Mau serius bikin video

November 24, 2017
Seketika aku lari menyambar handuk saat terbangun dari tidur tadi pagi. Bukan hal yang biasa untuk kembali terlelap usai subuh, tapi rasanya akupun nggak sadar kalau aku ketiduran (lagi). Malamnya hingga dini hari aku masih membuat story board untuk vlog singkat. Ya, kesibukan seperti ini memang baru mulai aku jalani akhir-akhir ini. Tapi ya gitu, akunya masih bandel dan ngga maksimal kalau bikin video. Padahal sarana dan prasaran mencukupi, oke…mulai hari ini aku mau serius bikin video.
inayah Mau serius bikin video


Vlog 10 tahun lalu

Tanpa sengaja aku pernah menemukan vlog jaman masih ngerekam pakai hape nokia jadul. Format file 3GP, tanpa konsep, tapi ya pede banget diupload ke youtube. Akun youtubenya sudah kulupakan passwordnya, biarin lah. Basically aku emang suka ngerekam, terutama sejak mulai kenal hape berkamera ahahah.

Urusan ngomong depan kamera juga ngga grogi-grogi amat kok. Aku enjoy banget kalau bikin video, dan ngga harus nunggu momen piknik buat ngerekam. Kalau ngecek file di laptop sih, banyak banget momen keseharian jaman old yang tersimpan.

Ngga maksimal

Setahun lebih aku punya kamera mirrorless, Fujifilm XA2. Bukan kamera yang wow sih untuk bikin video, tapi ini sudah cukup untuk ngevlog dengan layak. Masalahnya kenapa aku baru sekarang kayak yang kenalan gitu lah.

Baca: Review kamera fujifilm XA2

Nulisin ini antara malu sama pengen nangis. Setelah diingetin kalau kualitas videoku itu ya malu-maluin. Padahal aku subscribe dan rajin nontonin tutorial cinematography, suka nonton film, suka merhatiin detail visual. Kemalasan itu harus dilawan, ya pakai pemaksaan salah satunya.

Yang aku pikirkan

Tampilan cinematic dari sebuah video bisa nyampein pesan lebih banyak daripada foto apalagi tulisan. Belum lagi kalau ditambah musik yang sesuai, camera movement dramatis, narasi menggetarkan, color grading yang membuat mata nyaman, dan footage antimainstream.

channel youtube innnayah
channel youtube aku
Hal-hal kayak gitu sudah ada di pikiran, tapi eksekusinya itu masih terasa berat. Harusnya sih engga ya, toh yang bikin video bagus udah bejibun. Ini tandanya ngasilin video cinematic itu ngga susah. Semua orang bisa, ini hal yang bisa dipelajari dan ilmunya ada dimana-mana.

Sedikit takut

Aku emang ngga takut buat ngomong dan nampil depan kamera sekalipun. Yang aku takutin justru videoku malu-maluin. Kualitas rendah, konten sampah, ngga layak dilihat apalagi dapat likes. Ketakutan macam apa ini? Eh…apa ini wajar atau justru aku sakit jiwa? Ahahaha.

Aku tahu ini ngga bener sih, justru kritikan atau dislikes itu jadi pacuan. Setiap orang pernah di level cupu, newbie, konyol, norak, atau apapun itu dalam setiap hal yang dilakuinnya meski dia suka banget. Huhuuu lagi-lagi pengen nangis sambil garuk tembok.

Janji bakal serius

Awal bulan lalu bahkan aku menyengaja beli laptop baru dengan spesifikasi yang sekiranya mumpuni buat ngedit video. Belajar software adobe premiere buat ngedit, belajar teknik ini itu dari youtube, tapi prakteknya masih minim. Malas dan takut jelek jadi kendala utama.

Selepas nulis ini, aku janji bakal bikin video lebih serius. Bukan demi subscriber, likes, tapi demi bisa nyampein pesan lebih baik lewat media tersebut. Aku nggak tahu pintu surga mana yang Allah bakal bukain, siapa tahu dengan cara ini. Someone barusan membisiki aku agar jangan main-main saat melakukan apapun, intinya ya memaksimalkan semuanya termasuk gear dan aneka pritilan yang telah dimiliki.

Kamu sedang serius jalanin hobi apa? Atau juga lagi sama denganku mau serius bikin video? Coba dong share di kolom komentar.
6 comments on "Mau serius bikin video"
  1. wah akan serius semoga berhasil mbak dan bisa seperti ria ricis

    ReplyDelete
  2. Saya berasa ketinggalan banget mbak. Mbak Nay udah nyoba serius ngevlog, lha saya masih ngotak-atik blog xD. Dulu sempet kenal sama software Adobe Premiere pas jaman kuliah, tapi ya cuma sekedar bisa insert-insert video sama audio doang. Belum se-expert vlogger-vlogger diluaran sanan :)

    ReplyDelete
  3. Akupun sedang serius sama vlog. Dan ternyata dari dulu aku udah sering bikin video sama temen-temen kampus. Hehehe.

    Sekarang makin semangat karena ngeliat subscriber yang semakin nambah. Jadi ngerasa harus makin bagus lagi buat videonya. Walaupun yang dulu-dulu mungkin jelek kualitas dan kontennya, tapi jadi pembelajaran buat aku.

    Btw, kamu beli laptop apa Nay? Aku juga mau beli laptop tapi gak punya bayangan harus cari yang seperti apa dan sesuai dengan budget. :)

    ReplyDelete
  4. Aku juga lagi rapih-rapihin vlog aku nih Nay,
    Pengen ganti konsep biar makin greget!

    Semoga kita makin semangat nge-vlog-nya yaaaah!

    ReplyDelete
  5. Bikin video ini perjuangan banget, belom lagi kalau aku dapet komentar dari orang terdekat bahwa blog okelah, tapi videomu jelek. Selain ketakutan dan kekhawatiran tadi eh ditambah kata-itu jadinya ya wkwkwk. Lha ya Blogku juga awalnya kan gitu juga, huhuhu. Semangat Sist :D

    ReplyDelete
  6. Don't overthink it, Just do it ! ya gitu deh. Salam kenal

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature