Pengalaman Menerbangkan drone di Sydney Australia

February 14, 2018

Semenjak punya drone, sebisa mungkin kemana-mana alat itu aku bawa. Ya kalau nemu spot bagus buat diabadikan biar ngga kelewat. Makanya sebelum aku berangkat ke Sydney, aku research banyak soal regulasi nerbangin drone di sana. Ternyata, Australia adalah negara yang menetapkan aturan soal ini sangat strict. Di beberapa forum pilot drone bahkan disebutkan kalau pada nggak bisa ngapa-ngapain dengan drone kita di sana. Alhamdulillah, ternyata ngga seseram yang diduga kok setelah dilewati. Mau tahu ceritaku nerbangin drone di atas hutan suku aborigin?
menerbangkan drone di australia



Beberapa aturan nerbangin drone yang bikin kaget

Saat aku melakukan riset, ketemulah dengan sekian banyak poin aturan menerbangkan drone di Australia. Beberapa poin membuat aku kaget sebagai pilot newbie. Untuk bisa membawa drone ke Australia pun ada aturannya.

Suatu hari saat aku lagi nerbangin drone di pantai Pekalongan, ada seorang bapak yang nyamperin. Eh ternyata beliau pilot senior asal Australi yang lagi ada project di Indonesia. Dari hasil ngobrol sih, memang benar aturan ketat soal ini.

Inilah aturan menerbangkan drone di Australia, mohon dicermati ya.

1| tidak boleh menerbangkan drone malam hari
2| tidak boleh menerbangkan drone lebih dari 120m dari permukaan tanah
3| Jarak minimal dengan manusia saat terbang 30m
4| dilarang menerbangkan drone di atas orang seperti di pantai, taman, stadion olahraga saat pertandingan
5|tidak boleh merekam orang tanpa ijin

Untuk poin nomor 1,2, 3, dan 5, okelah bisa aku jalankan. Tapi bagaimana dengan poin nomor 4? Ahhahaa, rasanya sulit. Aku malah bayangin bakal ngedrone di atas pantai yang pasirnya putih dan air lautnya biru lho padahal. Apalagi taman-taman di Australia kan keren, mana bisa dilewatkan?

Oke, sebelum aku berangkat dan fix membawa drone…aturan ini sudah aku masukin ke otak. Perkara melanggar atau tidak, lihat nanti kondisinya bagaimana di sana.

Melewati Custom Bandara

Jangan masukan drone ke bagasi ya, apalagi kalau Cuma drone dji spark yang tas nya nggak lebih gede dari tas laptop kamu. Selempangin aja dan masuk area scan bandara dengan damai. Bandara soekarno hatta lolos, ngurah rai lolos, bagaimana dengan custom di Sydney airport?

Aku tiba di Sydney international airport pagi hari, masih setengah ngantuk pas masuk area custom dan diendus anjing. Drone yang aku tenteng di bawaan kabin telah melintas dengan damai di scanner bandara. Ternyata tak semengerikan yang ditulis orang-orang. Di kertas declare custom juga tidak tertulis sebagai barang yang harus di’jelaskan’ lebih lanjut.

Pengalaman Menerbangkan drone di Sydney Australia 

Nerbangin drone di Sydney city

Kalau melihat aturan menerbangkan drone, nyari lokasi yang bebas kerumunan orang agak sulit. Kalau mau, nerbanginnya pagi banget sebelum orang-orang beraktivitas. Pada suatu sore, sepulang kuliah saya menyegaja lewat taman di daerah darling harbour. Eh kok kebetulan nggak begitu ramai saat itu. Sambil celingak-celinguk memastikan semua aman, aku mempersiapkan drone untuk terbang.

Take off lancar, tapi…baru beberapa meter saja sinyal hilang. Droneku hilang kendali terbawa angin, bahkan di display smartphone tak nampak apapun. Berusaha nggak panik, aku menurunkan ketinggian drone dan akhirnya display kembali muncul.

Sydney city adalah jalur pesawat karena lumayan dekat dengan bandara. Di luar itu, mungkin terlalu banyak juga sinyal radio yang membuat droneku kebingungan hahha. Jadi, sangat tidak aman untuk terbang di tengah kota Sydney.

Suatu hari iseng saya mengaktifkan drone di apartemen. Ternyata sama saja, sinyal saling tubruk mengakibatkan disconnect pada drone. Kalaupun nekat, pengambilan gambar nggak bisa mulus, sebab saat drone hilang koneksi dia akan tak terkendali arah terbangnya.
Pengalaman Menerbangkan drone di Sydney Australia

Nerbangin drone di blue mountain national park

Salah satu tempat yang ikonik di Australia adalah blue mountain national park. Lokasinya sekitar 2jam perjalanan naik kereta dari kota Sydney. Aku bawa drone dong pas kesana, dan Alhamdulillah bisa terbang. Kebetulan aku sampai blue mountain masih pagi dan sepi banget. Jadi, nggak melanggar aturan terbang di atas kerumunan orang hahaha.

Bawa drone kamu ke Australia

Jangan ragu membawa serta drone milikmu saat ke Australia. Worth it kok, asal kita sudah pastiin semua aman saat mau flight. Sejauh ini, aku belum tahu aturan terbang di negara lain. Tapi, jika besok-besok mau ke luar negeri lagi…pasti deh aku bawa serta DJI spark ku.
16 comments on "Pengalaman Menerbangkan drone di Sydney Australia"
  1. ketat juga aturannya ya pake drone di Aussie kalau disinima bisa smapai berapa tingginya

    ReplyDelete
  2. Beruntung masih bisa nerabngin drone di aussy kalo di negara-negara lainya pada sensitif, Terbangin dikit langsung di interograsi heu -_-"

    ReplyDelete
  3. wuahsepertinya bisa nerbangin drone di australia lebih seru karena bikin dag dig dug dhuerr !! hahaha... semoga aman-aman yah disana

    ReplyDelete
  4. Aku selalu mikir kalo drone sampe kebawa angin gimana ya? Hehehehe intinya jangan panik ya kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau panik mah udah deh. aku pernah nabrak kaca plasa semanggi karena panik

      Delete
  5. Saya cuma baru bisa nerbangin drone di Indonesia Mba, belum nyampe Australia hahahaha

    ReplyDelete
  6. pasti hasilnya keren-keren yach Nay. share dong #penasaran

    ReplyDelete
  7. Bisa ngga sih pas nerbangin drone trus jatuh gitu drone-nya? Kayak keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa Una, aku pernah nabrak kaca plasa semanggi trus jatoh

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature