Belajar Lagi Full Stack Digital Marketing

November 20, 2022
Belajar Lagi Full Stack Digital Marketing

Berawal dari sering bookmark thread Twitter dari mas Faiz Ghifari yang dikemudian hari aku baru tahu jika beliau adalah founder BelajarLagi. Semangat untuk punya hobi belajar tersalurkan banget setelah follow twitternya BelajarLagi. Tapi waktu itu merasa belum saatnya ikutan kelas-kelasnya. Pertengahan tahun ini, mulai terketuk untuk serius mendalami Digital Marketing. Jadi, bagaimana rasanya menimba ilmu Full Stack Digital Marketing di Belajar Lagi?

Mengapa Belajar Lagi?

Pertanyaan dari banyak teman ketika aku share pengalaman ke sosial mediaku saat ikutan kelas. Sebenarnya aku melewati berbagai fase ‘customer journey’ hingga memilih Belajar Lagi. Aku sempat membanding-bandingkan dengan paketan Full Stack Digital Marketing lainnya juga. Termasuk yang FREE karena bekerjasama dengan sebuah kementerian.



Mungkin karena faktor keberadaanya BelajarLagi di sosial media khususnya Twitter yang sering viral, hal itu yang bikin aku penasaran. Di pertengahan tahun Full Stack Digital Marketing lagi jalan batch 8, tapi aku sabar menanti sampai nyalain lonceng twitnya Belajarlagi wkwkkw. Eh di masa penantian itu, ada pembukaan kelas mini bootcamp copywriting batch 1. Tentu saja aku ikut, sekalian buat tes ombak sistem belajar di BelajarLagi.

digital marketing

Nyobain Mini Bootcamp Copywriting

Aku nggak ada ekspektasi yang gimana-gimana, bener-bener ngosongin gelas aja biar keserap semua ilmunya. Oh ternyata sistem belajar di BelajarLagi tuh sistematis banget. Semua link penting, materi, link untuk belajar mandiri, recording class, bahkan sampai link buat klaim hadiah menang kuis juga ada. Aku sebagai ‘customer’ tuh bisa self service banget, tapi…ternyata BelajarLagi juga nyediain fasilitator ke tiap grup kecil. PUAS sih!!! Ini aku belum bicara soal materi dan narasumbernya loh ya padahal.

Kalau kamu penasaran cerita pengalaman aku belajar Copywriting, aku sudah tulisin di blog. 

Silakan baca aja di: Belajar Lagi Copywriting

War Daftar Bootcamp FSDM Cohort 9

Parah!!! Pertama kalinya aku merasakan adrenalin terpompa heboh menit demi menit menjelang pembukaan pendaftaran Bootcamp FSDM Cohort 9. Waktu itu aku pulang kerja sengaja tenggo biar bisa di depan laptop tepat waktu. Alhamdulillah dapet, hehehe langsung deh bayar.

Sistem Bootcamp di BelajarLagi

Menurutku, “sistem belajar” nya inilah yang jadi value proposition dari BelajarLagi. Lupakan deh bootcamp yang isinya cuma kelas zoom-grup wa. Jadi di BelajarLagi gimana?


Facilitator

Kamu bakalan ditemani facilitator dan asesor di tiap grup kecil. Tugas mereka nggak cuma ngasih link zoom yahh, termasuk juga ngingetin-bimbing-dan…asesor ngasih feedback ke tugas-tugas yang kita kumpulin. Aku di kelompok 27 dengan facilitator teh Nita Selya (yang sudah dari lama kulihat track record di twitternya yg rame mulu), dan asesor kak Okta.

Handbook
Jujur saja aku nggak sempet lah kalau sebelum kelas belajar sendiri dulu, buka youtube dsb. Tenang saja, Belajarlagi ngasih digiital handbook di awal kelas.

Instructor

Heran sih aku, BelajarLagi instructornya kok keren-keren dan menarik gitu. Menarik dalam artian bukan cuma porto dan pengalaman beliau-beliaunya saja ya…namun pembawaanya gitu juga asik. Bayangin kalau nggak asik, mana kelasnya malem kan…pulang kerja,,,ngantug. 

Belajar Lagi Full Stack Digital Marketing


Real project bareng UMKM

Ini yang menurutku bisa bikin fase belajar kita tuh mateng, karena ketemu kasus asli. Aku sih nggak ambil UMKM, karena aku pakai brandku sendiri. Tapi bukan jadi mudah juga, ada bingungnya, malahan pengen rebranding.

Community
Kalau nggak ada kesempatan nanya di kelas, Belajarlagi punya paltform community. Kadang aku buka buat nambah-nambah info, baca-bacain pertanyaan orang-orang dan jawabanya tentang digital marketig ahhaha. Ya berasa baca quora, tapi lebih terstruktur dan private.

Harga

Cohort-9 ini durasi bootcampnya selama 8 week/30+ class, dengan segala fasilitasnya…bayar 1 jutaan menurutku sepadan.


Digital Marketing Adalah

Jadi belajar apa saja sih kemarin? Kalendarnya begini, kalau di weekday hari Selasa dan Kamis jam 19-21 WIB dan kalau di weekend hari Sabtu jam 10-12 WIB. Di sela-sela itu bisa jadi ada kelas tambahan yang nggak wajib (tapi sayang buat dilewatkan).

Belajar Lagi Full Stack Digital Marketing


Untuk kurikulumnya adalah sebagai berikut:

  • Fundamentals of Digital Marketing
  • Brand Building
  • Marketing & Consumer Psychology
  • Marketing Copywriting
  • Social Media Organic
  • Landing Page Building
  • Facebook / IG Ads
  • TikTok Marketing
  • SEO (Search Engine Optimisation)
  • Google Ads / SEM (Search Engine Marketing)
  • Google Analytics
  • Google Data Studio
  • CRM (Customer Relationship Management)

 

Digital marketing adalah menyampaikan pesan terkait PRODUK yang tepat, HARGA yang tepat, TEMPAT yang tepat, WAKTU yang tepat, dan ORANG yang tepat secara digital. Mudahnya digital Marketing itu apa? menentukan apa sih yang dibutuhkan oleh pasar atas produk kita, lalu mendelivernya agar mereka puas. Nah karena kita pakai platform digital, maka tools-toolsnya juga digital dong. 


Digital Marketing Course Untuk Siapa?

Digital marketing course seperti yang aku ceritakan ini cocok buat orang yang ingin terjun di dunia marketing baik non digital maupun digital. Tapi buat pemilik brand juga nggak kalah penting loh, aku baru mikirin ‘customer aku sebenarnya siapa?’ ya di kelas bootcamp BelajarLagi. Meskipun kelas di youtube sudah banyak, punya environment yang sama-sama punya niatan ‘belajar sepanjang hayat’ itu asik. Ya bisa sih, kamu nyontek kurikulumnya lalu belajarin sendiri…tapi buat aku pribadi kayaknya belum bisa se-disiplin itu huhuhu.


Semoga apa yang meresap di otak aku sekarang ini BERGUNA!!! aku pengen seriusin bisnis jasa voice over dan merchandise ilustrasi buatan tanganku. Juga pengen jualan dimsum dan cold press juice. YANG PASTI….PLIS PLIS,,,AKU PENGEN TANAH YANG AKU TAWARIN DARI 2019 SEGERA LAKU.


Baca: Cerita Jual tanah

Momen Yang Paling Berkesan

Hari ini, sehari setelah aku ‘wisuda’ dan masuk sebagai salah satu best student…aku mikir banyak hal. Aku mau seriusin usahaku yang A, yang B, tapi yang C juga harus. Oke aku mulai dari mana nih ya…penuh banget asli kepalaku. 


Setiap bab/subject menarik buatku, tapi yang paling aku merasa tercerahkan adalah bab landing page building, SEO dan consumer psychology.

 

Belajar Lagi Full Stack Digital Marketing


Fyi, ini sebenarnya memalukan sih kalau tahu aku S2 MM dan tesisnya ambil marketing tapi justru dapat ilmunya di bootcamp FSDM. Bisa-bisaaanyaaa!!!

Tantangan selama Belajar

Tentu saja rasa lelah adalah tantangan utama. Padahal sebelum aku ngambil kelas ini sudah mikirin juga, oh kayaknya bulan-bulan oktober-november aku aman sih. Tapi ternyata ada hari dimana aku terpaksa ikutan kelas sambil melakukan hal lain. Ini yang membuatku merasa recording class sangat membantu. Biasanya sebelum ngerjain assignment aku nontonin tuntas dulu recording classnya.

Menurutku, aku nggak kesulitan ngerjain assignment-assignmentnya. Kalau belum sempurna ya wajar, tapi semua tugas terasa esensinya. 


Aku mau belajarlagi………….dan lagi dan lagiii

4 comments on "Belajar Lagi Full Stack Digital Marketing"

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature