Beliau

October 30, 2014
Tepat seminggu yang lalu, di malam jumat saya bertemu beliau. Alam mimpi, hanya di dimensi mimpi saya face to face. Mimpi yang kalau saya ingat, mata langsung berkaca-kaca. Silakan cek postingan yang judulnya "mimpi terakhir tahun ini".

Di mimpi itu, beliau menyapa saya yang sedang kerepotan melewati jalan menuju pemakaman salah seorang putranya. Semoga sakit beliau yang sekarang ini adalah penggugur dosa, amiin ya robbal'alamiin.

~ Hanya beberapa potong ayat, yang semoga layak menjadi do'a. 


Sing sensi terus yo ono

Aku ngerti karepmu saiki. Oh ngono tho. Cuma bisa senyum tapi badan langsung panas, hahaha. Sebagian besar lelaki sepertinya nggak mau dikalahkan perempuan. Padahal niatku bukan ngalahin, tapi kerjasama. Saat kita mencoba mengambil peran yang kita bisa secara tulus, seringnya malah dianggap modus jahat.

Saya ini sering ngamatin gesture, body language, dari orang-orang terutama yang ketemu tiap hari. Seenggaknya bisa tahu mana orang yang asik mana yang enggak. Ada yang perlu dilurusin di sini. Sejak kemarin, merasa seseorang lagi  sensi banget. Nahan marah dan benci. Karena saya ini blak-blakan, yaudah deh tanya “kenapa sih....bla bla bla”. Dan jawabannya sungguh sungguh WE-OU-WE..wow!

Kamu sudah punya porsi, dan orang percaya itu. Saya hanya berperan sesuai porsi yang kubisa.
Saya akan ikhlas jika harus memberikan porsi yang ada sekarang untuk kamu. Tapi apa ini solusi satu-satunya? Atau hanya perlu menunggu sampai mood kamu baik lagi? Mungkin kamu lelah.  
Kabar baiknya,  jadi tahu kamu itu seperti apa. Maksudnya, jauh lebih tahu. Hahhahaha. Ya namanya dalam sebuah tim, kan wajar si A kebagian ngerjain “ini”, si B ngerjain “itu”. Dan ketika ada orang ingin menanyakan tentang “itu”, yang pasti ke B lah. Kenapa si A ‘cemburu’? hahhaha...bukan berarti orang nggak nganggap kamu itu nggak ada.


Pria dan wanita sama-sama pintar, tapi mereka menggunakan bagian otak yang berbeda untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan.

[Reblog] Agama Adalah Hakim

October 28, 2014
Saya menyimak, membaca ulang, dan ini..benar-benar merasuk jiwa. Reblog dari Tumblr Kurniawan Gunadi. 


Diskusi-diskusi dengan teman selalu menghasilkan banyak pemahaman baru yang menarik. Tidak untuk dibenar-benarkan dan menjadi prinsip yang kemudian juga saya anut. Namun, saya menjadi belajar bahwa perjalanan hidup manusia yang berbeda-beda telah membuat cara berpikir seseorang dengan yang lain juga berbeda. Untuk satu masalah yang sama pun, seseorang memiliki cara pandang yang berbeda. Dan kali ini akan sangat disayangkan jika tidak saya tulis.

Agama adalah hakim, hakim dalam hal apa?
Di tengah usia 20+ dimana kita disajikan oleh berita akad nikah teman yang mirip jadwal shalat jumatan seminggu sekali. Dimana ketika ada seseorang yang datang yang bahkan kita tidak tahu siapa dan bagaimana. Dimana ketika kita dibuat bertanya-tanya tentang seseorang yang hadir di pikiran. Maka jadikanlah agama sebagai hakim. 

Kita tidak pernah tahu bagaimana kehidupan beragama seseorang yang sebenar-benarnya saat ini. Hanya mendengar berita atau memperhatikan caranya berpakaian. Selebihnya kita tidak akan tahu jika kita tidak benar-benar mengenal kesehariannya. Karena agama bukanlah sekedar ibadah ritual; banyaknya hafalan, hitamnya jidat, panjangnya jenggot, lebarnya kerudung. Tidak seeksplisit itu. Agama itu ada di dalam hati, melebur hingga menjadi satu kesatuan dalam diri manusia. Menjadi cara berpikir, cara berbicara, cara berperilaku, semunya termanifestasi menjadi perilaku keseharian.

Kita tidak akan benar-benar tahu kehidupan beragama seseorang dan berapa derajat keimanannya di mata Allah. Lalu bagaimana kita bisa menerima seseorang yang datang tiba-tiba dalam hidup kita? Apalagi bila dia adalah orang yang sama sekali belum kita kenal baik kehidupannya?
Sementara Nabi mengatakan bahwa seseorang (menurutku ini berlaku tidak hanya untuk perempuan) dinikahi karena 4 hal; harta, keturunan, paras, dan agama. Dan dianjurkan memilih agamanya.
Lalu saya bertanya, “Kalau kita bisa mendapatkan keempatnya, mengapa hanya salah satu atau mendapatkan 3 dari 4 kriteria itu? Tidak salah dan tidak berdosa juga kan kita berharap dapat seseorang yang baik agamanya sekaligus cantik/tampan, berketurunan baik, dan kaya?”
Teman saya tersenyum. Di sinilah jawaban itu muncul. 
Source

Seseorang yang memiliki pemahaman agama yang baik, seluruh pemahaman itu akan melebur menjadi dirinya. Ingat bahwa Nabi Muhammad akhlaknya adalah Al Quran kan? Kita dan sesorang yang datang itu bukan Nabi, tapi kita bisa mencontohnya. Seseorang saat ini tidak lagi bisa dinilai dari luarannya saja. Lihatlah bagaimana cara dia berbicara, berperilaku, uji pemikiriannya dengan pertanyaan kritis dan masalah, uji kesabarannya dengan amarah. Kita boleh banget berdoa untuk memiliki pendamping yang memiliki paras yang baik, kaya, juga berketurunan, tidak ada yang salah. Yang perlu kita pegang adalah jadikan agama sebagai hakimnya."

Saya masih menyimak pembicaraan ini. Maksudnya agama sebagai hakim?"

"Kita tidak akan bisa menilai agama seseorang saja dan mengesampingkan yang lain. Hanya karena dia terlihat beragama; rajin shalat, jidat hitam, kerudung panjang, hafalan seabrek. Tapi bicaranya kasar, pemikirannya tertutup, bahkan perilakunya bertentangan dengan tampilan luarnya. Buat apa?" 

"Carilah seseorang dengan karakter yang baik, baru kamu lihat agamanya. Kamu hanya perlu ridha dengan agamanya sebagaimana apa yang dikatakan Nabi Muhammad. Artinya kamu cukup ridha bila dia hanya baru shalat wajib dan dhuha, belum banyak hafalannya, belum rajin puasa sunah, kerudungnya belum panjang atau bahkan mungkin belum mengenakan, dll. Karakter baik itu penting dan abadi berada dalam diri manusia. Karena karakter itu tidak dibentuk oleh pelajaran-pelajaran teori." 

"Karena pemahaman agama itu benar-benar menjadi agama ketika terwujudkan menjadi seluruh cara hidup seseorang. Selebihnya dapat dipelajari perlahan. Al Quran saja diturunkan dalam jangka bertahun-tahun, pelan-pelan tidak langsung sekaligus. Seseorang tidak akan menjadi sangat alim, sangat soleh atau solehah dalam hitungan pendek. Semua adalah proses dan itu proses bersama kalian nantinya. Untuk menjaga proses itu berjalan dengan baik, kamu membutuhkan seseorang dengan karakter yang baik" 

Saya mencatatnya. 

"Jadikanlah agama sebagai hakim, bila dia cukup baik dan cukup memenuhi kriteria mubah/sunah yang kamu buat (misal bisa masak, cantik/tampan, penyayang anak-anak, dll) baru kamu lihat agamanya. Kalau kamu ridha, kamu sudah tahu jawabannya. Bila agamanya tidak baik, percuma kan karakter baik tapi kehidupan beragamanya kamu gak ridha, putuskanlah. Karena hidupnya tidak akan berakhir di dunia saja, masih ada kehidupan setelahnya dan kamu membutuhkan itu." 

Teman saya selesai menjawab. Ku kira dia lebih “ustadz” daripada ustadz di televisi yang hanya haha hihi tanpa esensi. Saya mencatatnya, membaca ulang kesimpulannya. 

"Agama adalah hakim untuk menerima atau menolak seseorang dan hakim selalu memutuskan setelah melihat semua komponen yang lain terlebih dahulu"


[Review Buku] Supernova 5, #Gelombang

Diantara seri supernova sebelumnya, ini yang paling frontal. Sejak awal, pertanda bahwa sang tokoh punya ke”aneh”an itu sudah dimunculkan. Semakin jauh, pembaca akan diarahkan pada konflik yang makin runcing, makin mengerucut, dan ketemulah akhirnya,,,,sedikit benang merah dengan seri supernova sebelumnya. Jika kalian lupa seri supernova lain, bisa dicek di sini ya: Kesatria, Puteri, dan Bintang Jatuh#1, Akar #2, Petir #3, Partikel #4.


       

Judul: Supernova, Gelombang (#Supernova 5)
Penulis: Dewi Lestari
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun terbit: 2014
Jumlah halaman: 492

Sinopsis
Sebuah upacara gondang mengubah segalanya bagi Alfa. Makhluk misterius yang disebut Si Jaga Portibi tiba-tiba muncul menghantuinya. Orang-orang sakti berebut menginginkan Alfa menjadi murid mereka. Dan, yang paling mengerikan dari itu semua adalah setiap tidurnya menjadi pertaruhan nyawa. Sesuatu menunggu Alfa di alam mimpi.

Perantauan Alfa jauh membawanya hingga ke Amerika Serikat. Ia berjuang sebagai imigran gelap yang ingin mengubah nasib dan status. Pada suatu malam, kehadiran seseorang memicu Alfa untuk menghadapi ketakutan terbesarnya. Alam mimpinya ternyata menyimpan rahasia besar yang tidak pernah ia bayangkan. Di Lembah Yarlung, Tibet, jawaban mulai terkuak.

Sementara itu, pencarian Gio di Rio Tambopata menemui jalan buntu. Pada saat yang tak terduga, pria yang pernah menemuinya di Vallegrande kembali muncul. Pria itu mengarahkan Gio ke pencarian baru. Petunjuknya adalah empat batu bersimbol, merepresentasikan empat orang, dan Gio ternyata adalah salah seorang dari mereka.

Review
Waktu 2 tahun itu nggak lama untuk bikin novel sepadat ini. Dan ngga sekedar padat, Supernova 5 Gelombang harus nyambung dengan seri supernova sebelumnya. Selamat, penulis Dewi Lestari berhasil. Benang merah nya dapet banget. Ini Supernova paling frontal? Ya. Dari awal, pembaca sudah disajikan sesuatu yang 'aneh'.

Tokoh utama, Alfa Sagala alias Ichon sudah merasa bahwa dia 'aneh' sejak SD. Mimpi buruk membuatnya tersandera dalam konflik batin tak berkesudahan hingga dia dewasa di New York. Problem yang disajikan tidak hanya berkaitan dengan mimpi Alfa, tapi juga dilihat dari sisi keluarga serta social life.
Kehidupan di kampung asal mula suku Batak adalah setting yang berbeda. Beralih ke Jakarta, dan Amerika Serikat. 

Seperti Supernova sebelumnya, di Gelombang banyak hal baru yang maksa untuk pembaca mencari tahu lebih dalam. All about dream. Lucid dream etc. Menarik sekali topik mimpi dari sisi medis. Melakukan beberapa trik agar sadar dari mimpi. Saat baca ini saya sampai nightmare, tepatnya kebawa lucid dream. Kalau Alfa kehimpit tembok, saya eskalator. Ngeri banget,,,tapi saya sadar kalau itu mimpi..lalu berusaha kembali ke dunia nyata. 

Di Gelombang, keterkaitan dengan Supernova lain makin terlihat. Jadi, sebaiknya baca Supernova lain dulu sebelum baca Gelombang. Tokoh yang dominan adalah Ishtar, masih ingat Supernova Akar (2) ? Lalu Bintang jatuh (supernova 1), Kell (Supernova 4), dan Bodhi (Supernova 2). Petir engga? Elektra nggak disebut di Gelombang, tapi di ending Petir kan dia sudah ketemu Bodhi.
Ngomong-ngomong nih, Ishtar itu kok seperti istilah di chemical E* ya,,yang satuannya Mpa. Apa berhubungan? 

Pembaca nggak akan bosen. Membahas oneronauts, mengenai mimpi yang pasti banyak dialami oleh sebagian makhluk dimensi 3 ini. Di Gelombang, Alfa bisa menembus Asko di dimensi 4. Silakan baca sendiri dan kalian akan tahu Supernova itu apa, asko itu apa, gugus oktahedral dan masih banyak lagi yang menjurus ke inti. 

Jujur nih, saya pikir Supernova itu semacam Power Ranger. Orang-orang pilihan yang akan dipertemukan menjalankan misi. Kita tunggu saja apa ini benar, semoga Supernova 6; Intelegensi Embun Pagi segera terbita, hahahaha. 

Apakah saya peretas, infiltran, atau malah Sarvara?
Bersama Si Jaga Portibi

Rate
4 dari 5 bintang

Quote
"Tak semua sanggup mengerti betapa berharganya sesuatu yang diberikan cuma-cuma kepada mereka yang nyawanya bersambung rapuh dari hari ke hari. Udara yang sejuk, nyanyian burung di Pepohonan. Matahari yang bersinar murah hati" (hlm. 309)

"Kalau kamu meragu, sadari kamu meragu, tapi jangan ladeni. Kalau kamu takut, sadari kamu takut, tapi jangan lawan" (hlm. 313)

~Quotes lain bisa cek di tumblr: www.inamangunkusumo.tumblr.com









[Review Film] Rurouni Kenshin; The Legend Ends

October 26, 2014
Jurus pamungkas dari Batosai akhirnya muncul juga. Nggak perlu menunggu lama dari rilisnya Rurouni Kenshin Kyoto Inferno, seri ke-3 nya The Legend Ends menjawab pertanyaan bagaimana ending Rurouni Kenshin. Kalau yang sudah lupa jalan cerita Kyoto Inferno bisa baca di SINI.
source: media.tumblr.com

Plot
Sambungan dengan Kyoto Inferno nya pas banget. Terakhir kita lihat ketika Kenshin menjatuhkan diri dari Kapal Sishio dan terdampar di pantai entah mati entah hidup. Pastinya, Kenshin hidup masa jagoannya mati sih. Meski agak kurang logis, tapi yasudahlah. Apa sih? Kenshin ini lho tau-tau diselamatkan gurunya yang sudah 15 tahun nggak ketemu. Dalam kondisi pingsannya, Kenshin diperlihatkan kondisi saat dia dulu pun ditemukan gurunya itu dan diberi nama Kenshin. Aslinya Shinta. Pertemuan dengan gurunya ini dimanfaatkan Kenshin untuk meminta jurus pamungkas mengalahkan Makoto Sishio. 

Guru Kenshin tidak hanya memberikan jurus, teknik saja tidak cukup. Mindset Kenshin juga harus diubah. Pentingnya nyawa Kenshin dan keinginan untuk hidup adalah alasan utama dalam memenangkan pertempuran, bukan hanya dari kekuatan. Kaoru yang juga jatuh ke laut ditemukan nelayan dan masuk rumah sakit untuk penyembuhan. Berkat tanda sapu tangan dari penginapan Misao, Kaoru bisa bertemu lagi dengan teman-teman seperjuangannya kecuali Kenshin.

Di Tokyo, kapal besar Makoto Sishio tiba. Tujuan utamanya menjatuhkan pemerintahan baru. Terjadi kesepakatan antara pemerintah dan Sishio, Tokyo tidak akan diserang asalkan pemerintah menyerahkan Kenshin dan dipenggal hidup-hidup. Diam-diam kepolisian yang disitu tentu ada polisi Ito, menyiapkan rencana penyerangan kapal Sishio.

Di Kyoto, Selebaran dicarinya Kenshin sudah smapai dimana-mana, termasuk Misao. Elder yang masih sakit karena pertempuran dengan Aoshi menyuruh Misao menemui Kenshin di tempat gurunya. Singkat cerita, di Kyoto terjadi pertempuran antara Kenshin dan Aoshi. Di situlah Aoshi kalah dan sadar bahwa Kenshin di pihaknya serta Misao benar-benar mencintainya.

Kenshin ke Dojo Kamiya, bertemu Megumi. Akhirnya, Kenshin pakai baju merah itu lagi. Polisi datang, tanpa penyerangan berarti Kenshin ditangkap dan diarak ke tempat pemenggalan. Kaoru dan yang lainnya menyaksikan pengarakan itu.
Di dalam kapal, Sishio ternyata tidak bisa mengeluarkan keringat. Makin banyak dia bergerak, makin pans tubuhnya. Ini adalah akibat dari terbakarnya dia dulu. Sishio sudah diingatkan bahwa dalam pertempuran kali ini dia hanya punya waktu 15 menit agar tidak membahayakan badannya sendiri.
Di lapangan pemenggalan, Kenshin sudah siap di bawah algojo. Ternyata, kepalanya tidak terpenggal. Para algojo adalah polisi yang menyamar. Pertempuran dimulai, Kenshin dan tokoh utama lainnya menuju kapal. Inilah saatnya jurus pamungkas itu keluar. Sebelum bertemu Sishio, Kenshin terlibat pertempuran sengit dengan Sojiro yang sebelumnya sudah mematahkan pedangnya. Di pertempuran ini Sojirio tidak hanya takluk, tapi juga merasakan lagi sisi kemanusiaan yang dulu hilang. Dia menangis.

Pertempuran tak terelakan dengan Sishio. 1 lawan 4. Jurus pamungkas Kenshin Dragon Fly Heaven pun keluar. Sishio dengan pedang apinya. Tapi, ternyata pertempuran itu berlangsung lama. Tubuh Sishio sudah melemah. Wanita yang selalu menemaninya  turun ke pertempuran. Dia menahan Kenshin agar tak menyerang lagi. Tapi, tiba-tiba Sishio menusuknya dari belakang dengan pedang hingga menembus ke badan Kenshin. Keadaan Sishio semakin lemah tapi dia terus memaksa bertarung. Endingnya, tubuh Sishio tidak bisa menahan panas lagi hingga keluar api. Sishio mati.
Kenshin dan yang lainnya keluar kapal disambut hormat dari pihak pemerintah.

Sebelum credit title, Kenshin mengucapkan perasaanya ke Kaoru. aaaaaAAAAkkk

Review
Dibandingkan dengan Kyoto Inferno, The Legend Ends lebih sadis. Sedikit percakapan banyak pertempuran. Darah dimana-mana. Meskpiun banyak bagian yang nggak logis sih, seperti waktu Kenshin ditemukan gurunya di pantai. Bagian aneh lainnya adalah Kenshin yang sudah ditusuk pedang sampai tembus tapi masih hidup. Saktiiii. Ngomong-ngomong itu pedang Sishio seperti korek gas bisa nyala. Hahaha.

Secara plot is good, kalau setting….karena saya suka nuansa Jepang kuno, ya yang sekarang dapet juga. Meskpiun nggak sebanyak yang Live action 2012. Kenshin yang versi asli gini kok ngggak selugu yang versi kartun ya, serius gitu. Penokohan lain rasanya cukup bagus.

Berkali-kali dibikin kaget sama backsoundnya, dan merinding lihat permainan pedang di The Legend Ends. Juga dibikin hampir nangis banget, hahaha..pas apa coba?Itu, pas Kaoru menyaksikan Kenshin mau dipenggal. 

Rate
4 dari 5

Quote
Pikirkan nyawanya sendiri dulu sebelum memikirkan nyawa orang lain. Jika kau mati karena memperjuangkan hidup orang-orang yang kau sayangi, mereka akan sedih. Nyawamu sama berharganya dengan nyawa yang lainnya.



Mimpi Terakhir Tahun Ini

October 24, 2014
Sebagian besar mimpi adalah proses integrasi data di otak, proses kalibrasi informasi tubuh dan mental. Selama kita terikat dalam tubuh ini, kita semua mengalaminya sebagai sebuah konsekuensi fisiologis.~ Dee, Gelombang (431)

Inilah jawaban atas pertanyaan "mimpi itu darimana datangnya?" nggak perlu ke ujung langit "kita ke sana dengan seorang anak, anak yang tangkas dan juga pemberani". 

Emosional dream, saat saya berlari...jatuh..lalu bangun lagi, jatuh lagi, seterusnya, tanpa ada yang bantu. Hingga pada akhirnya keputusanya "kamu sudah terlambat". Sekujur tubuh langsung menegang, dan nggak bisa lagi nggak nangis (histeris). 


Jika kamu memimpikan tentang suatu hal, maka belum tentu mimpi itu benar-benar mengenai hal tersebut. Mimpi adalah simbol yang tidak bisa selalu diartikan secara langsung. Mungkin inipun simbol, bahwa teman saya ini wafat dalam arti lain. Saat saya terjaga, waktu subuh sudah berlalu setengah jam. Sebelum terlambat, saya solat dan tentunya menyebut nama teman yang baru saya mimpikan ini. Doa baik. 

Selama bermimpi, otak memerintahkan tubuh agar lumpuh untuk menghindari gerak fisik di dunia nyata. Meskipun begitu emosional. Baunya, hawanya, mendungnya, dan licinnya tanjakan ke sana masih kerasa banget. Nggak bisa nulis banyak di sini, cukup segini saja yang saya share. Kalau dibayangin lagi, takut nangis. 


Mempercayai mimpi bisa menjadi kenyataan juga meningkatkan kesempatan itu sebesar 63-98%. 

Dan saya nggak mempercayai suatu saat ini akan terjadi. Titik 

Surat Teguran Pajak (yang aneh)

Masih pagi, ada panggilan masuk bertuliskan “Home”. Waduh..langsung panik. Adalah suatu kejanggalan ditelpon pagi-pagi pada jam kerja. Kalau nggak penting banget, nggak akan lah.
Ada surat yang datang ke rumah, judulnya “Surat Teguran” pengirimnya “KPP Pratama Pekalongan”. Saya minta tolong adik yang kebetulan lagi di rumah untuk bacain. Isinya serius banget, pakai ancaman denda bla..bla..bla. Intinya sih, saya ditegur karena belum melaporkan Pajak Penghasilan tahun 2013. Wah ada yang nggak beres nih. Yang lucu, setelah kalimat-kalimat seram itu ada kalimat gini “kalau ternyata Anda sudah melporkan SPT Tahunan 2013, abaikan saja surat terugan ini”. Lho lho...piye tho karepe.

Terlalu Lama Sendiri

October 21, 2014
Pagi ke malam hari tak pernah terlintas di hati 
Bahkan di saat sendiri aku tak pernah merasa sepi 
Sampai akhirnya ku sadari 
Aku tak bisa terus begini 
Aku harus berusaha 
Tapi mulai darimana 
Sudah terlalu lama sendiri 
Sudah terlalu lama aku asyik sendiri 
Lama tak ada yang menemani rasanya 
Sudah terlalu asyik sendiri 
Sudah terlalu asyik dengan duniaku sendiri 
Lama tak ada yang menemani rasanya 
Teman-temanku berkata yang kau cari seperti apa 
Ku hanya bisa tertawa nanti pasti ada waktunya 
Walau jauh dilubuk hati 
Aku tak ingin terus begini 
Aku harus berusaha 
Tapi mulai dari mana 
Sudah terlalu lama sendiri 
Sudah terlalu lama aku asyik sendiri 
Lama tak ada yang menemani rasanya 
Sudah terlalu asyik sendiri 
Sudah terlalu asyik dengan duniaku sendiri 
Lama tak ada yang menemani rasanya 
Bukan tanpa nyali 
Sadar aku begini 
Apa yang di depan mata tak seperti yang engkau kira
Oh bahwa sesungguhnya pintu hati menunggu terbuka
 

Bandrek Ori Supratman

October 20, 2014
Taman Persib masih ramai meskipun malam semakin larut. Wajar saja, ini malam minggu. Tampak warung tenda berjajar dengan lampu terang benderang. Saya masuk ke salah satunya. Judul warung ini adalah “Bandrek Ori Supratman”. Lho perasaan ini bukan jalan Supratman deh. Namanya unik, pikirku.
Tampak depan

Tebing Keraton Bandung #TebingInstagram

Maksud hati ke bukit bintang malah terdampar di ketinggian 1200mdpl tebing keraton. Menyaksikan kabut menggantung di atas kota Bandung dan hamparan hutan pinus Dago Pakar. Tebing Karaton merupakan sebuah tebing yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Tebing ini terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung,Jawa Barat, Indonesia. Dari Tebing Keraton dapat menikmati pemandangan spektakuler. Bukan lampu kota, melainkan hutan.
Gunung Tangkuban Perahu Dari Tebing Keraton

Caang Festival Night Bandung

October 19, 2014
Puluhan mobil hias mewarnai malam puncak Hari Jadi ke 204 Kota Bandung dengan tema "Bandung Caang Fest" sabtu malam. Pawai mobil kendaraan diikuti oleh jajaran pemerintahan baik tingkat Satuan Kinerja Perangkat Daerah (SKPD) serta kecamatan-kecamatan di kota Bandung. Pawai dimulai pukul 18.30 , mengambil start di depan gedung sate, Jalan Diponegoro, dan berakhir di depan Balai kota, Jelan Merdeka.
Mobil hias berbentuk burung ini adalah dari kecamatan Cibiru. Saya berhenti dan menemukan spot asik pas di pertigaan depan gedung Bank Indonesia. Tepatnya di samping mobil hias polantas yang meraung-raungkan live music dangdut.
Mobil hias yang menyedot perhatian selain milik kecamatan cibiru adalah mobil pemadam kebakaran, dan badak ini. 
Iring-iringan diakhiri dengan mobil hias dari komunitas entah apa yang membawa tandu khas Hindis.

Setalah pawai berakhir, di depan panggung tamu undangan dinyalakan kembang api. Saya hanya menyaksikan dari jauh. Bagi saya yang paling menarik perhatian adalah mobil hiasnya polantas. Kenapa? Karena setelah acara beres, di depan markas polantas dangdutannya masih berlanjut. 

"Bandung Caang Sagala-galana..." Untuk penyelenggaraan perdana, ini sangat keren. Kedepannya jika lebih dipersiapkan dan dipromosikan pasti jadi lebih caanggggggg.






Bakso cuanki serayu Bandung

October 18, 2014
Bakso cuanki memang khas banget di Bandung. Apalagi Batagor, dimana-mana tempat tertulis Batagor Bandung. Ya kan? Tapi kalau yang aseli Bandung dan sudah legendaris, ya ini. Bakso cuanki dan batagor yang di jalan serayu, kota Bandung.
Lokasinya strategis, uademmm banyak pohon besar. Buka dari jam 11 siang. Berawal dari status path temen, akhirnya meluncurlah ke bakso cuanki serayu. Di bawah pepohonan saya melihat deretan meja dan bangku. Lho,,yang jualan mana?
Warungnya kecil, tapi full. Sampai antri boo. Saya pesan bakso cuanki dan batagor. Dicoba heula. Segerrrr. Bakso cuankinya seger banget, paling suka tahu gorengnya renyah. Batagornya,,,aseli Bandung. Sambal kacangnya mantap suratap. 
Sambil makan sambil dengerin obrolan orang sebelah. Katanya teh ini warung rame tiap hari. Wijhh. Oiya,,di bagian belakang kita bisa lihat langsung proses penggorengan batagornya. Open kitchen pisan lah.
     
Sekedar tips bagi yang mau ke bakso cuanki serayu, sebaiknya hindari jam makan siang. Sauna abis. Keringet saya sampai ngalir hahahah. Pilih bangku di luar lebih seru, sempriwing, kecuali kalau hujan, jangan dicoba. Kenapa? Basah ceuceu.,..hahahahh. 
Mau tahu daftar harganya, nih..
Murah meriah kan? Mangga dicoba..
Saya kasih poin; 4 untuk rasa, 3 untuk tempat, dan 5 untuk harga. Ini tempat asiknya buat makan, kalau cari venue ngobrol-ngobrol habis makan aja ke cafe yang banyak di sekitar jalan serayu. 







Dreaming in english

October 17, 2014
Bahasa ibu adalah bahasa Indonesia dan sesekali bahasa jawa. Dalam aktivitas menulis, membaca, juga lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia. Kenapa sering mimpi pakai bahasa asing, khususnya bahasa inggris? Kemampuan bahasa inggris saya masih tingkatan “B” kalau di EF (english first), jauh dari advance. Conversation saja masih pakai native jawa (medog).

Riset
Mencari sumber informasi tentang Dreaming In Foreign Language saja saya butuh google translate. Ya, informasi yang berbahasa Indonesia hampir nggak ada. Katanya sih, fenomena mimpi dalam bahasa asing masih sulit dijelaskan. Kalau saya dalam aktivitas sehari-hari pakai bahasa inggris..mungkin banget ya bisa gitu, kan secara nggak sadar otak merekam aktivitas kita seharian..lalu kebawa mimpi.

Mimpi berbahasa asing tidak menuntut seseorang harus lancar menggunakannya pada kehidupan nyata, alam bawah sadar benar-benar baik dalam merekam informasi (www.psychologytoday.com). Mungkin saja apa yang saya ucapkan di alam mimpi, kosakata nya pernah saya pelajari. Nggak harus ngafalin kamus, misal saat kita membaca artikel, buku, atau bahkan nonton film berbahasa asing. Alam bawah sadar merekam secara detail.

Sweet Moment
Ending dari mimpi asing saya itu, semalam, saya mengungkapkan cinta kepada orang-orang yang saya sayangi. Ini penting. Ketika kembali ke alam sadar, langsung aja gitu bercucuran air mata.

Quote
No matter the case, a dream in a different language should be taken as an incredibly positive sign of language improvement and awareness.


Di Balik Tembok Komplek

October 16, 2014
Apa yang kurasakan barusan, adalah pemicu kuat kalimat Alhamdulillahirabbil'alamiin. Ternyata, dibalik tembok tinggi yang mengelilingi paviliun ada kampung padat penduduk, dihuni sebagian besar oleh buruh, penuh kontrakan 3 petak. Jalan berdebu, jemuran dimana-mana, nggak ada selokan dan tempat sampah. Coba bayangkan!

Dua tahun aku merasakan kenyamanan di paviliun, yang kalau musim hujan nggak perlu khawatir banjir. Yakin banget, itu kampung belakang tembok komplek hujan deras 3 jam aja nggenang. Ya Allah...aku masih sering ngeluh kegerahan. Padahal pasti di kontrakan sana sumpek. Kan dulu pernah ngerasain tinggal di pinggir rel. Ya gitu,,,,bisa tidur nyenyak malam atau siang hari adalah anugerah. Di balik tembok komplek, nggak ada joging track dan lapangan serbaguna. Keamanan urusan pribadi masing-masing, nggak ada security 24 jam. 

      

Bukan maksud untuk pamer, hanya ngajak berfikir sejenak. Sebuah perjalanan maghrib-maghrib nggak sengaja yang luar biasa hasilnya. 


Rindu

October 14, 2014
"Apalah arti memiliki?
Ketika diri kami sendiri bukanlah milik kami.
Apalah arti kehilangan?
Ketika kami sebenarnya menemukan banyak saat kehilangan, dan sebaliknya, kehilangan banyak pula saat menemukan.
Apalah arti cinta?
Ketika kami menangis terluka atas perasaan yang seharusnya indah? Bagaimana mungkin, kami terduduk patah hati atas sesuatu yang seharusnya suci dan tidak menuntut apapun?
Wahai, bukankah banyak kerinduan saat kami hendak melupakan? Dan tidak terbilang keinginan melupakan saat kami dalam rindu? Hingga rindu dan melupakan jaraknya setipis benang saja.
~ Tere Liye


Sticker Mobil TRD Sportivo dan Hello Kitty

October 13, 2014
Sering ngamatin nggak, kalau akhir-akhir ini berseliweran mobil dengan sticker "TRD Sportivo" dan "Hello Kitty" berbagai ukuran. Cukup menggelitik ketika saya menyaksikan Pajero Sport warna putih body nya full Hello Kitty. Tapi ini nggak seberapa, daripada Honda Jazz atau Xenia yang pakai sticker TRD Sportivo. why?

TRD Sportivo
Sejarah TRD Sportivo bermula dari TRD, merupakan kependekan dari Toyota Racing DevelopmentTRD dikembangkan oleh Toyota Technocraft Co. Ltd, sebagai pemegang lisensi dan juga produsen dari suku cadang dan aksesoris TRD. Awalnya TRD mengembangkan dan memasarkan suku cadang khusus untuk mobil balap, namun sejalan dengan waktu juga mulai fokus pada suku cadang dan aksesoris khusus untuk mobil versi standar keluaran Toyota.
Pertama kali TRD terlibat di kancah dunia balap adalah pada tahun 1965, beberapa tahun sesudah Toyota untuk pertama kalinya mengikuti The Australian Rally tahun 1957 yang merupakan event menantang pertama di luar Jepang bagi produsen mobil Jepang. .
TRD kemudian secara resmi diluncurkan dan terlibat dalam seluruh aktivitas motor sport Toyota. TRD mendukung TOYOTA 2000 GT untuk menciptakan rekor baru untuk “Speed Trail”, dan membuat penampilan perdana di “Monte Carlo Rally” dengan mendemonstrasikan teknologi tinggi. Pada tahun 1976, TRD menjadi registered trademark dan hingga saat ini TRD menjadi satu kesatuan dengan Toyota.
Ada dua merek yang menjadi lini bisnis TRD Asia, yaitu TRD dan TRD Sportivo.
Produk TRD dikembangkan dengan standar asli TRD dan digunakan untuk kebutuhan motorsport yang membutuhkan kenyamanan berkendara dan kecepatan dengan kategori seperti jalanan, sirkuit maupun dirt course trail.
Sementara itu, produk TRD Sportivo adalah produk asli Toyota yang dikembangkan oleh TRD dengan Toyota Motor Corporation (TMC), khusus disediakan untuk pelanggan biasa yang menginginkan sentuhan gaya balapan. Produk TRD Sportivo sudah melalui persetujuan TMC melalui serangkaian tes, baik tes dijalan oleh pengemudi uji profesional Toyota, maupun penguji dari TRD. Setelah serangkaian tes, TRD Sportivo mendapatkan garansi.
Saat ini di Indonesia sudah beberapa line up kendaraan baru Toyota yang dilengkapi dengan produk TRD Sportivo yaitu Fortuner, Yaris, Vios, Avanza, Etios, Rush, Camry, dan Toyota 86. Mobil Toyota baru dengan produk TRD Sportivo ini biasanya merupakan versi termahal di kelasnya masing-masing.
Jadi logo TRD Sportivo seharusnya hanya menempel di body mobil baru merk Toyota saja, menandakan bahwa mobil tsb telah didisain dan dilengkapi asesoris khas TRD Sportivo. Jika ada di body mobil merk lain (non Toyota) seperti Honda Jazz ataupun Daihatsu Xenia, maka jelas-jelas yang digunakan bukan sparepart racing TRD Sportivo yang asli, atau mungkin sekedar “logo-logoan” saja karena dianggap keren. (sumber dari sini)

Asli nih
Minggu lalu niat banget ngamatin sticker ini yang nempel di Fortuner. bentuknya lebih elegan, nggak segede gaban..hahaha. Yang di bagian belakang malah timbul gitu tulisannya.
Sebelum pasang sticker ini ke mobil...apalagi motor...pikir-pikir lagi ya.

Hello Kitty
Apakah ini efek dari sinetron itu? hahha..si Hello Kitty selingkuhannya Mas Bram. Kebanyakan mobil mungil LCGC memakai sticker ini. Tapi nggak sedikit juga mobil SUV yang didesain garang ikut memakai. hahahah "Body macho, stickernya hello kitty" agak gimanaaa gitu ya. 
belum pernah lihat yang spongebob atau ultraman
Ini peluang bagi produsen mobil, ya mungkin ada yang mau kerjasama dengan pemegang merek dagang Hello kitty buat develop seri khusus, hahaha.

Jadi mau pasang sticker yang mana? aku mah belum punya mobil, masa pasang di sepeda.

Quote
Dulu pernah ada yang bilang gini ke saya 
"akan tiba masanya saat kamu di jalanan atau di parkiran bakal secara otomatis jadi pengamat mobil."




[Review Buku] Supernova 4: Partikel by @Deelestari

Supernova 4 membawa kisah dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) yang dianggap sesat dan gila karena penelitiannya yang membawa kecintaan mendalam terhadap dunia jamur. Jamur adalah portal antar dimensi yang bisa membawa manusia keluar angkasa. 
Kita, manusia, adalah virus terjahat yang pernah ada di muka bumi. Suatu saat nanti, orang-orang akan meyakinkanmu bahwa manusia adalah bukti kesuksesan evolusi.  (Supernova; Partikel hlm. 71)
Menemukan karya science fiction dari penulis Indonesia cukup sulit, apalagi yang risetnya mendalam seperti Dewi Lestari. Partikel dalah seri ke-4 dari supernova. Sebelumnya saya sudah mereview supernova 1, supernova 2, dan supernova 3. 


Judul: Supernova, Partikel
Penulis : Dewi Lestari
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun terbit: 2012
Jumlah Halaman: 508

Sinopsis 
Di pinggir Kota Bogor, dekat sebuah kampung bernama Batu Luhur, seorang anak bernama Zarah, dan adiknya, Hara, dibesarkan secara tidak konvensional oleh ayahnya, dosen sekaligus ahli mikologi bernama Firas. Cara Firas mendidik anak-anaknya mengundang pertentangan dari keluarganya sendiri.
Di balik itu semua, masih tersimpan berlapis misteri, di antaranya hubungan khusus Firas dan sebuah tempat angker yang ditakuti warga kampung. Tragedi demi tragedi yang menimpa keluarganya akhirnya membawa Zarah ke sebuah pelarian sekaligus pencarian panjang.
Di konservasi orang utanTanjung Puting, Zarah menemukan keluarga baru dan kedekatannya kembali dengan alam. Namun, bakat fotografinya membawa Zarah lebih jauh dari yang ia duga. Di London, tempat Zarah akhirnya bermarkas, ia menemukan segalanya. Cinta, persahabatan, pengkhianatan. Termasuk petunjuk penting yang membawa titik terang bagi pencariannya.
Sementara itu, di Kota Bandung, Elektra dan Bodhi akhirnya bertemu. Secara bersamaan, keduanya mulai mengingat siapa diri mereka sesungguhnya. 

Review
Diantara supernova lain..partikel itu yang paling asik. Tebel tapi keren banget. Menyelami dunia mikologi, UFO, dimensi lain, Shaman, dan berbagai teori yang selama ini belum kuketahui.
Pantas saja Dee lama mempersiapkan partikel. Terasa matang. Surealis tapi seperti real. Jadi nyambung sama 'kafka on the shore' Haruki murakami. Di sana ada satu bagian dimana serombongan anak SD dan guru mereka pingsan saat mencari jamur di sebuah wilayah. Wilayah hutan jepang yang deskripsinya mirip bukit jambul. Saat pingsan mereka tidak ingat apapun, dan setelah pingsan segar bugar kembali. Sampai akhir cerita, Murakami tidak membahas mengenai kenapa anak-anak itu pingsan. Dia hanya bilang bahwa ada portal ke dimensi lain.

Banyak hal yang baru saya ketahui dari Partikel. Blogger lain sudah membahasnya, saya kutipkan di bawah ini (sumber) 
Dee memang menunjukkan ketertarikannya pada bidang-bidang seperti bahwa fungi atau jamur adalah media komunikasi antara manusia dan alam, evolusi manusia dari kera, fotografi (mungkin ini lebih karena suaminya), antariksa dan unidentified flyng object (UFO), meditasi, reiki, gerakan zaman baru (new age), spirit of Ibuga, batu-batu dari perut bumi yang memiliki khasiat, dan masih banyak lagi. Kelebihannya adalah kita sebagai pembaca banyak dikenalkan dengan suatu fenomena yang mungkin selama ini hanya orang-orang terbatas yang bisa mengaksesnya. Tohpun kalau ada yang menggemarinya jumlahnya relatif tidak banyak.
Pilihan Firas yang mengajar langsung Zarah di rumah maupun di kebun permakulturnya, terlihat dominasi Firas di sini, yang tidak ada komunikasi baik-baik dengan istrinya mengenai pilihan yang diambil Firas. Memang benar, kelemahan sekolah formal seringkali menciptakan robot-robot penghafal alih-alih mengembangkan apa yang menjadi minat siswa. Selain itu, Firas menunjukkan teladan yang tidak baik dengan membedakan perlakuan terhadap Hara, adik Zarah. Tidak ada penjelasan mengapa Hara tidak diikutkan dalam gaya mendidik Firas.Kamera jenis apakah yang digunakan Zarah untuk menghasilkan foto-foto bagus itu? pada halaman 239 dijelaskan bahwa zarah menggunakan kamera Nikon FM2/T (T menunjukkan titanium yang menjadi bagian dari bodi kamera ini.. Tipe ini adalah jenis Nikon klasik dari keluarga FM. Kamera ini memang terbilang langka dan mahal pada zamannya, diproduksi pada tahun 1997 dan diskontinu pada tahun 2011 dengan harga $1120. Kamera manual SLR ini dapat bekerja tanpa baterai (kecuali untuk light), dan kemampuannya disetarakan dengan semiproffesional camera, dapat bekerja pada temperatur ekstrim dari mulai suhu minus 40 derajat celcius sampai 50 derajat celcius.
Tentang peristilahan inner space travel. Pak Simon mengatakan bahwa untuk mengarungi antariksa dapat dilakukan melakukan perjalanan ke dalam. Tubuh manusia dapat melakukan perjalanan tersebut dengan media enteogen, berasal dari akar kata: entheost (yang dipenuhi inspirasi) dan genesthai (datang dan tinggal). Jadi dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang memungkinkan/menyebabkan seseorang dipenuhi spirit/semangat/inspirasi. yaitu sebuah istilah yang dipopulerkan oleh sebuah tim etnobotanist, yang berarti seseorang yang dipenuhi hal spiritual (terjemahan bebas). Dari tradisi maupun praktik yang sudah berlangsung, untuk mencapai ke keadaan tersebut, ada zat psikoaktif yang terdapat pada suatu jenis binatang atau jamur (fungi). Daftar apa saja yang merupakan enteogens dapat dilihat di sini. Bagi yang memakan zat tersebut (dalam cerita ini adalah suatu jenis jamur jenis Psilocybe) akan mengalami halusinasi, atau mengalami suatu 'dunia lain'. Dari situ kemudian manusia dapat melakukan perjalanan dengan dunia spirit. Pengalaman ke dunia sana dilakukan Zarah dengan makan Iboga sebuah tanaman enteogen yang berasal dari Afrika. Konsep inner space travel ini secara sederhana dapat dibahasakan yaitu melakukan perjalanan ke dalam diri dengan meditasi, berefleksi, berkontemplasi mencari apa pertanyaan-pertanyaan tentang hidup dan pemaknaan akan kehidupan. Praktek ini dilakukan oleh para sufi maupun para spiritualis zaman dulu. Sementara mengkonsumsi Iboga adalah sebuah tradisi terapi kuno Bwiti yang dilakukan oleh orang Gabon, Afrika terhadap orang yang mengalami sakit. Iboga masih merupakan daftar makanan yang dibatasi penggunaannya oleh undang-undang di Amerika maupun Eropa, karena dianggap dapat menyebabkan ketergantungan seperti narkoba. Untuk bagian ini, sepertinya kita perlu banyak menggali lebih dalam apakah cara melakukan inner space travel haruskah mengkonsumsi iboga, jamur guru, atau apalah namanya?


Kekuatan setiap karakter dan settingnya matang. Sebuah perjalanan spiritual yang kompleks dan berbobot. Paling tertarik dengan teori penciptaan manusia yang menyebutkan bahwa kita adalah hasil hybrida dari homo erectus dan makhluk terrestrial dari dimensi lain. Sebuah konsep atheisme yang baru saya ketahui, hahhahaaaa.

Menunggu "gelombang", teasernya bisa dibaca di sini

Rate
4 of 5

Quote




Cara Sehat Menangkal Flu

October 11, 2014
Kamu bersin-bersin? Meriang? Lemas? Jangn buru-buru ke dokter atau minum obat, apalagi minum racun...mending cobain cara sehat saya dalam menangkal flu.

Beberapa minggu ini ngerasa gerah melulu kan ya kalau siang? Panas terik, suhu udara 35-37C dengan kelembaban rendah. Angin berhembus kencang, meniupkan butiran debu yang tersesat dan tak tahu arah jalan pulang. Intinya, kondisi cuaca kayak gini rentan banget sama flu. Saya sebenarnya jarang ngalamin flu alhamdulillah, tapi....mungkin karena kebanyakan jajan cilok, mi ayam, sama gorengan pinggir jalan...yaaa kena 'nggreges' juga.

Selama hampir seminggu intensitas bersin meningkat tajam. Badan meriang, lemes, susah mikir. Saya anti banget minum obat kalau ngerasain flu. Biasanya cuma banyakin minum air putih atau minum susu steril. Tapi yang sekarang, digituin masih aja belum mempan. Akhirnya, sejak tadi pagi intensif berusaha nyembuhin, mumpung libur. Tadaaa....ini ramuan sehatnya. 
monggo

  •  Soto Surabaya
Kok soto? Harusnya sih, ngusir flu itu pakai sop ayam...tapi karena di sini nggak ada Pak Min Klaten yang jualan sop,,,malah adanya Pak Min Solo yang jualan sate, kuputuskan menggantinya  dengan soto surabaya. Bentuk dan rasa soto surabaya itu paling mendekati sop ayam. Apalagi ada tomat segar, kan bisa nambah vitamin tuh. Hehe. Soto ala gue,,,nggak pakai kol sama kecap ya. Kol nambah gas di perut, dan kecap....ya...nggak suka aja soto dikecapin.

  • Apel
Apel kan katanya banyak tuh antioksidannya. Jadi ningkatin kekebalan tubuh kita biar cepat sembuh dan nggak gampang kena flu lagi.

  • Teh hijau
Tanpa gula. Emang kayak jamu sih jadinya. Tapi kan khasiatnya bagus. Katanya sumber antioksidan juga. Oiya, air yang buat nyeduh jangan panas-panas banget. Dan pastikan perut nggak kosong, karena bisa ningkatin asam lambung.

  •  Lari pagi
Ini resep andalanku. Kalau ngerasa mulai nggak fit, lari pagilah. Pagi itu...sebelum masuk waktu dhuha, hehhee...ya sekitar setengah 6 atau paling telat jam 6 pagi. Cukup 1km tapi kontinyu...nggak campur jalan kaki. Segerrrr deh. #marilari :-)

Manjur?
Alhamdulillah...padahal tadi subuh masih nggreges dan pilek, dan malam ini....fresh. Yang aku jalanin hari ini; minum teh hijau hangat tanpa gula, lanjut joging, sarapan soto surabaya hangat dan sedikit pedas, ditutup dengan 1 buah apel.

Selamat mencoba...semoga lekas sembuh flu nya :-)

Pria Itu Semacam Apa?


"Pria itu yang seperti saya. Mapan dan berkarakter." Kata seorang eksekutif muda.

"Pria itu yang berani datang pada ayahmu dan meminta izin untuk meminang anak perempuannya." Kata seorang gadis yang baru saja dilamar pujaan hatinya.

"Pria itu… brengsek!" Kata seorang wanita yang baru saja diselingkuhi pacarnya.

"Pria itu yang mampu menafkahi dan menjadi pemimpin keluarga." Kata seorang Ibu di blok sebelah.

"Pria itu enggak jelas maunya apa, terlalu pake logika!" Kata seorang mahasiswi di fakultas tetangga

"Pria itu yang seperti ayah." Kata gadis kecil di sudut taman.

Pria itu, silakan definisikan sendiri. Mungkin jawaban yang kamu miliki akan sama ataupun berbeda dengan mereka. Semua tergantung persepsi yang kamu tanamkan pada kata ‘Pria’. Maknanya bisa saja baik ataupun buruk, tergantung pengalamanmu berkata apa. Yang jelas, tidak ada satupun di dunia ini yang dianggap 100% baik ataupun 100% buruk. Penilaian orang akan berbeda-beda layaknya sekeping koin yang mempunyai dua sisi. Ada sisi yang disembunyikan, ada sisi yang ditampilkan. Baik atau buruk, tergantung mau keluarkan sisi mana. Sama halnya dengan pria. Jadi, pria itu menurutmu semacam apa?

oleh : hanalzulfan

Lagi Peka Aja

October 10, 2014
Allah memegang nyawa (seseorang) pada saat kematiannya dan nyawa (seseorang) yang belum mati ketika dia tidur, maka Dia tahan nyawa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia lepaskan nyawa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran) Allah bagi kaum yang berpikir. (Surat Az-Zumar ayat 42)

Siapa yang ngebagunin ya?
memasang alarm bangun pagi sepertinya adalah kebiasaan hampir semua orang, apapun kepercayaanya. Tapi jujur deh, seringkah kita nggak peduli? Dengar alarm, matikan, lalu tidur lagi. Atau malah bisa bangun 5 menit pas sebelum alarm berbunyi. Menurutku, alarm itu kurang efektif..ya balik lagi kan ke kitanya mau bangun apa enggak. Tapi...kalau ada yang “nowel” gimana?
Belakangan ini, saya sering merasakan begitu. Kayak ada yang ngedorong-dorong badan pas lagi tidur. Ya kayak dibangunin pada Jam-jam tertentu. Rutin. Suatu hari nggak didorong, tapi ada yang ndobrak pintu kamar. Suaranya kenceng banget. Pas bangun..eh nggak ada apa-apa. hening.
Itu semua tanda kebesaran Allah. Apapun itu, siapapun itu.

Feeling aneh
Mungkin tubuh saya sedang peka saja. Katanya kan gitu ya...kalau lagi peka, kedekatan kita sama alam bisa makin erat. Alam? Mengenai hal ini, saya juga merasakan beberapa feeling yang terjadi secara cepat dan tepat. Juga dengan fenomena otomatis ngelihat jam tertentu. Kadang jam tangan, jam hape, jam komputer...hampir tiap hari..di jam dan menit yang sama.
Kok jadi mistis?
Karena penasaran, sayapun googling. Wah ternyata banyak juga yang ngalamin hal serupa. Tapi kok? Semua mengaitkan pada hal yang bersifat mistis dan magis. Bahkan ada salah satu situs sengaja menjual “sesuatu” agar bisa merasakan hal-hal di atas. Saya putuskan Nggak mau menelusuri lebih dalam tentang khodam yang dikait-kaitkan dengan fenomena ini.
Allahu akbar

Rasional
Dari sebuah buku yang sedang saya baca, ada penjelasan.

“ketika manusia yang tidak sadar berubah jadi manusia sadar, saat itu juga dia terhubung dengan jaringan informasi yang selama ini tersembunyi. Informasi penting tentang semesta ini akan mengalir tanpa ada yang bisa menyetop. Saat itulah manusia bisa berubah jadi pemelihara. Sekarang ini, sedikit sekali manusia yang terhubung. Hampir semuanya terputus dari jaringan. Mereka jadi penghancur karena akses mereka tertutup. Mereka yang sudah terhubunglah yang punya kesempatan jadi mediator, menjadi jembatan untuk informasi itu.” (Partikel, Dee)

Adakah penjelasan yang lebih gampang dimengerti? Atau kalian yang membaca ini pernah mengalami apa yang saya rasakan?

Wallahu a’lam


Auto Post Signature

Auto Post  Signature