Satu Tahun Blog Innnayah

November 29, 2016
blog innnayah, nurul inayah blog, inayah, innayah

Kemarin, tepat satu tahun saya mengaktifkan blog dengan domain innnayah. Rasanya masih sangat sebentar memang dari saat galau mau beli domain dengan nama apa. Nama saya ‘Nurul Inayah’ terlampau pasaran memang, agak susah untuk urusan beli domain dan branding social media. Setelah mengalami proses perenungan, tercetuslah ‘innnayah’ dengan tiga huruf ‘en’. Sejak awal saya ingin menyamakan nama antara blog, twitter, dan instagram. Kalau facebook ya sudah terlanjur pakai nama asli sih dari 2009 hehhe. Selama setahun ngeblog dengan niat untuk menjadi profesional, ada banyak sekali perubahan dalam diri saya. Saya memasuki dunia yang jauh berbeda dari sebelumnya, apakah ini sebuah passion? Apakah ini my dream job? Masih terlalu dini untuk menjawabnya.

Tentang nama innnayah
Saya memaklumi jika ada teman-teman yang sering memanggil dengan innayah, double ‘en’. Wajarnya, sebuah nama memang punya maksimal dua huruf sama yang berdekatan. Tapi ya namanya juga pasaran ya, dan saya terlalu maksain pakai nama sendiri...jadinya kebagiannya ‘innnayah’ dengan tiga huruf ‘en’. Nama lain sudah kepakai semua sama orang lain hahha.

Tentang branding
Sejak awal serius ngeblog, istilah branding ini sudah saya tanamkan. Pokoknya harus punya ciri khas yang bikin orang lain ingat dengan saya baik di dunia nyata maupun maya. Menemukan branding itu rasanya sulit sekali. Apakah sebaiknya mengalir saja sembari mencari jati diri?

Iya, setahun ini saya masih mencari jati diri. Makanya blog innnayah belum punya niche, heuheueheu. Innnayah adalah blog lifestyle yang membahas teknologi, beauty, traveling, book, dan photography. Meski arahnya sudah semakin jelas, tapi tetap saja hingga tepat setahun ini belum ketemu.

Saya pernah membagikan voting di twitter soal sebaiknya blog innnayah diarahkan ke niche apa. Hasilnya hampir seimbang antara teknologi dan traveling. Iya sih, kalau sudah mbahas topik itu saya biasanya bisa sangat mengalir.

Tentang komunitas
‘Nyemplungnya’ saya di dunia perbloggingan ini nggak lepas dari peran komunitas. Ada emak2blogger, blogger perempuan, fun blogging, warung blogger, dan yang masih unyu dan baru dirintis adalah blogger Pekalongan. Sekarang, hari-hari saya interaksinya lebih banyak dengan teman-teman blogger yang awalnya kenal lewat komunitas.

Tentang Selera
Di awal-awal ngeblog, saya belum punya selera yang pasti. Sekarang, tipa hari sudah punya list blogwalking dan punya blogger-blogger favorit. Diam-diam saya selalu menantikan artikel baru mereka lho. Setelah saya pikir-pikir, selera saya ini menentukan bagaimana cara berpikir dan gaya nulis. Blog-blog keseharian dengan tampilan sederhana selalu nyaman untuk dikunjungi. Itu juga yang membuat blog innnayah makin kesini, makin selooow hehhee. Saya ingin kamu santai saat membaca ocehanku, apakah sudah begitu?

Tentang blog ini ke depannya
Achievement dari blog innnayah secara materi memang belum banyak di tahun pertama, tapi itu sungguh di luar bayangan sebelumnya. Beberapa tahun lalu, teman saya mengatakan ‘kamu kan hobi nulis, udah sih...nanti gampang duduk-duduk doang sambil ngetik, eh dibayar’. Obrolan saat berangkat kerja sambil nunggu palang kereta terbuka itu saya tanggapi saja dengan senyuman, padahal sama sekali nggak ada gambaran. Apasih bayangan saya waktu itu? jadi penulis novel, jadi wartawan, ah...mana bisa kan nggak punya basic jurnalistik atau sastra. Saya Cuma suka nulis keseharian saja kok. Ngeblog dapat duit itu kalau kamu artis kayak Raditya Dika, udah...sampai situ saja.

Di luar materi, yang tidak terkira bahagianya adalah ketika ada orang yang saya tidak pernah kenal sebelumnya mengatakan ‘hi...ini mba inayah kan, yang blogger itu?’

Saya mau tetap menghidupkan blog ini, sebagai tempat berbagi informasi kredibel. Iya, nggak mau lagi nulis asal keluar tanpa bisa dipertanggung jawabkan . Menulis yang benar-benar bermanfaat sebagai sedekah dan amal jariyah...amiiin.

Mohon untuk memberikan pesan, kesan, saran, apapun itu. Apa yang kalian bayangkan ketika mendengar nama ‘innnayah’? pendapat dan komentar kalian akan sangat berarti dan bisa jadi menentukan takdir blog innnayah.

*ngomong-ngomong, kalau aku adain Giveaway dengan hadiah buku-buku bacaan pada mau ngga ya? 

81 comments on "Satu Tahun Blog Innnayah"
  1. Masa sih blog innnayah masih setahun? Bukannya pas pertama kali kita ketemu itu udah jadi dot kom ya? Itu kan udah setahun lebih.

    ReplyDelete
  2. kalau menurut saya niche teknologi belum banyak di garap sama blogger perempuan mba, jadi mungkin bisa di coba mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya ya mas, kebanyakan emang cowok. saya baru memulai dari yang simpel-simpel dulu, berkaitan dengan teknologi di keseharian.

      Delete
  3. Wahh moga makin keren, makin menginspirasi dan makin sukses deh mbak ^^v

    Salam Blogger Pekalongan

    ReplyDelete
  4. Wah, selamat 365 hari kak Innnayah! Semoga tetap produktif di tahun-tahun berikutnya ya. Salam kenal^^

    ReplyDelete
  5. Selamat ulang tahun untuk blog-nya. Kalau dengar nama mbak inayah itu inget saya adalah fotografi yang cantik, dan ... penulis konten?

    ReplyDelete
  6. keren mbak kalimat yg ini " Iya, nggak mau lagi nulis asal keluar tanpa bisa dipertanggung jawabkan . Menulis yang benar-benar bermanfaat sebagai sedekah dan amal jariyah...amiiin" saya juga pengen ^^hehe

    ReplyDelete
  7. Haah...baru setahun dan sdh sekeren iniiih????
    WOW! Emang beralasan aku salut sama kamu, Nay... Jempol wis pokoke...
    Scra pribadi aku lbh suka klo kamu nulis ttg perjalanan...aplgi dg foto2 kerenmu itu. Tp tulisan ttg tekno bgs jg..kali2 sj aku jd lbh mudeng tekno bl kau yg menulisnya..hehe..
    Klo mendengar kt Innnayah yg terbayang olehku adlh foto2 cantik!
    Pokoke, mat ultah blog innnayah... Makin moncer yaaa...

    ReplyDelete
  8. hai tripple en, aq baru baca blognya ketika ada di keb jd blog of the month, dan setelah itu selalu baca loh,, selamat udah setahun blognya, aq suka untuk tulisan2 teknologi-nya, simple dan gampang di mengerti

    salam kenal, maya rumi

    ReplyDelete
  9. Nemu satu typo, yang bagian masalah selera, tipa= tiap #ekomenan macam apa ini hahhahah

    ReplyDelete
  10. Wah, samaan kita Mbak, setahun usia TDL. Dan sama juga, belum punya niche yang pasti 😀. Blog Mbak sudah nyantai Kok, enak dibaca. Dan mau banget kl ada giveaway hadiah buku. 😊

    ReplyDelete
  11. Aku mauuuk klo buku hadiah givewei nya novel nnovel supernova #nglunjak :D

    ReplyDelete
  12. Aku suka baca jomblo story dan opini tentang rencana merried, atau kehidupan berkeluarga nantinya neng #

    ReplyDelete
  13. Beti niiiih,sama doaminku. Januari nanti setahunnya.
    Tapi kamu udah keren gini Nay, aku masih tertatih-tatih, pun dalam hal konsisten posting *sigh.

    Udah nyanteee kalau baca blog ini. Kaya lagi ngobrol aja berdua kamu *eheum.
    Makin sukses ya Nay. Gad0-gado gini juga udah asik kok.
    Ditunggu GAnya. Harpot atau Supernova kaya usulnya Nita boleh laaaah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ididih..typo. Mau nulis domain kok jadi apaan itu -____-

      Delete
    2. makassih mba. foto2mu aku sukaaa

      Delete
  14. aku suka banget sama postingan postingan innnayah, apalagi IGnya. Terstruktur sistematis, rapi dan ngangenin

    ReplyDelete
  15. Kereeen...sudah eksis setahun dengan self hosted. Saya masih unyu unyu mbak :) Salam kenal :)

    ReplyDelete
  16. Yeeayyy selamat yaa sudah setahun ^^

    Sambil ngalir nanti juga tau lebih fokus ke mana In, yang penting enjoy selalu yak ngeblognyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. huwaa mba Shinta, makasih ilmu2 yang selalu membanjiri otak ini.
      keep inspiring

      Delete
  17. Iya ya Nay, waktu setahun berlalu begitu cepat. Dulu waktu awal2 ingat banget saya suka ngintip blog Nay sama Aprie.. berhubung kita pindahan dot comnya barengan. Sekalian juga mantau *ceile Alexa, DA dan PA blog Nay dan Aprie. Di antara kita blog Nay yang paling cepat keindeks alexa, DA dan PAnya, mungkin karena transferan ya. Dan itu jadi motivasi banget buat saya untuk mengikuti jejak Nay.

    Dan setiap kali berkunjung ke blog Nay selalu menemukan banyak hal dan pelajaran baru. Salah satu postingan yang menarik dari Blog Innnayah adalah soal aplikasi dan teknologi terapan. Artikelnya runut, mudah dipahami dan blogger friendly banget. Ditambah basic Nay yg memang dekat dgn dunia itu jadi lebih hidup dan mudah dipahami.

    Selamat ulang tahun ya Innnayah.com. dan yakin deh, tahun kedua Innnayah bakal makin keren. Sukaaa! Love this blog! :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba Ira, dikau langkahnya panjang-panjang.
      moga makin semangat ya kita ngeblognya

      Delete
  18. adek kelas ku ini cakep kalo urusan menata foto, happy birthday untuk blognya ya, pengen deh punya ikatan blogger alumni kampus

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh dulu pas 2010 an itu ada acara bloggingday di kampus. kalian ada?

      Delete
  19. wuihhh pekalongan pun punya komunitas blogger, tempat lahirku itu :)

    syukak sama artikel2 teknologi di sini

    ReplyDelete
  20. Blog yang sudah dibangun dengan susah-payak sebaiknya tetap diupdate artikelnya.
    Keep blogging
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. pak dhe...yang selalu bikin hangat grup2 watsap blogger :)

      Delete
  21. Yes benar menulis saat ini harus dipikirkan manfaatnya ya nay, securhat curhatnya berusaha bisa menjadi sedekah cerita ya.. wkwkwk terus menulis nay, fokus ke apapun bebas selama kamu suka.. happy annive

    ReplyDelete
  22. Duu aku pikir salah tulis krn triple "n". Btw selamat ultah ya mbak buat blognya, moga sukses terus :)

    ReplyDelete
  23. Salam kenal mbak inayah, tulisannya keren bgt

    ReplyDelete
  24. hai rulnayyyy yaampun kok baru setahun ya
    ohiya alamat barunya yang setahun, blog ini mah udah lama ya kan
    perasaan dulu pernah ada nurulinayah.com atau cuma khayalanku doang? hehe

    ayo adain giveaway, aku mau aja sih hadiahnya buku
    tapi kalau kudu nulis sih tergantung temanya, kalau lagi ada ide sesuai tema insyaAllah ikutan

    ReplyDelete
  25. Iya, awalnya aku juga bingung. Kok tripple N. Kupikir typo. Hehehe....

    Selamat ulang tahun pertama untuk TLD-nya... Bagiku, blog innnayah itu keren, kok. Professional banget. Karena sekarang aktif di komunitas blogger lokal, semoga memberi inspirasi ke teman-teman ya

    ReplyDelete
  26. salut banget sama konsistensi mbak inayah di blog innnayah, aku suka tagline(?) cerita sehari-hari perempuan masa kini, hehehe, terus ini mbak yang paling suka itu kalo mbak inayah udah nulis tentang kamar cewek atau pas mereview buku (aku sampai beli buku perjanjian yang kuat gara-gara habis baca review dari mbak hahaha), giveaway buku??? MAUUUUUUUU XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaaa makasih apresiasinya. aku lagi males-malesan baca buku nih, atau sebenarnya banyak yang dah baca tapi belum aku review keburu lupa.

      Delete
  27. Selamat satu tahuuuunnn! Woot wooooot :D rajin banget nih innay isi blognya. Mantap! Kesan pesan apa ya, masih mikir nih heuheuheu. Blog Pekalongan Kita diisi lagi, Nay.

    ReplyDelete
  28. Nulisnya selalu mengalir kok terutama aku sukanya yang bagian monday no gaptek.. mengalir gituuu aja

    ReplyDelete
  29. wah mantap mbak inayah, baru satu tahun artikelnya udah banyak banget.. moga kedepan makin rajin nulis

    ReplyDelete
  30. Baru setahun ya mbak? Tapi udah cepet bgt perkembangannya. Salut

    ReplyDelete
  31. Congrats Mba Innnayah buat achievement-nya akhirnya bisa mencapai milestone selama satu tahun menjadi blogger.

    Salam kenal saya juga seorang blogger pemula yang juga sedang belajar merintis bisnis online.

    Saran saya memang untuk blog pribadi jika kita memiliki satu niche itu akan sangat bagus terutama buat personal branding kita sendiri.

    Oiya, dan ada dual hal lagi yang menurut saya juga harus ada pada setiap blogger, yaitu keinginan untuk terus belajar dan konsisten. :)

    Salam kenal. :D

    ReplyDelete
  32. Blognya ulang tahun ya? ih, selamaaattt..
    Tentang nama itu menurutku udah bagus, meskipun n nya dobel 3. Paling-paling yang hapalan kayak aku, ketika ngetik alamat dibrowser kurang 1 n, larinya ke web mercusuar wkwk.. Justru karena triple n, orang jadi hapal. "O, Inayah yang triple n, ya?"

    ReplyDelete
  33. yang penting sudh memulai.. branding dan ciri khas itu penting.. tapi yg penting tetap konsisten untuk menulis dan berbagi :)

    ReplyDelete
  34. Selamat ya, sudah setahun. Blogku malah masih baru, dan belum self hosted kayak blog ini. Juga belum tau kemana arahnya. Salam kenal ya,semoga tambah semangat ngeblognya.

    ReplyDelete
  35. selamat ulang tahun untuk blog nya Nay. Semoga kedepan makin sukses dan semangat terus ngeblog nya.

    ReplyDelete
  36. Selamat ulang tahun ya. Kudu dirayakan nih. Makan2 yok. Heheheee... Baru setahun tapi blognya sudah kece aja. :))

    ReplyDelete
  37. wah, ultah ya, siap-siap terima kado deh...

    ReplyDelete
  38. Hi.. selamat ulang tahun untuk blog innayah.com . Pertama kali aku kunjungan kesini setelah browsing artikel tentang "Sponsored Post". Sejak itu aku ubek-ubek artikel lain di blog ini dan langsung tertarik masukin ke reading list blog ku. Besoknya aku langsung mengubah domain gratisan ku jadi domain sendiri :D hehe. Sukses selalu dan terus menginspirasi yaaaa :)

    ReplyDelete
  39. Innayah, nama yang mudah diingat. Tapi saya memang sempat kebingungan dengan triple n-nya hehehe/ Blognya clean, enak dibaca, dan fotonya keren :)

    ReplyDelete
  40. 1 hal yang saya ingat & kagumi dari tulisan mbak itu pembawaan nya halusss banget, sangat santai, bahkan ga kerasa kalo uda selesai baca. Selamat atas 1 tahun nya mbak, semoga tetep menginspirasi

    ReplyDelete
  41. hasek..selamat2 yaa Innnayah (3 en kan?)

    Udah bagus ahh, dan aku nyaman baca ocehannya, kata2nya simple dan renyah mudah dipahami.
    Semoga makin ngebranding ya, dan tetep jadi blogger yang slow tapi diam2 menghasilkan,

    ReplyDelete
  42. aku ingetnya n nya dobel, ternyata 3 ya. kalau branding dicoba aja yang traveling sama beauty. itu udah bagus nichenya, tinggal maksimalin aja. apalagi memang di dua tema itu postingan inay udah banyak.

    ReplyDelete
  43. Oooh sempat ada voting ya, aku pilih traveling deh...cocok sepertinya. Liat di insta story jg hampir tiap weekend bepergian :)
    Btw happy bday innnayah.com sukses selalu ^^


    Mau dong GA hadiah buku bacaan ^^

    ReplyDelete
  44. Selamat satu tahunan mbak~ Semoga tulisannya tambah cetar hehe.

    Untuk jawaban pertanyaan terakhir: MAU BANGET! ^^

    ReplyDelete
  45. Tulisanmumu byk menginspirasi dan ngena dihati.contoh anak muda yg memotivasi.sukses terus in(3 kali)ayah.
    Ga hadiah buku,asyiiiik...edisi akhir supernova yaaak.....hehe

    ReplyDelete
  46. wihhh annivarsiaaaan wahahhaha, makaan makaan dong mbaaak

    selamaat yaaa,

    Mbak, leptopnya bagus, bisa dijadiin alas cangkir eeeeh wkwkkw

    ReplyDelete
  47. wah ulang tahun nih blognya... terus berkarya ya mbak.. tulisanmu memang bagus, simple dan mudah dipahami..

    aku tunggu lagi tulisan2nya..

    ReplyDelete
  48. assalamu'alaikum mbak..
    alhamdulillah selamat y dah 1 tahun blognya..kalau sy dh mau 4 tahun ni hehe tapi masih belum jelas juga arah dan tujuannya :D pengennya si khusus blog ttg sharing parenting..brhubung dh punya anak 3 ^^

    ReplyDelete
  49. Baru satu tahun tapi udah keren banget. Selamat, ya. Semoga makin yahuuud. Dan semakin semangat ngeblognya. *Ngomong sama diri sendiri*

    ReplyDelete
  50. Setuju. Menulis saja dari hati. Mau tentang apa saja boleh, asal, itu tadi dari hati. Pasti sampai ke hati. Gitu aja.

    Soal broken link, semua yang diawali www.rosannasimanjuntak dihapus saja. Berhubung karena satu dan lain hal. Itu domainnya sudah expire.

    Mohon maaf jika hal itu telah membuat hari-harimu melelahkan.

    I am truly sorry.

    Ditunggu giveawaynya ya. :).

    ReplyDelete
  51. Kalo saya suka baca bagian travelling sama tips hariannya, saya masih belajar nulis blog nih cuman gak rutin pas datang mood saja. Jalan2 ke Blog saya ya Para Emak2 hehe... dan bisa juga liat2 IG saya di @HERD.E bisa saling follow hehe... Sukses ya Mba Innnayah... :)

    ReplyDelete
  52. Wah, beda sangat jauh dengan saya,
    Saya baru mulai ngeblog kemaren, baru sekitar 2 mingguan.
    Mudah2an saya bisa kaya Mba Innnayah...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature