euy kalo bikin vlog dan ngomong sendiri gitu heheheheh..

    ReplyDelete
  27. Weheheh ternyata tongsis penting ya buat vlog pake hengphone. Kmrn juga gw coba2 vlog pake hengpone kamera depan.. Hasilnya auto focusnya bikin terang hasil videonya gelap terang gak beraturan

    ReplyDelete
  28. Postingan ini membuat saya semakin kepengin membuat Vlog :)

    ReplyDelete
  29. Kok kayak yang gampang sih bikin vlog?
    Jadi pengen nyoba HAHAHA
    Nama appnya video show nay?
    Install ah.. wkwk..
    Penasaran, jokowi aja ngevlog masa aku enggak 😂😂

    ReplyDelete
  30. mau nanya donk mbak, video kita play di hp hasilnya bagus ya (bening tanpa efek goyang atau pecah), setelah di upload youtube kok kualitas videonya jadi berkurang kenapa ya mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ga dicompress dulu harusnya sama mba kualitasnya. coba cek di settingan video yutubnya. di sebelah kanan bawah yang icon gear. itu bisa diatur mau kualitas bagaimana. misal 360, itu kualitas rendah. video pecah biasanya tapi hemat kuota.

      Delete
  31. Sekarang buat vlog di instagram sama WA udah bisa. Lama-lama semua sosmed ada fitur buat vlognya nanti :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature