Segera Lakukan Tiga Hal Ini Setelah Jadian Agar Sakinah

June 17, 2016
Hal yang harus dilakukan agar sakinah, merencanakan hubungan sakinah, aia asuransi syariah sakinah, aia sakinah assurance

Jadian dengan seseorang yang kita idamkan adalah kebahagiaan tersendiri. Menjadi pasangan baru, menapaki cita-cita bersama, hidup terasa lebih bermakna. Jangan larut dalam euforia jadian terlalu lama sehingga kita melupakan hal-hal yang sebenarnya penting.
Sebagai individu berbeda yang akhirnya dipertemukan dan bersatu, ada baiknya melakukan beberapa hal ini agar hubungan jadi sakinah. Kalian tentu tidak ingin segera berpisah, atau yang mengerikan adalah salah pilih. Sebelum kita membahas lebih jauh, saya perlu menggaris bawahi pengertian jadian yang dimaksud. Jadian yang saya maksud disini lebih ke peresmian hubungan secara serius. Bisa berupa khitbah, tunangan, atau jika ada yang punya keyakinan lain, bahwa jadian sesungguhnya adalah setelah ijab qobul...ya silakan saja memaknainya demikian.

1| Mengenali mantan dari pasangan

Penting banget nih, daripada sudah terlalu jauh lalu terjadi prahara perihal urusan per’mantan’ an, lebih baik di’clear’ kan dari awal. Saling jujur saja satu sama lain, siapa orang-orang yang pernah mengisi hari-hari dan menjadi sebab kita senyum-senyum sendiri. Saling terbuka mantan yang mana yang masih mengganggu pikiran bahkan masih sering ketemuan juga perlu lho. 

Kadang pembahasan soal mantan memang terasa berat. Usahakan suasananya enak ya, santai saja gitu. Sambil kepo bersama tentang socmednya akan lebih baik. Barangkali ada mantanmu yang sudah beranak dua atau ada yang sedang bahagia-bahagianya dengan gebetan barunya, yang begitu kan akan menenangkan pasangan kita. Nggak perlu insecure lagi dengan godaan mantan. Baper nih?


2| Mengenali keluarga pasangan

Sebuah hubungan serius tentu bukan cuma milik sepasang anak manusia. Ada orang tua, kakak-adik, paman-bibi, kakek-nenek, pakdhe-budhe, yang perlu kita kenali. Termasuk juga para sahabat dari pasangan. Seringkali dengan mengenali mereka kita akan mengetahui lebih detil soal kehidupan dan karakter pasangan lho. 

Khusus keluarga inti, dengar-dengar sih mertua adalah pihak yang perlu ‘dipepet’ secara intensif. Bagaimana tidak...mereka yang merencanakan, membuat, melahirkan, dan membesarkan pasangan kita kok. Ya mana mau melepas begitu saja buah hati separuh jiwa ke orang yang salah. 


3| Membuat Rencana Hubungan Ke Depan

Mau dibawa kemana hubungan kita? Hubungan yang serius pastinya tidak ada kalimat ‘gimana entar deh’. Kesannya kok kaku banget ya...apa nggak let it flow saja? Sebagai wanita, saya sih lebih suka ada perencanaan. Ehem...bawa aku dalam rencana masa depanmu ya.

Jadi, apa saja sih yang harus direncanakan? Kita bikin Repelita seperti jaman orde baru? Eh..Repelitas apaan sih? Itu lho Rencana Pembangunan Lima Tahun, hehehe. Ya,,,nggak perlu senjlimet membuat bisnis plan untuk lomba atau tugas kuliah. Menurut saya sih, ada dua hal inti yang harus segera direncanakan setelah jadian.

Kapan nikah?

Ya ngapain jadian sih kalau endingnya nggak ke arah sini? Buat pencitraan saja? Ah...puas-puasin itu pas masa-masa abege. Makin dewasa, tekanan kapan nikah itu makin kencang bahkan mungkin bisa nerbangin balon udara ke batas terbang pesawat Boeing. 


Memulai Investasi Bersama

Ngomongin nikah ya pasti nggak akan kelewat dong soal duit. Sembari saling mengenali dan menjajaki, segeralah mencoba investasi. Jaman sekarang, model investasi sudah beragam. Dari yang sesederhana beli tanah hingga yang seabstrak main saham. 

Sebagai seorang muslim yang awam banget, saya hati-hati soal investasi. Jangan sampai modal buat masa depan kok didapat dari cara yang nggak halal. Khawatirnya, dari ketidaktahuan saya itu malah bikin harta jadi nggak berkah. Jadi, apa harus jualan air zam-zam? Jualan alat sholat? Nggak harus begitu sih. Meski jualan kitab suci pun, kalau caranya nggak benar ya..potensi riba dan hal lain yang mengotori harta akan tetap terjadi


Minggu lalu, saya ngabuburit di coffee institute Jaksel. Lho? Ngabuburit di kafe? Iya..nggak salah. insyaAllah juga berkah kok, meskipun nggak ada ustadz yang menyampaikan kultum...tapi saya mendapat pencerahan soal investasi syariah khususnya yang berbentuk asuransi. 

Asuransi? Eh..boleh juga tu..sekalian aja daftarin asuransi kesehatan pasangan kita. Ada lho ternyata produk Asuransi yang bisa sekaligus investasi eh tapi syar’i...namanya Asuransi Kesehatan Syariah AIA.
Hal yang harus dilakukan agar sakinah, asuransi kesehatan syariah aia, merencanakan hubungan sakinah, aia asuransi syariah sakinah, aia sakinah assurance

Jadi, AIA yang perusahaan asuransi terkemuka itu mengeluarkan AIA Sakinah Assurance. Prinsipnya saling tolong menolong dan insyaAllah nggak riba deh. Layaknya pasangan hidup, asuransi sudah selayaknya menjadi teman setia yang selalu ada untuk mendukung meraih mimpi dan membantu menghadapi risiko tak terduga. Core value dari asuransi kesehatan syariah AIA Sakinah adalah Tenang, Tenteram, Optimal, dan Bahagia.

Saat ini saya baru memakai asuransi kesehatan dari BPJS dan perusahaan tempat bekerja, jadi...belum punya asuransi yang untuk investasi. Ya bolehlah ya untuk dikulik lebih lanjut di websitenya.
Hal yang harus dilakukan agar sakinah, asuransi kesehatan syariah aia, merencanakan hubungan sakinah, aia asuransi syariah sakinah, aia sakinah assurance
Untuk masa depan kita nih sayang....*uhuk

Punya tips lain agar hubungan jadi sakinah? Share di kolom komentar ya, terima kasih.




82 comments on "Segera Lakukan Tiga Hal Ini Setelah Jadian Agar Sakinah"
  1. Sakinah sih hanya ada klo udah nikah, mba :)

    ReplyDelete
  2. Tips diatas sudah kami jalani... eaaaaaaa ada lagi supaya cinta selalu bersemi xixixi suami istri kalau ngomong gak boleh bentak bentak biasain ngomongnya manja manja gt.... soalnya sekali kebiasaa. Keras kenceng bentak hmmm percayadeh ketagihan.... kalau sama sama lembut tu adem simata adem dihati do anything itu nyaman.... dan jadilah sahabat satu sama lain supaya kalau ada masalah gak bakal keluar....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahhh makasih banget lho mba nasihatnya...

      Delete
  3. Selain pembahasan mantan... alangkah lebih baiknya jika niat dekat nya sesuai komitmen untuk menikah atau tidak... luruskan niat nikah bersamanya karena Allah Ta'ala... halah hehehhehe

    ReplyDelete
  4. Pas baca judulnya, agak aneh mbak... pacara kok bisa sakinah... ternyata ada penjelasan lebih lanjutnya :D

    ReplyDelete
  5. Hahahaha aku bacanya deg deg serr gitu mba nayy hahaha. Bagian mantan emang kudu diomongin sih, jangan diumpetin bilang udah nggak ada apa apa tau tau masih di-maintain. Padahal udah akrab sama mamanya #kemudiancurhat hahaha

    Mba nayy ajak aku dong kalo ada event event begitu, ya walopun agak minder juga sih soalnya bloggingnya jarang jarang -.-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halah deg deg seerr.
      Curhat udah diterima.

      Udah joint blogger perempuan belum sist? Iya siaap kalau ada info2 soal blogging aku colek yaah

      Delete
    2. Hahaha jadi mau malu

      Udah mba nayy, tapi jarang buka websitenya hehe

      Delete
    3. Info infonya via fb grup biasanya

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Investasi bersama pasangan. Hmm ... catet. Soale kalo mau bangun rumah tangga juga kan butuh modal ya Mba.

    ReplyDelete
  8. Neng kok aku fokus ke ootd ya, btw ijonya segerrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi kamu mah Nit. Seger kayak es cendol yak wkwkwk

      Delete
  9. aku suka tulisannya, smooth banget hehehe seru ya bisa nginves bareng pasangan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh makasii lho mba.
      Seru dan semoga jadi...ya

      Delete
  10. udah nikah mak, butuh banget ansuransi kayak gini buat masa depan #eaaa

    ReplyDelete
  11. ternyata sekarang udah ada asuransi kesehatan syariah yah Mba Nai :)
    sepertinya boleh juga nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, kalau ada yg syariah ya ngapain ambil yg belum pasti

      Delete
  12. sedang tahap investasi sih tp belum mulai-mulai :D hehe

    ReplyDelete
  13. Memulai Investasi Bersama << aheeee keceee nih tulisannya..

    ReplyDelete
  14. apa ya, aku bingung kalo ditanya, aku pas jadian malah long distance, dan masing2 gak punya mantan hehe, alhamdulillah sampai sekarang malah jadi mantan pacar alias suami

    ReplyDelete
  15. Mbak aku urun poin : segera lunasi hutang2 atau minimal terbuka dengan pasangan tentang hutang2 .. hehehe .. biar ngga ngganjel. Aku segera setelah jadian waktu itu langsung makan mbak, soalnya laper ih :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hutan? Wah iya yak. Makasi lho masukannya mba. Aku ga kepikiran

      Delete
  16. mengenali manta itu serasa kidah kesetrum raket nyamuk,,,bikin sakit juga...mmmmm

    ReplyDelete
  17. Loh no 1 kok langsung urusan mantan? Hadeeeh.... Kalau aku sih meski tau ada mantan, jangan pernah sebut namanya didepanku wkwwkwkkkkkwk

    ReplyDelete
  18. Waaah ternyata ikutan acara itu jg ya Mbak? Aku ikutan tapi gk ikut foto bersamanya :D
    Hmmm aku sepakat sama Mbak Lusi, mantan ke laut aja #kokjadibapersaya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhmm pulang duluan ya mba?
      Waduh jadi pada baper mbahas mantan

      Delete
  19. siplah tips , dan benar harus tahu benar keluarga pasangan , apakah dia matre atau gak??? Soalnya tetanggaku lagi galau nih anak bungsunya mau menikah , saat melamar eh pihak ortu prempuannya minta uang 100 juta sedangakn tetanggaku orang pensiunan . Dan banyak yang lainnya. jadi aku juga deg2an nih anak laki-lakiku gimana nanti kalau ortunya minta uang banyak yang gak bisa aku penuhi, aku kan bukan orang kaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga engga gitu. Syukur2 malah yg ngajak investasi bareng...ehehe

      Delete
  20. Waduh, aku kalo yang nomor satu dipraktekin kayaknya bukan malah sakinah, tapi berantem. Huehehehe. \:p/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhee...riskan banget emang ya topik mantan

      Delete
  21. Aku ga pernah pacaran jadi nggak tau juga harus gimana wkwk. Untuk saat ini cuman bisa dengerin pengalaman orang aja :')

    ReplyDelete
  22. Hmm tips yang bagus mbak, kalau yg paling penting menurut saya sih mengenal keluarga pasangan dan sedikit banyak mengetahui juga sifat dari pasangan. Soalnya kalau belum tau ntar bisa bisa kalau udah nikah malah nyesel. Tapi kalau emang jodoh sih gamasalah. Hehehe

    ReplyDelete
  23. Hmmm intinya sih jangan terlalu lama, lebih baik sakinahnya setelah halal kan lebih enak. Didoain Innay biar cepat dihalalkan ya biar beneran sakinah mawaddah warohmah.

    ReplyDelete
  24. Pas baca scanning, agak heh, gimana apa hubungannya pacaran ama asuransi? Wkwkwkwkw.
    Kalo tips dari saya, ngomongin mantan usahakan bahkan sebelum jadian. Wkwkwkwkw. Trus pas jadian ngajakinnya jangan pacaran. Tapi langsung ajak nikah. *tips ini buat para cowok deh keknya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waini nih. Mas...tulis mas...ntar aku share hahaha

      Delete
  25. Jurus 1 itu pernah aku lakukan, tapi my hubby kurang berkenan. Hahaha...
    Sudah laaa, move ON katanya. Dan doipun tak pernah tertarik membahas daftar mantan-mantanku #eh.
    Yang penting moving forward together, forever, katanya.
    Tariiik maaang...

    ReplyDelete
  26. Semoga sakinah ya sist hihihi

    ReplyDelete
  27. OMG dah lama jadian, baru ngeh... nikaaahhhh

    ReplyDelete
  28. Waw susah nih Tips2nya, kecuali nomer dua, yang paling gampang dan Simple.

    Tapi coba ahh sekali-kali mah...

    ReplyDelete
  29. Waw susah nih Tips2nya, kecuali nomer dua, yang paling gampang dan Simple.

    Tapi coba ahh sekali-kali mah...

    ReplyDelete
  30. Investasi bersama sebelum nikah kayanya sih aku engga setuju. Soale kalo ga jadi nikah, ngurus harta 'gonogini wanna be' ga ada dasar hukumnya. Ahahahaha *ga mau rugi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Investnya sendiri sendiri tapi dalam waktu barengan mba...

      Delete
  31. Paling penting tuh deketin calon mertua. Hiihii. Aku nggak pernah buat ikatan bisnis atau investasi sebelum menikah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kalau atas nama sendiri-sendiri ngga masalah kan mba...

      Delete
  32. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  34. bener bgt mba.. sebelum lanjut menjadi keluarga SAKINAH perlu mengenal lebih jauh calon dan keluarganya, biar ga kagok nantinya. Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak ada masa depan... :-)

    ReplyDelete
  35. Tips nya keren nih tapi yang nomor satu pasti bikin bapeer banget hihihi

    ReplyDelete
  36. Mengenali mantan dari pasangan
    Wah ini perlu kebesaran hati nih ...
    ada pula yang menganggap ... yang sudah ya sudah ... tak perlu diungkit-ungkit lagi ... apalagi dikenal-kenali ... hehehe

    Salam saya

    ReplyDelete
  37. Mantan dan asuransi...mantannya diasuransikan kah? Hihihi minta dikeplak berjamaah ini ^^v

    ReplyDelete
  38. mantan emang enggak usah diinget2 mbak,,,hahahah

    ReplyDelete
  39. oh gitu ya sayang :p
    ah benar juga sayang
    asuransi yuk

    ReplyDelete
  40. ngomongin investasi bareng pasangan memang seruuu

    ReplyDelete
  41. Duh saya pengen ikutan juga dong mbak.

    ReplyDelete
  42. Waksss ngebawa mantan segala ntar malah cepet cembyruan lho

    ReplyDelete
  43. point pengenalan terhadap keluarga pasangan merupaka point penting menurut saya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature