Pastikan Memilih Harga Tiket Kereta Api Secara Tepat dengan Memperhatikan 4 Detail Berikut Ini!

May 18, 2017
suasana di dalam kereta

Saya sering dimintai tolong mengecek harga tiket kereta api oleh keluarga dan teman. Ngga perlu nelpon ke KAI apalagi ke stasiun, sebab sekarang jamannya sudah online semua. Mau cuma ngecek atau bahkan memesan juga ngga harus pakai PC dan transfer via ATM untuk pembayarannya sih.  Kamu bisa memesan tiket kereta lewat swalayan atau minimarket terdekat. Pemesanan tiket yang terasa semakin mudah sekaligus murah memberikan fasilitas lebih bagi sebuah perjalanan yang kamu lakukan. Kamu bahkan bisa merencanakan perjalanan jauh-jauh hari untuk bisa menyiapkan kebutuhan lainnya sebagai penunjang perjalanan tersebut.


Tiket Kereta yang Ternyata Cepat Habis


Adanya layanan online kemudian diiringi dengan adanya perbaikan kualitas layanan dan kondisi di dalam gerbong kereta api itu sendiri. Semakin kesini peminat transportasi kereta api pun semakin merangkak naik, terlebih di hari lebaran. Bisa jadi PT KAI kemudian memutuskan untuk menambah gerbong atau menambah jadwal pemberangkatan kereta selain yang sudah ditentukan sebelumnya. Tentunya dengan kebijakan-kebijakan ini membuat transportasi kereta bisa semakin menarik untuk dipilih.

Banyaknya peminat membuat kegiatan membeli tiket kereta api perlu dilakukan jauh-jauh hari, dan sepertinya ini sudah menjadi aturan baku yang tidak tertulis. Kebanyakan orang yang memesan mendadak dijamin akan membayar lebih mahal sebab yang tersisa biasanya tinggal gerbong kelas mahal. Kamu yang ternyata memiliki budget minim tentu merasa rugi sehingga pertimbangkan untuk memesan tiket kereta jauh sebelum  memutuskan melakukan perjalanan. Tentunya keputusan ini perlu didukung tujuan perjalanan yang bisa direncanakan bukannya mendadak.
Gerbong  kereta api kelas ekonomi

Menentukan Harga Tiket yang Memang Sesuai


Setiap harinya ada banyak kereta api yang akan melakukan jadwal pemberangkatan, bahkan selama 24 jam stasiun akan super sibuk. Memilih harga tiket kereta api memang perlu lebih selektif supaya menikmati kenyamanan dari perjalanan tersebut. Memilih harga ini bisa menimbang detail berikut:
  1.   Memilih harga yang sesuai budget di kantong. Menentukan harga memang baiknya selalu kembali kepada budget di dalam kantong untuk dipastikan sudah sesuai. Jikalau lebih mahal maka bisa membuat kamu kesulitan membayar harga tiket tersebut, dan akan di-cancel secara otomatis oleh sistem. 
  2. Menentukan kelas kursi sesuai dengan kebutuhan. Harga tiket yang berbeda kerap diakibatkan oleh penempatan jenis gerbong atau kelas yang berbeda meskipun nama kereta apinya sama. Maka kamu pastikan dulu harga yang tertera di depan komputer memang sesuai dengan kursi yang dibutuhkan. Beberapa penumpang kereta menetapkan standarnya sendiri dalam menentukan kualitas kenyamanan selama perjalanan dengan transportasi di jalur rel kereta ini. Kamu pastikan ya, suka dan puas dengan kelas gerbong yang diambil. 
  3. Memastikan sesuai dengan tujuan perjalanan. Hello, aku pernah lho salah beli tiket kereta karena pas mesan sambil kriyep-kriyep. Kalau kamu hendak menuju ke Jakarta maka jangan memilih kereta dengan tujuan ke Surabaya atau kota lainnya. Jangan mudah tertarik memesan harga kereta yang ternyata sangat murah namun berbeda tujuan. Maka selama melakukan pemesanan usahakan memiliki konsentrasi penuh, jangan sampai karena tengah malam lalu lebih condong ke arah mengantuk. Bisa jadi kamu memesan tiket yang murah namun tujuannya beda dengan keinginan, sudah tentu akan menjadi masalah. Kalau sudah begini, ya mau nggak mau cancel dong dengan pemotongan 25% dan harus ke loket stasiun...hiks.
  4.  Turun di stasiun yang memang dikehendaki. Setiap kota memiliki beberapa stasiun dan beberapa kereta akan berhenti di semua stasiun ada pula yang sekedar lewat. Tahun lalu saya kebablas pas mudik lebaran sampai Semarang, padahal harusnya turun di Pekalongan. Pastikan saat melakukan pemesanan dan mengecek harga tiketnya sudah turun di stasiun yang Anda kehendaki. Misalnya saja ketika hendak pergi ke Semarang naik kereta, maka pastikan hendak turun di Poncol atau di Tawang. Tentu harga tiket kereta api berbeda, karena stasiun Tawang biasanya untuk kereta eksekutif. Atau surabaya pasar turi dan gubeng, pasar senen dan gambir...harganya bisa beda jauh. 
Sebagai anak kereta jarak jauh, saya harus berbagi informasi seperti ini. Biar nggak ada yang berpikiran naik kereta itu ribet, ya...asal kamu sudah tahu seluk beluknya insyaAllah perjalanan akan lancar.
7 comments on "Pastikan Memilih Harga Tiket Kereta Api Secara Tepat dengan Memperhatikan 4 Detail Berikut Ini!"
  1. Aku jarang naik kereta api. Juga belum pernah salah pesan tiket. Hehe. Tapi informasi dari mbak Innayah ini bermanfaat banget. Thx ya mbak udah mau berbagi. Siapa tahu ntar aku harus melakukan perjalanan dengan naik kereta api, bisa mraktekkin tips dari mbak :)

    ReplyDelete
  2. Makasih untuk Sharingnya Mba

    ReplyDelete
  3. nggak terasa udah setahun nggak naik kereta :D

    ReplyDelete
  4. Aku tiap bulan naek kereta api malang-pekalongan buat ketemu suami. Skrg naik kereta api bikin ketagihan sih. Soalnya sekalipun kelas ekonomi keretanya nyaman dan aman aja. Meskipun aku berangkat sendirian, suami jd gak khawatir.

    ReplyDelete
  5. Aku kalau beli tiket jauh2 hari, dg harapan ada harga yg lebih murah. Karena sekarang tiket kereta itu harganya bervariasi dr yg murah sampe mahal ada tapi pakai sistem kuota.

    Aku pernah naik eksekutif aku beli cm 80rb sebelahku beli 150rb, kan lumayan ya bisa buat jajan nasgor :D.

    ReplyDelete
  6. Kalau aku wis udah pasti Sawunggalih Utama yang stasiun terakhirnya di Kutoarjo. Kalo ketiduran nggak kuatir kebablasan soale sampai stasiun sama dengan sampai rumah, hihi.

    ReplyDelete
  7. Udah lama ga naik kereta nih mbak saya.. hehe
    Kangen banget bisa traveling pake kereta.
    Makasih ya tips nya, semoga segera bisa jalan-jalan pake kereta nih :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature