Memanen Energi Untuk Industri Dari Sekam Padi

June 18, 2022
Peresmian Boiler Biomassa industri berbahan bakar sekam padi

Setiap kali membicarakan mengenai Renewable Energy, aku selalu teringat Ibu Endah. Beliau adalah dosen pembimbingku saat kuliah di IPB. Di tingkat 3, aku mengambil konsentrasi energi untuk studi S1 ku. Aku masih ingat saat praktikum menghitung energi dari pembakaran sekam di lab Leuwikopo bersama Ibu Endah dan Ibu Dyah. Siang-siang berjemur dan bebakaran, luar biasa memang ya. Dulu kami bebakaran sekam menggunakan drum sebagai peraga boiler. Setelah lewat satu dekade, ternyata konsep ini akhirnya aku tahu ada industri multinasional yang barusaja menerapkannya. Danone SN Indonesia bekerjasama dengan BECIS untuk memanfaatkan energi terbarukan dari Boiler Biomass yang berbahan baku sekam padi, sehingga dapat mengurangi jejak karbon hingga 32%.

Tantangan Perubahan Iklim

Sebagai perusahaan yang mengusung Visi One Planet One Health, Danone percaya bahwa kesehatan bumi dan kesehatan manusia saling berkaitan, serta mengatasi dampak perubahan iklim adalah bagian dari komitmen perusahaan untuk terwujudnya bumi dan masyarakat yang lebih sehat.  Bekerjasama dengan BECIS, penyedia layanan energi terbarukan di Asia, Danone SN Indonesia membangun fasilitas Boiler Biomassa yang akan menggunakan sekam padi sebanyak 10.500 Ton/Tahun dan mampu menghasilkan energi hingga 6 Ton Steam per jam, sehingga menjadikannya Boiler Biomassa industri berbahan bakar sekam padi yang pertama di Jawa Tengah. Hal ini disampaikan oleh Vice President General Secretary Danone Indonesia, Ibu Vera Galuh Sugijanto pada saat peresmian di Klaten 15 Juni 2022.

Inagurasi Boiler Biomassa Industri Pertama Berbahan Bakar Sekam Padi di Jawa Tengah

Apaan sih boiler?

Boiler adalah suatu perangkat mesin yang berfungsi untuk mengubah air menjadi uap. Proses perubahan air menjadi uap terjadi dengan memanaskan air yang berada didalam pipa-pipa dengan memanfaatkan panas dari hasil pembakaran bahan bakar. Nah, uanp bertekanan tinggi dari boiler itu digunakan untuk proses pemanasan di dalam pabrik. Kan mesin-mesin banyak kan yah? Itu manasinya engga pakai api kayak kita di rumah, melainkan pakai uap.

Ilustrasi boiler sederhana

Normalnya, boiler menggunakan air atau gas alam. Tap ikan itu nggak sustainable kan nantinya? Makanya, sekarang ada berbagai upaya bagaimana caranya agar boiler dapat kerja lebih efisien dan ramah lingkungan.

contoh boiler di industri besar

Bakar sekam bukankah menambah jejak karbon?

Mungkin akan ada yang berpikir kalau bakar-bakar itu meningkatkan karbondioksida ke udara. Nah, ini sih jangan disamakan seperti bakar sekam padi di sawah atau kita bakar sampah yah. Selain itu, proses di boiler menghasilkan samph berupa abu sekam yang bermanfaat untuk petani. Abu sekam yang dihasilkan  dari proses produksi Boiler Biomassa ini mengandung Silika yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas pertanian hingga 10 ton/Ha. Danone dan BECIS telah mendistribusikan abu sekam ini bagi kelompok tani dan mendampingi aplikasinya bersama pupuk ke lahan pertanian padi seluas 159 Ha. 


Sebagai bentuk teknologi ramah lingkungan, Boiler Biomassa ini menggunakan bahan baku sekam padi. Sekam padi yang merupakan limbah pertanian ini didapatkan dari berbagai wilayah di Provinsi Jawa Tengah, termasuk dari lahan pertanian di sekitar fasilitas Boiler Biomassa, yang merupakan salah satu penyumbang produksi padi terbesar secara nasional. Boiler Biomassa ini dapat menurunkan emisi karbon sebesar 8.300 Ton CO2 atau setara dengan emisi karbon yang diserap melalui penanaman 120.000 pohon, sehingga dapat mengurangi jejak karbon yang dihasilkan dari proses produksi di Pabrik Prambanan hingga 32%. Keren banget kan?

Komitmen Terhadap Lingkungan

Sudah jelas ya, bahwa Danone Specialized Nutrition Indonesia (SN Indonesia) berkomitmen untuk memitigasi perubahan iklim dengan menyediakan produk bernutrisi untuk ibu, anak dan keluarga yang diproduksi secara ramah lingkungan.

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature