Sate Taichan Jajanan Unik dan Enak

April 13, 2017
Kamu tahu sate taichan? Ini makanan dari Jepang atau Korea sih? saya mengenal taichan belum lama kok, ya makanan ini memang belum seterkenal seblak, kue cubit, atau samyang. Tapi, buat kawula muda di kota-kota besar tanah air kemungkinan pernah mencoba. Saya kira sate Taichan adalah makanan Korea, ya karena namanya kok seperti bahasa asing gitu. Ternyata ini jajanan asli Indonesia lho, hahhaa ngga nyangka kan?
Sate ayam taichan


Asal mula nama taichan

Taichan identik dengan bahasa Jepang, Korea, atau Tiongkok ya ngga sih? mana ada kosakata Indonesia seperti itu. Makanya banyak yang gagal paham soal menu ini, termasuk saya. Secara ya, jajanan Korea dan Jepang sedang rame-ramenya dari appetizer hingga dessert.

Konon, sate Taichan lahir di Jakarta nih. kejadiannya adalah saat ada orang Jepang yang mau beli sate ayam pinggir jalan di Senayan. Lalu si orang Jepang ini meracik sendiri bumbunya. Bukan dengan sambal kacang seperti sate ayam pada umumnya, dia malah menggunakan sambal cabai saja dan taburan garam di ayamnya.

Penampakan sate ayam racikan orang Jepang ini tampak pucat dan aneh. Penjual sate menanyakan nama sate ini ke dia. Si orang Jepang tersebut bilang bahwa ini adalah sate ayam ala Taichan. Yak, nama orang Jepang tersebut adalah Taichan. Dari situlah akhirnya sate Taichan mulai berkembang. Memang rasanya unik dan berbeda dari sate ayam pada umumnya.

Keunikan sate taichan

Lalu apa yang bikin sate taichan begitu terkenal termasuk saya juga menggemarinya? Sate ini unik banget pada sambalnya. Saya suka sambal bawang ala sambal bebek goreng gitu. Apalagi kalau ada perasan jeruk limau di atasnya serta bawang goreng. Rasanya segar dan ringan tak seberat sambal kacang. Pembakaran sate ayamnya juga ngga sampai cokelat,  jadi masih putih tapi matang.

Sambal sate taichan

Sate kulit hingga sate jantung

Dalam perkembangannya, sate taichan telah dimodifikasi menjadi banyak varian. Originalnya sih sate ayam ya, tapi sekarang sate ala angkringan berupa telur, kulit, hingga jantung juga pakai sambal taichan. Saya bukan penggemar jeroan, tapi kalau kulit ayam krispi ya suka banget. Kemarin mencoba sate taichan kulit ayam ternyata aneh ahahha. Masih basah dan ada lemak gitu, better kalau kulitnya tipis-tipis lalu dibakar lebih matang.


Tempat jual sate taichan

Sekarang sudah muncul kafe-kafe khusus menjual menu sate taichan, begitu juga dengan kedai-kedai pinggir jalan. Bahkan di kafe yang sering saya datangi menawarkan banyak pilihan menu disertai layanan koneksi wifi kencang. Worth it banget buat bayar 22ribu demi 10 tusuk sate yang enak sekalian internetan hehehe.

Espresso
Sajian lain teman makan taichan

Resep sate taichan

Bikin sate ayam taichan ngga ribet, sambal adalah kunci. Resepnya juga sudah banyak beredar di coockpad heheh. Yang pasti, harus ada cabe rawit yang warnanya kuning. Saya sih ngga prefer pakai bumbu bubuk tambahan yang kayak di tahu bulat itu meski pasti hasilnya lebih gurih.

Pakai lontong atau nasi?

Biasanya saya makan sate taichan ditemani lontong, tapi kalau mau kenyang nasi lebih baik deh. Pernah saking lapernya pesan nasi goreng lauk sate taichan heheh, Indonesia banget ya. Tapi kalau sate taichan pakai indomie gimana yak, kapan-kapan harus dicoba.

Sate taichan

Republik pecinta cabai

Seblak basah, ceker setan, lidi pedas, sate taichan, semuanya membuktikan kalau makanan olahan yang memiliki sensasi pedas masih menjadi kegemaran masyarakat Indonesia. Kita adalah republik pecinta cabai garis keras, ya ngga?
38 comments on "Sate Taichan Jajanan Unik dan Enak"
  1. Disini satu biji 2rb an mbk, lbh mehong dr satu tusuk sate kambing, hahayy..
    Walhasil adek iparku kemaren bikin deh, lumayan rasanya, sedep2 endes,
    Tengkiu share info ini, jd tahu nih asal mula sate taichan

    ReplyDelete
  2. Kesukaan anak2 nih mbak... sate taican

    ReplyDelete
  3. Ya ampun mba emg msh hits yah inii, toss! baru seminggu yg lalu abis posting resep sate ini jugak.Sate yang simpel yaah ;)

    ReplyDelete
  4. Ya ampun mba emg msh hits yah inii, toss! baru seminggu yg lalu abis posting resep sate ini jugak.Sate yang simpel yaah ;)

    ReplyDelete
  5. Kayaknya enak banget tuh. Ditempatku belum ada. Penasaran nih cara membuatnya. Browsing resepnya ah. Mau bikin, bu? Belum tentu juga wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Sempet denger ttg sate taichan ini di radio, dan heits banget kayaknya, ternyata bentukannya kyk gini toooh.. blm pernah nyoba & blm tertarik buat yobain juga :D

    ReplyDelete
  7. Aku belom pernah cobaa. Kayaknya lagi ngetren yaaa

    ReplyDelete
  8. Di cikarang nyari sate taichan ini di mana mba nay. Penge nyoba deh. Bisa jadi alternatif klo lagi lapar perut. Hihiii.... asal namanya unik juga ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seberang phd jababeka 2 mba, samping snappy.

      Delete
  9. Pertama kali nyobain taichan, aku lgs sukaaaaaa :D. Ini sate light, ga bikin begah, enak, dan lbh sehat sbnrnya kalo memang milihnya bagian daging yg dada, dan bukan jeroan :p sukaaa bgt lah pokoknya.. Aku jg lbh senengnya pake lontong drpd nasi mba :)

    ReplyDelete
  10. Belom pernah nyoba... Dan sepertinya kudu nyoba buat deh secara anak-anakku kalo makan sate paling doyaaaan... Hehe

    ReplyDelete
  11. udah nyoba yg disini blm? krn doyan ramen dan sate taichan, aku n anak pasti mesen dua2nya biar bs saling icip haha

    ReplyDelete
  12. Ini outlet sate taichan yg di Ruko Anggrek deretan Snappy bukan mbak? Tiap hari kalau pulang kerja saya lewat tapi belum pernah coba hehehe.....

    ReplyDelete
  13. yoii, kalau nggak pedes manalah enak ya nay :p

    ReplyDelete
  14. Hmmmm sambelnya terlihat menggoda mba nayyy :9

    ReplyDelete
  15. Ya apyunnn, murah ternyata dan gw jadi paham kenapa taichan hits ..
    Salam kenal, ya

    ReplyDelete
  16. Jadi bumbu satenya cuma garam aja Mbak? Di Lamongan belum ada nih beginian. Prospek kali ya kalo jualan ini ��

    ReplyDelete
  17. Belum pernah..Aku Kira jg jajanan negeri Korea atau Jepang sana. Oh ternyata dari siniiih..Enak kliatannya yaa

    ReplyDelete
  18. Aku blm pernah coba nay,pdhal tiap pulang kerja selalu lewatin abag taichan di senayan..penasarn.

    ReplyDelete
  19. begitu nongol langsung favorit!

    ReplyDelete
  20. Heu heu jadi pengen langsung ngadepin seporsi sate Taichan....

    ReplyDelete
  21. wah manatp nih enaknya, duh jadi mau coba

    ReplyDelete
  22. Dua hari yang lalu aku sama adik ngebicarain sate ini mbak, pengen incip tapi belum boleh karena lagi hamil. Di Madura juga belum ada yang jualan sate Taichan ini :D

    ReplyDelete
  23. Pertama kali makan Taichan dulu sama suamiku yang penasaran karena katanya kekinian banget satenya. Pas makan kepedesan tapi enak, pedes asemnya bikin nagih.

    ReplyDelete
  24. aku belum pernah coba nih, malah baru tau, sambalnya itu lho udah keliatan enak

    ReplyDelete
  25. Saya malah belum pernah hehehe. Tapi biasanya yang gak banyak bumbu gini kesukaan papah saya :)

    ReplyDelete
  26. Sate ayam ya rupanya sambalnya unik ya mirip sambal goreng

    ReplyDelete
  27. Mendadak laper hehe
    Aku baru coba juga mba sate taichan ini, rasanya unik ya

    ReplyDelete
  28. wah, malah jadi laper jadinya,,,,

    ReplyDelete
  29. Kirain Sate Taichan itu kuliner oriental, ternyata kuliner lokal yaaa, itu sambalnya menggoda banget, pasti puedes.

    ReplyDelete
  30. warnanya tekstur dagingnya agak sedikit aneh yaa :'D mudah2an rasanya ga seaneh penampakannya hehe

    ReplyDelete
  31. Baru dengar nama sate Taichan. Di Lampung sudah ada belum ya?!
    Salam kenal ya mbak Inayah :)

    ReplyDelete
  32. aku baru tau nih sate Taichan...kalau liat sambelnya enak dan seger gitu yaaa mbaa :)

    ReplyDelete
  33. Kalau untuk urusan kuliner aku pasti paling telat dech. seblak dan samyang aja belum pernah nyoba apalagi sate taichan hiksss....

    ReplyDelete
  34. Di grup masak2 jg lg in menu inu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature