Ketika Dilarang Memakai Handphone di Tempat Kerja, Ini Daftar Harga Walkie Talkie dan Tips Memilih yang Tepat

June 15, 2017


Hampir seminggu di kantor saya ada larangan menggunakan smartphone saat jam kerja. peraturan ini khususnya diberlakukan untuk karyawan yang bekerja dengan mesin. Termasuk saya dong berarti, meski ngga steiap hari berurusan dnegan mesin sih. intinya, kalau di area produksi dilarang menampakan batang hidung smartphone. Faktor keamanan dan efektivitas kerja adalah pertimbangan utama aturan ini. Lalu bagaimana caranya berkomunikasi untuk urusan kerjaan yang biasanya tercover dengan grup watsap atau panggilan seluler? mau pakai email juga ngga bisa fast respon, karena harus dibuka dari PC kan? Mari kita kembali ke jaman walkie talkie. Saya sih belum pernah punya dan nggak tahu kisaran harganya, makanya coba searcing dan dapat nih infonya. Daftar harga walkie talkie yang paling baru bisa kamu cari di internet,  ternyata walkie talkie dibanderol mulai dari ratusan ribu sampai ke jutaan rupiah sesuai spesifikasinya.
 

Dapat diakui jika sejak hadirnya ponsel pintar perhatian pasar langsung tertuju pada ponsel-ponsel ini. Tetapi eksistensi walkie talkie hingga saat ini tetap saja populer di pasaran karena memang penggunaannya yang khusus. Walkie talkie juga biasa disebut dengan Two Way Radio dimana merupakan alat komunikasi jenis genggam dan dilengkapi dengan karakteristik tepat dalam pemenuhan kebutuhan untuk layanan komunikasi Anda. Beberapa pekerjaan yang kerap menggunakan walkie talkie diantaranya polisi, security, pekerja pabrik dan masih banyak lagi.

Saat ini sudah tersedia banyak sekali produk walkie talkie dengan merek dan spesifikasi yang beragam. Jika saat ini kamu sedang berusaha untuk menemukan produk walkie talkie yang tepat, maka pastikan selalu cermat dan teliti dalam pemilihannya mengingat kualitas dari walkir talkie akan menentukan kualitas dari koordinasi kamu dengan anggota lainnya. Pastikan juga daftar harga walkie talkie sesuai dengan anggaran yang kamu miliki. Tidak perlu bingung dalam mencari walkie talkie, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

  1. Fitur
Fitur yang utama di dalam walkie talkie adalah adanya tombol push to talk karena fungsinya sebagai tombol untuk memulai percakapan sehingga wajib ada. Namun saat ini sudah banyak produsen yang telah berinovasi dengan memberi fitur untuk menambah daya tarik kepada setiap konsumennya. Beberapa produsen ada yang menambahkan penjepit untuk handsfree sehingga mudah dibawa. Ada juga yang membuat desain walkie talkie lebih mudah dibawa kemana-mana dengan membentuknya seperti halnya pemakaian jam tangan. Walkie talkie ini juga banyak yang dilengkapi dengan over the ear headset, earphone, headset standar serta adanya voice operated microphone.

  1. Baterai
Selanjutnya adalah dari sisi baterai. Memiliki walkie talkie dengan fitur lengkap tanpa baterai kuat ibarat seperti makan nasi tanpa garam, tidak sempurna. Umumnya walkie talkie yang ada saat ini memakai baterai jenis litihium ion dimana lebih tahan lama dibanding jika memakai baterai yang lepasan. Namun masih banyak juga yang memilih baterai lepas pasang. Untuk memilihnya, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika memungkinkan untuk mengisi ulang, maka bisa menggunakan lithium, namun jika tidak maka memilih baterai biasa juga lebih bijak.

  1. Jangkauan
Adanya jangkauan maksimal bagi walkie talkie ini berbeda dengan daya pancar yang dapat dihasilkan. Untuk daya 0,5 Watt, jarak batasnya adalah 100 meter antara yang satu dengan lainnya, sedangkan untuk daya 5 Watt jangkauannya lebih luas yaitu sampai 100 mill atau hingga 16 km. Tapi perlu diketahui jika jarak maksimal ini bisa ditentukan ketika tidak ada penghalang antara keduanya sehingga ketika dalam kondisi banyak penghalang maka jangkauan juga bisa menyempit.

Itulah beberapa tips dalam memilih walkie talkie. Daftar harga walkie talkie bisa disesuaikan dengan anggaran pembelian kamu karena ada di kisaran sekitar 200 ribuan sampai jutaan rupiah. Kalau untuk keperluan kantor sih jangan tanggung-tanggung tinggal ajuin budget saja ke bagian terkait. 


6 comments on "Ketika Dilarang Memakai Handphone di Tempat Kerja, Ini Daftar Harga Walkie Talkie dan Tips Memilih yang Tepat"
  1. yaa ampuun...jadi berasa kembali ke jaman dulu pake walkie talkie. tapi seru juga kali yaa

    ReplyDelete
  2. Pernah aku dibecandain, daripada beli smartpun mending aku dibeliin ht aja. Ntar klo di gunung ga bakal susah sinyal, waaaaakkk
    Emang kamu di divisi apa nay?
    Duh klo multistrads dulu keinget sams pak uthan sadikin

    ReplyDelete
  3. Waktu suami ngerjain facility tangki minyak dulu juga gitu padahal belum masuk area tangki tapi tetap ada parameternya. Jadi kalau pas ke lapangan selalu pamitan biar aku nggak kebingungan kalau lost contact.

    ReplyDelete
  4. Wah, jadi inget kalo lagi kemping. Pasti bawa walkie talkie. Heuheu... sambil pacaran sama si dia pake walkie talkie. :)))

    ReplyDelete
  5. Eh keren..terakhir pakaian walkie talkie waktu masih SD, itupun punya oem.. *ganti* hihihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature