Dari Teman Main Kirana si Happy Little Soul, Untuk Bu Retnohening

July 07, 2017
happy little soul kirana retnohening
Happy Little Soul adalah judul buku yang saya selesaikan di bulan puasa kemarin. Buku bersampul unyu dengan layout dalam warna-warni membuat saya betah menyimak kisah ibook Retno Hening Palupi dari hamil hingga membesarkan Kirana. Kirana adalah balita yang sering banget seliweran di social media khususnya Instagram. Beberapa hari ini cukup kaget ketika banyak yang mendebat ibu Retno Hening soal pengasuhannya yang membiarkan Kirana menjadi objek di socmed. Saya di sini nggak mau ikut-ikutan debat, sama sekali nggak ada kapasitas untuk itu.

Teman main Kirana

Begitulah Retno Hening menyapa pembaca di buku Happy Little Soul. Nyatanya, celotehan Kirana yang seperti orang dewasa itu benar-benar bisa menjadi teman. Kadang kalau pas lagi main Instagram sama sepupu yang kecil-kecil, saya buka akun @Retnohening. Mereka senang dan tertawa-tawa bersama, anak kecil saja suka.
“dek, itu lho Kirana mainnya kembang api saja. Nggak main petasan, nanti ditangkap polisi” nasihat saya ke supupu jelang lebaran lalu.
Menasihati dengan contoh langsung memang lebih mudah. Meskipun sepupu saya tetap minta dibeliin petasan juga akhirnya.

Akhirnya Kirana jadi Selebgram

Sejak bayi Kirana tinggal di Muscat, itu nama kota di Oman. Ayah Kirana memang bekerja di sana. Ibu Retno hening sering mengupload kegiatan sehari-harinya bersama Kirana yang menggemaskan. Nggak cuma ibu retnohening sih sebenernya yang suka upload video anaknya. Bahkan banyak dari kita yang punya akun khusus buat buah hati iya kan? Kirana bisa menjadi viral dan masuk kategori selebgram karena kemampuan bicaranya yang unik. Semua balita itu lucu dan menggemaskan. Tapi coba deh lihat, potongan rambut Kirana khas banget. Belum lagi pipinya yang chubby kemerahan. Kalau sudah ngomong…beuh…kaya banget kosakatanya.


Tentang buku Happy Little Soul

Mungkin banyak yang penasaran, bagaimana sih cara mendidik Kirana? Kok bisa secerdas itu gaya ngomongnya? Ibu Retnohening berbagi lewat bukunya, happy little soul yang diterbitkan Gagasmedia. Saya kenal Kirana justru dari bukunya dulu, bukan dari Instagram. Penasaran sih sama buku yang ada di top list penjualan sebuah website jual beli buku online. Akhirnya, cek tuh ke google play book. Ternyata versi digitalnya sudah ada. Saya baca Happy Little Soul versi ebook. Berikut ini beberapa quotes dari Happy Little Soul yang menurut saya menarik.
Sering memeluk anak dapat menjadikan anak itu tumbuh menjadi pribadi yang hangat, percaya diri, mempunyai rasa empati, dan tidak mudah stress (67)
Apa yang dijanjikan harus dilaksanakan atau tidak usah janji dan mengiming-imingi sama sekali. Dengan begitu, rasa percaya Kirana ke orangtuanya akan tumbuh (84)
Sulit rasanya menjalankan pengasuhan anak sesuai aturan atau teori, apalagi ketika menghadapi suatu masalah (170)

Ketika Kirana Lelah

Anggap saja Kirana lelah, ya…anak balita apalagi. Orang dewasa saja kalau sudah jadi seleb katanya gila-gilaan kok ngatur waktunya. Jadi, Kirana lagi pulang kampong ke Riau. Momennya pas banget dengan libur lebaran. Ketika di Indonesia, bu Retnohening juga menghadiri beberapa seminar bersama Kirana. Intinya, netizen tahu kalau Kirana lagi di dekat mereka. Pasti dong, banyak yang pengen ketemu dan foto-foto. Sayapun pasti kesel kalau tiap saat harus melayani orang, pengen me time. Terlebih ini momen pulang kampung. Lalu Kirana sedikit ngambek, bu Retnohening mengabarkan jika Kirana mau berkumpul dengan keluarga dulu. Netizen heboh…iya, bukan heboh sedih tapi malah mendebat sana-sini termasuk soal pengasuhan bu Retnohening.

Kita Yang Harus Bijak Bersikap

Buat saya pribadi yang juga sudah menjadi teman main Kirana, justru ngerasa kita sebagai fans yang harusnya bersikap lebih bijak. Mostly postingan teman-teman yang punya anak balita adalah tentang anaknya. Jadi, bu Retnohening tak sendiri kok…dan itu wajar di era socmed kayak sekarang. Mungkin kalau sekarang saya sudah punya anak seumuran Kirana yang lucu juga…ya saya buatin channel youtube sekalian hahaha.

Gemas, pengen nyubit, pengen gendong, itu naluriah…terutama bagi kaum wanita. Tapi, tolonglah…mengerti bahwa anak teman-teman kita itu mungkin ngga nyaman digituin.

Children don’t need more things. The best toys a child can have is a parent who gets down on the floor and plays with them (85)
Sabar ya ibook Retnohening, seperti yang kamu tulis di Happy Little Soul …
“Kita tidak bisa mengendalikan apa yang akan dikatakan orang lain kepada kita, tetapi kita bisa mengendalikan sikap kita terhadap kata-kata itu.”
26 comments on "Dari Teman Main Kirana si Happy Little Soul, Untuk Bu Retnohening"
  1. Hihihi saya emak-emak fansnya Kirana, sejak bayi udah ngikutin IGnya. Ilmu parentingnya Bagus untuk mencerdaskan anak koq.. TFS mbak

    ReplyDelete
  2. Nah, aku malah nggak tahu nih soal Kirana. Langsung ah meluncur :)

    ReplyDelete
  3. Jadi kapan punya anak sendiri Mbak? *lempar petasan sepupunya* *jangan diblok ya plis wkwk*

    ReplyDelete
  4. Pernah tau sih ttg kirana, tp aku memang ga ikutin IG dan cerita2 dia :D. Tp jujurnya skr penasaran, krn udh bbrp kali baca cerita ttg kirana ini. Jd pgn baca2 dan buka ig nya ih :)

    ReplyDelete
  5. aku sendiri merasa hak orang tua mau ngepost anaknya di ig sendiri, emg sih ada prokontra tapi kalau dlm batas kontrol orang tua sih maklum aja
    yg aku heran tuh bayi lahir ceprot atau baru brp bulan udah punya akun ig sendiri
    sedihhhh beda tipis antara pgn sharing dan pgn bikin anaknya eksis. kesian jadi kayak dieksploitasi orang tuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih ya, kontrol ada pada orang dewasa

      Delete
  6. Celotehnya lucu dan anaknya juga cantik,,*suka kepoin Kirana juga hehe.

    ReplyDelete
  7. Gemesin ya Kirana ini.. Saya gak follow sih, tapi suka muncul di IG.
    Ikut sedih juga pas banyak orang datang ke rumah mereka tapi Kirananya pengen istirahat. Wajar lah namanya anak kecil bisa lelah dan merasa gak nyaman ya.

    ReplyDelete
  8. Kekinian banget ya kisahnya ada seleb gram segala

    ReplyDelete
  9. Iyaaak aku juga sependapat sama Mbak Nay! Toh Kirana juga masih anak-anak, pun dengan kondisi keluarganya yang merantau di luar negeri. Jelas pengen muas-muasin kumpul ama keluarga kan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul...untung pihak keluarga cepat tanggap

      Delete
  10. saya juga sudah baca bukunya, Kirana emang ngegemesin >,< tapi bener mba kita yang harus mengerti bahwa kirana masih terlalu kecil untuk melayani banyak "Fans"

    ReplyDelete
  11. quote terakhir mirip quotenya taylor swift <3

    ReplyDelete
  12. jadi ikutan nyari IG nya kirana. ternyata mbak retnohening satu kampung dong ama gue di Duri Riau sana hehehehe... kirananya lucu bangat yach, gemesin.

    ReplyDelete
  13. quotenya asyik-asyiiik..happy to read them :)

    ReplyDelete
  14. Belum baca bukunya nih, ebooknya juga.
    Iyah, pasti anak kecil pengen bebas doong yaa apalagi pas momen pulang kampung yg suasananya pasti berbeda dgn di tempat kesehariannya, jd pengen bebas juga pastinya yahh .. Aahh Kirana, sinii main ma Faraz #eehh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature