Ternyata Saya Membeli Domain Bekas

July 24, 2017
Membeli domain untuk blog sudah sering saya lakukan sendiri, pun dengan instalasinya. Research, beli domain, pasang, untuk blogspot maupun wordpress Alhamdulillah tanpa kendala. Sebelum membeli domain tentu yang kita pikirkan adalah mau dikasih nama apa ya blog ini? Kalau sudah ketemu nama, baru tuh cek di tempat jual domain apakah sudah terpakai atau available. Pernah ngga sih kamu berpikir juga apakah domain tersebut bekas atau masih gress baru?
membeli domain blog bekas


Membeli domain untuk blog Innnayah.com

Yang saya lakukan ya hanya cek ketersediaan saja. Seperti ketika mau beli domain innnayah.com ini. Maunya sih Inayah.com atau innayah.com saja, eh sudah dipakai orang semua lho. Yowes ngalah deh, beli innnayah triple ‘N’ meski ini jadi ngga umum.

Beli domain untuk blog Pekalongan

Selain blog dengan nama sendiri, saya juga punya blog yang khusus membahas soal keseharian di Pekalongan. Saya terinspirasi dari blog Bandungdiary sebenarnya, haturnuhun teh Ulu. Blog itu awalnya masih wordpress gratisan dengan nama Pekalongankita.wordpress.com. Trafficnya kok saya rasa lumayan untuk blog yang postingannya masih bisa dihitung pakai jari.

Demi membuat blog ini lebih Pro, akhirnya saya memutuskan untuk boyongan ke self hosted wordpress blog. Bahasa awamnya dibuat dotcom gitu aja sih wordpressnya. Merasa sudah punya pengalaman saat membeli domain untuk blog Innnayah, saya selow saja sih pas beli. By the way, kamu sudah tahu kan cara membuat blog? Nggak ribet kok, kalau bingung juga tutorial dan artikel mengenai hal itu sudah banyak banget yang nulis. jasa pembuatan blog kayak gitu juga ada dimana-mana, tapi kalau jaman sudah canggih gini pakai smarthone juga bisa lho bikin blog.

Awalnya pengen ngasih nama Pekalongankita.com eh tapi kok sudah ada yang punya. Akhirnya cari yang mirip-mirip deh, dan ketemu Pekalonganku.com. Alhamdulillah dapat nama domain pendek dan mudah diingat serta mudah ditulis hehhe.

Ternyata ini domain bekas

Proses instalasi domain maupun plug in endebrei-endebrei di wordpress self hosted emang rada lebih ribet dibanding blogspot yang tinggal klik klik sebentar. Tapi akhirnya beres juga sih, lalu saya melakukan posting seperti biasa.

Traffic memang belum bisa diperhitungkan, ya pasti turun drastis dulu. Pengalaman waktu pasang domain Innnayah.com sih sekitar 2 bulan baru balik ke traffic normal. Jadi ya saya selow saja sih, selama masih ada visitor organic dari google mah berarti nggak ada masalah.

Bulan ke-2 kalau nggak salah, saya mulai memberanikan diri cek domain authority. Saya memeriksa performa blog pekalonganku.com di http://www.seoreviewtools.com/website-authority-checker/ . Kebetulan di website ini juga nampilin usia domain (yang selama ini tidak saya perhatikan).Tadaa…ternyata domain Pekalonganku.com usianya hampir 5 tahun. Kok bisa? Kan saya baru beli.
membeli domain blog bekas

Kelebihan Domain Bekas

Karena penasaran saya akhirnya googling dan nanya ke teman-teman yang paham SEO (search engine optimation). Kabar baiknya, domain bekas apalagi yang sudah berumur kayak gitu punya kelebihan karena telah dikenali oleh search engine. Karena telah dikenali, kemungkinan lebih dipercaya jika historynya memang bagus. Nah lho, kalau dulunya blog ini riwayat hidupnya jelek bagaimana?

Kekurangan Domain Bekas

Jika riwayat hidup si domain jelek, misal banyak link ngga sehat dan sejenisnya…pasti itu ngefek juga lah terhadap kepercayaan search engine. Akhirnya, meski domain tersebut sudah berganti kepemilikan tetap saja punya imbas. Huffftt.

Tetap Ngeblog Santai di Pekalonganku.com

Meski sempat khawatir, akhirnya saya putuskan untuk tetap ngeblog santai di Pekalonganku.com. Posting cerita baru seminggu sekali, traffic banyak ya syukur. Sejauh ini sih domain authority blog tersebut terpantau naik tiap bulan meski trafficnya masih jauh dari blog innnayah.com. Yaiyalah postingan saja baru sedikit dan blog ini juga topiknya lebih khusus yaitu travel blog Pekalongan.

Gara-gara ketemu kasus ini, Saya jadi tahu kalau domain bekas juga diperjualbelikan lho dengan harga yang berbeda dengan domain baru. Apapun itu, pakai domain berbayar atau gratis dan bekas atau baru yang penting tetap semangat ngeblog ya!
45 comments on "Ternyata Saya Membeli Domain Bekas"
  1. aku juga pengen nyari PBN gini xD cuma belum dapet2 yang hits xD

    ReplyDelete
  2. banyaknya broken link di domain sebelumnya bisa mempengaruhi buat pemilik domain yang baru? wah.. agak repot juga ya kalau begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tahu sih mba, bisa jadi ngaruh

      Delete
    2. Kalau dulu, terlalu banyak broken links bisa jadi indikasi / signal ke google kalau website tersebut tidak sehat.. sama seperti manusia, kamu kalau berkunjung ke sebuah website / portal trus tiap kali klik artikel tertentu muncul page not found pasti bete kan (efeknya bounce rate tinggi).. tapi sekarang sepertinya tidak masalah lagi karena google makin pintar. Saat ini, ketika google menemukan broken link (404s), google akan memberikan tenggak waktu 24 jam untuk kembali crawling. Jika dalam 24 jam masih 404, maka google akan drop url halaman tersebut (bukan domainnya ya).. Beda dengan 410, yang artinya langsung drop / de-index halaman bersangkutan.. Cuma balik lagi, sesuatu yang berlebihan tentunya gak baik :)

      Delete
  3. Bruntungny g ada mslh dengan domain bekas yg mba beli yaa

    ReplyDelete
  4. Walah... aku baru tahu loh mbak, klo log bekas bisa dijual belikan. hihiiii
    Soalnya pernah beli domain skaligus blognya masih gress, meski di WP juga,
    Thankis buat infonya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kayak domain yg ini juga gress baru

      Delete
  5. Duh aku baru tau lho! Untung domainku bener - bener masih baru karena emang namanya nggak pasaran :P

    Btw, postingannya banyak typo :)))

    ReplyDelete
  6. Aku juga baru tahu kalau ada domain bekas begini. Tetapi, yang penting adalah tetap semangat menulis dan membuat postingan di blog untuk hal-hal yang bermanfaat! Ya kan, Mbak Innayah? Semangat! :)

    ReplyDelete
  7. Wah baru tau beud nih, makasih Mbak Nay infonya

    ReplyDelete
  8. Kalau di dalam istilah para blogger imer sih namanya aged domain... terkadang jenis aged domain malah di cari tergantung pada kualitasnya di masa lalu kalau dulu digunakan untuk hal yang baik dengan jaringan yang baik pula, maka harganya akan lebih mahal di banding domain baru atau istilahnya fresh domain...
    mohon link saya jangan di hapus ya mbak... terima kasih...

    ReplyDelete
  9. masalah harga, standar apa malah bisa lebih mahal / murah mbak?

    hebat punya dua blog, saya yang punya satu aja masih kualahan buat ngurusin mbak Nay :D

    ReplyDelete
  10. Wah, baru tahu nih kalau ternyata ada ya domain bekas. Tapi harganya lebih murah gk ya?
    Nice share

    ReplyDelete
  11. Owh ini yg pernah diobrolin d grup. Domain wp lebih mhl y nay? Tanpa hosting bs ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan amsalah wp nya tapi domainnya itu terkenal apa engga. wp berbayar harus sama hosting

      Delete
  12. Pernah denger sih tentang jual beli domain bekas, tp baru tahu keuntungannya itu loh hehehe. . .klo domain bekas bagus mungkin harganya lebih mahal ya?

    ReplyDelete
  13. Baru tahu kalau ada yg bekas gini. Terus yang di blog Pekalogan itu, history domain sebelumnya bagus gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ngga tau bagus apa enggaknya, tapi sepanjang kupakai sih aman aman saja

      Delete
  14. Wah... baru tau dan langsung coba cek domain sendiri hahaha...

    ReplyDelete
  15. jadi pengen beli juga, tapi yg track recordnya bagus biar blogku juga ikutan bagus hihihi... yang penting ini aku pengen bikin blog baru tapi masih bingung mau bikin apaan hahha...

    ReplyDelete
  16. Saya butuh diracuni dot com atau enggak Mbak Inn hahaha..Kayaknya seru yaa, nama blognya pendek

    ReplyDelete
  17. Aged domain juga okeee kan mba.. semangaaat terus ngeblognya! Aku satu aja ngg kepegang hehehehe

    ReplyDelete
  18. Ada-ada aja ya domain bekas, aku kira kalo domain udj gk bisa diutak-atik lagi.. Hhee

    ReplyDelete
  19. Aku baru tahu hal ini... waahh ilmu baru. Ya, kalau citranya bagus, kita kena cipratan bagus di mata google ya... :D
    Sukses ya...

    ReplyDelete
  20. Aku pengen beli domain bekas durian.com buat suamiku tapi bingung gimana cara belinya pengennya juga pake wordpress. bagi tutorialnya dong nay hehehehe

    ReplyDelete
  21. belum pernah punya pengalaman begini sih nay semua domain yg aku beli beneran baru

    ReplyDelete
  22. Wow..udah 4 Years ago....inyong masih ingusan belum tahu blog ginian ^^

    ReplyDelete
  23. Ooo, domain bekas juga bisa diperjualbelikan ya, Mbak, baru tahu saya :)

    ReplyDelete
  24. Iyaa suka ada kan ya yang nawar beli domain kita untuk dijual lagi, biasanya mahal kl blognya dah hits. Apa kayak gitu? Aku juga bikin edisi Kabupaten Semarang dan isinya santai pas ada bahan hehe

    ReplyDelete
  25. yg pasti kalo nulis artikel jadi cepet banget nyanto di google page :D

    ReplyDelete
  26. saya pengan beli domain yang bekas tapi bagu belum dapat-dapet nih?

    ReplyDelete
  27. Aku baru tahu nih cara pengecekan domain blog nih. Mau langsung cek ah :)

    ReplyDelete
  28. Wui. Pernah nyoba nyari tahu siapa pemilik domain tadi ga? Lima tahun lama juga ya? Baru tahu kalo domain bisa kaya nomer

    ReplyDelete
  29. Kalo kita beli domain, apa penyedia jasa akan memberitahu kita kalau itu domain bekas atau baru ?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature