Jogging di Pantai Kuta Bali

January 06, 2023

Jogging di Pantai Kuta Bali
Summer vibes jogging di pantai Kuta

Aku yakin kita semua pernah insecure melihat orang-orang yang rajin olahraga. Aku juga ingin begitu, konsisten menjaga kebugaran tubuh. Liburan adalah saat yang tepat membentuk kebiasaan baru, salah satunya jogging. Dalam itinerary yang aku buat sebelum ke Bali, aku menyelipkan “jogging” sebagai salah satu aktivitas. Karena aku menginap di seputaran Kuta dan Legian, jadi inilah pengalamanku jogging di Pantai Kuta Bali. 

Jogging Track di Bali

Ketika menyusun itinerary, aku riset lokasi jogging di Bali yang proper. Sekilas aku share ya lokasinya sebagai berikut.

Bukit Tjampuhan, Ubud

Kalau kamu berada di sekitaran Ubud dan pengen jogging dengan track bukit, maka bukit Tjampuhan ini bisa jadi jawaban. Area perbukitan kecil ini memiliki jalur lari atau jalan santai yang nyaman dan terawat. 

Lapangan Niti Mandala, Denpasar

Nggak jauh-jauh banget dari Kuta, kita bisa jogging di lapangan Niti Mandala. Memang sih suasana Balinya kurang terasa. Tapi boleh dicoba sebab, lapangan ini juga berfungsi sebagai taman kota sehingga memiliki pohon-pohon rindang.

Pantai Mertasari, Sanur

Asyik banget menikmati matahari terbit sambil jogging di pantai Sanur. 

Subak Prapat Beris, Sanur

Sanur tempat yang cocok buat mengejar sunrise di pantainya, tapi kalau kamu lebih suka jogging di persawahan bisa ke Subak Prapat Beris ini.

Pantai Jerman hingga Kuta

Ini adalah track jogging yang kulewati, aku akan cerita lebih lanjut di bawah. Yang jelas, kalau kamu menginap di Kuta atau Legian maka terbaik memang di sini.
Jogging di Pantai Kuta Bali
Nggak tahu kenapa Jerman

Alasan jogging di Pantai Kuta

Dari hasil riset, akhirnya aku memilih jogging di pantai kuta dengan alasan:
  • Dekat dengan penginapan, jadi bisa langsung start jogging dari penginapan.
  • Track proper menggunakan paving block sejauh 5 km
  • Aman, areanya full pantai yang nggak terlalu sepi
  • Pemandangan indah, dari pantai hingga resort
  • Finish bisa ketemu tempat kuliner langsung di Pantai kuta
  • Kalau capek pulang, bisa order ojek online dengan mudah
Itulah poin-poin yang menurutku perlu dipertimbangkan sebagai newbie dalam hal jogging. 

Best Time Jogging Di Pantai Kuta

Sebelum membahas rute, ada baiknya aku tekankan mengenai best time jogging di pantai kuta. Kita tahu lah ya bahwa area Kuta dan Legian itu pusatnya turis beraktivitas. Lari di sore hari sambil menunggu sunset akan sangat romantis, namun aku sarankan memilih lari pagi saja. 
Jogging di Pantai Kuta Bali
Pantai Kuta saat pagi
Track jogging sepanjang Pantai adalah paving block yang pada siang hingga sore akan penuh oleh turis. Bahkan mungkin akan ditempati pedagang atau penjaja jasa surfing. Di pagi hari, paving block tersebut kosong banget bahkan kamu bisa bersepeda.

Rute Jogging Di Pantai Kuta 

Jogging di Pantai Kuta Bali
Rute jogging
Ini adalah rute jogging aku yang bermula dari penginapan. Nggak langsung lari sih, jalan cepat dulu saja. Kita bisa memulai dari Utara di Gapura pantai Kuta, atau dari Selatan di Pantai Jerman. 
Rute yang aku pilih adalah dari kuta masuk ke pantai, lalu ke selatan sampai ujung dekat bandara. Setelah itu mengikuti paving block ke utara dengan finish di Beachwalk Pantai Kuta. Di sini kita bisa sekaligus hunting sarapan atau kopi pagi. Penjaja nasi Jinggo dengan harga di bawah sepuluh ribu sudah berjajar di depan Beachwalk jam 8 pagi. Kalau mau fancy, bisalah masuk ke cafe atau restoran.
Jogging di Pantai Kuta Bali
Nasi Jinggo, 8 ribuan
Jogging di Pantai Kuta Bali
But first, coffe
Beberapa kali aku berhenti untuk menikmati udara pagi dan debur ombak. Meski bukan akhir pekan, banyak juga yang jogging di track tersebut. Nggak usah takut nyasar karena jalurnya jelas banget. 

Persiapan Sebelum Jogging

  • Cek kapan matahari terbit. Karena aku biasa di zona waktu WIB, aku perlu menyesuaikan diri dengan jam di area WITA. Ternyata subuhnya memang agak siang, jadi aku lari juga cukup siang secara jam namun sebenarnya tepat setelah matahari terbit.
  • Pakailah sepatu yang nyaman, jika kita berpikiran kemungkinan akan melipir dari paving block ke pantai maka pastikan proper untuk itu.
  • Earbud, smartwatch, aplikasi workout bisa menambah semangat untuk lari loh.
  • Air minum, tapi kalau kamu nggak mau ribet kayak aku nggak apa-apa kok. Karena kalau haus, kita bisa minggir ke circle-K atau penjaja minuman di sepanjang pantai. 
  • Sunscreen, jangan sampai badan kita segar namun kulit kita breakout ya kan? 
Kebanyakan hotel pasti memiliki fasilitas gym, tapi jogging di udara terbuka apalagi sambil menikmati langit Bali rasanya adalah pengalaman yang tak sepatutnya dilewatkan. 
Jogging di Pantai Kuta Bali
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature