Top Social

[Review Buku] Supernova 5, #Gelombang

October 28, 2014
Diantara seri supernova sebelumnya, ini yang paling frontal. Sejak awal, pertanda bahwa sang tokoh punya ke”aneh”an itu sudah dimunculkan. Semakin jauh, pembaca akan diarahkan pada konflik yang makin runcing, makin mengerucut, dan ketemulah akhirnya,,,,sedikit benang merah dengan seri supernova sebelumnya. Jika kalian lupa seri supernova lain, bisa dicek di sini ya: Kesatria, Puteri, dan Bintang Jatuh#1, Akar #2, Petir #3, Partikel #4.


       

Judul: Supernova, Gelombang (#Supernova 5)
Penulis: Dewi Lestari
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun terbit: 2014
Jumlah halaman: 492

Sinopsis
Sebuah upacara gondang mengubah segalanya bagi Alfa. Makhluk misterius yang disebut Si Jaga Portibi tiba-tiba muncul menghantuinya. Orang-orang sakti berebut menginginkan Alfa menjadi murid mereka. Dan, yang paling mengerikan dari itu semua adalah setiap tidurnya menjadi pertaruhan nyawa. Sesuatu menunggu Alfa di alam mimpi.

Perantauan Alfa jauh membawanya hingga ke Amerika Serikat. Ia berjuang sebagai imigran gelap yang ingin mengubah nasib dan status. Pada suatu malam, kehadiran seseorang memicu Alfa untuk menghadapi ketakutan terbesarnya. Alam mimpinya ternyata menyimpan rahasia besar yang tidak pernah ia bayangkan. Di Lembah Yarlung, Tibet, jawaban mulai terkuak.

Sementara itu, pencarian Gio di Rio Tambopata menemui jalan buntu. Pada saat yang tak terduga, pria yang pernah menemuinya di Vallegrande kembali muncul. Pria itu mengarahkan Gio ke pencarian baru. Petunjuknya adalah empat batu bersimbol, merepresentasikan empat orang, dan Gio ternyata adalah salah seorang dari mereka.

Review
Waktu 2 tahun itu nggak lama untuk bikin novel sepadat ini. Dan ngga sekedar padat, Supernova 5 Gelombang harus nyambung dengan seri supernova sebelumnya. Selamat, penulis Dewi Lestari berhasil. Benang merah nya dapet banget. Ini Supernova paling frontal? Ya. Dari awal, pembaca sudah disajikan sesuatu yang 'aneh'.

Tokoh utama, Alfa Sagala alias Ichon sudah merasa bahwa dia 'aneh' sejak SD. Mimpi buruk membuatnya tersandera dalam konflik batin tak berkesudahan hingga dia dewasa di New York. Problem yang disajikan tidak hanya berkaitan dengan mimpi Alfa, tapi juga dilihat dari sisi keluarga serta social life.
Kehidupan di kampung asal mula suku Batak adalah setting yang berbeda. Beralih ke Jakarta, dan Amerika Serikat. 

Seperti Supernova sebelumnya, di Gelombang banyak hal baru yang maksa untuk pembaca mencari tahu lebih dalam. All about dream. Lucid dream etc. Menarik sekali topik mimpi dari sisi medis. Melakukan beberapa trik agar sadar dari mimpi. Saat baca ini saya sampai nightmare, tepatnya kebawa lucid dream. Kalau Alfa kehimpit tembok, saya eskalator. Ngeri banget,,,tapi saya sadar kalau itu mimpi..lalu berusaha kembali ke dunia nyata. 

Di Gelombang, keterkaitan dengan Supernova lain makin terlihat. Jadi, sebaiknya baca Supernova lain dulu sebelum baca Gelombang. Tokoh yang dominan adalah Ishtar, masih ingat Supernova Akar (2) ? Lalu Bintang jatuh (supernova 1), Kell (Supernova 4), dan Bodhi (Supernova 2). Petir engga? Elektra nggak disebut di Gelombang, tapi di ending Petir kan dia sudah ketemu Bodhi.
Ngomong-ngomong nih, Ishtar itu kok seperti istilah di chemical E* ya,,yang satuannya Mpa. Apa berhubungan? 

Pembaca nggak akan bosen. Membahas oneronauts, mengenai mimpi yang pasti banyak dialami oleh sebagian makhluk dimensi 3 ini. Di Gelombang, Alfa bisa menembus Asko di dimensi 4. Silakan baca sendiri dan kalian akan tahu Supernova itu apa, asko itu apa, gugus oktahedral dan masih banyak lagi yang menjurus ke inti. 

Jujur nih, saya pikir Supernova itu semacam Power Ranger. Orang-orang pilihan yang akan dipertemukan menjalankan misi. Kita tunggu saja apa ini benar, semoga Supernova 6; Intelegensi Embun Pagi segera terbita, hahahaha. 

Apakah saya peretas, infiltran, atau malah Sarvara?
Bersama Si Jaga Portibi

Rate
4 dari 5 bintang

Quote
"Tak semua sanggup mengerti betapa berharganya sesuatu yang diberikan cuma-cuma kepada mereka yang nyawanya bersambung rapuh dari hari ke hari. Udara yang sejuk, nyanyian burung di Pepohonan. Matahari yang bersinar murah hati" (hlm. 309)

"Kalau kamu meragu, sadari kamu meragu, tapi jangan ladeni. Kalau kamu takut, sadari kamu takut, tapi jangan lawan" (hlm. 313)

~Quotes lain bisa cek di tumblr: www.inamangunkusumo.tumblr.com









[Review Film] Rurouni Kenshin; The Legend Ends

October 26, 2014
Jurus pamungkas dari Batosai akhirnya muncul juga. Nggak perlu menunggu lama dari rilisnya Rurouni Kenshin Kyoto Inferno, seri ke-3 nya The Legend Ends menjawab pertanyaan bagaimana ending Rurouni Kenshin. Kalau yang sudah lupa jalan cerita Kyoto Inferno bisa baca di SINI.
source: media.tumblr.com

Plot
Sambungan dengan Kyoto Inferno nya pas banget. Terakhir kita lihat ketika Kenshin menjatuhkan diri dari Kapal Sishio dan terdampar di pantai entah mati entah hidup. Pastinya, Kenshin hidup masa jagoannya mati sih. Meski agak kurang logis, tapi yasudahlah. Apa sih? Kenshin ini lho tau-tau diselamatkan gurunya yang sudah 15 tahun nggak ketemu. Dalam kondisi pingsannya, Kenshin diperlihatkan kondisi saat dia dulu pun ditemukan gurunya itu dan diberi nama Kenshin. Aslinya Shinta. Pertemuan dengan gurunya ini dimanfaatkan Kenshin untuk meminta jurus pamungkas mengalahkan Makoto Sishio. 

Guru Kenshin tidak hanya memberikan jurus, teknik saja tidak cukup. Mindset Kenshin juga harus diubah. Pentingnya nyawa Kenshin dan keinginan untuk hidup adalah alasan utama dalam memenangkan pertempuran, bukan hanya dari kekuatan. Kaoru yang juga jatuh ke laut ditemukan nelayan dan masuk rumah sakit untuk penyembuhan. Berkat tanda sapu tangan dari penginapan Misao, Kaoru bisa bertemu lagi dengan teman-teman seperjuangannya kecuali Kenshin.

Di Tokyo, kapal besar Makoto Sishio tiba. Tujuan utamanya menjatuhkan pemerintahan baru. Terjadi kesepakatan antara pemerintah dan Sishio, Tokyo tidak akan diserang asalkan pemerintah menyerahkan Kenshin dan dipenggal hidup-hidup. Diam-diam kepolisian yang disitu tentu ada polisi Ito, menyiapkan rencana penyerangan kapal Sishio.

Di Kyoto, Selebaran dicarinya Kenshin sudah smapai dimana-mana, termasuk Misao. Elder yang masih sakit karena pertempuran dengan Aoshi menyuruh Misao menemui Kenshin di tempat gurunya. Singkat cerita, di Kyoto terjadi pertempuran antara Kenshin dan Aoshi. Di situlah Aoshi kalah dan sadar bahwa Kenshin di pihaknya serta Misao benar-benar mencintainya.

Kenshin ke Dojo Kamiya, bertemu Megumi. Akhirnya, Kenshin pakai baju merah itu lagi. Polisi datang, tanpa penyerangan berarti Kenshin ditangkap dan diarak ke tempat pemenggalan. Kaoru dan yang lainnya menyaksikan pengarakan itu.
Di dalam kapal, Sishio ternyata tidak bisa mengeluarkan keringat. Makin banyak dia bergerak, makin pans tubuhnya. Ini adalah akibat dari terbakarnya dia dulu. Sishio sudah diingatkan bahwa dalam pertempuran kali ini dia hanya punya waktu 15 menit agar tidak membahayakan badannya sendiri.
Di lapangan pemenggalan, Kenshin sudah siap di bawah algojo. Ternyata, kepalanya tidak terpenggal. Para algojo adalah polisi yang menyamar. Pertempuran dimulai, Kenshin dan tokoh utama lainnya menuju kapal. Inilah saatnya jurus pamungkas itu keluar. Sebelum bertemu Sishio, Kenshin terlibat pertempuran sengit dengan Sojiro yang sebelumnya sudah mematahkan pedangnya. Di pertempuran ini Sojirio tidak hanya takluk, tapi juga merasakan lagi sisi kemanusiaan yang dulu hilang. Dia menangis.

Pertempuran tak terelakan dengan Sishio. 1 lawan 4. Jurus pamungkas Kenshin Dragon Fly Heaven pun keluar. Sishio dengan pedang apinya. Tapi, ternyata pertempuran itu berlangsung lama. Tubuh Sishio sudah melemah. Wanita yang selalu menemaninya  turun ke pertempuran. Dia menahan Kenshin agar tak menyerang lagi. Tapi, tiba-tiba Sishio menusuknya dari belakang dengan pedang hingga menembus ke badan Kenshin. Keadaan Sishio semakin lemah tapi dia terus memaksa bertarung. Endingnya, tubuh Sishio tidak bisa menahan panas lagi hingga keluar api. Sishio mati.
Kenshin dan yang lainnya keluar kapal disambut hormat dari pihak pemerintah.

Sebelum credit title, Kenshin mengucapkan perasaanya ke Kaoru. aaaaaAAAAkkk

Review
Dibandingkan dengan Kyoto Inferno, The Legend Ends lebih sadis. Sedikit percakapan banyak pertempuran. Darah dimana-mana. Meskpiun banyak bagian yang nggak logis sih, seperti waktu Kenshin ditemukan gurunya di pantai. Bagian aneh lainnya adalah Kenshin yang sudah ditusuk pedang sampai tembus tapi masih hidup. Saktiiii. Ngomong-ngomong itu pedang Sishio seperti korek gas bisa nyala. Hahaha.

Secara plot is good, kalau setting….karena saya suka nuansa Jepang kuno, ya yang sekarang dapet juga. Meskpiun nggak sebanyak yang Live action 2012. Kenshin yang versi asli gini kok ngggak selugu yang versi kartun ya, serius gitu. Penokohan lain rasanya cukup bagus.

Berkali-kali dibikin kaget sama backsoundnya, dan merinding lihat permainan pedang di The Legend Ends. Juga dibikin hampir nangis banget, hahaha..pas apa coba?Itu, pas Kaoru menyaksikan Kenshin mau dipenggal. 

Rate
4 dari 5

Quote
Pikirkan nyawanya sendiri dulu sebelum memikirkan nyawa orang lain. Jika kau mati karena memperjuangkan hidup orang-orang yang kau sayangi, mereka akan sedih. Nyawamu sama berharganya dengan nyawa yang lainnya.



Surat Teguran Pajak (yang aneh)

October 24, 2014
Masih pagi, ada panggilan masuk bertuliskan “Home”. Waduh..langsung panik. Adalah suatu kejanggalan ditelpon pagi-pagi pada jam kerja. Kalau nggak penting banget, nggak akan lah.
Ada surat yang datang ke rumah, judulnya “Surat Teguran” pengirimnya “KPP Pratama Pekalongan”. Saya minta tolong adik yang kebetulan lagi di rumah untuk bacain. Isinya serius banget, pakai ancaman denda bla..bla..bla. Intinya sih, saya ditegur karena belum melaporkan Pajak Penghasilan tahun 2013. Wah ada yang nggak beres nih. Yang lucu, setelah kalimat-kalimat seram itu ada kalimat gini “kalau ternyata Anda sudah melporkan SPT Tahunan 2013, abaikan saja surat terugan ini”. Lho lho...piye tho karepe.

Rindu

October 14, 2014
"Apalah arti memiliki?
Ketika diri kami sendiri bukanlah milik kami.
Apalah arti kehilangan?
Ketika kami sebenarnya menemukan banyak saat kehilangan, dan sebaliknya, kehilangan banyak pula saat menemukan.
Apalah arti cinta?
Ketika kami menangis terluka atas perasaan yang seharusnya indah? Bagaimana mungkin, kami terduduk patah hati atas sesuatu yang seharusnya suci dan tidak menuntut apapun?
Wahai, bukankah banyak kerinduan saat kami hendak melupakan? Dan tidak terbilang keinginan melupakan saat kami dalam rindu? Hingga rindu dan melupakan jaraknya setipis benang saja.
~ Tere Liye


[Review Buku] Supernova 4: Partikel by @Deelestari

October 13, 2014
Supernova 4 membawa kisah dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) yang dianggap sesat dan gila karena penelitiannya yang membawa kecintaan mendalam terhadap dunia jamur. Jamur adalah portal antar dimensi yang bisa membawa manusia keluar angkasa. 
Kita, manusia, adalah virus terjahat yang pernah ada di muka bumi. Suatu saat nanti, orang-orang akan meyakinkanmu bahwa manusia adalah bukti kesuksesan evolusi.  (Supernova; Partikel hlm. 71)
Menemukan karya science fiction dari penulis Indonesia cukup sulit, apalagi yang risetnya mendalam seperti Dewi Lestari. Partikel dalah seri ke-4 dari supernova. Sebelumnya saya sudah mereview supernova 1, supernova 2, dan supernova 3. 


Judul: Supernova, Partikel
Penulis : Dewi Lestari
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun terbit: 2012
Jumlah Halaman: 508

Sinopsis 
Di pinggir Kota Bogor, dekat sebuah kampung bernama Batu Luhur, seorang anak bernama Zarah, dan adiknya, Hara, dibesarkan secara tidak konvensional oleh ayahnya, dosen sekaligus ahli mikologi bernama Firas. Cara Firas mendidik anak-anaknya mengundang pertentangan dari keluarganya sendiri.
Di balik itu semua, masih tersimpan berlapis misteri, di antaranya hubungan khusus Firas dan sebuah tempat angker yang ditakuti warga kampung. Tragedi demi tragedi yang menimpa keluarganya akhirnya membawa Zarah ke sebuah pelarian sekaligus pencarian panjang.
Di konservasi orang utanTanjung Puting, Zarah menemukan keluarga baru dan kedekatannya kembali dengan alam. Namun, bakat fotografinya membawa Zarah lebih jauh dari yang ia duga. Di London, tempat Zarah akhirnya bermarkas, ia menemukan segalanya. Cinta, persahabatan, pengkhianatan. Termasuk petunjuk penting yang membawa titik terang bagi pencariannya.
Sementara itu, di Kota Bandung, Elektra dan Bodhi akhirnya bertemu. Secara bersamaan, keduanya mulai mengingat siapa diri mereka sesungguhnya. 

Review
Diantara supernova lain..partikel itu yang paling asik. Tebel tapi keren banget. Menyelami dunia mikologi, UFO, dimensi lain, Shaman, dan berbagai teori yang selama ini belum kuketahui.
Pantas saja Dee lama mempersiapkan partikel. Terasa matang. Surealis tapi seperti real. Jadi nyambung sama 'kafka on the shore' Haruki murakami. Di sana ada satu bagian dimana serombongan anak SD dan guru mereka pingsan saat mencari jamur di sebuah wilayah. Wilayah hutan jepang yang deskripsinya mirip bukit jambul. Saat pingsan mereka tidak ingat apapun, dan setelah pingsan segar bugar kembali. Sampai akhir cerita, Murakami tidak membahas mengenai kenapa anak-anak itu pingsan. Dia hanya bilang bahwa ada portal ke dimensi lain.

Banyak hal yang baru saya ketahui dari Partikel. Blogger lain sudah membahasnya, saya kutipkan di bawah ini (sumber) 
Dee memang menunjukkan ketertarikannya pada bidang-bidang seperti bahwa fungi atau jamur adalah media komunikasi antara manusia dan alam, evolusi manusia dari kera, fotografi (mungkin ini lebih karena suaminya), antariksa dan unidentified flyng object (UFO), meditasi, reiki, gerakan zaman baru (new age), spirit of Ibuga, batu-batu dari perut bumi yang memiliki khasiat, dan masih banyak lagi. Kelebihannya adalah kita sebagai pembaca banyak dikenalkan dengan suatu fenomena yang mungkin selama ini hanya orang-orang terbatas yang bisa mengaksesnya. Tohpun kalau ada yang menggemarinya jumlahnya relatif tidak banyak.
Pilihan Firas yang mengajar langsung Zarah di rumah maupun di kebun permakulturnya, terlihat dominasi Firas di sini, yang tidak ada komunikasi baik-baik dengan istrinya mengenai pilihan yang diambil Firas. Memang benar, kelemahan sekolah formal seringkali menciptakan robot-robot penghafal alih-alih mengembangkan apa yang menjadi minat siswa. Selain itu, Firas menunjukkan teladan yang tidak baik dengan membedakan perlakuan terhadap Hara, adik Zarah. Tidak ada penjelasan mengapa Hara tidak diikutkan dalam gaya mendidik Firas.Kamera jenis apakah yang digunakan Zarah untuk menghasilkan foto-foto bagus itu? pada halaman 239 dijelaskan bahwa zarah menggunakan kamera Nikon FM2/T (T menunjukkan titanium yang menjadi bagian dari bodi kamera ini.. Tipe ini adalah jenis Nikon klasik dari keluarga FM. Kamera ini memang terbilang langka dan mahal pada zamannya, diproduksi pada tahun 1997 dan diskontinu pada tahun 2011 dengan harga $1120. Kamera manual SLR ini dapat bekerja tanpa baterai (kecuali untuk light), dan kemampuannya disetarakan dengan semiproffesional camera, dapat bekerja pada temperatur ekstrim dari mulai suhu minus 40 derajat celcius sampai 50 derajat celcius.
Tentang peristilahan inner space travel. Pak Simon mengatakan bahwa untuk mengarungi antariksa dapat dilakukan melakukan perjalanan ke dalam. Tubuh manusia dapat melakukan perjalanan tersebut dengan media enteogen, berasal dari akar kata: entheost (yang dipenuhi inspirasi) dan genesthai (datang dan tinggal). Jadi dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang memungkinkan/menyebabkan seseorang dipenuhi spirit/semangat/inspirasi. yaitu sebuah istilah yang dipopulerkan oleh sebuah tim etnobotanist, yang berarti seseorang yang dipenuhi hal spiritual (terjemahan bebas). Dari tradisi maupun praktik yang sudah berlangsung, untuk mencapai ke keadaan tersebut, ada zat psikoaktif yang terdapat pada suatu jenis binatang atau jamur (fungi). Daftar apa saja yang merupakan enteogens dapat dilihat di sini. Bagi yang memakan zat tersebut (dalam cerita ini adalah suatu jenis jamur jenis Psilocybe) akan mengalami halusinasi, atau mengalami suatu 'dunia lain'. Dari situ kemudian manusia dapat melakukan perjalanan dengan dunia spirit. Pengalaman ke dunia sana dilakukan Zarah dengan makan Iboga sebuah tanaman enteogen yang berasal dari Afrika. Konsep inner space travel ini secara sederhana dapat dibahasakan yaitu melakukan perjalanan ke dalam diri dengan meditasi, berefleksi, berkontemplasi mencari apa pertanyaan-pertanyaan tentang hidup dan pemaknaan akan kehidupan. Praktek ini dilakukan oleh para sufi maupun para spiritualis zaman dulu. Sementara mengkonsumsi Iboga adalah sebuah tradisi terapi kuno Bwiti yang dilakukan oleh orang Gabon, Afrika terhadap orang yang mengalami sakit. Iboga masih merupakan daftar makanan yang dibatasi penggunaannya oleh undang-undang di Amerika maupun Eropa, karena dianggap dapat menyebabkan ketergantungan seperti narkoba. Untuk bagian ini, sepertinya kita perlu banyak menggali lebih dalam apakah cara melakukan inner space travel haruskah mengkonsumsi iboga, jamur guru, atau apalah namanya?


Kekuatan setiap karakter dan settingnya matang. Sebuah perjalanan spiritual yang kompleks dan berbobot. Paling tertarik dengan teori penciptaan manusia yang menyebutkan bahwa kita adalah hasil hybrida dari homo erectus dan makhluk terrestrial dari dimensi lain. Sebuah konsep atheisme yang baru saya ketahui, hahhahaaaa.

Menunggu "gelombang", teasernya bisa dibaca di sini

Rate
4 of 5

Quote




[Review Buku] Supernova 3: Petir by @Deelestari

October 06, 2014
"Yang menjadi persoalan bukannya apa yang kita tanyakan. Tapi, bagaimana kita bisa mendengar jawaban." (Hlm. 122, Ibu Sati)

Seri ke-3 dari Supernova ini ringan, bernuansa humor, tapi sarat makna.
Percaya sih kalau tiap manusia punya indera ke-6. Tergantung sepeka apa respon tubuh kita terhadap pertanda alam. Manusia adalah satu kesatuan dengan lingkungannya. Sebuah pencarian spiritual dari seorang anak yang merasakan punya kelainan.
Travelling Edition
       
Judul: supernova episode Petir
Penulis: Dewi Lestari
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun terbit: 2014 (traveling pack)
Jumlah halaman: 328

Sinopsis
Dua tahun setelah roman mereka rampung, Dimas dan Reuben (tokoh dalam supernova 1 Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh) mengalami stagnasi. Hingga suatu hari mereka mendapat surat elektronik dari seseorang bernama Gio. Kata "Supernova" yang disebut Gio dalam surat itu menjadi tanda tanya baru sekaligus awal pengetahuan Dimas dan Reuben tentang jaringan yang selama ini melibatkan mereka tanpa disadari.

Sementara itu, di kota Bandung, Seorang gadis sebatang kara bernama elektra berusaha menyambung hidup. Berawal dari perkenalannya dengan seorang yogini bernama Ibu Sati dan seorang enterpreneur muda arakan bernama Toni alias Mpret, hidup elektra mulai terakselerasi. Dari anak kuper yang tidak punya motivasi, Elektra bertransformasi menjadi seorang pengusaha, dan akhirnya seorang penyembuh.

Setelah nyaman dengan lingkungannya yang baru, hidup Elektra kembali siap diguncang ketika Bong (tokoh di Supernova 2: akar) memintanya untuk menolong seseorang yang tak ia kenal bernama Bodhi (tokoh di Supernova 2: akar).

Review
Saya baca supernova 3 ini pertama kali saat kuliah. Tapi asli nggak nyambung banget, mungkin karena pikiran teenagers ku waktu itu masih dangkal hahaha...kayak sekarang dalem aja. Saat itu, saya terisnpirasi dengan Elektra, hingga sepertinya pernah membuat alamat surel dengan nama itu wkwkwk.

Tentang supernova Petir, selesai terbaca dalam perjalanan Pekalongan-Jakarta tadi siang. Nggak sampai seminggu. Dibanding Supernova 1 dan 2, petir paling ringan alur dan gaya bahasanya. Bahkan saya terlonjak karena merasa seperti membaca tulisan Raditya Dika. 
Meski ringan, petuah tentang kehidupan yang didapat dari para tokoh sangat mendalam. 
Jika di Supernova Ksatria, Putri dan bintang jatuh banyak istilah science, kemudian di supernova akar banyak istilah budhis, nahh di supernova petir tersaji istilah-istilah yang berkaitan dengan jiwa, penyatuan jiwa dengan alam. 

Rating
3 dari 5 bintang

Quotes
"Pada saat engkau mengira telah berhasil menebak logika hidup, pada saat itulah ia kembali memuntir dirinya ke arah tak terduga dan jadilah kau objek lawakan semesta." (Hlm.73)



Pekerjaanmu

Pekerjaan adalah penyambung nafkah, sebesar apa pun kamu mencintainya, jangan takut untuk meninggalkan semua itu bila saatnya datang. Jangan ragu. Dirimu lebih besar dari yang kamu tahu.

- Ibu Sati, Supernova Petir hlm.168

[Review Buku] Supernova: akar by @deelestari

October 02, 2014
Carilah, dan kamu akan mendapatinya. Ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Mintalah, maka kau akan diberi.
Supernova Akar edisi traveling
Judul: Supernova ; Akar
Penulis: Dewi Lestari
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun terbit: 2014
Jumlah halaman: 300

Sinopsis
Dewi Lestari mewakilkan sebuah upaya pencarian kesejatian hidup pada seorang tokoh bernama Bodhi. Seorang bayi yang di suatu pagi tergeletak di pintu Vihara. Dipungut, diasuh, dan dididik oleh seorang Pandita, Guru Liong. Merasa bahwa karma pada hidup masa lalunya sangat berat. 18 tahun dididik dengan ketat, termasuk penguasaan terhadap sebuah ilmu bela diri, Bodhi mengalami penyempurnaan bathin. Pemurnian spirit. Termasuk sejumlah pengalaman uniknya yang "merasa" menjadi ulat, tikus got, kucing, dan sapi. 18 tahun adalah waktu yang cukup, dan Bodhi mohon pamit. Bersama serombongan pendeta Buddha, Bodhi menyeberang ke Sumatera dan memutuskan menetap di daerah Belawan. Tanpa KTP, tak juga faham mengenai asal usul dan tanggal kelahirannya. Bekerja tiga bulan, mendapat upah, dan dibantu oleh Ompu Berlin untuk mendapatkan sejumlah dokumen identitas termasuk paspor, Bodhi menyeberang ke Penang. Disana dia bertemu dengan sejumlah backpackers yang kemudian "memberi" arah perjalanan berikutnya: Bangkok.

Bangkok surga bagi para backpackers. Ratusan pengelana dari mancanegara tumpah di sana. Bodhi tinggal di semua rumah penginapan Srinthip bersama sejumlah backpakers multi etnis. Penghuninya datang dan pergi. Masuklah Kell, seorang lelaki tampan, peranakan Irlandia dan Mesir. Lelaki tertampan yang mungkin pernah ada di bumi ini yang mempunyai tugas kehidupan untuk membubuhkan 617 tatto pada 617 orang untuk membuat dirinya menyongsong kemerdekaan paripurna setelah orang ke-617 membubuhkan tato yang ke-618 ke tubuhnya. Lelaki yang kerap menyenandungkan Eye in The Sky-nya Alan Parson Project. Kell kemudian mengajarinya tattoo. Lalu, jadilah Bodhi seorang tattooist dan menjadikan itu sebagai cara untuk mendapatkan uang bagi biaya hidup sehari-hari.

Seorang backpacker perempuan bernama Star, berasal dari Hollywood, peranakan Eropa Timur dan Timur Tengah masuk dan menginap di Srinthip. Perempuan cantik dan tercantik yang pernah dilihat Bodhi. Perawakan tubuhnya sempurna. Waktu berlalu dan mereka berpisah. Entah kenapa.

Bodhi meneruskan pencarian kesejatiannya. Star seolah menggenap kesempurnaan tattoonya dan pergi menyongsong kelana berikut. Keterserakan yang tak menyenangkan. Tapi hidup adalah keping-keping misteri yang baru terbuka setelah rebah sepenuhnya. Bodhi membiarkan semesta menuntun perjalanan selanjutnya. Bertemu dengan lelaki tua pengasuh Bob Marley, yang mengumandangkan reggae seolah cuma itu yang ada di bumi dan kahyangan. Bertemu kembali dengan Tristan, backpacker yang ditemuinya pertama kali di Penang. Mereka berdua bekerja di ladang ganja di Golden Triangle dengan upah USD 700 per minggu. Sekian bulan di sana Bodhi memiliki cukup uang untuk melanjutkan kembara berikutnya. Pulang ke Srinthip didapatinya Kell sudah tak ada. Ah, lelaki yang telah memberinya keceriaan dan sebuah warna baru.

Rasa kangennya memuncak. Diputuskannya untuk pergi mencari Kell. Tak ada petunjuk. Tak ada berita. Dan dia pergi. Suara semesta dan kerinduannya adalah dua buah kompas sejati yang dia percaya akan mengantarkannya tepat waktu - tepat arah kepada Kell. Bodhi terdampar di sebuah pertarungan antar manusia ala Golden Triangle ditonton oleh ribuan petaruh. Diadu secara barbar di atas ring melawan gladiator raksasa. Pertarungan dahsyat dengan menggunakan sejumlah jurus wushu yang mendebarkan pun digelar.

Perjalanan itu begitu panjang dan melelahkan. Menembus belukar di antara desingan peluru. Menyusuri daratan ranjau. Disana dia betemu Epona, gadis penakluk ranjau. Disana pula ia bertemu kembali dengan Kell. Lalu, pada sebuah kunjungan ke lokasi ranjau, tattoo ke 618, angka kebebasan paripurna Kell, dirajahkan. Dalam dialog cerdas, konyol, menggelikan, dan bertabur air
mata. Adegan mengejutkan, dan merupakan bagian terindah. Kebebasan itu
 atang dan menyapa dalam damai. Nikmati adegan ini sambil mendengarkan 'You Take My Breath Away'-nya QUEEN. Berani sumpah, kau akan hening berjam-jam sesudahnya...

Review
Seperti tidak percaya saja kalau novel ini yang nulis Dewi Lestari, seorang wanita yang biasanya menuliskan kalimat-kalimat puitis. Supernova Akar itu seperti novel action. Pada bagian awal terasa penulis ingin membawa pembaca pada alur sebuah buku traveling (semacam Titik Nol atau The Geography of Bliss), apa Dewi lestari melakukan itu semua? Karena mustahil jika yang tertulis di sini berasal dari imajinasi belaka.
Tidak ada istilah science seperti di Supernova 1 Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh. Sebagai gantinya, banyak sekali kosakata asing bagi saya yang berasal dari ajaran budhisme. Pun dengan footnote, di supernova akar sama sekali tidak ada. Jadilah saya Cuma bisa menebak-nebak beberapa maksud dari istilah asing.

Rate
3 dari 5

Quote
Dengan segala kesenjangan di antara kami berdua. Aku yang tak mungkin jadi ia dan is yang tak mungkin seperti aku. Namun, ketika lingkarang kami beririsan, ada satu keakraban yang berumur panjang, hangat seperti api pendiangan. Basa-basi adalah lawakan, dan kami saling menghargai di balik caci maki.

Synopsis Source: Goodreads

Auto Post Signature

Auto Post  Signature