Kurma, Makanan Sehat dan Baik untuk Menu Buka Puasa | Innnayah

Kurma, Makanan Sehat dan Baik untuk Menu Buka Puasa

May 22, 2017
Manfaat kurma untuk berbuka

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan dimana seluruh umat muslim di seluruh dunia tanpa kecuali diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Puasa ini sendiri merupakan bentuk ibadah dengan menahan diri dari semua hal yang bisa membatalkan puasa mulai dari jasmani dan rohani sejak terbit matahari sampai matahari terbenam. Untuk menjaga kesehatan selama berpuasa, maka ada baiknya jika Anda mengkonsumsi makanan yang baik ketika buka dan sahur seperti buah kurma.

Buah kecil dari negara Timur Tengah ini memang buah yang kaya akan manfaat dan segala khasiat sehingga sangat disarankan disantap ketika berbuka puasa. Glukosa, sukrosa dan fruktosa yang ada di dalam buah ini memang begitu banyak namun dengan kalori yang bertakar rendah sehingga sangat sehat untuk disantap segera setelah berbuka sebelum kamu mulai makan besar lainnya sehingga energi setelah puasa bisa mudah kembali.

Selain itu, masih banyak lagi makanan yang direkomendasikan untuk disantap ketika berbuka, antara lain:

Air putih

Sudah bukan rahasia jika air putih memiliki manfaat yang luar biasa. Tentunya hal ini tidak lepas dari kebutuhan manusia dimana hampir 70% tubuh manusia merupakan cairan sehingga untuk menjaga keseimbangannya maka cairan yang masuk dalam tubuh juga harus selalu rutin. Ketika berbuka, pastikan untuk menenggak air putih terlebih dulu sehingga cairan dalam tubuh yang hilang selama puasa bisa kembali dalam kadar normal.

Madu

Madu memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk tubuh. Kandungan di dalam madu diantaranya adalah antioksidan, kalium, kalsium, vitamin, magnesium, sulfur, mangan dan lainnya. Dengan mengkonsumsi madu saat berbuka, maka kamu bisa melancarkan metabolisme serta mengatasi gangguan pada pencernaan yang kerap dialami ketika puasa. Selain itu, ada juga kandungan fruktosa dan glukosa di dalamnya seperti halnya pada buah kurma yang mudah untuk diserap ke tubuh agar energi dan stamina bisa kembali.

Buah segar

Ketika berpuasa, tubuh kamu akan mengalami banyak dehidrasi sehingga selain minum air putih, konsumsi buah segar juga sangat disarankan karena buah cenderung memiliki banyak air, serat dan mudah untuk dicerna. Memilih buah dengan kandungan air yang banyak seperti anggur, semangka dan lainnya bisa menjadi alternatif tepat untuk kamu. Jangan lupa tambahkan buah kaya serat seperti pepaya atau pisang sehingga bisa mengembalikan energi.

Sayuran

Sayur menjadi menu yang cocok untuk menu berbuka karena mudah diolah tubuh. ketika puasa, lambung manusia akan beristirahat sehingga mengecil dan butuh makanan yang bisa mudah dicerna. Sayuran yang direkomendasikan adalah sayur hijau yang banyak mengandung nutrisi baik untuk tubuh.

Ikan dan telur

Ikan memiliki kandungan antioksidan, vitamin D hingga omega 3, sedangkan telur merupakan sumber protein yang bagus sehingga amat tepat disajikan sebagai lauk untuk buka puasa kamu.

Itulah beberapa makanan yang direkomendasikan dan baik dikonsumsi untuk berbuka puasa. Usahakan untuk tidak terlalu lapar mata selama buka puasa karena bisa menyebabkan perut kamu kekenyangan. Minumlah air putih terlebih dulu dan lanjutkan dengan makan beberapa buah kurma akan sangat baik untuk membuat lambung kamu beradaptasi dengan makanan selanjutnya. Kamu juga bisa makan buah dan sayur terlebih dulu sebelum memulai dengan makanan berat sehingga perut tidak terlalu kaget dalam menerima makanan.

5 comments on "Kurma, Makanan Sehat dan Baik untuk Menu Buka Puasa"
  1. air putih itu yang susah banget minumnya. jadi sering dehidrasi deh

    ReplyDelete
  2. Saya gak suka kurma, tapi biasanya kalau Ramadhan suka menyediakan karena anak-anak suka kurma. Kalau saya paling air putih. Sama gorengan boleh gak? hehehe

    ReplyDelete
  3. Aku suka banget kurma, bahkan beberapa bulan terakhir ini sengaja beli kurma yang kiloan buat cemilan di rumah. Selain buat cemilan juga jadi pengganjal perut karena manis dan menambah energi.

    ReplyDelete
  4. Kurma lezat sayangnya kalau pas ngeliat yang jual di pinggir jalan pada kena debu, aduuh.. Diganti jus buah aja apa ya?

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah belakangan nggak pernah beli kurma, dikirim langsung dari Arab oleh saudara sblm Ramadan & cukup smp Lebaran :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature