5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui dibalik Sebotol AQUA

May 14, 2017
Apa kamu adalah orang yang lebih mudah bilang ‘AQUA’ dibanding menyebut ‘air minum dalam kemasan’ atau ‘air mineral’? Produk pertama biasanya memang akan selalu diingat. Selama ini kita tahu bahwa AQUA adalah pionir air minum dalam kemasan. Baru-baru ini saya berkesempatan mengunjungi dua pabriknya yang ada di Pasuruan, Jawa timur yakni pabrik Kebon candi dan Pandaan. Banyak hal baru yang saya dapatkan dari melihat proses produksinya. Seteguk air yang tadi atau kemarin kamu minum itu bisa saja berasal dari tetesan air hujan puluhan tahun lalu. Masa sih? Ini dia lima hal yang harus kamu ketahui dibalik sebotol AQUA.
5 fakta di balik sebotol AQUA

1 | AQUA tidak dimasak, tapi aman

Bayangkan seberapa besar kualinya jika AQUA harus dimasak dulu sampai mendidih sebelum dikemas. Jadi kita minum air mentah? Iya, mentah lho tapi aman kok. Air yang dikemas itu asalnya bukan dari air sungai seperti di rumah kita.

Air bebas dari kontaminasilah yang digunakan untuk bahan baku produksi AQUA. Dalam pemilihan air baku juga nggak sembarangan lho. Ada parameter fisik, kimia, mikrobiologi, hingga kesinambungan siklus airnya yang dipertimbangkan.
Sumur air AQUA kebon candi
tak sembarang orang boleh masuk

Ini adalah sumur air baku yang ada di pabrik AQUA kebon candi Pasuruan. Saya berkesempatan masuk ke dalam bangunan tersebut. Airnya jernih banget dan menyembur dengan derasnya, jadi bikin haus deh hehhe.

Air dari sumur tersebut dialirkan ke dalam pabrik untuk proses pengemasan. Dalam salah satu tahap produksi, ada yang namanya ozonisasi. Di sini, air dipastikan bebas dari bakteri berbahaya saat sampai di tangan konsumen.
pabrik AQUA kebon candi memproduksi AQUA galon


2| Botol dibuat sesaat sebelum diisi

Sebelumnya saya berpikir kalau botol AQUA itu dibuat di pabrik tersendiri. Itu nggak sepenuhnya salah, tapi juga ngga benar hahaha. Sebab ternyata botol dibuat sesaat sebelum diisi air. Preform PET Bottle adalah botol setengah jadi yang nantinya akan ditiup menggunakan udara panas dengan cetakan di luarnya. Preform PET Bottle itu bentuknya masih polos dan ukurannya kecil banget. Benda unik tersebut saya lihat pertama kali di pabrik AQUA Pandaan Pasuruan.

Dalam proses manufaktur air minum dalam kemasan, pembuatan botol sesaat sebelum pengisian namanya in line production. Keuntungannya adalah meminimalisir kontaminasi sebab semua proses harus higienis bukan?

3| Proses Produksi Tak Tersentuh Tangan

Tiap hari saya masuk ke area pabrik, tapi ya nggak sebersih di AQUA. Yaiyalah, namanya juga pabrik minuman. Mesin-mesin buatan Jerman yang mulus berada dalam ruangan dengan kontrol suhu dan kelembaban. Seluruh proses produksi tidak tersentuh tangan manusia, biarkan saja mesin dan sensor yang bekerja.

4| Masa Kadaluarsa 2 tahun

Menurut kalian, AQUA sebagai air bening itu ada masa kadaluarsanya nggak sih? Di badan botol ada kode produksinya. Masa kadaluarsa AQUA adalah dua tahun dari tanggal produksi tersebut. Begini cara membaca kode produksinya.

Aqua botol
cek kode produksi

Misal tertulis 190319, itu artinya produk dibuat pada 19 maret 2017. Angka 19 di bagian akhir adalah tahun kadaluarsa, yakni dua tahun setelah tahun produksi. Angka 17:47 menandakan jam produksi, sedangkan CJR 2 adalah kode pabrik.

5| Kode di Tutup Botol Harus Sama Dengan Di Badan Botol

Kalau kamu memperhatikan lebih jeli, di tutup botol AQUA ada kode yang tercetak dengan tinta putih. Kode tersebut harus sama ya dengan kode produksi yang ada di badan botol. Jika tidak, kemungkinan besar itu AQUA abal-abal alias palsu.

biar lebih jelas, bisa cek di video ini deh.

Daur Ulang Botol AQUA

Oiya, botol AQUA itu sekali pakai ya. Jangan diisi ulang, apalagi malah buat nampung air panas. Sudah menjadi komitmen AQUA untuk bisa mendaur ulang botol bekas. Salah satu hasil daur ulang botol adalah kaos. Kalian lihat kaos kuning dan biru yang dipakai pria-pria di bukit cinta saat menanam pohon itu? Iya, ada campuran biji plastik hasil daur ulang botol AQUA bekas.
bukit cinta bromo
fokus ke kaos kuning dan biru itu ya
Kalau tas-tas cantik yang dibuat Ibu-ibu binaan CSR AQUA Pandaan ini kalian kira pakai apa? Itu bahannya dari botol AQUA gelas bekas lho.
tas dari botol AQUA
Tas cantik daur ulang AQUA

Jadi, sudah tahu kan beberapa hal yang selama ini mungkin belum kamu ketahui dibalik sebotol AQUA? Jangan lupa minum air putih secara rutin dan cukup, demi wajah 2017 yang semakin glowing.

33 comments on "5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui dibalik Sebotol AQUA"
  1. Makasih sharingnyaaa mbaak, baru tau kalau kode botol ditutup dan dibadan samaaa. . mau aku cek ah nanti kalau pas minum. . hehhee

    oiya sepakat mbaak kalau kebanyakan org di kampung halaman saya kalau nyebut air mineral pasti aqua padahal mereknya bukan aqua hehehe mungkin karena aqua sudah sangat melegenda ya mbak . . btw salam kenaal mbak innayah, saya baru pertama kali bw ke sini :D

    ReplyDelete
  2. Aku baru tau caranya baca kode produksi. Kirain angka di bawah BB (best before) itu adalah semacam kode2 produksi rahasia, ternyata jam produksi. Hehe. Nice Inpoh !

    ReplyDelete
  3. Aku baru tau poin nomor 5 sama kaos hasil daur ulang botol hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau yang kaos daur ulang aku juga baru tahu lho

      Delete
  4. Wah aku penasaran tentang pemrosesan air minum kemasan, asik banget kamuh sudah liat langsung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah Nia, boleh masuk pabrik

      Delete
  5. wahh baru tau fakta tentang tutup botol, sip sip, makasih yaa infonyaa..

    ReplyDelete
  6. Aku sukaaaa bacanya. Fakta-fakta yang mungkin sebagian besar orang belum tau.

    Aqua tuh emang udah top of mind banget ya. Orang inget air minum kemasana ya berarti Aqua.

    ReplyDelete
  7. Aku juga baru tahu, kalau kode di badan dan di tutup botol kudu sama.
    Ini baru #FunFact ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah fakta tak terduga, tapi dulu memang pakai segelaja kan gapke kode

      Delete
  8. Dulu pas berkunjung ke pabriknya, saia kaget bin melongo pas ngeliat proses niup botolnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiih udah pernah kesana juga nih

      Delete
  9. Wiih aku baru tahu nih membedakan mama yg asli atau palsu dark tutup botol pantes wktu di iklan aqua skrg g di segel.πŸ˜‚
    Making cinta sama aqua produk terbaik buatan Indonesia 😘

    ReplyDelete
  10. Eaah dpt info baca ini.. Baru tau kalo ada jg jam pembuatannya di botol aqua.. Dan aku baru sadar ini ga dimasak :D.

    Trmasuk yg di galon ya mbaa..

    Duluuuu ya, pas SD, aku pdhl srg memakai lg botol2 bekas aqua sbgai tempat air minum. Kdg diisi teh malah.. Padahl trnyata ga boleh yaa :(

    ReplyDelete
  11. Sama mb Fanny...dulu juga make botol aqua untuk bekal minum. Abis sayang klo dibuang.. Dulu pernah dituang air panas juga..eh, jd berubah bntuk ga karuan😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibuang sayang, tapi harusnya dikruwes langsung habis selesai minum

      Delete
  12. Baru tahu info tentang produksi minuman kemasan aqua ini. Juga cara ngecek masa kadaluarsanya. Ternyata botol aku harus sekali pakai ya. Terimakasih untuk sharing infonya, mbak Innayah :)

    ReplyDelete
  13. Masa kadaluarsanya lama juga ya, nay. Klo dibandingkan merk sejenis, aqua paling pas rasanya. Aku sering bawa juga kalo pas pergi2 biar ga dehidrasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ga bisa bedain rasnaya ahhaha tawar semua

      Delete
  14. Banyak yang baru aku tau dari postingan ini :D iyaloh, sedih banget ternyata botol bekas air kemasan itu gak boleh dipake lagi πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibuang sayang, boleh dipakai asla bukan buat wadah minuman atau makanan ko

      Delete
  15. Pernah lewat depan pabriknya, tapi ga pernah masuk ke dalem :).

    Aku lagi mencoba buat minum air putih lebih banyak.
    at least malem sebelum tidur n pas bangun tidur minum air putih segelas.
    so far so good :).

    Klo di kantor kpas sibuk kadang suka lupa minum.

    Thanks for sharing ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah banyak minum air putih di kantor hahaha haus

      Delete
  16. rumah air itu aku inget banget :D dulu bacanya di majalah bobo nay

    ReplyDelete
  17. Wah aku malah baru ngeuh masa kadaluarsanya selama itu ya mbak.

    ReplyDelete
  18. Wahh baru tahuu.. keren ih infonya. Makasih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature