Tips Menang Lomba 17an Balap Karung dan Tarik Tambang

August 14, 2022

 

Bulan Agustus di Indonesia adalah bulan Kemerdekaan sekaligus bulan aneka permainan tradisional maupun olahraga. Permainan yang khas dimainkan saat Agustusan adalah Balap Karung dan Tarik Tambang. Instansi, RT, RW, hingga perusahaan mengadakan lomba ini meskipun tidak ada kewajiban dalam aturan pemerintah. Aku akan berbagi tips mengenai cara menang lomba balap karung dan tarik tambang.

Balap Karung

Cara bermain balap karung adalah dengan memasukkan kedua kaki peserta di dalam karung (biasanya karung goni, bukan karung plastik). Karung ini bagian atasnya dipegang oleh peserta. Para peserta harus melompat ke depan dari titik awal menuju garis finish. Selama ini belum pernah melihat balap karung mundur, entah kenapa bisa begitu. Orang pertama yang melewati garis finish adalah pemenang perlombaan. 

Tips menang lomba balap karung:

  1. Jangan jalan pakai 2 kaki, tapi melompatlah.Karena kalau jalan tidak akan seimbang, kaki kiri akan menarik kaki kanan.

  2. Daripada meolpat lebih tinggi dan lebih jauh, lebih baik perpendek langkah dan percepat frekuensi melompat. Saat melompat terlalu tinggi, ada yang namanya in air condition, dan ini akan membuang waktu.

  3. Jangan menyibukkan diri dengan menarik karung yang melorot. Pastikan dipegang erat-erat karungnya, tarik semaksimal mungkin. Entah kenapa karungnya dipegangin ya, apa boleh diikat pakai rafia? hehehe

Tarik Tambang

Permainan yang awalnya dimaksudkan sebagai latihan militer ini mengandalakn kekuatan kaki dan tangan. Jika balap karung adalah lomba individual, maka tarik tambang dimainkan dalam tim.

Alat yang dibutuhkan hanya tambang, biasanya bukan tambang plastik ya...apalagi rafia. Pada bagian tengah tali akan diberi tanda tengah yang membatasi antara bagian tali kelompok pertama dan kedua. Biasanya, bagian tengah ini ditandai dengan cat atau pita.

Cara bermainnya adalah masing-masing anggota tim berdiri di wilayah masing-masing dengan membuat jarak antar anggota tim untuk nantinya menarik tali. Kemudian, masing-masing kelompok akan saling menarik tambang ke arah berbeda. Penilaian tarik tambang untuk kelompok yang menang adalah mereka yang berhasil menarik tambang sampai lawan masuk ke area tim. Sebaliknya, tim yang kalah adalah mereka yang berhasil terseret ke wilayah lawan atau batas tengah sudah lebih banyak di wilayah lawan.

Tips menang lomba tarik tambang:

  1. Biarkan lawan bernafsu untuk menarik sekencang-kencangnya, kita bertahan. Saat lawan mendapat momentum besar, kita tarik. Kalau sama-sama menarik ya nggak akan jatuh, melainkan bergeser.

  2. Berdasarkan persamaan gerak atau hukum 2 Newton, gaya tarik berbanding lurus dengan akselerasi. Gaya tarik juga berbanding lurus dengan massa dan koefisien gesekan dengan permukaan. Maka dapat dipahami bahwa untuk memenangkan pertandingan tarik tambang, tim menempatkan orang-orang yang bertubuh besar sehingga massa juga besar.

 Selamat mencoba ya, kabari kalau berhasil menang dengan menerapkan tips ini.

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature