Facebook sudah tak seindah dulu, enaknya diapain?

June 05, 2017
Cara filter timeline facebook

Suatu siang teman saya chat kalau dia barusan dibully di salah satu grup facebook. Perkaranya sepele, dia memberikan informasi yang diklaim kurang jelas mengenai berita kehilangan. Padahal dalam infonyang dia bagikan sudah ada deskripsi jelas termasuk bukti laporan polisi yang berisi kronologis dan contact person. Ya begitulah, facebook sekarang bikin saja jijik kadang-kadang. Gimana ya, ada rasa was-was kalau pas buka. Beda dengan dulu, setiap saat bisa tuh buka sosial media berwarna biru tersebut. Facebbok sudah tak seindah dulu, enaknya diapain? Uninstall saja atau delete account? 


Nostalgia Facebook Jaman Dulu

Saya mulai memakai facebook tahun 2008 kalau nggak salah sih. Yang pasti sudah keluar dari asrama dan mulai sering begadang demi bisa wifi an di kampus. Hahaha jaman itu belum ada smartphone android, palingan juga Bb dan itu kayaknya mewah banget. Hape saya masih nokia 3500 classic, sudah bisa internet sih pakai opera mini tapi kan kurang puas layarnya kuecil bingit.
Belum ada kos-kosan yang pakai wifi, modem saja harganya mahal kok. Kalau mau browsing puas ya ke warnet atau wifian di kampus pakai laptop. Biasanya kalau weekend saya pagi-pagi ke kampus gendong laptop sambil nyari colokan hahaha. Begadang sampai bawa meja lipet dan bekal nasgor juga pernah dilakuin. Spot-spot yang wifinya kenceng sih sudah hapal banget ya, termasuk trik kalau tiba-tiba nggak bisa akses situs-situs tertentu.

Masih inget waktu itu anak-anak kostan pada cerita soal ‘dinding’ dan ‘status’. Apaan dah, kalau friendster kan masih pakai istilah testi hahaha. Karena ngga mau kudet, saya juga bikin tuh sosial media yang ada ‘dinding’ nya dan bisa nulis ‘status’. Masih inget saya bikin fb pagi-pagi di kantin sapta fakultas teknologi pertanian meja paling ujung dekat sekret DPM.

Belum banyak teman yang punya fb, bahkan teman SMA saja belum ada sama sekali. Jadi, teman-teman fb pertama saya itu ya teman-teman kuliah saja. Kok asik ya, bisa upload foto dan komentar di tempat orang. Makin lama makin asik fb an, bela-belain deh ke warnet buat chating sama entah siapa saja random di friendlist yang lagi online. Jadi ingat kisah teman blogger, Gustyanita yang juga sering fb an di warnet sampai akhirnya ketemu jodoh. Hhaha saya dan Nita ini sekampus, mungkin kita pernah selipan ya di warnet cuman belum kenal aja.

Sekarang Lingkaran Pertemanan Makin Luas

Hampir sepukuh tahun memakai sosial media fb, lingkaran pertemanan semakin luas. Nggak cuma teman kuliah dan sekolah, tetangga di kampung, teman blogger, teman kerja, ada di friendlist. Kalau mau diaccept semua bisa overload tuh friendlist.
Fb itu paling gampang dipakai, makanya komentar dan status geje banyak bertebaran - cii yuniati, blogger Pekalongan
Akibatnya makin beragam juga yang dibagikan teman di timeline facebook. Ada masanya timeline isinya status galau pendek-pendek, kemudian masanya semua orang jualan, sekarang ini masanya status panjang-panjang atau pendek tapi warna-warni bentuknya. 

Facebook Mulai Tidak Sehat

Saya mulai merasakan facebook tidak sehat itu sejak masa kampanye pilpres. Orang sudah ngga pikir panjang lagi mau membagikan sesuatu ke fb. Lha iya, fb an sudah dari smartphone bisa dimana saja. Kalau dulu fb an di warnet mah kan ngga sesantai dari hape. Saya sudah sangat jarang membuka facebook sejak masa-masa itu, bahkan sebelumnya ding. Meski sama-sama flooding, twitter adalah kawan sehari-hari sejak 2011. 

Ada teman posting minta pendapat di grup fb MPASI malah dibully - Noorma, blogger Pekalongan
Betul, fb terlalu sering jadi tempat pembullyan terutama kalau di grup. Mungkin karena bisa ngeroyok kali ya, coba kalau chat pribadi one by one mungkin kita masih ada perasaan ngga enak mau judge orang.

Ngga cuma soal politik, objek yang rawan bully itu termasuk juga perihal parenting hahaha. Kata teman-teman yang sudah jadi ortu sih, ini topik rawan banget meski urusan parenting itu variabelnya banyak. Ngga bisa saklek dengan teori A untuk anak B sebab di anak A sudah berhasil. 

Yang masih hangat sih urusan SARA dan hoax. Semua orang kayak yang punya prinsip dan harus diikuti juga oleh orang lain, hahaha. Kadang ada yang cuma manas-manasin, sudah tahu itu hal lagi rame dibicarain jadi ikut-ijutan nyetatus. Yang beginian malesin banget buat dilihat, apalagi kalau yang bikin adalah kawan-kawan sendiri. Saya tahu mereka sudah paham soal berbagi konten positif, jangan memicu kontroversi urusan SARA dsb. Apa yang dirasa?

Tips Agar Timeline Facebook Adem Ayem

Ternyata yang merasakan facebook sudah tak seindah dulu bukan cuma saya, hhmm. 
Buka fb cobaan terberat buat aku sekarang. Makanya jarang buka. Selesai nyetatus, tinggal -Haya Aliya Zaki, Blogger.
Udah biasa baca yang begitu di fb. Emang sekarang ‘piknik’ di fb berat banget rasanya -Uniek Kaswarganti, Blogger.
Kalau saya aktifkan ‘see first’ dari akun yang emang mau difollow. Enak mata cuma lihat berita yang emang pengen dilihat - Dani Rachmat, Blogger
Wah...ada yang pakai caranya mas Dani nggak tuh? Kalau saya jujur saja belum, dan rasanya ini saat yang tepat untuk mulai menyehatkan facebook. 

Caranya begini untuk memfilter feed facebook:
Facebook pengaturan

  1. Masuk ke facebook
  2. Lihat sebelah kanan atas ada segitiga, klik
  3. Lihat bagian setting atau pengaturan
  4. Klik newsfeed preferences
  5. Klik prioritise who see first
  6. Tandai teman atau page yang mau kita kepoin tiap buka fb.


Selain cara ini, masih ada trik lain lho. Mba carolina Ratri sudah menjelaskannya secara gamblang di artikel Facebook sudah mulai menyebalkan? Sulap menjadi sumber inspirasi dan ide menulis dengan hacks ini .

Teknologi bisa memengaruhi kita, tapi kita manusia bisa mengendalikan teknologi. Semoga kita semakin bijak dalam bersosial media, tidak semakin memperkeruh suasana. 

62 comments on "Facebook sudah tak seindah dulu, enaknya diapain?"
  1. Iiii ada nama aku diselipin, ciyooom juga niee hihihi
    Kantin tekpang? Jadi inget toge goreng #eh..

    Aku dulu suka pindah pindah tu ngenetnya nay, ampe apal abang2 yg nungguin hahaaaa, mulai di bara depan, bara pinggir, ampe bateng, coba tau ga apa yg kulakuin cuma fban..,donlod wallpaper, film, ama buka fs..itupun dibikinin temen wkwkw

    Facebook sekarang ?

    Emmm iya banget menjelehkan..,aku sih yang sara-sara uda pinter lah ya...#eh maksudnya uda tauk--ga pke pikir 2 kali orang2 kaya gitu alias yang uda terdeketsi sebar kebencian aku hidden dari luamaa, ga baru2 ini aja. Itupun ga pake koar2 dulu. Jadi paling klo hiddennya dibuka lagi udah tau tuh isi timelene mereka horror semua haha...so untuk golongan ini newsfeedku uda aman dari lama.

    Nah yang bikin kadang nyesel approve orang baru di fb adalaaah...ya katakanlah blogger x, y, z (yg terlenal baperan ato galauan, tukang mengkritisi apaaaa aja, alias reaktif over itu adalah bagiku merupakan kesalahan terbesar). Misal ni ya... kitanya asyik asyik aja, si xyz ini negatif thingkiiiing mulu, kita asyik asyik bewe di lapaknya tanpa pamrih dikira pengen dikunbal tapi karena aku ga ada updatean dibikinlah status ga bisa kunbal..,halah gitu aja sante keleez. Trus kita punya prinsip mau unfolbek orang yang suka mempermainkan kita di ig eeee dibikin status lagie, dikritisi dll... ya ig ig kita suka suka kita kan ya nay hahhahha

    Kalo ga yang statusnya pembelaaan dirii terus entah dari apa, atau kata kata galau, nasehat2, gitu gitu aku kok malez ya liatnya hahhahha...soalnya aku klo liat yang share kata kata ini ngerasanya kok orang ini lagi bermasalah atau lagi nyindir2 orang. Makanya aku juga unfol juga golongan2 ini sih di fb, tentunya ga pake koar2 juga. Pokoke sakjek saknyet, meneng2 ae. Sebenere pengen takbuangi juga suh dari friendlist wong kenal juga kagak, tapi kok ya ga tega ntar dibikin dramaa lagi hahahha

    Paling asyik tu betemen kayak anak yang open minded aja kayak kamoooh nay, ga gampang baperan ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nitaaa aku terharu, komenmu bisa jadi bahan postingan tauuu hahaha. Pertamax dan panjang.

      Delete
    2. perasaan komennya Nita ada semua di TL aku dan kalau dilakuin seperti Nita bisa-bisa TLku sepi nyenyet.. Cuma emang yang terutama aku unfol adalah yang ngaku temen tapi suka nyinyirin kita di facebook. Nggak perlu itu blokir-blokir.. langsung UNFOLLOW aja,

      Delete
  2. Biar adem, aku bacanya yg adem2 juga mbak. kadang kepo juga sih pengen ikutan baca yg hot, tapi langsung berusaha saya lupakan. biar gak ikut sumpek kegerahan. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha kadang keinget mulu yg hot hot news

      Delete
  3. Saya unfollow beberapa akun jadi timeline masih adem. Tapi memang friendlist saya gak terlalu banyak yang pro kontra, sih.

    ReplyDelete
  4. Iya, facebook sdh tdk seindah dulu.

    Kalo aku, stiap menerima pertemanan, aku unfollow, jd meskipun berteman saya gak akan dpat update status mereka. Paling saya akan mfollow sahabat2 dekat saya atu fanspage yg saya butuhkan informasiny. Ini saya lakukan untuk mnyehatkan mata dan pikiran dr status yg gak perlu dibaca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya harusnya gitu, aku baru ngeh lho akhir2 ini

      Delete
  5. Agree nay, skrg TL ku isinya beragam.
    Harus pinter2 filter informasi, kdang emng bikin gondok sih, tp ya sdh resiko punya lingkaran pertemanan semakin luas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah,kamu kayaknya masih bertahan di fb hihi

      Delete
  6. hehe..toss dulu dong. main fb sekitar 2009an. tamat FS, ganti fb'an.waktu ntu bikin akunnya di warnet.sambil minum teh botol betah deh berlama-lama main fb.status juga masih ayem, seputar curhatan sehari2. no nyinyir yaa. boro-boro kabar hoax, berbagi foto2 yg ga pantes, foto narsis aja masih burem dgn kekuatan 3-5 mp....wkwkwkw. Tapi bahagianya selangit. Rindu masa-masa itu....

    ReplyDelete
  7. aku baru tahu loh nay cara filter feed biasanya aku suka "sembunyikan kiriman seperti ini" , kalau udah keseringan tuh orang bikin status yang gak pengen aku baca atau lihat ya aku ngandelin unfollow... berteman sih tapi ga follow...

    dulu tuh FB jadi tempat curhat, pamer, kepoin gebetan dll hal-hal alay yang menyenangkan wkwkwkw ga kayak sekarang yang jadinya serius gitu makanya aku suka skip skip in kalau ada status yang aneh-aneh

    ReplyDelete
  8. Pantes Inay jarang aktif di FB ya. Aku juga paling cuma jadi silent reader di FB, nggak mau masuk ke dalam perdebatan publik atau nyinyir-nyinyiran. malah ngabisin waktu aja. Kebanyakn teman-temanku yang garis keras dan sumbu pendek juga udah aku unfol, jadi lumayan tenang FBku.

    ReplyDelete
  9. Kalo boleh dibilang, facebook ini sosial media paling buncit yang aku cek notifnya. Paling betah nongkrongin Instagram, itu bisa wasting time. Kalo lg gk produktif, bisa2 gk berfaedah saking kebanyakan klik wkwkwk.

    Abis mo gimana lagi, FB isinya bikin errr. Buka pun, liat notif, skrol temlen bentar, udah kelar.
    Share postingan doang kalo pas lg updet blog hihihi.

    Karena prinsipku, mending menghindari daripada kita ikut2an deramah *nooffence*

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, share postingan sama cek notif pengumuman grup

      Delete
  10. haloo mba innayah salam kenal^^ ini bener deh facebook dalam 2 tahun terakhir ini nyebelin. efek dari politik something. Dulu udah pernah puasa fb hampir 7 tahun lebih, sekarang balik ke fb lagi cuma dengan dua tujuan. Jualan dan naruh update an blog. kolom filter bakal berisi sesama temen onlineshop kurasa. terima kasih infonyaa mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya, mostly gitu pada share postingan doang

      Delete
  11. punya fb karena ada beberapa temen dari zaman sekolah yg blm punya ig, aq main ig aktif, fb dilihat kalo ada notif aja, kalo gak, yah gak, di update aja males dan fb yang pertama kali aq buat udah aq hapus. karena gak suka dg time hop. soalnya banyak foto zaman jahiliyah blm pake hijab dan ada temen yg seringgggg bgt share time hop itu.

    fb yang seru buat aq itu tips-tips masak, dekor rumah, xixixi

    ReplyDelete
  12. Setuju mbak... Facebook memang tak seindah dulu... Sekarang mah sudah banyak yang memanfaatkan buat bahan profokasi... Kebanyakan orang punya akun lebih dari satu... mungkin buat cari aman....

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih emnding jadi tempat jualan ya hahaha

      Delete
  13. iya, tapi klo bisa fb ads , juga asiikk tu mbak, fb udah jadi lahan bisnis aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum mau kesana, hahah buka fb aja udah males

      Delete
  14. dulu main fb taun 2009an, ganti fbannya di warnet.betah lamaaaa banget fban. smpek wartnet mau tutup masih di situ aye ayem dulu,,

    ReplyDelete
  15. iya mbak,, pdal dulu jman smp, kanan kiri pasti temen-tmen ngomongin fb, km fb apa-kmu fb apa ,, hehe

    ReplyDelete
  16. FB sekarang parah....video yang nggak pantas pun bisa di posting...

    ReplyDelete
  17. aku jg dr taun 2008 mb buat FB dulu bgt aku bikin status geje aja ga kan ada yg nyinyir kek skrg aku pun heran knp skrg jd pd sensitif, baperan halah pdhl dari FB aku ketemu jodoh awal komen2an status, chatting dah geto kopdar berujung merit hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciye ciyee, ternyata banyak yang gitu ya nemu jodoh

      Delete
  18. Wah, boleh-boleh tuh dicoba. Aku juga males sekarang lihat Facebook. Paling lihat notif grup, mention. Udah jarang lihat beranda. Bawaannya bikin kening berkerut. Tapi udah lumayan sih. Banyak unfollow dan hide status2 yg bikin spaneng. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha sama teteh, akupun. kita jamaah twiteriyah yaa

      Delete
  19. memang sih, tp aku mah tetap pakai dan kayak gitu gak pernah aku baca sih, yg penting aku selalu bikin status yg bermanfaat. jd spt kasih contoh gitu, walau sederhaan siapa tahu ada yg nyontoh

    ReplyDelete
  20. aku mah kalau ada yg nyebelin ya langsung anfol ajalah, ga peduli siapa juga. Biar beranda adem

    ReplyDelete
  21. aku kok gak berasa demikian yah? hehe :) masih nyaman nyaman aja pakenya. Malah sama instagram yang agak eneg, tiap buka explore pasti ada aja entah meme mesum lah, akun sara lah, de el el. Makanya sekarang jarang main IG :)
    Salam kenal btw buat mba Innayah :)

    ReplyDelete
  22. hai innnayah...aku juga ketemu jodoh di warnet,sama yg punya warnet di bateng hihi

    sekitar tahun 2013-2015an fb menurutku memang membosankan dan beralih ke ig,etapi kesini2 kok fb tampilannya jadi lumayan dan temen2ku kebanyakan maen di fb.

    ReplyDelete
  23. Buka fb pertama lihat notif dulu. Selama ini fb saya masih nyaman, meski pernah unfol juga.
    Baru tahu ada filter feed fb. Thanks ya.

    ReplyDelete
  24. Iya mbk, jauh berbeda dengan yang dulu. Dulu saya gak pernah unfollow/unfriend orang di fb. Tapi karena situasi dan "keganasan" mereka dengan terpaksa saya unfollow bbrp teman yang suka suka share hoax & provokasi. Biar adem timeline saya.
    Saya jadi kangen fb jaman dulu yang isinya paling curhatan harian hehee..

    ReplyDelete
  25. Sepakaaat banget mbak, fb yg sekarang sangat jauh berbeda dr yang dulu. Saya kalau buka fb paling buka grup blogger sama liat timeline sebentar. Setelah itu udah langsung tutup. hehehe biar hidup gak makin banyak drama, fb sekarang mah drama terus isinyaa. . hiks gak seasik yg duluuu :"

    ReplyDelete
  26. I dont mind sih nay soal fb yang sekarang udah nggak asik lagi soalnya udah lama juga nggak suka share2 macem2 di fb selain postingan blog.
    bukan orang yang demen nongkrong lama2 di fb juga :) jadi ya serah mereka mau sharing apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaiya sih aku juga cm share postingan. cuman..ah yasudahlah, pikiranku terlalu receh ya wkkwkw

      Delete
  27. zaman skrang FB sdh mnajdi tempat memfitnah antar satu golongan dgn golongan lain

    ReplyDelete
  28. mau nga mau aku sudah mulai menyaring2 pertemanan. dan lbh banyak mantau aja. daripada sakit kepala tiap buka fb.

    ReplyDelete
  29. aku pun ada beberapa unfollow buat mereka-mereka yang udah masuk ke rana SARA.

    ReplyDelete
  30. Aku nih, kalau habis nyetatus gimana dikit terus kepikiran. Jangan2 ntar buka fb sdh berderet bully-an, jangan2 sdh ada status tandingan, jangan2 sdh discreen shoot & dibantai di group2 WA. Hahahaha.... Tapi beneran, seandainya fb bukan syarat dpt job, aku sudah deactive. Aku nggak pake cara Dhani, aku simply unfollow saja, masukkan mereka kedalam kotak. Lebih simple & lebih tegas pada diri sendiri krn yg utama diri sendiri harus berani menyingkirkan yg bertentangan dg nurani. Kita tersiksa krn membiarkan diri di area abu2. Feel bad itu pasti ada tapi paling nggak sampai 24 jam dah lupa heheee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi nambah-nambahi pikiran. udah ndak nyetatus pun aku maish was-was mba, misal abis share postingan baru gitu. hahaha khawatir ada yang tersinggung atau gimana

      Delete
  31. Iya benar sekali, tak seindah dulu. Enaknya diapain? dihapus aja ayo bareng2 hahaha #tapikoksayang

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature