Rekomendasi 8 Film Netflix Tentang Islam

April 19, 2021

Rekomendasi 8 Film Netflix Tentang Islam
Semenjak pandemi, aktivitas nonton film semakin menjadi-jadi sih. Tapi sekarang sudah engga ke bioskop lagi, semua berpusat di Netflix. Nah, inginnya ketika nonton film itu kita dapat insight atau hikmah selain juga hiburan. Saya merangkum beberapa film Netflix yang mungkin berguna untuk kamu yang sedang mencari rekomendasi film tentang Islam.


List ini terdiri dari series, dokumenter, maupun film sekali selesai. Sayangnya tidak ada film dari Indonesia ya. Entahlah sejauh ini film bertemakan Islam dari Indonesia yang masuk Netflix tidak ada yang mengena di hati. Seputaran drama kan? Beberapa juga film yang pernah saya tonton di bioskop dan memberi kesan B aja.


1. Caliphate

Relate dengan kondisi di Indonesia sekarang dimana orang-orang sangat termotivasi ke Suriah. Kayaknya film ini cocok buat proses deradikalisasi atau buat ditayangkan di sekolah-sekolah sih. Film yang mengambil latar Suriah dan Swedia ini mencoba menunjukkan gambaran kehidupan kelompok Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS). Kisah bermula dari Pervin dan Husyam, pasangan muda asal Swedia yang memilih hijrah ke Raqqa, Suriah dan bergabung dengan kelompok ISIS.


Namun rupanya kehidupan di Raqqa tak seindah yang mereka bayangkan. Kelompok ISIS tak segan-segan melakukan tindakan kekerasan pada setiap orang yang dianggap membangkang dari kelompoknya. Para lelaki pun diwajibkan berjihad dengan senjata, melawan orang-orang yang mereka anggap kafir.


Di sisi lain, ada peran tim perekrut. Dengan kemampuan persuasinya, si guru di sekolah di Swedia yang bernama Ghaddah mampu meyakinkan para perempuan Swedia untuk bergabung dalam kelompoknya. Ia menggambarkan Islam sejati yang bisa ditemukan dalam kelompok ISIS, juga menjanjikan pertemuan dengan Tuhan.


Rate: 5/5


2. Messiah

Series Netflix yang cukup kontroversial sih dan menimbulkan multitafsir. Tapi bukankah karya seni yang bagus itu yang banyak persepsi ya kan? Gara-gara nonton ini saya jadi mengkaji lebih jauh bagaimana Islam memandang Imam Mahdi, Messiah, dan bagaimana hari akhir.


Rekomendasi 8 Film Netflix Tentang Islam

Messiah ini berfokus kepada tanggapan dunia modern atas seorang pria yang pertama kali menampakkan dirinya di Timur Tengah. Kemunculannya yang tiba-tiba dan mukjizat-mukjizat yang dianggap nyata memancing banyak pengikut di seluruh dunia, sehingga menimbulkan keraguan tentang siapa dia sebenarnya. CIA memutuskan menyelidiki kemunculannya.


Rate: 5/5


3. Secret Of Saqqara Tomb

Nah, kalau mau nonton dokumenter yang sekali selesai dan ala-ala Jejak Rasul gitu cocok nih nonton Secret Of Saqqara Tomb. Secrets of the Saqqara Tomb adalah film dokumenter Inggris tahun 2020 yang disutradarai oleh James Tovell. Film ini mengikuti tim arkeolog Mesir yang menemukan sebuah makam dari abad ke-25 SM di pekuburan Saqqara, tepat di luar Kairo yang tidak tersentuh selama 4.400 tahun.


Rekomendasi 8 Film Netflix Tentang Islam


Rate: 4/5


4. Joanna Lumley’s Silk Road Adventure

Mau nonton tayangan yang ringan dan menghibur tapi sarat ilmu? Pembawa acaranya nenek-nenek tapi atractive banget sih, Joanna Lumley’s ini. Joanna Lumley memulai perjalanan dari Italia tepatbya Venice. Tujuan akhirnya adalah ke Kyrgyzstan dan menelusuri jejak tokoh-tokoh sejarah di sepanjang Jalur Sutra kuno.


Rekomendasi 8 Film Netflix Tentang Islam


Saya sebelumnya engga ada gambaran Georgia, Albania, itu kayak apaan. Lalu juga bagaimana sih Iran sebagai sisa peradaban kemajuan Islam kuno tuh. Yang kita tahu Iran ya tempat konflik.


Rate: 4/5


5. Saudi arabba uncovered

Siapkan mental sebelum nonton dokumenter ini, saya sangat mengapresiasi pembuatnya. Film dokumenter ini sebagian besar berasal dari kamera tersembunyi. Kita tahu Saudi negara kaya raya dan amkmur, tapi ternyata ada sisi Arab Saudi yang sangat amat kumuh layaknya Jakarta.


Rekomendasi 8 Film Netflix Tentang Islam


Oiya, negara ini super tertutup. Jangan aneh-aneh pokoknya, apalagi kalau wanita. Yang pasti, nonton ini kita bakal bersyukur banget tinggal di Indonesia khususnya buat muslimah. Betapa kita sangat amat bebas berkarya dan menentukan pilihan.


Rate: 4/5


6. Bodyguard

Sebenarnya ini bukan film yang menceritakan Islam, tapi ada menyerempet kesana. Series ini berkisah tentang Police Sergeant David Budd, seorang veteran perang Angkatan Darat Britania Raya, yang kini bekerja sebagai pengawal spesialis di Divisi Pengawalan Kerajaan dan Spesialis Kepolisian Metropolitan London. Ia ditugaskan melindungi Menteri Dalam Negeri Julia Montague yang ambisius dan sikap politiknya bertentangan dengan Budd.


Rekomendasi 8 Film Netflix Tentang Islam


Ada terorisme yang dilakukan seorang Martir bernama Nadia. Wanita berhijab ini benar-benar membuat kita bilang “lah...gitu? “ ga nyangka deh endingnya.


Rate: 5/5


7. From Japan To Egypt

Pernikahan beda bangsa dan budaya tentu tidak udah. Apalagi Jepang VS Mesir, timpang banget kan? Cerita tentang kawin campur atau pernikahan beda bangsa yang berujung gagal. Berujung rebutan hak asuh anak kembarnya. Sedih dan sekaligus menghibur.


Rekomendasi 8 Film Netflix Tentang Islam


Rate: 3/5


8. The Life Ahead

The Life Ahead mengisahkan tentang wanita tua yahudi bernama Madame Rosa (Sophia Loren). Ia adalah korban selamat dari peristiwa Holocaust atau kejahatan genosida terhadap orang-orang Yahudi pada masa Perang Dunia II. Seorang dokter (Renato Carpentieri) yang juga teman lama Madame Rosa justru memintanya untuk merawat anak asal Senegal yatim piatu bernama Mohammed atau Momo.


Rekomendasi 8 Film Netflix Tentang Islam


Film ini menyentuh banget, asli. Bahwa kasih sayang itu bisa lintas ras, etnis, usia, bahkan lintas iman.


Rate: 4/5


Itu dia 8 Rekomendasi Film Netflix tentang Islam. Kalau kamu punya rekomendasi juga boleh dong ditambahkan ke kolom komentar. Selamat menonton!

1 comment on "Rekomendasi 8 Film Netflix Tentang Islam"
  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature