Testimoni Pelatihan Digitalent Scholarship Video Content Creator By Effion Creator School

August 25, 2021

Digitalent scholarship Kemenkominfo bersam Effion school
niat banget bikin tugas video 

Berkesempatan mengikuti pelatihan menjadi content creator yang diadakan Digitalent scholarship Kemenkominfo bersam Effion school adalah highlight saya di bulan Agustus 2021 ini. Ternyata saya nggak hanya diajarin bikin video, tapi juga ditantang menghasilkan karya digital serta berkolaborasi dengan orang-orang yang baru saya kenal. Seneng banget, nggak nyesel!


Apa sih Digitalent Kominfo?

Saya sudah mengetahui adanya program pelatihan gratis dari Kominfo ini sejak sebelum pandemi. Waktu itu pernah tertarik mendaftar pelatihan sosial media. Eh tapi ternyata tempatnya di UI, lumayan jauh dari Bekasi. Ketika pandemi datang, makin banyak pelatihan yang ditawarkan Digilatent. Yang untukprofessional macam data analyst, data science, dan pemrograman ada. Yang thematic macam sosial media, konten kreator, ada. Yang semacam entrepreneurship juga ada.


Yang membuat tertarik tuh bukan sertifikat Kominfonya sih, tapi….mentornya itu. Jadi misal nih ya, konten kreator. Maka yang jadi rekanan kominfo buat ngadain pelatihan bukan lembaga ecek-ecek. Effion school tuh keren banget, loh. Juga tentang pelatihan lainnya. Intinya, silabus yang Digitalent tawarin tuh aplikatif banget-bangeeet.


Program DTS 2021 secara garis besar dibagi menjadi Tujuh akademi, yaitu:


Fresh Graduate Academy (FGA)

Program pelatihan berbasis kompetensi bersama GlobalTech yang ditujukan kepada peserta pelatihan bagi lulusan S1 bidang TIK dan MIPA, dan terbuka bagi penyandang disabilitas;

Vocational School Graduate Academy (VSGA)

Program pelatihan berbasis kompetensi nasional yang ditujukan kepada peserta pelatihan bagi lulusan SMK dan Pendidikan Vokasi bidang TI, Telekomunikasi, Desain, dan Multimedia

Coding Teacher Academy (CTA)

Program pelatihan merupakan program pelatihan pengembangan sumberdaya manusia yang ditujukan kepada peserta pelatihan bagi Guru setingkat SMA/SMK/MA/SMP/SD di bidang pemrograman.

Online Academy (OA)

Program pelatihan OA merupakan program pelatihan Online di bidang Teknologi Informasi yang ditujukan kepada peserta pelatihan bagi Masyarakat umum, ASN, mahasiswa, dan pelaku industry

Thematic Academy (TA)

Program pelatihan TA merupakan program pelatihan multisektor bagi pengembangan sumberdaya manusia yang ditujukan kepada peserta pelatihan dari jenjang dan multidisiplin yang berbeda

Regional Development Academy (RDA)

Program pelatihan RDA merupakan program pelatihan pengembangan sumberdaya manusia yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi ASN di Kawasan Prioritas Pariwisata dan 122 Kabupaten Prioritas Pembangunan

Digital Entrepreneurship Academy (DEA)

Program pelatihan DEA merupakan program pelatihan pengembangan sumberdaya manusia yang ditujukan kepada talenta digital di bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).


Saran saya sih rajin-rajin cek socmednya Digitalent. Sering banget info pelatihannya disebar disana. Nama socmendya apa? Dicari yah, kan mau jadi Jagoan Digital hehehe.


Ada seleksinya nggak sih?

Ada dong! Jadi tahap awalnya itu seleksi administrasi. Kita mengisi data diri, surat pernyataan, dll. Tenang, itu semua dipandu kok di webnya digitalent. Dan,,,,nggak seribet persyaratan CPNS.


Yang lolos berapanya, itu tergantung dari kuota pelatihan. Ada yang ratusan, ada yang ribuan. Nah, setelah lolos administrasi ada tes tertulis. Online juga, 40 soal dengan timer. Pertanyaanya kadang ada yang teknis bangte, kadang ada yang logika. Kembali lagi tergantung pelatihannya. Ikutin ajah yah.


Lolos lagi? Selamat, sudah kok tahapannya. Kamu bisa kirim data yang mereka minta seperti surat kesanggupan dan mungkin dokumen lain. Semua info bakal dikirim via email, rajin cek aja jangan skip.


Belajar apa saja untuk menjadi konten kreator?

Saya kira hanya akan belajar proses produksi, ternyata dari pra hingga pasca. Sering loh kita lupa pra produksi itu penting. Bagaimana menggali ide, menjabarkan ide, membuat perencanaan produksi, dan persiapan lainnya. Tanpa produksi yang mumpuni, saat produksi kelabakan.


Digitalent scholarship Kemenkominfo bersam Effion school
17 Agustus habis upacara pelatihan doong sampai sore, mantap

Kalau produksi ya pasti sudah kebayang yah, kalau yang sering bikin konten pasti tahu. Gimana naruh lighting, milih angle kamera, mastiin sound ok, dsb. Lalu setelah jadi, jangan lupa nih post produksinya. Keburu mager karena pusing di bagian ini akan bikin karya-karya kamu Menuhin hardisk doang. Edit yang bener, lalu distribusikan dan publikasikan dengan cara yang bener.


Saya masuk kelas E di batch 4, dengan pengajar kak Ogun Oddity. Coba deh googling kalau belum tahu, hehhe. Kemungkinan bakal nemuin sosok mas-mas yang sering bareng Ria Ricis. Kok bisa? Iya doit uh mantan timnya Ricis. So, jangan ditanya lah ya soal skill. Sudah paham banget dari sisi teknis termasuk selera pasar. Materinya, praktiknya sama sekali nggak basi. Kak Ogunnya juga selalu ceria, rame, nggak ngantuk meski tiap hari pelatihanya berjam-jam.


Oiya setiap hari ada tugas yah, biar kita bisa nyerap materi dengan benar. Dan setiap malam juga ada sesi diskusi dengan teman-teman sekelas jadinya lebih cepat akrab heheh. Kalau nggak akrab, ya gimana bisa bikin video tugas akhir berupa kolaborasi jarak jauh macam ini:

Nah akhir kata, saya mau bilang…kalau kamu nyari pelatihan gratis yang berbobot, kepoin Digitalent. Kalau sudah lolos, jaga komitmen dengan ikutin kelas dan kerjain tugas hehe. Ini tugas akhir individu saya, selamat menikmati.

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature