Review Terbang ke Bali dengan TransNusa

January 03, 2023
review pesawat transnusa
Pesawat TransNusa

Ketika bilang “aku naik TransNusa” orang-orang akan berekspresi “hah? maskapai apa itu?” wajar sih, karena TransNusa adalah maskapai yang baru  mengudara mulai Oktober 2022 untuk rute domestik. Sejak ramai di twitter, aku penasaran dan pengen nyoba dong. Kebetulan banget akhir Desember masih punya jatah cuti berlebih, kesempatan untuk mencoba terbang bersama TransNusa Jakarta-Denpasar datang juga.

TransNusa Pesawat Apa?

Sebelum aku cerita lebih lanjut, sebaiknya kita tahu dulu nih ya TransNusa itu maskapai apaan. Jadi, TransNusa itu tadinya melayani Indonesia Timur saja menggunakan pesawat yang pakai baling-baling di sampingnya. Nah, mulai Oktober 2022 dia rebranding jadi LCC atau maskapai berbiaya rendah yang menggunakan pesawat airbus A320 Neo.

review pesawat transnusa
Interior pesawat TransNusa

Harga Tiket Pesawat TransNusa

Betulkan semurah itu? Jadi ceritanya aku pesan flight H-1 di peak season liburan tahun baru dengan tujuan Denpasar. Ketika rata-rata maskapai memberikan harga diatas 1 juta…TransNusa kasih aku 900an ribu di Traveloka. Langsunglah checkout hehehe. 

Read: Ke Bali Naik Super Air jet

Web Check-In TransNusa

Fasilitas web Check-in nya sudah lumayan, di sana kita bisa sekalian upgrade seat. Oiya web check-in nggak bisa langsung di Traveloka nya seperti kalau pakai Super Air Jet ya. Jadi harus ke webnya TransNusa di https://www.transnusa.co.id/

Untuk upgrade seat, harganya mulai dari 20rb (ini pindah dari lorong ke pinggir jendela). Kalau mau pindah ke row yang legroom nya lega, kita perlu menambah 40 ribu. Kalau mau apa adanya, nggak harus bayar kok.

review pesawat transnusa
Legroom reguler

Pesan Makanan saat Online-Check In

Karena waktu itu aku akan flight di jam makan malam untuk keberangkatan dan jam sarapan untuk kepulangan, aku sekalian jaga-jaga booking meals dari maskapai ini. Khawatirnya buru-buru nggak sempet beli makan di airport. Di web Check-in tadi setelah kita menentukan kursi, ada penawaran untuk pemesanan makanan. Bisa skip aja kok kalau emang nggak mau pesen.
review pesawat transnusa
Sandwich 35k

Untuk harganya, termurah adalah sandwich seharga 35 ribu. Kalau nasi padang, nasi kuning, nasi goreng, 59rb. Harga itu sudah termasuk air minum Aqua botol kecil yah, biar nggak seret juga kali. Menurutku untuk makanan di pesawat termasuk murah ya, sebab kalau dibanding dengan di kereta api ngga beda jauh kok. Secara rasa normal, jangan dibandingin sama sandwich Starbucks atau nasi padang Sederhana ya heheh. Aku yang nggak picky sih doyan-doyan saja dan habis serta lahap.

review pesawat transnusa
Nasi padang 59k

Terminal Keberangkatan TransNusa

Biasanya maskapai murah itu terbang dari Terminal 1, nah TransNusa ini berangkat dari Terminal 3 Soetta loh. Hehehe meski gatenya di ujung banget, di gate 26 sih. Nggak masalah kalau kita punya banyak waktu, sepanjang jalan ke gate juga banyak toko minuman kalau misal haus. 

review pesawat transnusa
Counter check in T3 Soetta

Airbus A320 Neo

Pesawat-pesawat TransNusa menggunakan Airbus A320 Neo dengan kapasitas kursi 168. Nggak ada kelas-kelas nya, tapi ada barisan kursi yang legroomnya lebih lapang. Secara interior masih nampak kebaruannya, terang dan bersih. Take-off maupun landing nyaman meski cuaca hujan.

Cabin Crew

Seragam cabin crewnya perpaduan warna navy, hijau dan kuning. Ketemu mba pramugari yang pakai jilbab juga dengan jilbab biasa ala anak sekolah. Unik sih, bukan yang jilbab modelan pesawat haji gitu. 

review pesawat transnusa
Pramugari TransNusa

Pesan Pop Mie di Pesawat

Kalau kamu belum sempat pesan makanan saat check-in online, masih bisa kok pesan saat sudah di dalam pesawat. Uniknya, menunya itu yang lokal banget macam pop mie dan kopi sachet. Jadi berasa sedang di kereta api ahhahaha. Saat flight dari Jakarta ke Denpasar, kondisi di luar hujan lebat…mba-mba depanku pesan pop mie kari ayam. Aromanya semerbak hahahaha. 

review pesawat transnusa
on board meal

Kesimpulan

Untuk orang macam aku yang mengutamakan efisiensi, TransNusa akan menjadi pilihan pada penerbangan domestik selanjutnya. Pengalaman naik Super Air Jet waktu itu kurang nyaman, padahal ya sama-sama ke Bali.  Lain cerita kalau dalam rangka dinas pekerjaan, atau keperluan lain dimana ada standar harus maskapai tertentu.

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature