Jangan Takut Jelek Mengedit Foto Dengan Filter Bawaan Instagram

June 01, 2017
“Duh kok foto orang-orang bisa keren gitu, ngeditnya pakai aplikasi apa sih? Pasti itu aplikasi berbayar deh”. Pernah terbersit pikiran seperti itu saat scroll instagram? Aplikasi pengedit foto yang menawarkan berbagai macam filter serta tools edit makin berkembang. Yang berbayar belum tentu lebih baik dari yang gratisan kalau usernya memang ngga mahir memakainya. Iya, urusan mengedit foto itu seperti halnya melukis atau menggambar. Semua tergantung soal rasa kali ya, juga selera. Sebenarnya instagram sudah ngasi tools lengkap dan aneka filter yang bisa kamu gunain kalau ngga mau memasang aplikasi pihak ketiga. Mari kita coba memaksimalkan fitur edit foto yang ada disana.
Mengedit foto dengan instagram

Praktik Mengedit Foto Pakai Instagram

Saya punya foto seperti ini, diambil dengan kamera smartphone secara spontan. Meski saya ada mirrorless, tetep sih smartphone kamera itu penting untuk momen-momen tak terduga yang ditemui di jalan.
Mengedit foto dengan instagram

Foto yang ada, kita masukkan ke instagram. Lihat baik-baik ya tone warnanya. Soal tone ini juga selera banget. Ada yang suka tone moody alias gelap-gelap, ada juga yang lebih senang melihat foto agak over exposure yang terang-terang.

Filter Yang Dipakai

Saya menerapkan filter Reyes untuk foto ini. Nggak ada standar sih selalu pakai filter yang mananya. Semua tergantung foto asli yang kita miliki. Kebetulan di foto ini saya mau menampilkan foto street yang agak moody dan warm. Lain cerita kalau lagi foto flatlay, biasanya saya pakai filter Juno atau Ludwig karena contras dan shadownya OK (menurut selera).
Mengedit foto dengan instagram reyes


Note: geser-geser persentase filter, tidak perlu 100%. 
Mengedit foto dengan instagram reyes 50


Biasanya saya mengaplikasikan filter 50% saja atau 60%. Kalau 100% tuh rasanya pekat banget dan jadi bikin foto kurang aestetic hahhaa. Banyak yang bilang gini
“males ah ngedit langsung di instagram, filternya bikin foto terlihat alay”.
Hahhaa nggak salah juga sih, kalau kamu menerapkan filter 100% lalu post tanpa manfaatin tools editing satupun ya hasilnya memang kurang siip.

Manfaatkan Tools Editing

Yaps, tools editing bawaan instagram sudah cukup lengkap lho layaknya VSCO. Biasanya untuk editing, saya memanfaatkan tools shadow, contras, dan brightness. Sama seperti filter, tools editing ini juga bisa kita atur kok persentasenya.
Mengedit foto dengan instagram shadow



Mengedit foto dengan instagram adjust
Saya agak kesel kalau melihat foto mirang-miring di instagram hahhaa. Manfaatkan objek berupa garis dalam foto untuk membantu membuat fotomu lebih enak dilihat. Gunakan tools ‘adjust’ dan voila...foto akan nampak lebih baik. 
Mengedit foto dengan instagram hasil akhir


Jika Awkarin Adalah Feed Goals

Feed goals kamu siapa sih? Kalau awkarin, ya ngga akan bis amanfaatin aplikasi instagram aja. Asal tahu, feed estetis seperti Karin Novilda dihasilkan dari tim kreatif. Ya, nggak bisa instan habis jepret langsung edit dan beres. Perlu penyesuaian ini dan itu dulu, so...wajar saja kalau feed kita ngga serapi dia hahaha. Rapi bentaran, besok berantakan lagi tone nya.

Gear Bukan Senjata Utama

Berkali-kali saya bilang kalau gear atau kamera yang kita punya itu bukan senjata utama. 
“kak, pakai kamera apa? Belinya dimana?”
Kzl dapat DM instagram kayak gitu, heuheu. Jiwa aestetic bisa diasah kok dengan cara sering-sering melihat foto bagus. Silakan tanya ngeditnya gimana, menurut saya itu lebih cerdas. 

Ngga salah buat niru gaya foto si A atau si B lho. Awalnya mungkin kita niru plek jiplek se tata letaknya pun. Lama-lama tanpa sadar kita nemu gaya kita sendiri. Properti khas, tone foto yang sesuai, dan nggak akan upload foto selfie blur plus pecah lagi ke instagram. Jangan berpikir ribet bahwa ngedit foto kudu pakai aplikasi setingkat photoshop, memaksimalkan fitur yang ada di instagram juga nggak akan bikin fotomu jelek. Selamat mencoba ya.

38 comments on "Jangan Takut Jelek Mengedit Foto Dengan Filter Bawaan Instagram"
  1. Aq jg selain pk snapseed kl flatlay pk juno ato ludwig hihi... Toooossss

    ReplyDelete
    Replies
    1. toosss ternyata feel kita agak sama

      Delete
  2. Kadang aku pakai yg dari ig...tp seringnya q edit dulu,sekalian buat ditaruh di blog.
    aku juga sering ditanya,pake kamera apa. Aku jawab tablet,pada nggak percaya >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. ajaib memang kamu mba, feel of art nya tinggi.

      Delete
  3. haha salah satu kesulitan saya pas mau ngepost di ig ya nyamain tone foto mbak nay.
    misal pas foto pertama pakai ludwig, eh mau ngepost foto berikutnya pakai filter itu lagi kok hasilnya beda? *terus pusing setengah mati haha*

    iya setuju, ngga kudu pakai kamera dg pixel tinggi. kadang pakai kamera hp misal dapet angle yg bagus juga fotonya bisa keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah ada aplikais yang bisa bantu nyamain tone lho

      Delete
  4. Betul, aku walaupun belum mahir editing. Tp suka kok.pake fitur edit yg ada di IG.

    ReplyDelete
  5. Ga pernah pke edit aku, asli dari kamera pocket canon ir hp langsung upload

    ReplyDelete
    Replies
    1. wooww, kenapa NIt? padahal kalau dipoles dikit makin keren, minimal ya biar ngga mencang menceng

      Delete
  6. Kebanyakan foto-foto di akun instagramku di-edit menggunakan filter Instagram. Kecuali kalau sudah di-edit tapi fotonya masih belum sesuai dengan maunya aku, baru aku pakai aplikasi yg lain (biasanya untuk foto-foto yg background-nya putih).

    Menurut aku, semua kembali lagi ke orangnya karena seni kan sangat personal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, perlu 'digosok' dnegan extra kalau yang putih

      Delete
  7. Wah, feed goals aku itu feed-nya akun instagram @innayah.. hehe. Btw aku baru tahu kalau awkarin ada tim kreatifnya sendiri.. tapi bener sih aku juga suka pakai editing tools instagram dan fiturnya udah cukup oke untuk atur brightness dan adjust.

    Cheers, Dilla
    shopforcheapo.com

    ReplyDelete
  8. Aku suka juga pakai filter IG, kadang suka editing di situ juga kalo malas pakai aplikasi. Hasilnya tetap bagus. *eh menurutku ya hehehhe cuma emang kalo edit ini masalah feel ya mbak. Bener kata mbak ada yang suka moody, bright, bw, disesuaikan saja.
    Bikin feed konsisten kayak awkarin mah susyeh :)) betul itu, hari ini bisa besok udah bubar jalan :D

    Dan setuju banget, gear bukan yang utama tapi man behind the gear *eh :D

    ReplyDelete
  9. Sering juga kok make filter instagram. gak ada yang namanya alay kalo make filter dari instagram, cuman kita harus bisa menyesuaikan, bener tuh kita bisa memanfaatkan tools supaya sesuai dengan yang kita inginkan.

    ReplyDelete
  10. saya termasuk yang jarang banget pake filter instagram hehehe
    pada dasarnya saya emang ga suka pake filter entah kenapa
    tapi emang kalo ga gitu feeds kita jadi terasa biasa aja yah
    kebanyakan selebgram menggunakan editing lagi sebelum post

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaiyalah, kalau apa adanya dari kamera asa kurang gimana gitu. sebagus apapun kamera pasti ada yang kurang dan perlu di touch dikit

      Delete
  11. Iya, kita bisa manfaatin tools di IG untuk hasil foto yg lbh bagus dan sesuai selera kita. Aku jg biasanya memanfaatkan tools tsb di IG.

    Memang benar, semua itu trgantung kreativitas masing2 personal untk mngedit photonya sbaik mgkin. Lama2 jadi mahir jg dan nemuin feel-nya sendiri mngenai karakter foto yg diinginkan. Nikmati proses-nya aja kalo ingin bs profesional mngolah foto mnjd ciamik. ☺

    ReplyDelete
  12. masih dalam taraf belajar. Nyoba SS, sesekali pake editan IG. seskali aja karena males nyoba2....hihihi*maunya instan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ss udah lengkap tuh mba fiturnya

      Delete
  13. Setuju, jiwa estetika bisa diasah dengan sering melihat foto bagus. Makanya following aku di IG sikit bhakakaka. Betul-betul follow akun yang sreg aja. Gak difolbek jugak tak apa. Tujuannya buat belajar, bukan sekadar nambah follower karena pengin difolbek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaa,,,yang penting mata seger wkkwkw

      Delete
  14. Iya mba aku juga kalau lagi kualitas foto kurang ok aku edit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kaian yang lihat sepet kalau fotonya ngga ok hehhe

      Delete
  15. Paling sering pakai "edit" yg di IG itu, cuma nambah cahaya & contrast sdh fresh. Tapi kalau fotonya parah baru pake yg "filter".

    ReplyDelete
    Replies
    1. cahaya sama kontras memang dasar dan sangat perlu

      Delete
  16. Aduuuuh... aku banget ini. Males ngedit foto di filter Instagram. Kebanyakan soalnya. Jadi bingung. Aku paling edit di Photoscape atau Snapseed. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha belum biasa aja kali ya teeh

      Delete
  17. huhuuh, ku gak paham sama filter IG, yg penting post wkwkkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. halah potomu uapik uapiik hehhe

      Delete
  18. kalau saya lbih suka mngedit foto trlbh dahulu di Photoshop ...

    ReplyDelete
  19. udah lupa kapan terakhir kali edit pake filter ig :)

    ReplyDelete
  20. Aku juga sering bgt dapet DM pake kamera apa. pas Aku bilang pake kamera hp pada gak percaya. padahal foto itu tergantung angle yang kita bidik. ya gak?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature