Infografis Cara Pesan Tiket Kereta Api Online

August 24, 2017
Saya sering merasa heran kenapa di jaman yang serba modern ini masih ada calon penumpang kereta yang beli tiket di loket stasiun. Salah satu alasan mereka adalah pesan tiket kereta online itu susah. Padahal kalau sudah tahu caranya, lebih sederhana dibanding cara manual. Maunya sih ngga perlu antri-antrilah, terlebih lagi bagi masyarakat yang sering melakukan perjalanan. Bersyukur banget ketika pesan tiket kereta api sudah bisa dengan cara online. 

infografis cara pesan tiket kereta api online


Pengalaman buruk

Saya pernah mengalami beberapa pengalaman buruk saat membeli tiket kereta secara online. Itu sih karena keteledoran semata. Salah tanggal keberangkatan, salah jam, rasanya kok menyedihkan banget. Ya bagaimana nggak sedih lha sudah sampai stasiun ternyata keretanya berangkatnya kemarin. Hati-hatilah saat melihat tanggal sebelum booking tiket.

Meski pernah mengalami yang demikian, tetap saja opsi pesan tiket online tetap menjadi pilihan. Dulu jaman kuliah masih ngerasain antri tiket langsung di stasiun. Syukur-syukur masih ada, kalau habis ya mau gimana  lagi. Pernah sih disamperin calo, itu kejadiaanya pas lagi peak season liburan. Harganya hampir 2x lipat tiket asli.

Cara memesan tiket secara online

Buat yang masih bingung cara pesan tiket kereta api online, begini ya step-stepnya.

  1. Pastikan terlebih dahulu kapan Anda akan bepergian.
  2. Jika keberangkatan sudah pasti, maka isilah mengenai tanggal keberangkatan Anda, stasiun asal dan juga untuk stasiun pada tujuan perjalanan Anda nantinya.
  3. Kemudian klik tombol pada cari tiket, maka tiket KAI akan menampilkan pada jam keberangkatan yang dapat Anda pilih.
  4. Jika Anda sudah memilihnya, maka isikan pada data penumpang secara lengkap dan benar. Kemudian Anda dapat langsung melakukan pemesanan atau booking tiket.
  5. Jika Anda sudah booking tiket, maka Anda dapat langsung melakukan pembayaran
  6. Jika Anda melakukan pembayaran melalui minimarket, maka simpanlah struknya untuk keperluan pencetakan tiket                                                                         

Pembatalan Tiket

Lalu bagaimana kalau kita nggak jadi berangkat atau salah beli tiket? Saya pernah tuh, salah ambil rute. Untung segera ketahuan setelah kode booking diemailkan. Mau nggak mau tiket tersebut harus dibatalkan dong. Sayangnya, pembatalan tiket kereta saat ini harus langsung ke stasiun.

Nggak harus di stasiun keberangkatan kita kok. Misalnya tiket yang mau kita batalkan itu rute Gambir-Semarang, bisa lho lewat stasiun Bekasi atau Surabaya sekalipun. Jadi nggak perlu ke Gambir hehhe.

Dokumen yang perlu disiapkan tentu adalah kode booking dan fotokopi KTP. Nggak perlu dicetak, di sebagian besar stasiun customer servicenya menyediakan mesin fotokopi.
Refund nya ngga bisa cash ya, maksimal 30 hari 75% uang dari tiket kita akan ditransfer. Kenapa Cuma 75%? Ya aturannya begitu, 25% hilang.

Sistem Boarding

Oiya, mulai 2016 PT KAI sudah menetapkan sitem boarding. Ya mirip-mirip dengan naik pesawat gitu lah. Kode booking yang sudah didapatkan harus dicetak menjadi tiket di stasiun. Warna tiket kereta saat ini yang orange itu lho ya bukan yang biru.

Satu jam sebelum keberangkatan kereta, kita bisa check in di pintu ke arah peron dengan menyertakan identitas. Pemeriksaan tiketnya tidak dengan manual lagi, melainkan scan barcode yang tertera di tiket.

Sering ada Diskon

Salah satu keuntungan lain pesan tiket kereta api online adalah sering ada diskon. Ini lumayan banget lho, sering-sering saja pantengin info di social media provider tiket. Saya sih belum pernah kebagian diskon besar, tapi kalau 25.000 gitu ya sering.

Jadi gimana, masih mau antre di loket atau pesan tiket kereta secara online?
4 comments on "Infografis Cara Pesan Tiket Kereta Api Online"
  1. sudah lama nga jalan jauh pakai kereta. jadi sistem boarding itu bagiku baru bangat.

    ReplyDelete
  2. Berguna banget info beginian. Totatally milih kereta api kalau kemana-mana daripada
    naik transportasi umum lainnya.

    ReplyDelete
  3. aku pernah pesan tiket kereta juga di aplikasi online. praktis. oh ya pakai bukalapak juga bisa beli tiket kan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature