Pengalaman Unboxing Drone DJI Spark Combo

January 02, 2018
Matahari sedang panas-panasnya di langit Pekalongan saat aku mencoba mendorong tuas yang mirip kontroler playstation itu. Di belakangku orang-orang terlihat keheranan dan sesekali menatap ke pesawat tanpa awak yang sedang kukendalikan. Ya, aku sekarang pilot pesawat tanpa awak. Orang awam menyebutnya dengan istilah drone. Drone milikku masih sangat baru, namanya Spark keluaran DJI. Barangkali setelah selesai membaca pengalamanku saat unboxing drone DJI Spark Combo ini, kamu bakal kepengen juga.
Pengalaman Unboxing Drone DJI Spark Combo
image source: dji.com


Drone itu apa sih?

Aku mengenal istilah drone saat pak Jokowi debat capres. Berkali-kali beliau bilang “drone”. Ternyata saat kuliah aku sudah sering membahasnya. Pesawat tanpa awak untuk pemupukan, pemetaan, maupun pengawasan lahan perkebunan.

Dulunya, drone itu didesain untuk keperluan militer. Mungkin untuk mata-mata atau penyerangan gitu ya, aku juga ngga paham. Makin kesini penggunaan drone atau pesawat tanpa awak makin beragam, termasuk di bidang fotografi. Bahkan, sekarang ini daripada pakai crane segede pohon kelapa mendingan pakai drone saja buat ambil scene film. Drone memudahkan banyak hal dan memberikan pengalaman baru dari sudut pandang mata normal.

Tak Sengaja Beli Drone

Ini hal paling impulsive sepanjang 2017 lalu. Ya, malam sebelumnya saat nonton youtube tiba-tiba muncul di home recommendation video dari ChandraLiow. Dia cerita soal drone DJI Spark yang lagi diskon akhir tahun. Aku pengen? Ya dong. Tapi di saat itu aku ngga bayangin kalau bakal segera punya. Yak, singkat cerita 24 jam berikutnya aku sudah di DJI Store Mall Taman Anggrek.

Unboxing DJI Spark Combo

DJI Spark dijual dalam dua jenis paket pembelian. Paketan yang biasa, hanya terdiri dari drone baterai. Sedangkan kalau paket combo, isinya banyak banget. Ada drone, baterai, remote control, charger, hub untuk fast charging, kabel data, pelindung baling-baling, baling-baling tambahan, dan tas cantik untuk menampung semua pritilan tersebut.

Atas dasar analisa singkat antara aku dan pilot senior yang menemaniku ditambah godaan kokoh DJI Store, akhirnya terbelilah DJI Spark combo. Penasaran harganya berapa? Silakan cek saja sendiri ya, ngga enak mau nulis disini *apashih.

Biar lebih jelas, tonton saja videonya saat aku bongkar DJI Spark combo di sana. Oiya aku buat channel khusus youtube khusus drone dan aerial fotografi lho, namanya “Dronerd girl” moggo kalau mau subscribe.

Kesan Pertama Menggunakan Dji Spark Combo

Orang-orang sempat bilang kalau Mavic adalah drone terkecilnya DJI. Eh ternyata Spark lho lebih mini. Drone ini konon cocok buat pilot drone newbie sepertiku. Selain Karena ukurannya ringkes banget, DJI spark juga ada mode selfie nya ahahah.

Overall cara pengendalian DJI spark ngga jauh beda dengan drone lain. Kalau kamu beli drone tanpa remote, pengendalian dilakukan dari smartphone dengan terlebih dahulu mendownload aplikasi DJI GO. Nah, karena si drone koneksinya pakai wifi…kalau hanya pakai smartphone kamu ngga bisa terbang jauh. Aku belum nyoba sih, yang pasti kurang dari 2km jangkauannya.

Baterai spark di speknya tertulis bisa tahan 16 menit flight. Itu dengan catatan angin dan speednya stabil ya. kalau aku yang jalanin kan masih gas-rem-gas-rem, 10 menit juga sudah harus diturunin deh tuh spark. Hasil jepretanya luar biasa mengagumkan. Meski belum support 4K seperti DJI mavic, buatku ini sudah cukup. Keperluanku palingan buat Instagram, blog, sama youtube sih. kalau keperluanmu buat sinematografi serius, spark belum mumpuni.

Mode Quickshoot, tapfly, active track, dan gesture sungguh memanjakan pilot drone. Tapi, bagiku yang masih newbie, pakai autopilot malah ngeri. Aku pernah pendaratan darurat di tengah sawah dengan padi siap panen dan di tepi laut. Sungguh-sungguh memacu adrenalin deh. Biar aman, pakai mode manual saja dulu.

Aku lagi mau explore mode gesture nya spark. Jadi, tanpa remote aku bisa ngendaliin drone bahkan ngelakuin selfie ahahha. Kalau sudah siap materinya, aku bagiin di youtube dan blog pastinya. Wow berasa Jedi di Star Wars yeyeyey.

Ngedrone itu seru

Ternyata mengendalikan pesawat drone itu seru. Footage selama liburan kemarin sudah banyak, siap diedit dan dibagiin di youtube “dronerd girl”. Bagaimana, tertarik buat nerbangin drone juga? Kalau belum punya sendiri, bisa ngerasain sensasinya lewat game simulasi di smartphone lho. Biar kalau nanti beli, langsung terbiasa.
29 comments on "Pengalaman Unboxing Drone DJI Spark Combo"
  1. Nay, makin banyak aja ya hobimu. :)
    Aku belum tertarik drone, soalnya parno kalo salah ngedaliinnya. Mahal boook. Hahahahaha. Udah googling harganya soalnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga takut awalnya Li, terutama saat landing

      Delete
  2. wah sis bener - bener serius jadi youtuber nih kayaknya mantap sudah punya drone

    ReplyDelete
  3. waw... DJI... mahal pasti yak.. he

    ReplyDelete
  4. Kak NAY KEREN!!

    cool sekali kak! Aku belum berani gugel harganya nih :''))

    yeay gasabar nunggu materi2 dari kakak
    btw gamenya namanya apa tuh kak? ku tertarik banget nih:)

    ReplyDelete
  5. Wuih, drone! Pengen nyobain drone sbnrnya, keren aja rasanya bisa meng-capture banyak hal dari ketinggian dan sudut yang luas sekali. Tapi...khawatir jatuh dan masih sayang duit, hehe!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyakk khawatir crash dan jatuh juga menghantuiku, tapi ya harus berani

      Delete
  6. adekku yang paling kecil mah kecil-kecil udah minta beliin drone T.T tapi kalo buat aku sendiri sih nggak tau pengen pake drone buat apa hehe

    ReplyDelete
  7. Waah...punya mainan baru, nih. Ntar makin rajin bikin video pastinya.

    ReplyDelete
  8. Kayaknya aku harus impulsif juga kayak kamu nih, Nay. Nggak tahu kenapa pas akhir tahun kemaren pengen latihan nerbangin drone. Bahkan aku sampai browsing kelas khusus buat ngambil lisensi jadi pilot drone. Keren aja gitu cewek berhijab nerbangin drone. Yang ini harganya berapa Nay?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehhehe ini impulsifnya terlampau parah.
      DJI spark yang combo di sekitar 10juta Dew

      Delete
  9. Asek, makin kece dong vlognya tahun ini, amiin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin semoga ga males ngedit dan upload ahahha

      Delete
  10. wiidhh,, keren banged.. enak banged nih buat pesawat2an.. ngeenngg....

    ReplyDelete
  11. enjooooy...kami juga menikmati drone, walaupun sedihnya di NYC dann sekitarnya pemakaian drone diatur ketat dan banyak yang ngga boleh hiks, karena mengganggu privasi dann juga keselamatan. Well, semoga di Indonesia nanti bisa lebih seru..kita pakai yang Phantom :)

    ReplyDelete
  12. terliaht seru ya, aku sih belum pernah nyoba , ahnya lihat ponakanku pakai saja

    ReplyDelete
  13. pernah lihat video dronemuu
    lucu beneran nay :)
    bagus

    ReplyDelete
  14. Hobi mihil nih, hehe. Salut Nay kamu terus belajar dan belajar. LIat unboxing ga berani nerusin karena kepincut, aduh, keren nih buat vlog di kampung. Semoga makin produktif ya dengan pegangan barunya.

    ReplyDelete
  15. Keren banget kak... kayak nya seru tuh maen drone hhe

    ReplyDelete
  16. Ditunggu video-video kece yang diambil pake drone-nya kak nay :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete
  17. DJI bagus. Kalau suami suka pakai DJI phantom 3 pro. Saya pengen osmo DJI, tapi belum ada rezekinya :D

    ReplyDelete
  18. Sekarang drone juga digunakan dalam gedung kyk jcc. Waktu aku pameran inacraft, tiap drone lewat, kami pose atau dadah2. Norak banget ya? Kamu keren banget sih, masih jarang cewek yg ngedrone.

    ReplyDelete
  19. Wow keren banget nay, ditunggu filmnyaa..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature