Inilah Penyebab Badmood, Ketahui Cara Menanggulanginya

November 23, 2016
hal-hal yang menyebabkan badmood, cara mengatasi badmood, penyebab badmood, tanda badmood



Tidak semua hal yang berada dalam ekspektasi kita dapat berubah menjadi realita. Kadang, perkara seperti itu menyebabkan rusaknya mood. Beberapa waktu ini saya mengalami mood swing yang cukup parah. Banyak banget faktor eksternal yang memicunya. Mulai dari timeline sosial media, isu pilkada, hingga sesepele ketemu tukang parkir yang ngingetin biar dompet saya dimasukin jok saja alih-alih digantung.
Kalau sudah badmood, kita memang jadinya sensitif banget kayak kulit bayi. Jadi, apa sebenarnya hal yang bisa bikin badmood ya? mengetahui penyebab pasti, bisa bikin kita tahu cara mengatasinya dengan tepat sasaran. Siapa sih yang mau berlarut-larut dalam kondisi badmood? Yang ada malah ngerinya makin parah dan menjadi depresi. Saya cerita pengalaman pribadi, yang semoga bisa bermanfaat untuk kalian para pembaca.

Pertanda Badmood
Kenali tanda-tanda mood kamu sedang nggak enak berikut ini:

1| Malas
Ritme hidup saya belakangan ini kacau sekali. Rasanya kok jadi pemalas banget gitu. Jangan pakai patokan orang lain soal malas dan rajin, kamu sendiri lebih paham soal itu. Misalnya kamu biasa bangun jam 5 pagi, tiba-tiba jadi males-malesan sampai molor ke jam 6. Waspadalah!

2| Sensitif
Bawaanya pengen marah-marah terus, meski itu cuma dihadapkan dengan hal sepele yang nggak sesuai harapan. Dibecandain ngga bisa, dinasehatin ngga bisa, inginnya sesuka hati sendiri.

3| Sedih
Kalau sudah sensitif, biasanya kita jadi mudah merasa sedih. Tersinggung dikit langsung nangis.

Sudah nemuin tanda-tanda badmood di atas? coba deh sadari dan telusuri penyebabnya. Ini sebenarnya pakai prinsip engineering sih, kalau ada masalah...telusuri dulu penyebab. Setelah ketemu akar masalah, baru deh diatasi.
hal-hal yang menyebabkan badmood, cara mengatasi badmood, penyebab badmood, tanda badmood


Kenali penyebab-penyebab badmood
Ada banyak sekali hal yang menyebabkan badmood, hubungannya ya nggak jauh dari kegagalan...penolakan...dan hal yang bikin nggak nyaman lain. Yang sering terjadi pada saya seperti ini nih:

1| Lapar
Kalau laparnya kebangetan dan dipaksa terus beraktivitas, rasanya kok jadi sensitif banget. Bawaan pengen buru-buru makan, nggak nyaman deh. Apalagi kalau sampai perut terasa perih, sudah deh pasti bete. Anehnya, kalau diniatin puasa mah aman-aman aja.

2| Gerah
Mungkin karena saya lahir di pegunungan, jadi kalau hawanya gerah dan lembab gitu langsung badmood. Kalau kondisi gerah dipaksain tidur saja saya bisa mimpi buruk lho.

3| Provokasi
Nah ini, beberapa waktu ini timeline sosial media kan panas banget ya soal pilkada. Liat TV, dengar obrolan teman, semua kok bikin senewen. Saya sudah mencoba abai dengan keadaan itu, tapi tetap saja serangan bertubi-tubi. Lingkungan yang negatif tidak sehat untuk jiwa kita.

4| Intimidasi
Yang bisa mengintimidasi bukan cuma penjahat kok, hahha temen sendiri juga. Ngelihat cewe-cewe cantik bertebaran di instagram juga bikin saya terintimidasi. Oke, saya korban stigma cewek cantik dan ideal. Social pressure yang bikin minder ini juga sering muncul kalau buka path. Hellow itu foto bayik semua, aku ga kuat. Padahal kalau blogwalking baca artikel parenting mah biasa aja deh. Kenapa kalau path rasanya menikam hati? Uninstall.

5| perubahan hormon
Nah, kalau faktor ke-5 ini susah ya dijagain. Perubahan hormon asalnya dari dalam tubuh. Kita nggak bisa ngontrol sepenuhnya. Pas mau mens, mengertilah...bahwa kita kaum wanita kudu siap-siap dengan badmood.

Cara-cara mengatasi badmood
Kalau sudah tahu penyebanya, yuk kita atasi badmood ini. Jangan sampai berubah jadi depresi lalu bunuh diri, jangan!

1| Jujurlah bahwa sedang badmood
Ini yang saya lakukan kemarin. Saya jujur ke orang-orang terdekat saya bahwa sedang mengalami begini-begitu dan berujung pada badmood. Ceritakan saja hal-hal apa yang menyebabkan kondisi itu. Bagusnya sih, lawan bicaramu memiliki waktu mendengarkan ya...bukan malah kasih nasihat begono begini. Saat badmood, kita pengen didengar sebanyak-banyaknya ya kan?

2| Salurkan energi negatif
Dulu, kalau saya sedang badmood biasanya lari keliling kompleks atau sepedaan. Bergerak, keringetan, segar habis itu. Ternyata nih kata teman saya yang sudah belajar soal kejiwaan, hal tersebut sudah tepat. Energi negatif perlu disalurkan, misal dengan menangis. Kadang juga saya melampiaskannya dengan ngosek (membersihkan pakai karbol) kamar mandi hahhaha.

3| ngopi atau ngeteh
Ada yang kalau ngga tenang milih ngopi? Biasanya sih saya gitu. Entah kopi atau teh hitam yang kental memang bikin relax. Sorry ya kalau teh celup sama sekali nggak nampol hahaha. Tapi jangan berlebihan juga, nanti malah deg-deg an. Cukup secangkir, minumnya pelan-pelan sambil santai gitu.

4| Makan buah segar
Eh ini serius lho, kalau saya nih...daripada makan coklat atau keripik-keripik gitu mendingan makan buah. Bukan soal mana yang lebih sehat sih, tapi langsung kerasa perubahan moodnya. Buah favorit saya adalah kiwi dan mangga yang matang. Buah lain sih oke juga, asal masih segar dan ada asem-asemnya dikit hehehe.

5| Mendengarkan musik
Musik itu diam-diam bikin relax lho. Saya lebih suka mendengarkan musik secara acak lewat radio. Penuh kejutan saja rasanya dan jadi tahu lagu-lagu yang ngehits. Di smartphone sengaja pasang aplikasi radio streaming prambors Fm. Kalau untuk musik saja, ada joox yang bisa nampilin lirik lagunya. Ngga enaknya streamingan itu paket data jadi boros. Apalagi saya sering dengerin musik sampai ketiduran. Kebetulan saya pakai Telkomsel yang ada pilihan paket musik terbaik Indonesia Musicmax . Jadi kalau ngaktifin paketan yang ini sudah nggak motong paket data kita yang lain. Enak banget lho, apalagi di tempat tinggal sudah 4G...lancar jaya. Kalau kamu suka Smule an, cocok banget deh. Dia coverage smule, joox, gen fm, prambors, guvara, dan langit musik.
musicmax, telkomsel, streaming

Jangan biarkan badmoodmu mengendap berlarut-larut, nyebelin lho buat orang di sekitarmu hehehe.
Tidak ada salahnya untuk meluapkan perasaanmu, dibanding menyimpannya dalam hati.. Lalu kamu marah atau bahkan dendam.. Hingga meledak sampai-sampai kau tidak bisa memaafkan dirimu sendiri. -Alodita
42 comments on "Inilah Penyebab Badmood, Ketahui Cara Menanggulanginya"
  1. aku kalau lagi badmood gara2nya paling karena si bos hehe, setelah itu langsung curhat aja ke teman atau dengerin musik

    ReplyDelete
  2. Faktor bawaan deh nay,ada kan tipe2 tertentu yg mengalami gangguan mood alias Moody. So,stiap saat bs berubah...

    ReplyDelete
  3. Makan & dengerin musik udah paling cocok :D paling sebel mood jele muncul pas PMS sih, digimana2in tetep aja bercokol badmoodnya *halah :D

    ReplyDelete
  4. Penyebab aku srg badmood itu seringbya karena kelamaan ga traveling :D. Pasti deh lgs uring2an bawaannya.. Obat mujarab udh pasti lgs book tiket ato maksain bojo utk jalan kemana kek biar gA badmood :D.

    Nah kalo penyebab gerah dan laper juga tuh mbak.. Apalagi aku ga kuat panas orgnya. Sekali kepanasan pasti badmood lgs lama. Sampe ketemu tempat adem :p. Kalo lapar mah, kyknya penyebab semua org ya.. Laper itu memang paling srg bikin org gelap mata juga kdg.. Jd ga berpikir rasional..

    ReplyDelete
  5. aku akuuu, sering banget tiba-tiba badmood, dan belom bisa mengidentifikasi sebabnya. terlalu random, haha

    ReplyDelete
  6. si perubahan hormon itulah yang aku gak bisa handle :( apalagi PMS

    ReplyDelete
  7. Hai mba Innayah, aku kalau badmood biasanya kalo lapar atau capek mba. Hihiii

    ReplyDelete
  8. Aku ngak suka ngopi ngeteh jadi akan tetep badmood, mau nya ke mall trus jajan makan banyak lalu belanja

    ReplyDelete
  9. musim penghujan seperti ini buat mood jelek loh Nay, wkwkwk. bawaannya sendu dan laper terus hikss..

    ReplyDelete
  10. Buah segar boleh juga mba. Tapi jangan dirujak ya pokoknya. tambah badmood serius. Pedes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha aku kadang malah makan makanan pedes jd enakan

      Delete
  11. Aku kalo badmood biasa dibawa tidur aja sih. Kalau nggak memungkinkan ya mojok sendiri di kamar trus nangis hehe. Makanan juga lumayan ampuh buat ngusir badmood, terutama yang manis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidur kadang bisa...kadang malah makin parah

      Delete
  12. seoga setelah membaca dan mengenali badmood dan tahu cara mengatasinya saya yang sering badmood jadi nggak badmood lagi

    ReplyDelete
  13. lah ini mah aku tiap hari, mudah lelah, mudah lapar, jadi badmood wae atu yaaa.. hahaha, maklum atulah busui mah moody bgt emang, lah malah curhat

    ReplyDelete
  14. Wah kamar mandinya Inayah kinclong dong ya, tiap marah malah dibersihkan. Ini mirip sama mbak kostku, tiap dia kepengen marah, malah aku yang panik soalnya barangnya bakal diberesin semua dan barang-barangku juga bakal berpindah tempat saking bersihnya. hahaha.

    Menurut aku ada lagi penyebab badmood kok yaitu lelah. Tanpa disadari kelelahan yang didapat itu bikin malas dan ujung-ujungnya badmood. Makanya vitamin perlu dikonsumsi tiap hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihii.. lucu baca komen mba Rany. Kebayang kalo udah tanda2 si mbaknya badmood langsung ungsiin barang. Hihii ingat pengalaman dulu juga soalnya. Aniwei, memang kalau lagi badmood sebaiknya jujur ya sama org terdekat apalagi teman kerja. Biar mereka ga resek atau salah paham. :-)

      Delete
  15. aku kalo badmood biasanya ngopi sambil mojok...hahaha

    ReplyDelete
  16. E aku klo ngeteh mlh mulez nay wkkkk
    Yg bikin badmood itu klo ketemu orang yg ga sependapat tp maksa

    ReplyDelete
  17. Poin 3 dan 5 itu, gue banget.

    Apalagi pas dapat tips cara buat teh tarik sachet dari seorang bartender, eh kalau di kedai namanya itu juga nggak ya? Hahaha...
    Ditemani pia hangat isi kacangijo plus sayup-sayup Saksofon Kenny G.
    Badmood back to zero, Hohoho...

    ReplyDelete
  18. kalau galau gimana cara mengatasinya ?

    ReplyDelete
  19. tiap kali badmood aku lebih suka tidur sih

    ReplyDelete
  20. mangat ya rulnayyy
    eh ya si gogirl dimana2 abis jadi aku takbisa beli entahlah kok bisa gitu
    tapi aku habis beli sticker la dolce vita jadi yaaa takapalah ada ganti yg lebih cantik *cewek gampangan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli di webstore nya Nin, aku gitu biasanya daripada repot hahaha. di gramed sering keabisan

      Delete
  21. Paling sering itu mau mens. Pernah sampai berantem dg sopir taksi di tengah jalan & bikin macet jalanan panjang banget. Sampai dirumah trus galau, takut ada yg capture & upload di medsos. Bisa ancur image keibuanku jadi kayak preman gitu wkwwkwkkk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa? mba Lusi gitu...wah aku jadi penasaran heheh

      Delete
  22. Aku badmood kalo ud kewalahan ngurus bocah. Huahahahaha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature