Engineer Undercover: Hobi Ngeblog Switchable Me

November 21, 2016

blogging, acer switchable

Dua minggu yang lalu saya mengadakan anniversary 5 tahunan kerja bersama teman-teman seangkatan management trainee. Meski kami sudah mencar-mencar berada di perusahaan lain, ranah kerjanya masih sama di bidang engineering. 5 tahun dianggap waktu yang lumayan untuk menekuni satu bidang saja. Apa nggak bosen? Saya nggak bisa bayangkan, kalau setiap hari kegiatannya hanya fokus ke pekerjaan. Bukan hanya bosan, saya takut mengidap stress akut. Pekerjaan sebagai engineer di perusahaan manufaktur (pabrik) menguras mental dan fisik. Punya hobi yang bersisian 180 derajat adalah cara menyeimbangkan aktivitas. Dengan ngeblog, saya yang biasa mengolah angka bisa switch mengolah kata. Ngeblog itu menyeimbangkan otak kiri dan kanan saya sebab kreativitas dan rasa menjadi sangat berkembang. Seperti yang kita tahu, dunia engineering itu logika banget deh.

When engineer on duty
Setiap pagi sebelum memulai aktivitas, kami melakukan senam pagi. Selanjutnya adalah breafing dan mulai on duty di area masing-masing. Saya seringnya ‘nongkrong’ di ruangan mesin testing indoor. Kebisingan, debu, paparan panas, itu semua harus dihadapi. Interaksi saya dengan sesama manusia sangatlah minim, tentu berbeda dengan teman-teman yang bekerja di bidang lain.

Data, analisa, planning, angka...menguras logika saya. Apalagi jika ada problem pada mesin yang berada dalam wilayah tanggung jawab, huft...bisa berjam-jam berdiri demi si mesin. Muka kucel, kusam, tangan berdebu, bibir kering, mau tidak mau harus seperti itu.

Kok Sempet Ngeblog Sih?
Pertanyaan seperti itu sering banget saya dapatkan dari sesama teman blogger ataupun teman kerja. Kapan ngeblognya? Gimana bagi waktunya? Nggak berlebihan jika saya bilang ngeblog itu self healing banget. Saya nggak bisa meditasi, yang ada malah ketiduran. Mau yoga juga nggak sempat-sempat karena kelasnya malam...saya sudah terlalu capek. Ngeblog adalah pelampiasan banget sebenarnya.

Selain saya bisa merangkai kata setelah seharian menatap angka, interaksinya itu lho yang nggak bisa diabaikan. Semenjak serius ngeblog setahun lalu, networking saya bertambah luas. Bisa kenal si anu...si itu...tahu begini...tahu begono. Bisa belajar langsung dari pengalaman teman-teman blogger.  Soal food, teknologi, beauty, parenting, traveling...selalu ada hal baru setiap kali saya blogwalking.
Ngeblog itu harus disempetin banget, biar seimbang hidup ini.

Membagi waktu jadi engineer VS jadi blogger
Bagaimana cara membagi waktu antara ngeblog dan menjalankan tugas sebagai engineer? Saya serahkan pada catetan di buku agenda, hahaa. Iya, selama satu bulan itu ditulis di sana mau posting soal apa saja. Kalau belum ada ide, tandai dulu...hari-hari mana saja yang kiranya harus posting artikel baru.

Untungnya saya menerapkan konsep khusus buat blog ini. senin posting soal teknologi, rabu soal beauty atau health, jumat posting hobi, weekend opsional saja. Dengan begitu sudah ada bayangan nih menempatkan ide-ide.

Untuk membuat draft bisa kapan saja, tapi biasanya di sela-sela aktivitas sih. Notes di smartphone, buku agenda, bahkan lembaran kertas kucel bisa jadi tempat lahirnya ide hahaha. Urusan merapikan draft masih bergantung dengan laptop pribadi atau PC kantor. Saya sering pakai infografis untuk ilustrasi blog, nggak puas dan kasihan smartphone kalau maksa bikin di sana juga. Kalau blogwalking masih bisa lah dari genggaman dan sambil makan siang.

Pengen Punya Acer Switch Alpha 12
Saya males bawa laptop pribadi ke kantor, berat siist. Sedangkan PC kantor, aduh itu lokasinya di ruang kerja. Fyi, saya biasanya on duty di building lain yang berjarak sekitar 500m dari ruangan. Hahaha jauh amat ya, begitulah musti bolak-balik. Kadang, pas mau breafing atau ngolah data itu kudu banget dilakuin dekat mesin. Enaknya memang engineer dapat fasilitasnya notebook bukan PC.
Saya pernah lho gotong-gotong CPU dan monitor ke area mesin demi bisa analisa data saat itu juga. Kebetulan notebook punya si bos lagi dipakai meeting keluar, jadilah solusi ‘cerdas’ itu diaplikasikan hahaha.

engineer, blogging, acer switch alpha, story
rempong yeh
Sempat sih beli tablet biar bisa fleksibel gitu kan, hobi jalan...kerjaan jalan. Eh tapi kok kurang bisa maksimal ya. secara kan, saya musti install program-program tertentu buat kerja yang mana nggak kuat dimasukin ke tablet. Sekarang tabletnya ada di rumah, buat si adek saja.

Nhah, pas blogwalking ketemu artikel keren soal Acer Switch Alpa 12. Ya masa ya, katanya notebook ini tanpa kipas. Bayangkan coba! Dulu jaman kuliah, saya pakai notebook dengan otak celeron. Bentuknya tebal, berat, bunyi kipasnya teramat berisik. Saat itu saya mikir demikian:

Andai ada laptop yang pendinginnya pakai chiller kayak kulkas


Alhamdulillah, doa saya terwujud. Sistem pendingin yang baik bikin notebook nggak overheat sist. Makanya dulu banyak dijual cooler pad warna-warni hahhaa. jadi, si Switch Alpha 12 ini mengusung teknologi Acer LiquidLoop™ yang mengandalkan pipa berisikan cairan pendingin untuk menstabilkan suhu prosesor Intel Core i Series di dalamnya.
Acer Switchable Me, Acer Indonesia, Acer Switch Alpha 12


Ini beberapa alasan yang bikin saya mupeng sama Acer Switch Alpha 12:

1| Ngga Panas, Ngga Berisik, Ngga Debuan
Dengan nggak adanya kipas, si laptop itu jadi nggak debuan. Kalau kata abang-abang yang pernah memperbaiki laptop celeron jadul saya sih, debu yang menempel pada kipas berpotensi membuat suhu overheat. Hah! Kalau sudah overheat, motherboardnya bakal kena. Mampus deh! Tidaaaak.

2| Ngga Khawatir Soal Colokan
Hayo jujur saja, suka deg-degan kan kalau berada di tempat yang nggak ada colokan listriknya? (colokan: power socket). Karena notebook ini nggak pakai kipas, tenaganya full dong buat operasional  saja. Makin hemat baterai, ngga khawatir musti  nyolok. Apalagi kalau saya nih, kadang  bisa 3 jam nungguin testing produk. Ngapain coba diam, mending blogwalking kan? hahahha. Masalahnya, colokan rada susah di dekat mesin. Ribet juga banyak kabel gitu.

3| Bisa jadi tablet bisa jadi notebook
Acer Switchable Me, Acer Indonesia, Acer Switch Alpha 12
Nah, alasan ke-3 ini yang saya rasa adalah alasan terkuat. Bisa ngedraft, nganalisa data, blogwalking, intinya seimbang banget deh kerja sama hobi. Switch Alpha 12 bisa berubah sesuai kebutuhan  lho. Cabut saja keyboardnya, tadaaa...notebook berubah jadi tablet. Nyabutnya juga gampang dan aman, soalnya pakai engsel magnet.

4| Ergonomis
Biar bisa nyaman memakai sesuatu, si produk juga perlu didesain khusus. Acer Swich Alpha 12 punya kickstand yang bisa diatur sudutnya hingga 165 derajat. Uwuuuww bikin infografis atau mantengin excell penuh angka bisa asik nih.

5| Ada Digital Active Pen
Ini dia...pas bikin infografis sering banget tuh rempong kalau pengen nambahin detail kecil-kecil. Acer Switch Aplha 12 pena nya bukan sekedar stylus biasa karena sudah didesain untuk menghasilkan keakurasian garis yang kita buat.

Acer Switchable Me, Acer Indonesia, Acer Switch Alpha 12


Kenalilah hobimu
Hambar banget memang kerjaan engineer di pabrik , hehehe. Kalimat itu pasti bakal terlontar dari mereka yang tidak punya hobi. Di departemen saya, hampir setiap orang punya hobi dan menjadikannya sebagai terapi penghilang stres. Hobi bersepeda, hobi mancing, hobi bercocok tanam, hobi nonton, kalau saya hobi ngeblog.  Mengenali hobi lalu mengembangkannya adalah cara menyeimbangkan jiwa raga.

Sepertinya saya makin bersemangat ngeblog kalau nanti sudah punya Acer  Switch Aplha 12. Kerjaan sebagai engineer juga makin terbantu, karena nggak tergantung lagi dengan PC yang nggak bisa diajak mobile.
Acer Switchable Me, Acer Indonesia, Acer Switch Alpha 12




61 comments on " Engineer Undercover: Hobi Ngeblog Switchable Me"
  1. Pas lihat fisik Acer Switch Alpha 12 jadi ingat film futuristik.
    Dulu hal ini hanya ada dalam impian, kini jadi kenyataan.

    Keren banget nih buat ngeblog ya. Apalagi buat aku yang masih kesulitan ngeblog dengan gadget, keybordnya cint, maklum tangan eike jempol semua. Hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga kebayang banget ya dulu...sekarang udah ada

      Delete
  2. Mupeng banget nih liat Switch Alfa 12, fleksibel banget ya dibawa kemana2 biar blogging jalan terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat yg mobile kayak kita ini mantep banget

      Delete
  3. Praktis ya, Nay. Kalo betw pake keyboard bisa lepas, kalau lagi serius nyelesaikannya DL bisa pake lagi. Memang kalau laptop kepanasan suka ga tegaan buat ngidupin lama lama apalagi kalau panasnya ga turun turun, #lho. Sukses semoga dapet acernya ya..

    ReplyDelete
  4. seru juga bisa dicopot2 gitu, malah jadi ringan :)

    ReplyDelete
  5. duh jadi makin pengen ganti pake Acer ;(

    ReplyDelete
  6. Aku salut banget sama kamu, Nay. Bisa nyeimbangin keduanya. Sukses terusnyaaa karirnyaa. Semoga menang juga :D

    ReplyDelete
  7. Meski udah lama tau kalo Nay seorang engineer, tapi beneran baru tau medan kerja dan gimana kerjanya di blogpost ini. Dan kamu keren sekali, Kakaaaak. Pas banget ya milih blogging buat penyeimbang, biar interaksinya nggak sama mesin molo, wkwkwk. Ada lagi hobi yang lain, fotografi. Ya Nay? Bagus gitu feed IGnya. Lanjutken!^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaah makasi. Punyamu keren juga mba. Bikin laperr dapurotun hihi

      Delete
  8. Kunjungan balik mbak...wonder women banget...salamvsilaturrahmi.

    ReplyDelete
  9. Siip...moga sukses semua di kerjan n hobinya ya Nay.. Salut aku sama kamu!

    ReplyDelete
  10. Waaah cocok neh Acer Switch Alpha 12 bila dipake berlama-lama :)

    ReplyDelete
  11. Engineer Undercover... hehehehe...
    Pernah ngalami di laptop kakak sering mati tiba-tiba karena panas. Moga menang Nay dan semakin wokeh ngeblognya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya makasiih.

      aku pernah debuan, jadi panas, trus rusak

      Delete
  12. baru tahu mba inayah seorang engineer.. hebat banget bisa bagi waktu buat ngeblog.. hehe
    semoga menang ya mba nay,

    ReplyDelete
  13. Bener2 multitalent memanaje waktu kamu nay, ngantor, ngeblog, dateng event, reportase lomba #plok plok plok
    Apakabar akuh ? Hahhha
    Update seminggu sekali uda ngos ngosan nyusun katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ga ngeblog...aku strees NIt ini pelampiasanku ahhaha

      Delete
  14. Kamu mah hebat Inay, kerja iya tapi blog nggak keteteran alias terisi terus. Btw aku suka yang switch alpha 12 deh. Keren desainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. moga istiqomah ya Dew heheh.

      iya nih kece pisan desainnya

      Delete
  15. blogger idola, mbak inna,
    selalu, ulasannya pasti cakep, bikin aku mupeng jg sm si acer, :)

    ReplyDelete
  16. Baru tahu ada acer seri ini. Kayaknya praktis dan ringan untuk dibawa jalan. Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. praktis dan ngga panas, bisa bongkar pasang

      Delete
  17. Bener2 nok yg atu ni, kecil2 cabe rawit. Smua dilibas...salut aah

    ReplyDelete
  18. ternyata sudah muncul acer muncul lagi mengusung spec yang melebihi acer iconia

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren ya, menjawab konsumen banget nih yang ga debuan ga panas ga berisik

      Delete
  19. aku suka banget ngelihat cewe dan jadi engineer. Sukses terus yaaa, Inna

    ReplyDelete
  20. Asik nih kalau ada komputer yang ringan bin kece seperti ini ;)

    ReplyDelete
  21. Kamu hebat, smeinggu bisa 4x posting senin rabu jumat weekend. Aku pemalas seminggu 1 saja hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu planning oom, hehehe. teteplah om cumi keren kemana mana...salam super

      Delete
  22. Wahhhaaa. Kebayang deh Nay gotong2 PC. Dedikasinya luar biasa.. hihihi...

    Acer swithable cocok banget ya sama namanya. Enak dibawa ke mana-mana.. suka. Semoga berjodoh ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belum seberapa dibanding orang2 hahhaa..aku mah nyantai bgt kayaknya

      Delete
  23. sakses lombanya eneng, buat yang punya beragam profesi kudu banget ter switchable yah

    ReplyDelete
  24. wah keren banget inih, semoga menang ya :D
    yaampun meditasi segala, sholat aja sudah cukup sih dan tetep kudu usaha banget biar gak mikir selain ibadah *ini aku lho hehe

    ReplyDelete
  25. Dulu pake acer lumayan awet lama...sukses ya lombanya

    ReplyDelete
  26. Wiiih keren mbak, aktifitasnya gakmenyurutkan semangat buat tetap ngeblog. Kebayang kalau sampai memenangkan ACER Switch Alpha 12 di atas. tambah semangat aja :D

    ReplyDelete
  27. Switchable banget, dari seragam pabrik & serius urusan teknik dg cowok2 trus habis itu langsung berubah dandan ngreview bedak & lipen. :))

    ReplyDelete
  28. Aaak... Itu Acer Switch Alpha 12 pengen aku kekepin deeeh.
    Keren pake banget. Come to Mama.

    ReplyDelete
  29. Aaak... Itu Acer Switch Alpha 12 pengen aku kekepin deeeh.
    Keren pake banget. Come to Mama.

    ReplyDelete
  30. wew.. cewe kece nih juga enjineeeeerr, cetaarrr

    ReplyDelete
  31. Sebagai engineer harus pandai memilih laptop yang sesuai ya mba apalagi isinya program mulu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature