Top Social

Refiew Film X-men: days of future past

May 31, 2014
Apa sih bedanya mutan sama siluman? Intinya kan mereka manusia yang oleh entah suatu hal (dalam ilmu pengetahuan di sebut mutasi genetik) jadi berbeda. Mutan yang ada di X-Men dan para siluman di Kera Sakti...ya bisa dibandingkan. Jadi? This is X-men, para mutan di sini bukan mau ke barat mencari kitab suci. Mereka ingin eksist di dunia menjadi seperti manusia tanpa adanya perang. Jadilah salah seorang diantaranya mengubah takdir dengan kembali ke masa lampau. 
Sinopsis dari situs 21 cineplex seperti ini: mengambil latar masa depan, di mana semua mutan diburu oleh raksasa, robot-robot milik pemerintah yang disebut sebagai Sentinel (Pengawal). Alur cerita kembali ke tahun 1980 dimana Wolverine (Hugh Jackman) yang dikirim ke masa lalu oleh Professor X (Patrick Stewart) untuk membantu Professor X muda (James McAvoy) dan mutan-mutan lainnya. Para mutan yang tahu di masa depan akan diburu oleh Sentinel kini bekerja sama untuk mencegah kehancuran mereka di masa depan.

Genre: Action

Duration: 130 minute

Distributor: 20th Century Fox

Producer: Simon Kinberg, Hutch Parker, Lauren Shuler Donner, Bryan Singer

Director: Bryan Singer

Writer: Simon Kinberg

Cast: James Mcavoy, Michael Fassbender, Patrick Stewart, Ian Mckellen, Hugh Jackman, Jennifer Lawrence, Ha

Site:

Rating: Dewasa


Fokus film ini ada di tokoh Raven yang menurutku mirip banget sama avatar. Sepanjang nonton film ini, santai saja sih nggak tegang banget atau sedih banget atau lucu. Kalau kamu suka film yang ngajak mikir, pas banget nonton ini. Hahaha sampai sudah keluar bioskop saja aku masih bingung tentang salah seorang tokoh yang bisa merubah takdir itu. Apa yang terjadi setelah dia selamat dari acara tenggelam itu? Menjadi misteri. 

Aku beri 3 dari 5 bintang untuk X-Men: Days of future past. 

Hikmah film ini adalah...Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum tanpa kaum itu yang berusaha mengubahnya.





[Review Buku] Total Habibie, kecil tapi otak semua

May 30, 2014
Habibie & Ainun yang ditulis langsung oleh Bapak B.J Habibie sudah saya baca dan sudah saya tonton filmnya. Buku ini, sekedar kilasan-kilasan peristiwa yang dialami BJH. 
Judul: Total Habibie
Penulis: Andi Makmur Makka
Penerbit: Edelweiss
Tahun terbit: 2014
Jumlah halaman: 501
Mengupas kilasan peristiwa sejak Pak Habibie kanak-kanak hingga sekarang. Ceritanya pendek-pendek, cuma 2 halaman kebanyakan. Jujur saja sih, saya kurang greget. Lebih greget dan ngena yang Habibie Ainun (yaiyalah penulisnya aja beda). Membaca potongan kisah dengan sudut pandang "aku" yang kadang saya bingung "aku" disini siapa ya? Akan lebih baik jika setelah judul kisah, disertai sumbernya langsung agar pembaca paham "aku" itu siapa. 
Saya belum selesai bacanya, tapi sudah berat banget buat menyelesaikan (tumben). Oke akan saya paksain sebisa mungkin deh. Harusnya baca buku ini dulu baru Habibie & Ainun. 
Sementara saya kasih 2 dari 5 bintang untuk Total Habibie.

[Review Buku] Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah

May 18, 2014
Sulit sekali bagi seorang wanita mengatakan "ya..aku juga suka kamu." Kelihatannya naif sih, sama-sama suka tapi seperti musuhan. Tapi kadang itulah bagian dari alur cinta. Kalau jodoh, entah takdir..nasib..kebetulan..atau apalah namanya..akan bertemu kembali, meski awalnya berat sekali dan terasa tak mungkin. "Ketika semua terasa berat dan membebani, jangan pernah merusak diri sendiri." Sudah sering kubaca kisah percintaan, tapi yang ini beda. Settingnya bukan Jakarta, Bandung, atau Jogja..melainkan Pontianak. Kisah cinta seorang pengemudi sepit (perahu kayu). Pemuda berhati lurus, kisah cinta realistis.
           
Judul: Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah
Penulis: Tereliye
Penerbit: Gramedia
Tahun terbit: 2012 (2014 cetakan ke-8)
Halaman: 512

Kisah cinta Mei dan Borno ini realistis kenapa? Ya ya..bukan hanya kisah si kaya dan si miskin yang maksain memadu kasih. Dibalik itu, ada kenyataan lain yang terlambat diketahui Borno tentang masa lalu Mei. No spoiler ah, hahaha.
Tereliye berhasil menyuguhkan setting yang tak biasa, kapuas Pontianak. Mungkin akan tak menarik jika setting dan alurnya klasik nan umum. Entah mengapa, mungkin ciri dari Tereliye untuk menghadirkan seorang tokoh yang punya banyak petuah berupa "kakek-kakek". Warna lain ciri tereliye adalah tionghoa. 
Recommended dibaca buat semuanya, terutama yang mau meluruskan lagi cinta yang sedang dijalani.

Dunia ini terus berputar. Perasaan bertunas, tumbuh mengakar, bahkan berkembang biak di tempat yang paling mustahil dan tidak masuk akal sekalipun. Perasaan-perasaan kadang dipaksa tumbuh di waktu dan orang yang salah. 

4 dari 5 bintang untuk Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah.

Quotes favoritku: "aku tidak akan merendahkan kehormatan wanita dengan memegang-megang tangannya."





Review Film Godzilla 2014

May 15, 2014
Kekacauan dunia terjadi saat ada dua makhluk raksasa jadi-jadian bernama MUTO hendak kawin. Ada seekor makhluk jadi-jadian pula bernama Godzilla yang tiba-tiba muncul dari dalam laut mencegah perkawinan itu demi keseimbangan alam. Itulah inti film Godzilla 2014 yang sangat seru karena penuh efek dan terasa nyata. 
Jika kamu mengikuti film-film terdahulu Godzilla dari Tv, pasti nggak tahu kan sejarahnya kenapa bisa muncul makhluk ini...dan kenapa dinamakan Godzira alias Godzilla. Tonton sendiri, kalau saya ceritakan di sini pas nonton sudah nggak seru dong. Jangan berpikir bahwa Godzilla di sini dapat peran antagonis ya, justru Godzilla adalah jagoannya. Kok bisa? No spoiler deh. 
Kabar awalnya Godzilla 2014 ini remake dari Godzilla 1998, tapi kayaknya enggak deh..justru ada yang bilang Godzilla 2014 mengambil dari Godzilla 1954. Hah? Setua itu Godzilla?? Ya..2014 ini Godzilla berusia 60 tahun. 
Tadi di bioskop banyak banget anak kecil usia SD yang nonton, pas ada adegan "nggak sesuai umur" ibu-ibu heboh nyuruh anaknya pada tutup mata. Hehe...
Godzilla 2014 itu lengkap. Dapet actionnya, special efeknya, jalan ceritanya, deg-degannya, dan..ada beberapa scene yang bikin aku nangis. Ahahha ini sih agak berlebihan mungkin. 

4/5 bintang untuk Godzilla 2014, kalau mau lebih greget...nonton yang 3D..dan rasakan sensasinya waktu kejadian di atas rel kereta gantung.



Review Film Marmut Merah Jambu

May 11, 2014
Bang Dika sukses directing film Marmut Merah jambu sebagai alternatif komedi yang ramah usia. Lucu sih, tapi aku ketawa lebih banyak pas baca bukunya (baca buku Marmut Merah Jambu itu di sela-sela kepenatan kantor). Di Film Marmut Merah Jambu, Raditya Dika mengisahkan pengalamanya saat "jatuh cinta diam-diam jaman SMA". Kehidupan anak SMA yang normal banget, realistis, tapi jadi menarik kalau dibuat film. 

Nggak berat nontonnya, ringaaan banget kayak makan kerupuk. Kalau yang nggak baca bukunya atau yang nggak suka romantic comedy Indonesia, sebaiknya nonton spiderman aja. Dibandingkan film-film sebelumnya, aku rasa yang ini nggak lebih baik Bang. 
Pesan yang kutangkap sih, "kita harus jadi diri sendiri, dan nggak harus jadi populer biar kita bahagia." Selain itu Dika juga ingin bilang kalau sebaiknya "jangan jatuh cinta diam-diam,ungkapin aja." Untold story of first love.

Kenapa marmut merah jambu sih? Ternyata marmut itu perumpamaan untuk Bang Dika yang gigih dan lincah. Lihat gambar marmutnya aku malah jadi ingat Hamtaro. 

3 Martabak telor deh buat Marmut Merah Jambu. 

Setauku cinta itu random
Tak tau kapan datang dan dengan siapa
Buktinya indah ini datang
Dengan tiba-tiba dan dia orangnya
Ku jatuh cinta tuk yang pertama

Cinta itu kayak marmut lucu warna merah jambu
Yang berlari di sebuah roda
Seolah berjalan jauh tapi nggak kemana-mana
Nggak tau kapan berhenti, ku jatuh cinta
Sering aku tersenyum sendiri
Melukis wajahmu didalam mimpi
Dan ku terbangun di pagi hari masih terasa indah
Sekarang baru ku mengerti teka tekimu
Kalimat indah tak pernah ku sadari \
Tulismu ku tak menyangka jatuh cinta semudah ini
Kepada sahabat baruku

Nggak tau kapan berhenti, ku jatuh cinta (ku jatuh cinta, ku jatuh cinta, ku jatuh cinta......)




Resensi Buku : Gusti Noeroel Streven Naar Geluk

May 10, 2014
Saya punya idola baru, Gusti Noeroel Ngarasati Koesoemawardhani wanita tercantik di Indonesia jaman itu. Beliau tak hanya cantik luar, tapi juga cantik kepribadiannya. 

Judul: Gusti Noeroel Streeven Naar Geluk, mengejar kebahagiaan
Penulis: Ully Hermono
Penerbit: Penerbit Buku Kompas
Tahun terbit: 2014
Jumlah Halaman: 284

       
Biografi singkat dari seorang putri solo yang ayu banget. Melihat foto-fotonya, saya terkesima "wow..jaman segitu di Indonesia sudah ada wanita secantik dan semodis itu". Tahun 30an, jaman buyut saya muda mungkin kebanyakan wanita jawa masih kawin muda (bahkan 10 tahun kata buyut saya). Tapi Gusti Noeroel yang multitalent (berkuda, menari, berenang, modeling) sudah sangat moderen pikiranya. Dalam kemoderenan dan kesejajaran gender itu, Gusti Noeroel tetap memegang trdisi Jawa dan sangat patuh pada Ibu dan Romonya. 
Pandangan beliau tentang poligami membuat saya semangat. Beliau rela baru nikah usia 30, setelah yakin bahwa calonnya tidak akan punya selir. Padahal yang meminang Gusti Noeroel banyak dan bukan dari golongan sembarangan.
Yang menarik adalah, banyak tradisi dan mitos jawa yang baru saya tahu. Seperti saat ketempat pacar tidak boleh makan nasi, atau mas kawin yang dihutang. 
                   Nasihat pernikahan
            Semoga suamiku kelak juga

Wanita Indonesia layak sekali membaca, 3 bintang untuk biografi ini.




Selir

May 04, 2014
Demi cintaku pada ibuku, aku sering menulis sajak-sajak untuk memuji kemuliaannya. Saat aku memandang raut wajah Ibu, di antara terangnya cahaya kamar tidak ada keceriaan sejati. Pada bola matanya, kepedihan hatinya berbicara. Ingin rasanya aku pupuskan kesedihan Ibu. Dalam keseharian, aku merasakan semua ini, mungkin karena Romo yang memiliki banyak selir. Keprihatinannya ini agaknya tercermin pada ucapannya yang sering dilontarkan padaku, "nduk, mugo mugo suk kowe ojo dimaru." (Nak, mudah-mudahan nanti kamu jangan dimadu). 
------
Menjadi istri sultan? Dijadikan permaisuri? Betapa tinggi dan beratnya kedudukan itu. Wanita manapun pasti mengharapkan dan mengidamkannya. Tetapi aku ingat kembali, terbayang wajah ibu yang selalu tampak berduka. Aku ingat ibuku dan harapannya padaku, agar aku jangan sampai dimadu.

"Gusti Noeroel, streven naar geluk"

Auto Post Signature

Auto Post  Signature