Mengapa Teknik Mesin dan Biosistem IPB ?

January 21, 2013

Saat saya interview kerja, saya ditanya jurusan. Jawab saya "Teknik Mesin dan Biosistem" yang dulunya "Teknik Pertanian" dan dulunya lagi "Mekanisasi Pertanian". Bayangan orang pastilah ini beda banget dengan teknik mesin ITB, UI, atau ITS. kalau beda, apakah lebih buruk? justru TMB lebih "plus" daripada teknik mesin yang lain. mau tahu?
Mengapa kita harus memilih TMB IPB? Untuk membantu membangun kesejahteraan ! Kog bisa? Karena seorang sarjana teknik, dimanapun dia berada, dia akan selalu berfikir dan bertindak dengan 3 motto, MENDESAIN, MENCIPTA atau MEMPERBAIKI.
Para sarjana Teknik Mesin dan Biosistem lah yang membuat penduduk di bumi (yang terus menerus bertambah) akan terpenuhi kebutuhan hidupnya, mendapatkan cukup makanan sehat dan air bersih yang berlimpah, mendapatkan tempat berteduh dan pakaian yang memadai, berlimpah dengan energi dan sumber energi terbarukan, dan hidup di lingkungan yang sehat. pengalaman yang akan menyiapkan lulusannya memiliki multi disiplin ilmu dan keterampilan yang bisa bekerja di banyak bidang.
Angkatan 44 (2007)
Antara lain di industri peralatan, industri pengolahan pangan dan hasil pertanian, perusahaan perkebunan, perbankan dan lembaga keuangan, lembaga pendidikan, bidang media, lembaga/badan/departemen pemerin­tahan, lembaga penelitian.
Bila susah memutuskan ingin belajar matematika ataukah ilmu fisika, atau ilmu biologi? Teknik Mesin dan Biosistem di IPB memberi kesempatan kepada kalian untuk menggabungkan ketiganya.
apa saja yang dipelajari di TMB IPB sehingga bisa dikatakan lebih "plus" dari teknik mesin lainnya? 
Semester 3: Dasar-Dasar Agronomi, Kalkulus II, Pemograman Teknik, Mekanika Fluida, Pengetahuan Bahan Teknik, Perbengkelan, Karakteristik Teknik Bahan Pertanian, Instrumentasi dan Kontrol.
Semester 4: Ilmu Ukur Wilayah, Kekuatan Bahan, Mekanika Teknik, Termodinamika dan Pindah Panas, Matematika Teknik, Gambar Teknik, Elemen Mesin.
Semester 5: Hidrologi Teknik, Kewirausahaan Teknik, Prak. Terpadu Mekanika dan Bahan Teknik, Statistika Teknik , Ekonomi Teknik,  Motor dan Tenaga Penggerak, Lingkungan dan Bangunan Pertanian, Sistem dan Manajemen Mekanisasi Pertanian.
Semester 6: Teknik Mesin Budidaya Pertanian, Teknik Mesin Irigasi dan Drainase , Teknik Pengolahan Pangan, Teknik Pengolahan Hasil Pertanian, Teknik Informatika Pertanian, Energi dan Listrik Pertanian, Metode Penulisan dan Penyajian Ilmiah.
Mayor Pilihan (pilihan 2 Matakuliah): Dasar Teknik Proses Biosistem, Ergonomika dan Keselamatan Kerja, Manajemen Tenaga dan Mesin Pertanian.
Semester 7: Rancangan Teknik, Rancangan Alat dan Mesin, Teknologi Greenhouse dan Hidroponik, 
Matakuliah Mayor Pilihan & Supporting Course  (pilihan 3 m.k): Teknologi Robotik, Teknik Pascapanen, Hubungan Tanah dan Alsintan, Teknik Pendinginan, Teknik Konversi Energi Terbarukan, Audit Energi

kalau baca judul mata kuliahnya sepertinya mengerikan, tapi kenyataanya tidak. semuanya fun, menantang, dan bermanfaat. Ini pendapat pribadi saya lho, yang basicnya tidak suka matematika. Awalnya sempat ragu, bisakah saya? Ternyata bisa, dan lulus tepat waktu (kurang dari 4 tahun) tentu dengan ijin Allah. Teknik Mesin dan Biosistem itu bukan hanya belajar mesin, tapi juga pertanian, pengolahan, sipil, lingkungan, dan juga manajemen serta IT nya. 

Baca Juga: Suka Duka Engineer Wanita

COME JOIN US
Source: http://tmb.ipb.ac.id
99 comments on "Mengapa Teknik Mesin dan Biosistem IPB ?"
  1. Ass.Wr.Wb saya arvina aulia dr sman2sidoarjo, insyaAllah saya minat ke teknik mesin biosistem ini kak, tp saya takut nanti kedepannya tidak bisa mengikuti, karna saya tahu, bahwa MM dan fisika saya biasa saja ga pinter2 amat. Apakah semua pelajarab yang ada di teknik mesin dn biosistem dipelajari dari awal atau melanjutkan pelajaran yg sudah diberikan di SMA kak? Terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam arvina,,
      wah..mau pilih TMB ya..jangan takut karena saya juga dasarnya tidak suka pelajaran hitungan. tapi, TMB beda sama belajar Fisika atau matematika di Mipa kok,,seru deh. oiya gag semua mata kuliah di TMB itu berhitung karena lbh byk yg analisa, juga ada yg hafalan.
      tentu ilmu teknik dipelajari dari awal, kan masih S1. basic fisika, matematika, kimia, dan pelajaran lain di SMA akan diperkuat di tahun pertama kamu masuk IPB. namanya Tingkat persiapan bersama (TPB), itu ibarat SMA kelas 13..hehe. sampai ketemu di TMB yah..

      Delete
  2. oh ya kak, mau nanya prodi TMB setelah lulusan bisa kerja dimana aja ya kak? makashhh ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lulusan TMB seperti halnya IPB memang fleksibel dan tersebar dimana mana. Mulai dari Industri, perbankan, swasta, pemerintahan, dan juga pertanian dan perkebunan . Posisinya juga macem macem..ada yg jadi tenaga ahli, peneliti, bahkan memegang jabatan manajerial. Angkatan saya banyak yang di Industri..saya pribadi di research and development sebuah perusahaan manufactur

      Delete
  3. Assalamu alaikum, salam kenal mbak Nurul.
    Saya lulusan D4 Teknik Otomasi Industri. Saya tertarik untuk menerapkan ilmu saya di bidang pertanian. Setelah lihat-lihat, ternyata di IPB ada jurusan Teknik Mesin Pertanian dan Pangan (S2), dan kurikulumnya sedikit banyak berkaitan dengan jurusan saya sebelumnya.

    Namun karena kendala waktu dan biaya, tahun ini sepertinya saya belum bisa melanjutkan. Tapi meskipun begitu, saya berminat untuk mempelajari berbagai mata kuliahnya dari sekarang agar begitu bisa melanjutkan nanti sedikit banyak sudah saya kuasai.

    Kira-kira dimana ya saya bisa mendapatkan buku-buku informasi buku-buku referensi apa saja yang digunakan jurusan Teknik Mesin Pertanian dan Pangan (S2)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Sudirman..salam kenal juga. Wah D4 yah..rekan sata banyak yg lanjut S2 di Teknik Pertanian dan Pangan . Info lebgkap tentang jurusan bisa didapat di web pascasarjana IPB atau datang langsubg ke sekertariatnya di gedung rektorat IPB Darmaga. Mengenai buku referensi saya kurang tau..tapi ketika kita sudah kuliah..buku buku bisa didapat di Perpus.

      Delete
  4. Assalamualaikum kak, saya anak TMB angkatan 49, kalo boleh tahu kakak anak TMB angkatan berapa ya?

    ReplyDelete
  5. Waalaikumsalam Aina..wah msh TPB ya..saya angkatan 44. Masuk 2007 lulus 2011

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum mba..slam kenal..setelah mbaca tulisan ini saya jadi tambah mantep mau masuk TMB IPB..tapi saya msih bgg di tmb itu banyak itungan, hafalan, apa analisisnya sih mba..mohon pnjelasannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam Ridwan..salam kenal juga. Alhamdulillah jika post ini menginspirasi..
      di TMB ada itungan, hafalan, dan tentu karena ini ilmu teknik ya banyak analisa ;-)

      Delete
  7. Iya kak, masih TPB, kakak sekarang kerja dimana? angkatan kakak namanya masih TP kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sekarang kerja di bagian research and development sebuah per.swasta bidang manufaktur :-). iya angkatan sata masih Teknik pertanian. TMB adalah penyempurnaanya.

      Delete
  8. Ass.wr.wb. Wah, semakin yakin aja nih. Mau nanya nih kak, kalo buat prodi s2 nya kira2 teknik mesin biosistem bisa ngambil apa aja kak? Terus prospek kerja yang paling menjajikannya itu apa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam Ardi..S2 dari TMB bisa masih di jalur yg sama (jurusan TMB) . ada Teknik pertanian dan pangan, teknologi pasca panen, ilmu keteknikan pertanian, atau teknik sipil dan lingkungan. kalau mau bidang yg lbh ke manajerial bisa ke manajemen dan bisnis IPB. intinya, jurusan untuk S2 fleksibel. toh sebelum masuk ke jurusan ada kuliah matrikulasi (penyeragaman) bagi yg background S1 nya bukan di bidang itu

      Delete
    2. Oh gitu kak. Kalo ke Bioteknologi bisa gak? Hehe.
      Oia, kak banyak beasiswa keluar gak di IPB? Khususnya di di TMB? Makasih.

      Delete
    3. Bioteknologi ada..dari sisi pangan maupun IT. Beasiswa ada byk ko d IPB baij dr institusi maupun dr pihak luar. Tinggal kreativitas dan kemauan mahasiswanya aja

      Delete
  9. halooo, kakak. pengen tau deh. kalo mau lanjut dari D3 ke sini bisa juga gak ya kak? Trus beda gak sama kelas S1 reguler nya? makasih kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf kalau program ekstensi saya tidak terlalu paham.Tapi pasti beda antara S1 reguler dan ekstensi :-)

      Delete
  10. mau tanya kak, apakah TMB termasuk dalam SOLIDARITY "M" FOREVER? itu mars dan semboyan Teknik Mesin seluruh Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita punya jargon sendiri,, "Gursa,,gursa,,cosss",,,setau saya teknik mesin ITS juga punya jargon sendiri. Apalah arti sebuah jargon hahahaha

      Delete
  11. kak, dulu pas di TMB masuk bagian energi terbarukan kah?

    ReplyDelete
  12. Iya,,di Energi terbarukan..tapi namanya waktu itu "energi dan elektrifikasi pertanian"

    ReplyDelete
  13. Untuk saat ini saya kerja,,hehe

    ReplyDelete
  14. assalamu'alaikum kak kak saya mau nannya ttg TMB nih saya suka biology tp suka fisika juga tp klo di persentasiin biology ak lbih suka cman yang aku bingung kak gini kayanya TMB masih bnyakan fisika mtknya ya? kalo belajar biologinya pas dmnnya kak? trus mau nnya ttg energi terbarukan nih kak saya mau nnya klo energi terbarukan TMB lebih berfokus ke energi surya dll atau lebih ke energi nabati seperti pemanfaatan pohon jarak solusi energi terbaru dari tumbuh2an itu gmn kak? trus kak punya saran ga kalau misalnya saya suka bio dan fisika saya mesti ke jurusan apa di ipb hhe mksih kak sblumnya mf ngrepotin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Hy Cahaya..sama donk kita. Dulu kakak juga penggemar berat biologi. Nggak nyesel kok masuk TMB. Kalau kamu suka biologi dan tertarik sama rekayasa teknologi spt desain mesin, robot..km masuk TMB saja. Tapi kalau tertariknya di Biologi, manajemen..km masuk Teknologi Industri (TIN), nah kalau kamu tertarik sama aplikasi biologi di bidang pangan kamu pilihnya ilmu dan teknologi pangan ( ITP). Mengenai energi, di TMB dipelajari semua dr semua jenia energi. Tapi kalau di TIN dia fokus ke bioenergi

      Delete
    3. hhha ia kak aku sih bingung juga soalnya aku juga g mau ninggalin pelajaran itung2an :D ohh jdi tmb lebih kpda energi terbarukan kya pngolahan energi surya, kincir air angin gt ? tpi klo bioenergy lebih ke indrustri pertanian gtu kak atau di tmb juga belajar ttg energi bioenergy jga?

      Delete
    4. Di TMB belajar semua jenis energi...

      Delete
    5. siap klo biosistemnya belajar ttg apa itu kak?

      Delete
    6. Biosistem mempelajari yg diluar teknik mesin. Silakan busa dilihat di list mata kuliah di dalam tulisan ini. Energi, pasca panen, pengolahan, masuk ke biosistem

      Delete
  15. kaa kan ada bioinformatika, energi terbarukan ,biosistem. . .dan satu lagi gitu..
    itu belajar semua atau pilih salh satu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya secara umum akan dipelajari semua.nanti di semester 7, kita akan pilih salah 1 lab yg akan kita fokusin untuk skripsi kita.

      Delete
  16. saya calon mahasiswa TMB kak, tahun ini mohon doanya yaaa kak, bismillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga diterima ya..bergabung bersama keluarga besar TMB -gursa..gursa..cosss

      Delete
    2. Ka aku mau masuk tmb. Kemungkinan dapet undangan bisa ga ya kalo aku prioritasin no 1 hehehe

      Delete
  17. ka, perempuan masuk jurusan tmb bakal kalah ga sama cowo? Kan tmb identiknya sama cowo

    ReplyDelete
    Replies
    1. TMB bukan tempat adu panco dear..hehe. Santai aja..nggak sesadis yg kamu bayangin. Cwe bisa tetap jadi cwe yg feminim ko d TMb. Dosennya juga imbang antara Ibu-Ibu dan Bapak-bapak

      Delete
  18. ka mau tanya tmb itu nanti setelah lulus pekerjaanya harus di pertanian juga atau tidak apa banyak lapangan pekerjaan dari tmb ini atau nanti bisa bekerja di teknik mesin yang umum tidak menyangkut pertanian?

    ReplyDelete
  19. Bisa dibaca di jawaban2 saya di atas. Lapangan kerja sangat luas, tergantung skill dan passion kita dimana :-)

    ReplyDelete
  20. Kak saya kurang suka dengan hitung2an, tapi ada rasa ketertarikan di TMB. kira2 bisa gak ya saya mengiikuti mata kuliah di jurusan ini? Apakah kita harus bisa mendesain mesindi jurusan ini? Mohon tanggapannya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga nggak suka hitung2an dulu. Tapi di teknik itu hitung2anya aplikatif, nggak pure angka kayak di pelajaran matematika.hehe.
      Seru. Desain, ada mata kuliahnya. Mendesain mesin itu ada di semester 7 kalau nggak salah buat tugas kelompok. Santai aja ,,nggak tiba2 suruh desain.

      Delete
  21. Jadi hitung-hitungannya gak serumit anak MIPA? Dan angkatan kakak bisa ngikutin semua mata kuliah atau ada beberapa yang kurang bia kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumit atau engga itu relatif bg tiap orang. Tapi bagiku lbh menyenangkan aja sih ilmu teknik itu. Santai aja kali...hehe..apalagi kamu SMA nya di Jawa kan? Pasti bisa adaptasi

      Delete
  22. Alfian SMA nya di banten kak. Sebenernya alfian mau daftar TMB sbg jurusan stlh ITP soalnya takut ga dapet ITP jd dftr TMB keduanya. Tapi masih bingung antara TMB atau BIOKIM untuk keduanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..silakan dipikirkan. Kalau mau byk di lab dan jd analis ya Biokim,,kalau suka sama industri, kerja di lapang, , silakan TMB. Tapi kalau pingin kerja di Bank...bisa jurusan apa aja ahahahha

      Delete
  23. Aslm, Kak Nurul. Di semester 1 dan 2 materi kuliahnya apa aja ya kak?
    Tahun 2010 baru diganti namanya jadi TMB kan kak? Materi kuliah sebelum tahun 2010 dan setelah tahun 2010 tetep sama atau diubah?
    Insyaallah tahun ini aku mau ambil TMB IPB. Doakan ya kak :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mata kuliah ada yg sudah diganti (ditambah atau dikurangi). Bisa dicek di web Tmb.ipb.ac.id ya dear

      Delete
    2. Sudah ku cek kak :D
      Kakak punya kumpulan soal UTM IPB? Aku nyari di google gak dapet ._.

      Delete
  24. Asalamualaikum, ka saya mau nanya emang tmb indentik bgt sm pertanian kak ? Saya nanya ke kenalan saya katanya nanti teknik mesinnya kaya teknik mesin buat pertanian gitu seperti traktor dan lain lain ? Terus prospek kerjanya bisa di kaya pabrikpabrik industri gitu ga ka, yg gaada campur tangan sama pertanian seperti contohnya pabrik honda atau yamaha gitu ka ? Makasih banyak ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Benar..karena di IPB jadi lbh aplikasi ke pertanian. Untuk prospek kerja bisa dibaca di komen2 di atas

      Delete
  25. Kak. Kakak menurut kakak kalo aku tahun depan daftar TMB IPB, jadi pilihan pertama, kemungkinan dapat lebih besar ya ? Heehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau minat banget, taruh di pilihan pertama. Untuk kemungkinan nya besar atau tidak, kembali lagi ada banyak faktor yang menentukan.

      Delete
  26. Kak, kalo UKT di IPB (untuk yang diterima lewat jalur UTM) dibedain gak sama yang diterima di jalur SNMPTN/SBMPTN?
    Soalnya aku mau ikut UTM IPB nih kak..
    Aku nge-googling gak dapet-dapet ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Uty,
      Uang kuliah tunggal (UKT) harusnya sama dari jalur manapun (pas angkatan saya). Coba kamu tanya ke twitter @tweetipb

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  27. Permisi kak, saya anak TMB IPB 51. Alhamdulillah, Saya diterima.

    Saya memilih TMB karena sy ingin memprioritaskan pilihan orang tua, sedangkan pribadi saya lbih memilih Agribisnis (pilihan kedua) , namun akhir nya saya diterima di TMB

    Pertanyaan saya :

    1. Jujur saya tidak suka hitungan mtk/fisika. Saya cenderung menyukai pelajaran yang membutuhkan lbih bnyk logika / nalar dan juga hapalan. Anggaplah saya akan kesulitan di hitungan, tapi apakah ada mata kuliah dimana saya bisa 'berjaya' dan menutupi kekurangan saya di hitungan? Meskipun saya tdk suka hitungan , sejauh ini saya belum menemukan kendala, saya hanya 'malas' menghitung saja wkwkwk :p

    2. Ketika saya bilang kalo saya dari dept TMB, rata2 teman teman saya syok, sama kagetnya mereka seperti melihat anak Dept Fisika. Nah apakah benar TMB itu sesusah yg dibayangkan semua orang?

    3. Saya pribadi bukanlah golongan yang dengan sengaja : tanpa karena tugas, tanpa karena ulangan, dan tanpa alasan akan rela belajar berjam jam utk menghabiskan waktu. Jujur saja saya tidak terlalu rajin, saya msh butuh hiburan dll, apalagi sy anak yg aktif main game. Pertanyaan saya simpel aja, selama anda pribadi belajar di TMB (diluar TPB) adakah waktu setidaknya 2 hari dalam seminggu dimana anda bisa benar2 santai tanpa harus memikirkan kuliah?? Tidak masalah bagi saya belajar sampai tengah malam sekalipun, asalkan waktu luang yg saya dapat bisa memuaskan waktu lama yg telah saya habiskan utk belajar

    Terima kasih kak :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teknik mesin justru pakai logika,,,nggak pure hitungaaan semua. Analisa yg diasah. Namanya jg belajar...nikmati aja.
      Kuliah itu beda dengan sekolah yg full seharian. Masih ada banyak waktu kok buat kamu gaul..ahahha..asal bisa ngatur dg baik,,sabtu minggu biasanya free.
      Selamattt yaaa...
      TMB itu asik kok, nggak serem.

      Delete
    2. Alhamdulillah agak lega saya mendengar jawaban kakak.

      Tenang kak, saya bukan anak yg gaul2 amat, cukup main game aja udah cukup ahahaha

      Makasih kak atas jawabannya :-)

      Delete
    3. Dan kyknya anak TMB adalah yang paling "badung" dan hebring di Fateta. Haha

      Delete
  28. Assalamualikum kak saya Dhias Danindra dari SMAN 6 Bogor, tahun 2015 saya lulus SMA (amiinnn...). saya mau bertanya:

    1. saya sangat suka hal berbau otomotif (terutama mobil & pesawat). Apakah di TMB dipelajari tentang mobil? atau kah lebih mempelajari tentang mesin pertanian (ex: traktor)?

    2. prospek kerja setelah lulus di TMB itu apa saja kak? apakah ada yang bekerja di perusahaan mobil?

    3. saya tertarik dengan matkul robotik. apakah kita nanti akan membuat robot ketika menjadi mahasiswa TMB?

    4. apa prestasi dari TMB itu sendri?

    cukup itu saja pertanyaan saya, terima kasih mau menjawab kak :)

    Wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Dhias,,,

      Amiin semoga lulus dan bisa masuk Ipb yah.

      1. Di TMb dipelajari teknik mesin secara umum, ga cuma traktor kok.
      2. Propspek kerja bisa cek di komen2 atas kayaknya bnyk yg nanya juga. Nahh kebetulan saya sendiri saat ini kerjanya di perusahaan otomotif,,hehhe

      Delete
    2. 3. Robot,,iya. Ada klub robot juga, tapi masih robot sederhana ya jangan bayangin bikin transformers hahahah

      4. Hemm prestasinya banyak bangettt...kamu bisa googling deh

      Makasih sudah berkunjung :-)

      Delete
    3. wahh serius kak beneran kerja di perusahaan otomotif kak? bagian apa? perusahaan apa? kalo gitu saya jadi ke ipb :D

      Delete
    4. Jangankan TMb, temen saya fakulas kehutanan jiga ada kok yg nyangkut di Toyota.
      Saya di bagian riset sebuah perusahaan ban mobil dan motor.

      Tapi kalau kamu serius banget pengen nekunin teknik otomotif, coba pilihan pertamanya teknik mesin ITB atau ITS. Biar gada campur tangan embel2 "pertanian" hahahah

      Delete
    5. ban motor dan mobil? emm di daerah mana kak perusahaannya?? terlalu tinggi kak kalo ITB kalo ITS terlalu jauh baik saya kuliah di kampus yang deket rumah biar IP tinggi daripada kuliah diluar kota dengan IP yang kurang karena ngurusin kost-an :D

      Delete
    6. kata guru BK saya peluang saya ke ITB kecil, lebih kecil, tapi kalo ke ipb insyaallah keterima lewat snmptn

      Delete
    7. Yang jelas bukan goodyear ya hahaha itu mah di Bogor.
      Wah kamu realistis juga ya,,iya sih kalau ke IPB ya lbh mudah lah drpd ikut snmptn ITB. Ikuti guru BK hahahah.

      Delete
  29. wkwkwk xD goodyear mah deket sekolah saya. kak saya mau tanya setelah lulus kakak langsung kerja atau gimana dulu. saya mau belajar dari pengalaman dari orang lain supaya gak salah langkah kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah,,,3 hari setelah wisuda ada jobfair IPB..saya ikutan dan dapet kerjaan yang sekarang ini

      Delete
    2. waw :D keren kak, kalo gitu saya ke ipb aja deh :D

      Delete
  30. aslmkm ka aku mau nanya tentang tmb ipb aku denger ada yang mendesain juga ya ka? saya paling ga bisa yang namanya gambar ka. menurut kaka salah ga kalo aku pilih jurusan ini tapi saya ga bisa mendesain? terimakasih ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Rufaidah,
      Ga salah kok, karena kita g cm belajar desain..masih banyak hal lain. Fyi semua jurusan "teknik" ada mata kuliah desain nya...

      Delete
  31. Permisi Kak, Kak mau bertanya apakah maksudnya akreditasi internasional di TMB, kata nya apa bnr untuk mendapat gelar B.Sc. .. apa TMB sudah mengikuti kurikulum dari akreditasi tersebut untuk dpt gelar B.Sc. .. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai saat ini saya belum tahu kebenarannya, mungkin bisa dicek langsung ke pihak TMB.
      Tapi ya bagus banget kalau bisa B.Sc secara orang tuh sering underestimate dengan gelar S.Tp kalau mau berkarir di bidang engineering #lhoCurhat hahhaha

      Delete
    2. Yang terbaru dan terpercaya sih, kabarnya gelar mahasiswa TMB sekarang S.T. Sama dengan lulusan SIL

      Delete
    3. Betul banget. Ternyata mulai angkatan 2010 gelarnya ST. Bisa di tip ex punyaku? Hahah

      Delete
  32. Assalamualaikum ka :) alhamdulillah saya masuk tmb 52 kak :D doain ya kak hehe

    ReplyDelete
  33. Assalamualaikum ka :) alhamdulillah saya masuk tmb 52 kak :D doain ya kak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Selamat ya,,,,,selamat bergabung. Gursa gursa cossss

      Delete
  34. Assalamualaikum kak...saya mau bertanya saat ini saya bingung persaingan di teknik industri pertanian sama di teknik mesin dan biosistem ipb itu besaran yang mana kak,soalnya rencana saya mau ambil diantara itu,nah yang kedua saya mau tahu nilai rata2 mapel yang memungkinkan lulus snmptn di prodi yang saya sebutkan diatas :) mohon bantuanya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba digoogling aja passing grade tahun 2016 nanti gimana...tahun lalu sih bagusan TMB

      Delete
    2. Tahun lalu persaingan lebih sulit TMB ya kak dari pada industri pertanian?
      Kalau passing grade itu aku cari beda beda kak..

      Delete
    3. berdasarkan passing grade tahun lalu tinggian TMB. yang penting kamu persiapakan dengan baik aja dek, semaksimal mungkin. Dan kuliah itu jangan cuma ikut-ikutan cari jurusan yang rame..pertimbangin juga passion sama kedepannya mau gimana (halah sotoy si kakak hahahha)

      Delete
    4. Nggak kak aku memang minat pertanian,lahmaka dari itu saya ingin sekali masuk ipb fateta kak,saya dari salah satu SMA di kab.pekalongan,aku mau pendapat kakak dong mesti ambil yang mana :D haha

      Delete
    5. SMA mana? coba ngobrol sama kakak kelas kamu yang di IPB atau anak IMAPEKA (ikatan mahasiswa Pekalongan).
      hahhaha ambil yang mana mah tergantung kamu minatnya dimana.

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
    7. Email aja ke saya atau mention twitter. Nanti tak coba sambungkan ke kakak kelasmu

      Delete
    8. Makasih kak..aku udah dapet satu nih..iy nanti kalau aku butuh..semoga saya dapat lulus snmptn 2016 nanti dan tembus serta dapat bergabung di ipb (amiiinn)

      Delete
    9. Maaf kalau kalimat yg saya gunakan tidak sopan ya kak..semua itu gak bermaksud jelek.. makasih ya kak

      Delete
  35. tuh kaaannn..
    pantesan mukanya familiar..
    satu kampus dan satu kantin ternyataaa..
    salam dari anak AGB 43 yah..
    wahahahah :D
    bikin blogpost tentang agb aahhh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooo..iyakah teh...huhuu ternyataa :)

      Delete
  36. permisi ka,

    apakah di TMB itu harus benar2 ahli dipraktek mesinnya ka? soalnya saya lebih senang ke teori ka

    saya bakal ikut SNMPTN tahun ini ka, saya minat 2 prodi diIPB kak yaitu Arsitektur Lansekap dan TMB kak, soalnya saya senang ngegambar dan suka matematika juga, kira2 kalau
    pilihan 1 ARL
    pilihan 2 TMB

    kira2 benar/ kebalik gk ka kalo sesuai daya saing dan daya tampung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..kalau kamu suka gambar,,cocok masuk ARL.
      di TMB emang banyak praktikumnya,,dan kebanyakan di lab lapang.

      Delete
    2. ok2 ka

      kira2 pelajaran apa aja ka yg harus didalami?

      saya ingin masuk TMB karena passion ka bukan skill, karna saya penasaran dengan yg namanya mesin, tapi apa banyak perbedaan gk ada antara TMB dan Teknik Mesin di PTN lain?

      Delete
  37. Assalamualaikum ka, kan pndaftaran snm akan segera di buka nih ka, saya inshaallah ngambil tmb di pilihan pertama, mau nanya nih ka kalo tmb itu memang spesialis mesin untuk pertanian kah ? Nah kalo itu prospek kerjanya pasti gajauh dari pertanian kan ka ?
    Terus kalo di tmb ini yg harus diperdalam mapel apa ya ka ? Trims

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. Assalamualaikum ka.. ka alhamdulillah saya sudah ketrima snmptn jurusan TMB, tapi saya bingung, jurusan ini kita akan lebih ke pertanian atau bisa mengeksplore ke teknik mesinnya, terus perusahaan yg paling buth dri jurusan ini perusahaan apa yg paling banyak ?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature