Tipe-Tipe Pria di Sinetron Dunia Terbalik

May 03, 2017
Ini semacam rekor ya, saya itu nggak pernah ngikutin sinetron. Palingan sih kalau bulan puasa saja, sinetron yang tayang jelang buka atau sahur. Tahun lalu ada Para pencari Tuhan dan Preman pensiun yang menemani kesendirian di kamar. Secara tidak sengaja, pada suatu malam saya terhenti pada tayangan sinetron berjudul dunia terbalik. Awalnya sih cuma sekedar lewat ganti-ganti channel, eh kok lumayan juga. Ternyata teman-teman kantor juga suka nonton sinetron yang menceritakan soal fenomena para suami ditinggal istri jadi TKW ini. Sebagian besar pemain dunia terbalik memang pria, dari sana kalau kita mau cermat banyak pelajaran hal yang bisa didapat.
tipe pria di sinetron dunia terbalik


Cerita dunia terbalik dekat dengan kenyataan


Di mobil usai dari Ciater kemarin, saya cerita soal sinetron ini. Kata teman saya, dunia terbalik itu benar-benar terjadi di desanya.
“kalau di tempat saya mba, memang benar adanya seperti itu. Para bapak yang ngasuh anak sebab para istri jadi TKW”
Pembawaan sinetron ini memang ringan banget dan cocok dengan masyarakat menengah ke bawah yang emang penikmat sinetron tv swasta. Nggak ada tuh penampakan pemain yang naik mobil mewah atau tinggal di rumah gedongan komplek cluster. Pakaian, pemilihan dialog, bisa disesuaikan dengan tidak berlebihan. Kalau kamu ingat sinetron keluarga cemara, ya kurang lebih seperti itulah.

Sebenarnya, kalau di tv swasta saya lebih suka Sitkom seperti The East, Ok jek dan Keluarga besar yang tayang di Net Tv. Oiya, berikut ini ada infografis tentang sinetron di Indonesia dari Kumparan .

Tipe-tipe pria di dunia terbalik

Ada empat pemeran utama pria di sinetron ini dengan latar belakang hampir sama. Yang menarik, mereka berempat karakternya berbeda-beda.
  • Aceng si tukang gombal

Hampir semua wanita cantik di di desa Ciraos pernah digombalin oleh Aceng. Ditinggal istri banting tulang jadi TKW, eh malah dia asik menebar janji. Sempat mendekati Entin pemilik warung yang cantik, bu guru Yola, bu dokter Clara, eh...si penjual susu segar juga kena. Tapi, dibalik kenakalannya, Aceng masih menyimpan norma-norma.

Saat penjual susu segar mengajaknya nikah siri, permintaan itu langsung ditolak oleh Aceng.
“saya punya istri, nggak bisa”
Pria dengan karakter seperti Aceng ini bertebaran dimana-mana. Dari yang bertampang dan berdompet pas-pasang hingga yang emang beneran tajir sehingga merasa bisa membeli apa saja termasuk kehormatan dan hati wanita.

Dokter Clara dan Bu Yola bisa kita teladani dalam hal bertahan dari godaan pria gombal. Mereka tidak membenci secara frontal, tapi benar-benar mengabaikan segala bentuk perhatian tidak biasa dari Aceng.
  • Akum si rajin bekerja

Akum yang diperankan oleh Agus Kuncoro memilih bekerja membantu memasak menu makanan untuk warung milik Koswara. Meski harus begadang, dia berpendapat jika sudah semestinya suami yang membanting tulang mencari nafkah. Dia merasa mampu untuk menghidupi keluarga dan berharap istrinya tidak lagi menjadi TKW.

Nah, ini...suami ideal itu seperti Akum. Mengurus anak bisa, mengepel rumah mau, eh masih pula bekerja memasak untuk warung.
  • Idoy si polos

Aduh, dijamin capek deh kalau dengar Idoy bicara. Dia adalah pemeran paling polos di dunia terbalik. Bukan hanya polos sih, tapi kadang benar-benar nggak nyambung dengan kawan-kawannya. Meski begitu, dia sangat sayang kepada Jenifer anak perempuannya yang masih SD.
  • Dadang si pelit

Dadang ini adalah orang yang kaya di kampung Ciraos. Prinsip dia adalah, orang sekampung tidak boleh ada yang melebihi kekayaanya. Dadang benar-benar menjaga harta yang dihasilkan dari hasil istrinya menjadi TKW.

Sebenarnya ada banyak lagi sih karakter pria di sinetron ini. Misal Koswara, yang sabar banget menghadapi istrinya. Istrinya itu cemburuan banget, bahkan kadang sampai nggak masuk akal bapernya. Koswara melarang istrinya si Kokom menjadi TKW, gantinya adalah dia membuka warung makan.

Pria tanpa wanita bisa apa?

Meski mungkin tak sebaik wanita, nyatanya pria juga bisa mengasuh anak. Bahkan di dunia terbalik ada sekelompok bapak-bapak yang setiap hari membawa anak mereka ke taman bermain. Pria tanpa wanita bisa kok multitasking juga, meski ada yang akhirnya stress dan hampir gila. Mungkin bagi pria yang setipe dengan Aceng, tanpa wanita hari-hari terasa hampa. Makanya dia selalu menggombali wanita dimana-mana.

Sejauh ini saya masih bisa menikmati sinetron dunia terbalik. Semoga saja nanti tidak kemana-mana alur ceritanya seperti Tukang bubur naik haji. Bagaimana pendapatmu soal dunia sinetron di Indonesia, adakah yang menjadi favorit?

30 comments on "Tipe-Tipe Pria di Sinetron Dunia Terbalik"
  1. Wah, saya gak pernah nonton sinetron itu.
    Di rumah tontonannya Anandi, atau klo malam Anak Langit, itu pun gak rutin. Sekadar ngilangin kebosanan.
    Emang, kadang kita bisa metik hikmah dr beberapa tyangan sinetron. Krn ada jg sinetron yg bagus, gak skdar mengejar jam tyang dn rating, tp minim kualitas cerita dn akting.

    ReplyDelete
  2. wah, keluarga saya juga suka nonton sinetron ini. ceritanya dekat dengan masyarakat. sebenarnya saya mah males nonton sinetron indonesia karena ceritanya lebih sering menonjolkan hubungan percintaan. atau kalau nggak, ceritanya ngawuuur kemana-mana, panjang nggak jelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kalau pas scene yg ga asik juga kuganti mba wkkw

      Delete
  3. Gak pernah nonton sinetron, bagi saya kadang sinetron ceritanya berlebih2an dan ga masuk akal. Klo puasa, iya.. Aku nonton sinetron PPT sama yg judulnya pencari surga (lupa judulnya).

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iyah aslinya aku juga gitu mba, ini kebetulan ada yang rada bagus

      Delete
  4. Sejak punya anak, tontonanku berubah jadi Upin-Ipin.. Dulu mending lah, ada OK Jek dan Kampung Kendang, tapi sekarang Kampung Kendang entah ke mana ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. whaa iya aku kalau pas di rumah juga upin ipin terus seharian

      Delete
  5. Tontonan saya tiap malam ini mah. Favorit saya mak Suha dengan jargonnya " Aceeeengggg, nyuciiii!!!" 😅😅😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, ceritanya jujur. Gak jauh dari masyarakat sekarang :D

      Delete
    2. ahahha iya mak suha ikonik banget

      Delete
  6. Selalu Gregetan kalau udah Ngeliat si Idoi ... wkwkwkkwk

    ReplyDelete
  7. Udah sampe mana ceritanya Mba?
    2 bulan sudah tvku rusak hahaha...
    Aku juga suka nonton ini,ceritanya ringan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah sampai jauh mba,,hihi. semoga lekas sembuh ya tv nya

      Delete
  8. kalo pak kamtib masuk tipe yg gimana nay?...hehehe.
    unik juga tu orang, kebanyakan baca koran, analisanya jauh diatas rata2....wkwkwkwk

    ReplyDelete
  9. Kalo aku... . Saat ini lg demen korea

    ReplyDelete
  10. Lama banget gak nonton sinetron. Karena gak tahan sama jumlah serinya.

    Kalo ini berapa episodenya gak ketauan ya, Nay?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum tahu smapai kapan, tapi semoga ga mengular

      Delete
  11. wah aku kok ketinggalan sinetron ini haha, eh pria juga bisa multitalent kok asal dipaksa hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ya mba...jadi selama ini mereka manja

      Delete
  12. Ga pernah nonton tipiiii.....tp jd penasaran sm ceritanya. Tayang dimana ini??

    ReplyDelete
  13. aku kadang suka nonton dunia terbalik karena realita banget, tapi klo lagi bosen sama jalan ceritanya yauda gak nonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa..kalau fokus cerita pas ga di tokoh utama aku juga males

      Delete
  14. aku udah lamaa banget ngga nonton sinetron :)..jadi penasaran baca psotingan ini

    ReplyDelete
  15. aku pernah nonton sinetron ini dan suka, deket sama keseharian tapi sehari-harinya nggak ngikutin hahaha nonton tv asal pengen aja :p

    ReplyDelete
  16. favorit keluarga akuuuu.. akunya sendiri ga pernah nonton hahaha
    cuma lucu aja keluarga aku suka cerita dan ikutan bodoran ala dunia terbalik


    koswaraa~~~

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature