Cara Membuat dan Mengedit Foto Flatlay Tanpa Photoshop

March 06, 2017
cara membuat dan mengedit foto flatlay tanpa photoshop, cara mengedit foto dengan vsco, cara membuat foto flatlay,

Sudah upload foto hari ini? sebagian besar pasti sudah deh, bahkan mungkin ada dari kalian yang sudah mengupload video pendek juga. Tanpa kita niatkan sebelumnya, kegiatan memotret dan mengunggah ke media sosial sudah menjadi rutinitas. Media sosial yang paling sering saya sambangi adalah instagram. Bahkan blog ini juga sudah beberapa kali membahas mulai dari tutorial menyajikan foto maupun hal teknis seperti cara membaca statistik instagram. Kali ini saya ingin membagi pengalaman sederhana cara mengedit foto flatlay. Photoshop adalah dewa untuk urusan foto, tapi bagaimana jika kita tidak memilikinya? Atau tidak ada kemampuan? Selow, yuk edit pakai aplikasi yang ada saja di smartphone.

Banyak Yang Penasaran


Maaf bukannya mau sombong ya, saya juga ngga seberapa bisa motret. Tapi memang sebagian besar direct message (DM) yang masuk ke akun instagram saya berkaitan dengan kamera fujifilm XA2 dan foto flatlay. Mungkin foto flatlay masih menjadi selera pengguna instagram. Tapi saya melakukannya bukan ikut-ikutan hehe, karena ngga sempat hunting jauh saja kok. Ketika stok foto menipis, tinggal gelas property dan mencari ide mau menyajikan foto seperti apa.

Apasih Flatlay?

Eh tapi kamu sudah tahu kan maksud dari foto flatlay? Itu lho foto yang seringnya diambil dari atas dengan penataan barang (property) secara mendatar. Biasanya objek foto ditata dengan latar belakang polos.  

Membuat foto Flatlay

Sudah tahu kan? Jadi inilah yang saya lakukan saat mengeksekusi foto flatlay.

Konsep foto

Sebuah foto harus punya konsep dong, atau tema lah sebutan lainnya. kita harus tahu objek utama dari foto tersebut. Misalnya di foto yang saya lakukan ini konsepnya girly, weekend, relax. Makanya saya siapkan property yang sesuai.

Backgroud foto

Foto flatlay nggak harus di meja putih kok, urusan background bisa sesuai selera dan sumber daya yang ada. Tapi kebanyakan memang background foto flatlay itu putih. Warna lain, selama itu masih polos saya rasa bisa-bisa saja. Kadang saya pakai kain untuk merajut yang warnanya kuning gading, pernah juga jaket putih hahaha. Tapi, paling sering pakai alas foto anti air yang saya beli di sebuah online shop. Bahannya semacam plastik gitu, jadi kalau kamu punya property foto yang panas...kayak kopi misalnya jangan ditempel kesitu langsung ya.

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat memilih background foto adalah pastikan tidak memantulkan cahaya. Bahan seperti papan tulis whiteboard tentu bukan pilihan terbaik. Masih mending pakai amplop cokelat bekas atau kardus bekas lho.

Lokasi Foto

Meskipun kita bisa membuat studio mini untuk mengantisipasi jika matahari langsung kurang mumpuni, tapi tetep lah ya...golden hour yang terbaik. Saya biasanya memotret di dekat jendela kamar sekitar pukul 7 pagi. Jendela ini menghadap ke timur, kalau jam 7 sih ngga usah pakai horden. Lain cerita jika matahari semakin terik di jam 8 ke atas, biasanya horden akan saya turunkan.
lighting untuk foto

Penataan Property

Soal penataan atay styling setiap orang punya gaya sendiri-sendiri. Boleh banget mencari inspirasi dari foto orang lain. Foto flatlay bisa berupa deretan simetris property, bisa juga sengaja dibuat acak.

Mengedit Foto Flatlay

Aplikasi

Kalau sudah memotret, tinggal mengedit nih...saya biasanya pakai aplikasi VSCO. Bukan yang berbayar kok, VSCO yang gratisan saja. Aplikasi vsco ini termasuk tools editing yang sangat mudah dan basic. Yang agak di atasnya adalah snapseed, lalu lightroom.

Sebenarnya instagram sendiri sudah menghadirkan filter dan tools editing lengkap...tapi kayaknya belum tenang saja kalau tidak menginstal aplikasi pihak ke-3 ya, hehe. enaknya VSCO menurutku karena da galerynya sih. Jadi, saya bisa mengedit foto-foto saat senggang lalu menyimpannya di aplikasi tersebut untuk saya share di lain waktu.

Mengedit di Vsco

1| import foto dari galery fotomu ke aplikasi
2| klik foto dan mulailah mengedit
3| aplikasikan filter sesuai yang kamu sukai.
Meski ini vsco gratisan, pilihan filternya ada banyak. Bagaimana kalau punya vsco full pack ya, hemm yang ada nanti bingung. Untuk foto ini saya pakai A6, ini filter analog namanya. Bulatan +12 itu artinya persentase filter tersebut. Biasanya saya pakai +6 atau 50%nya saja.
menedit dnegan vsco

4| tools editing
Jika dirasa maish kurang mantep, klik bagian edit. Ada banyak tools yang bisa kamu pakai. Di foto ini saya turunkan exposure -0,7 dan menambah kontras saja. Angka ini tidak ada rumusnya ya, selera dan style sangat menentukan. Pakailah perasaan saat melakukan ini hahhaa.
mengedit foto dengan vsco, vsco, flatlay

5|Bagikan ke instagram
Jika kamu ingin mengunggahnya, bisa langsung saja. Kalau engga ya tinggal save di aplikasi atau galery.

Mengedit di instagram

Kadang foto yang sudah diedit di aplikasi lain masih terasa kurang saja saat diunggah ke instagram. Jadi gimana?

1| filter bawaan
Untuk foto flatlay dengan background putih saya biasanya menggunakan filter Juno atau Ludwig di instagram. Sama seperti VSCO, persentasi filternya juga bisa kita atur kok. Untuk foto ini saya aplikasikan Ludwig 54%.

2| tools editing
Kok masih kurang ya, hemm...ok, saya naikkan shadownya saja.
mengedit di instagram, edit flatlay

3| share
Sudah pas semua, yuk siapkan caption dan unggah. Oiya saya punya caption khusus nih untuk foto flatlay di instagram, silakan cek #inaflatlay hehehe.
fotoflatlay, tutorial instagram

Perhatikan Hal ini

Beberapa waktu lalu Kadekarini travel blogger dan instagramer membagikan tutorial mengedit foto gelap menjadi terang dan artistik. Di akhir postingan dia menuliskan beberapa poin yang harus diperhatikan yang kurang lebih kalau diringkas jadi begini:
Tidak ada aturan khusus dalam mengedit foto. Kreativitas lebih berperan dibanding rumus angka yang ada di tools editing. setiap foto memiliki ciri khas masing-masing, rasa yang kamu milikilah yang mengeluarkan kemampuan harus sett seperti apa.
Siap berkreasi membuat foto flatlay? Yuk, dicoba...maksimalkan aplikasi yang ada di smartphone kita jika tidak memiliki photoshop juga bisa. Baca tulisankau yang lain soal fotografi di label à photograph.
28 comments on "Cara Membuat dan Mengedit Foto Flatlay Tanpa Photoshop"
  1. hmmm jadi dapet ide buat foto kosmetik yang dah lama belum difoto2 juga (dan udah ditanyain, hihihi). Makasih tips-nya yaaa..

    ReplyDelete
  2. Asyik, akhirnya ada yang sharing cara ngedit di VSCO, aku mati kutu euy nggak paham ngeditnya gimana :)
    Thanks Nnayah, sharingnya mencerahkan.

    ReplyDelete
  3. hmm, jadi ini rahasianya...
    harus di coba di rumah dah..makasih info nya mbak, dulu penasaran banget sama teknik motretnya njenengan...it's so simple :)

    ReplyDelete
  4. lebih cepet ya kalo nggak pakai photoshop :D hasilnya juga bagus

    ReplyDelete
  5. Sip,thanks ilmunya nay. Kudu bljr n bljr lagi.slama ini pake whiteboard,.hsl ga maksimal.blm bs ngambil angle yg pas...huhuhu

    ReplyDelete
  6. Makasih banget lho Nay dikasih tahu caranya, aku mah jarang foto Flatlay, nanti mau coba deh siapa tahu ada endorse yang minta foto produk hehehe

    ReplyDelete
  7. Menarik tipsnya. Thanks Shay.

    ReplyDelete
  8. Pas banget nih aku juga lagi suka foto flatlay jadi dapet inspirasi. Makasih ya mbak...foto-foto flatlay nya di instagram cakep-cakep deh sukaaa

    ReplyDelete
  9. Nah ini yang aku butuhin. Aku penggemar foto-foto flatlaymu, Inay. Bookmarked ah yaa...

    ReplyDelete
  10. Oh gitu. Aku baru tahu caranya. Mau downloat vsco dulu ah.

    ReplyDelete
  11. Aku suka foto foto flatflay mba :)
    Kreatif. Terima kasih sudah berbagi ya

    ReplyDelete
  12. Wah kalau aku jarang buka VSCO, Mb, lebih suka dan sering pakai Snapseed. Manfaatin fitur selective, healing, sama nambahin watermark. Selera sih ya, Mb, hehehe

    ReplyDelete
  13. ternyata foto kayak ginian lumayan ribet juga ya. harus ada konsepnya juga.
    eh tapi, itu fotonya yg flatflay tapi ada tangannya, berarti pake tripod juga tuh, na?
    wihh
    mau nyoba pan kapan ah.
    klo fotoin orang yang lagi tidur di lantai sambil mulut terbuka dari atasnya juga, itu bisa disebut foto flatflay juga ga, na?

    ReplyDelete
  14. Belum pernah nyoba vsco. Mau nyobain ah. Sebenarnya kalau dirumah sih bebas mau dimana aja, halaman juga ada, tapi yang males beberesnya setelah foto2 hahaaa...

    ReplyDelete
  15. Terimakasih tipsnya. Boleh dicoba nih. Salam kenal ya

    ReplyDelete
  16. Foto flatlaysnya bagus2, jadi inget udah lama ngga pake VSCO, hihi :p

    ReplyDelete
  17. Keren-kereeen, aku masih belajar dan belum bisa dapetin pencahayaan yang bagus kalo di rumah. Dan kalo mau foto pagi-pagi masih rempong sama bocah. Hahaha

    ReplyDelete
  18. aku kalo pas nganggur di rumah suka coba2 bikin flatlay nay.. ftonya pas pagi biar dapet cahaya alami tp suka kurang pede mo upload di ig heheh..
    fotomu keren2 lho...sukak liatnya

    ReplyDelete
  19. Kak inn aku binggung nih milih xa3 atau canon g7x mark ii ya ? Terus mau tanya dong kalo ngefoto pake mirrorless saat terik susah engga kak ? Misal kaya layarnya jadi gak keliatan karena kesorot mataharinya gitu ?
    Makasiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry aku g ngerti soal kamera itu, aku cuma pakai XA2

      Delete
  20. blm pernah nyoba vsco, pakek picsart aja ... eh aku mo kepoin hesteknya itu ah

    ReplyDelete
  21. hehhe,, tren foto Flatlay atau Bird eye view kayaknya tahun 2017 masih akan hits yaa... soalnya jadi inget pas akhir 2016 kemarin abis ikut workshop nya IHB, yang ngisi salah satu travel blogger dan photografer cowok, dia sendiri kayak udah eneg2 sama flatlay saking bosennya liat di instagram hihi... soalnya lebih ke aliran landscape pemandangan kalo moto :D.. tapi kalo buat girly girly an mah sampe skrg saya juga masih suka flatlay-an .. terutama foto foto kosmetik :D Btw nice share tips nya..

    www.inkaparamita.com

    ReplyDelete
  22. Kalo diedit pake VSCO dan snapsheed, apakah gambarnya tidak pecah? Kemarin download dua aplikasi tadi, blum sempat utak-utik banyak.

    ReplyDelete
  23. Aku baru tahu namanya flaylay. Beberapa kali nyoba tapi gagal maneh, karena jadinya berbayang kan. Tapi bisa jadi pada dasarnya aku emang gak jago motret hehe

    omnduut.com

    ReplyDelete
  24. Lihat foto di IG mu keren-keren Nay. Tapi entah kenapa bagian menyiap2kan property itu gue malas bangat hikksss..

    ReplyDelete
  25. Aih, baru tahu namanya FlatLay :D Makasih info dan tipsnya

    ReplyDelete
  26. flatlay memang banyak yang suka ya...seru buatnya :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature