Diterima di Teknik Mesin? Harus punya Laptop dan 4 hal ini

July 10, 2017
persiapan anak teknik mesin


Cita-cita saya dokter, memang mainstream banget sih ya. Tapi ini nggak sekedar keinginan karena ikut-ikutan kok. Saya cinta banget sama pelajaran biologi, rela berjam-jam baca buku tebal tentang makhluk hidup hanya karena sekedar penasaran. Kecintaan ini akhirnya membawa saya ke ajang olimpiade sains, hmm meski ngga menang sih. Dengan tekad bulat, ketika pemilihan jurusan kuliah…tentu dong kedokteran yang jadi inceran. Tapi kenapa ya, kok saya bisa terdampar di jurusan teknik mesin? Haha, intinya saya tidak jadi dokter. Jadi anak teknik tanpa persiapan itu nggak baik juga, jangan menyepelekan lah. Memangnya perlu persiapan apa saja sih?

1| Laptop Yang Mumpuni
Laptop yang mumpuni, ada embel-embel seperti itu. Anak teknik mesin bakal dapat mata kuliah gambar teknik, itu dasar banget. Minimal laptop kamu nggak nge-lag ketika diinstall Autocad, Catia atau yang lebih canggih lagi. Belum nanti kalau dapat mata kuliah pemrograman juga, hem…jangan harap bisa ngerjain di warnet.

Jadi saya punya pengalaman buruk soal mata kuliah pemrograman. Karena waktu itu belum punya laptop, saya ngerjain di warnet. Kerjaan saya itu dicopy teman…jadilah kalau ada 2 program yang sama yah hangus ngga dapat nilai. Kan sedih! 

Karena pengalaman nggak enak di tingkat pertama itu, akhirnya saya maksain beli laptop. Jaman dulu nggak seperti sekarang dimana Toko online laptop bertebaran jadi bisa membanding-bandingkan harga. Musti ke glodok atau mangga dua dulu buat ngeboyong si laptop jadul yang masih ada (bangkainya) hingga sekarang.

Lebih mantep lagi kalau punya komputer. Karena sebenarnya sih kalau mau ngegambar gitu lebih enak di layar yang gede. Bisa lah ya, beli laptop yang spec nya biasa saja tapi punya juga komputer yang mantep.

2| Alat gambar
Tentu alat gambar anak teknik mesin bukan crayon, kuas, dan watercolor pallete. Drawing pen aneka ukuran, penggaris dari kecil sampai puanjang, itu yang paling wajib dan usahakan jangan minjem.
Meski kenyataanya menggambar bakal lebih sering pakai software, tapi di mata kuliah dasar…menggambar manual juga ada. Sungguh, diantara semua mata kuliah di teknik mesin…inilah yang membuat saya begadang.

Bisa sih minjem alat gambar punya kakak tingkat yang sudah ngga kepake, tapi kepuasannya pasti beda. Lagian, alat gambar nggak mahal-mahal banget kok.

3| Bisa bedain Mur Dan Baut
Meski nilai kalkulus A dan termodinamika A+, kalau nggak bisa bedain mana mur dan baut ya masih meragukan. Terutama bagi kaum wanita yang ‘terperosok’ seperti saya nih, biar nggak dibully sama senior pas orientasi…mending sedikit belajar dulu. Minimal kamu ngerti part mesin yang umum kayak mur dan baut.

4| warisan buku dan diktat dari senior
Beruntung saya dulu punya kakak kelas yang baik-baik. Sudah jadi tradisi di organisasi mahasiswa daerah (Omda) Pekalongan untuk berbagi diktat kuliah ke adik kelas. Waktu itu ada 2 senior yang teknik mesin juga, saya dapet deh itu diktat-diktat hehhe. Lumayan mengurangi biaya fotokopi dan beli beberapa buku.

5| Skin care
Anak teknik mesin pasti dekil itu bukan sekedar mitos. Kalau ngga merawat diri, kedekilan adalah keniscayaan haqiqi. Praktikum kami bukan Cuma di lab yang adem, tapi malah lebih sering di lapang. Masih mending sih kalau praktikumnya pagi, lha seringnya tengah hari bolong kok. Waktu itu saya masih polos soal skincare, jadi ya parah banget deh dekilnya. Mau kamu itu cowok atau cewek, pakailah sunblock sebelum praktikum. Jangan lupa bawa facial foam kalau kuliah marathon dari pagi sampai sore trus nambah ngerjain tugas.

Kurang lebih itu sih hal-hal yang perlu kamu siapkan ketika keterima di jurusan teknik mesin. Dari yang serius seperti laptop hingga sabun muka yang sering terlupa. Selamat menjalani hari-hari penuh perjuangan tapi indah di teknik mesin, jangan mudah menyerah.


14 comments on "Diterima di Teknik Mesin? Harus punya Laptop dan 4 hal ini"
  1. hahaha..skincarenya jangan sampai lewat yaaa :).. Tapi laptop yang juara memang penting! apapun studi or pekerjaan kita :)

    ReplyDelete
  2. Hahahaha ... yang terakhir itu memang penting ya bagi wanita. Kalau saya mah dah keburu gosong jadi bisa dibilang gak pernah pakai skincare kecuali kalau mau berenang ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. gosong gapapa asal ga kucel haha

      Delete
  3. Ok. bisa bedain mur dan baut. ini paling penting

    ReplyDelete
  4. tetep ya harus pakai skin care hihihi. Saya masih suka malas-malasan pakai skin care. :D

    ReplyDelete
  5. hahaha iya kudu banget sunblock ya nay :D biar terhindar dari flek matahari jg

    ReplyDelete
  6. Anak teknik emang keras, harus berjuang keras tentunya. Tapi yang nomor empat menurut saya paling penting, soalnya ilmu kuliah kebanyak dari luar ruangan.

    ReplyDelete
  7. tipsnya gokil, aku kira kalau teknik mesin itu kudu punya obeng lengkap.. tapi sekarang skin care :p

    ReplyDelete
  8. itu kenapa skin care ada di list nay wkwkwk... btw kamu nulis komputer jadi keinget laptopku nge hang gegara di instal Autodesk Inventor sama suami. Hiks

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature